Jajanan khas Malang Yang Wajib Ada Tiap Maulud Nabi

Kue yang wajib ada saat Maulid Nabi tiba di Pasuruan
Kue koya Khas dari Malang

Ini nih jajanan yang selalu aku dapat dari kakak iparku saat berkunjung kerumah disaat hari maulid nabi tiba.
Emang sedikit aneh saat kakak ku bertempat tinggal di daerah Bangil Pasuruan yang selalu membawa makanan khas Malang ini, hanya pada saat hari maulid seperti ini.

Aku juga sempat bertanya-tanya, ketika hari maulid nabi sudah dekat, sekitaran pasar Bangil, selalu terlihat orang jualan jajanan kue koya ini di sepanjang jalan pasar, tapi ketika hari biasa, tak pernah aku melihat jajanan seperti ini dijual.

Apa jajanan ini hanya di buat untuk maulid saja?

Atau jajanan ini khusus untuk merayakan hari maulid nabi?

Emang unik adat yang terdapat di desa tempat tinggal kakakku itu, disetiap maulid nabi, ada 3 jajanan yang wajib ada dalam acara maulidan. Salah satunya ya koya ini, jajanan yang terbuat dari beras ketan dengan rasa manis dan gurih saat di lidah, texturnya yang lembut, cukup direkomendasikan bagi yang tak punya gigi, karena makanan ini tak perlu di gigit, cukup di emut saja sudah lumer di lidah. Hahaha

Tertarik dengan makanan seperti ini, berkunjung saja ke Malang, aku rasa di tempat wisata seperti jatim park dan selecta menyediakan tempat perbelanjaan, dan aku pernah lihat jajanan tersebut di jual disana. hihihi

Share This :

18 Replies to “Jajanan khas Malang Yang Wajib Ada Tiap Maulud Nabi”

  1. Wah baru tahu ada makanan khusus buat maulid nabi. Mungkin kaya kolak di bulan ramadhan mas. Udah tradisi masyarakat setempat.

    1. sepertinya begitu…

  2. penasaran dengan kue koya

    1. lumer beneran loh kak… 🙂
      wkwkwkw..
      aku aja rebotan ama bapakku kalau ada kue itu

  3. Apa nama nya?

    1. ya itu, kue koya….

    2. Sya bru tau tuh
      Kaya nya mantap

    3. 🙂
      situ anak malang?

    4. Bukan
      Sya anak bandung

  4. aku suka juga Mas, di jakarta juga ada… tapi bentuknya bulet… cuma emang jarang sich yg jual

    1. produk jakarta mbk yulia?
      yabegitulah, mungkin emang kue koya ini kue special event kali yak… xD

    2. nah itu ngga tau produk mana,,, abis udah langsung kegirangan kalo liat kue ini… ngga baca’ bungkusnya langsung hap haha…
      bisa bisa,,, special event hahaha

    3. hahahaha… xD

  5. belum pernah ke Malang, semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana dan nyobain Kue Koya nya

    1. Tidak terlalu istimewa sih rasanya, cuma unik aja saat hari maulid jajanan seperti ini banyak di sekitaran pasar tradisional

    2. alhamdulillah ya masih banyak yang menjaga jajanan tradisional biar tetep eksis, di tempat saya malah ada beberapa jajanan masa kecil dulu yang sekarang udah sulit banget ditemuin 🙂

    3. ya gimana lagi, ketika peminat sudah jarang, akhirnya produsennya milih untuk membuat jajanan lain..
      padahal jajanan dulu itu lebih enak loh, lebih khas gitu yak…

    4. setuju kak, jajanan jaman dulu lebih enak, mungkin karena nggak ada campuran bahan aneh2 kayak jaman sekarang ya

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.