Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Ngabuburit Dibulan Ramadhan

2 Ramadhan kemarin adalah hari special bagiku, Kemarin adalah hari kelahiranku.

Bukannya, Mas Ir lahir bulan April?

Seperti yang pernah di jelaskan oleh bang pungkas,bahwa ulang tahun itu tidak hanya sekali dalam setahun, bisa jadi sampai 5 kali. Perhitungan umurnya bisa dilakukan dengan berpatokan pada kalender masehi, kalender Hijriah, Β kalender Suku mayaΒ dan sebagainya.

Nah, minggu kemarin,tepat tanggal 2 Ramadhan, adalah hari lahirku untuk yang kedua kalinya setelah April lalu.

Mungkin kalau di hitung dari Hijriah, umur lebih dari yang ada di KTP. Kalau di KTP kan sekitar 20 sekian, tapi kalau pakai perhitungan Hijriah bisa 20 sekian plus 1 tahun. hahaha πŸ˜›

Betewe ini ngomongin apa sih?

Oke kembali ke topik

Ramadhan itu yang paling ditunggu apa hayoo?

  1. Waktu berbuka
  2. THR
  3. Lebaran dan Angpao

Ironis memang, Sebenarnya Ramadhan itu tidak hanya melulu tentang 3 hal itu, Masih ada teraweh, ada Lailatul Qadar, Ada hari nan fitri dengan menjadi suci bersih dan sebagainya.

Intinya Ramadahan itu bulan penuh berkah dan pengampunan.

Tapi, tidak dipungkiri lagi. Setiap yang berpuasa pasti merindukan untuk berbuka. Seharian menahan lapar dan nafsu kotor lainnya, pasti sangat menantikan “kapan sih waktu berbuka?

Kadang yang paling ditunggu itu justru datangnya lebih lama. hahaha

Nah maka dari itu, kebiasaan menunggu berbuka puasa atau yang lebih keren di sebut Ngabuburit inilah yang banyak di manfaatkan orang untuk melakukan beberapa hal, baik untuk ibadah maupun untuk sekedar membunuh waktu sampai adzan maghrib berkumandang.

Ada beberapa hal yangΒ biasa dilakukan banyak orang saat menghabiskan waktu menunggu datangnya berbuka puasa (ngabuburit).

Main Sepak Bola

Olaraga di bulan puasa!

Mungkin ini terlalu ekstreem bagi yang belum pernah mencobanya. Jangankan untuk di buat lari keliling lapangan bola, kaki digerakkan untuk jalan-jalan saja terkadang terasa berat karena efek lapar.

Tapi, bagi yang sudah terbiasa main bola atau olaraga lainnya. Main sepak bola ini cukup efektif untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka.

Tapi tingkat keletihannya juga akan meningkat.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, permainannya hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Tidak seperti permainan sepak bola disaat tidak puasa.

Mungkin yang biasanya memainkan sepak bola seluruh lapangan, karena mode puasa, maka dibuatlah permainannya hanya separuh dari lapangan.

Menyiapkan Takjil Berbuka

Namanya juga puasa, menahan lapar sejak fajar sampai tenggelamnya matahari. Jadi rasa lapar pasti ada dong. Lapar banget malahan.

Tapi usahakan jangan makan terlalu banyak saat berbuka, takutnya akan susah bergerak saat sholat teraweh entar.

Mending makan seadanya, atau mencicipi hidangan takjil seperti kolak atau makanan penganjal lainnya.

Nah untuk itu, menyiapkan takjil ini juga lumayan menyenangkan untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka. Apalagi menyiapkannya dengan istri tercinta, hmmm Luar biasa indah.

Mendengarkan Pengajian di Masjid

Biasanya, kalau pas Ramadhan, setiap Masjid biasanya selalu ada acara pengajian rutin hingga akhir Ramadhan.

Itu pas banget buat Ngabuburit, selain dapet pahala, juga dapet takjil gratis pula, hahahaha

Ingat yah, takjil gratis hanya bonus, jangan di niatkan ke Masjid gegara ada Takjil gratisnya. Tapi niatkan untuk ibadah.

Membaca Buku

Seperti yang bang ical pernah share di Group, tentang aktifitas anak KCB (komunitas Cinta Baca) Mataram saat ngabuburit dengan mengisi waktu menunggu adzan maghrib dengan membaca buku.

Sebagai blogger, memang akan lebih bermanfaat kalau ngabuburit di gunakan untuk membaca buku sebagai penambah wawasan kita. juga membaca buku merupakanΒ cara efektif untuk membunuh waktu bosan untuk menunggu sesuatu.

Begitu juga dengan membaca artikel di blog ini, itu sungguh pilihan yang tepat dan bijaksana untuk bisa senyam-senyum sendiri kayak orang gila. Dan itu cara efektif juga untuk menghilangkan bosan menunggu Adzan maghrib dikamar sendiri karena nggak punya pasangan *eh… hahaha.

Baca Alqur’an

Ini juga recomended bagi yang ingin menghabiskan waktu menunggu berbuka untuk beribadah.

Membaca Alqur’anΒ dengan ikhlas akan mendapat banyak pahala, apalagi dibulan penuh berkah ini. Wah pasti pahala membaca Alqur’an akan berlipat-lipanΒ nantinya.

Jadi, akan lebih bermanfaat, jika Ngabuburit kita habiskan dengan membaca Alqur’an. Apalagi dengan menghayati setiap maknanya.

Baca juga : Miracle of Ramadhan

Dan ini Yang Sekarang Aku Lakukan Di Ngabuburit Ramadhan Tahun Ini

Ramadhan tahun ini berbeda dengan Ramadhan tahun lalu, terutama soal Ngabuburit.
Tahun lalu, istri masih dalam keadaan hamil tua, dan si Naila juga sudah besar. Ngabuburit yang aku lakukan tahun lalu masih berkutat dengan main bola.

Tapi sekarang, kesibukanku cukup padat di hari menjelang sore. selain menyiapkan anak pertama untuk mengaji di TPQ, Aku juga sering memandikan anak kedua juga.

Selepas itu, aku juga masih mengendong si Nisa sambil menunggu istri selesai mandi dan sholat.
Setelah si Nisa di gendong mamanya, barulah aku menghabiskan waktu Ngabuburit di kamar dengan menyalakan ini.

Pasti pada binggung yah itu apa

itu adalah Buhur atau Dupa berbentuk kerucut yang terbuat dari pohon gahru.

Aku menghabiskan waktu menunggu Adzan sambil menikmati menghirup bau dupa itu. huhuhu
Jangan-jangan mas ir benar-benar Goblin yah, sebangsa jin gitu?

Pasti dibenak kalian kepikiran itu yah, hahaha

Tenang, aku manusia biasa kok, cuma suka aja menhirup aroma seperti itu untuk relaksasi. Relaksasi hati, Ciyeeee…


Kalau kalian, Ngabuburit ngapain aja? Kuharap jangan kepoin mantan yah? ngak baik, lagi puasa soalnya.. πŸ˜€

#RuangObrol #Obrolin #Ramadhan
Ainur Irawan

Share This :

46 Replies to “Apa Yang Biasa Dilakukan Saat Ngabuburit Dibulan Ramadhan”

  1. Aduh kalimat terakhirnya menyentuh saya sekali mas nur wkwkwkwk

    1. hahahaha πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š

  2. Bang, ulas sejarah ngabuburit dong πŸ˜‚

    1. Haduw, aku juga nggak tau siapa orang yang menamakan itu bang

    2. Hihihi, kali aja Abang mau riset

    3. aku serahkan pada suhu aja, hihihih

  3. Kayaknya sepedahan juga asik mas Nur πŸ˜†πŸ˜

    1. Aku nggak punya sepeda😭😭😭
      Tapi pasti menarik dan indah saat berboncengan dengan Dia, hihihiπŸ€”πŸ€”

    2. Nisa dan Naila tarok keranjang 😁

    3. Kalau Nisa sih muat, tapi kalau Naila udah kebesaran…

    4. Wkwk 😁
      Keranjangnya dibuat 2 mas, depan belakang πŸ˜†

    5. Haduw…
      Agit aja wes yang ngelakuin hal itu 😬😬

    6. πŸ˜‚
      Kalau Agit yg gak ada boncengannya lah πŸ˜₯

    7. Truk aja gandengan..
      masak agit enggak? πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š

  4. Kenapa yaa..setiap baca postingan mas nur, aq senyam senyum sndiri..tapi kadang bingung mau komen apa..hahahaa

    1. Hahahaha..
      gak apa, gak harus koment kok, yang penting kamu ikutan baper saat baca artikel ini, wkwkwk
      Tujuan blog ini ada itu untuk membaperkan yang masih Single πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š

    2. Iyaa..baper banget klo baca artikel mas nur πŸ˜€

  5. baru tau ngabuburit ada yang ngirup dupa hahaha, awas ngefly Mas :p. Btw, teman kuliah dulu ada juga yang pernah bakar dupa semacam itu. Baunya enak dihirup memang, tapi karena dibakar di ruangan kos yang pengap, ya megap2 juga akhirnya haha

    1. nah itu..
      makanya mas, aku nyalain deket jendela, biar baunya nggak melayang di kamar saja, hehehe

  6. Kalau aku…ngabuburitnya selain masak…
    Menulis
    Merajut
    πŸ˜†

    1. merajut tali asmara, Ahhaaai… πŸ˜€

    2. Itu sih Mas Nur..😐

    3. Terus Mbak ikha kapan?
      oh iya sih, lupa
      September yah..
      Sabar yah mbak, 4 bulan itu nggak lama kok 😬😬😬

    4. Ga, saya besok. Kelamaan nunggu September πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    5. Hahahaha

  7. BarakaAllah fii umr… Mas Nur. Ulang tahun kalender Maya-nya kapan? Yang Ibrani juga kapan? 😁

    1. Hahahaha..
      nggak tau juga deh bang…
      aku ngikutin yang Masehi dan Hijriah aja deh, 😬😬😬

    2. Owh kalo ngikutin dua kalender berarti rumusnya begini: Un Γ— 2 = ….
      Keterangan:
      Un = umur normal
      2 = Jumlah kalender yang diikuti
      M : Masehi
      H : Hijriah
      Un Γ— 2 =
      28 Γ— 2 = 56 Tahun.
      πŸ˜‚

    3. Arrghh tidaaaaaakkkkk
      aku nggak setua itu bang, wkwkwk
      btw, tau dari mana 28 itu, ah…

    4. πŸ˜‚ hehehe. Aku asal tebak aja Mas.
      Maaf kalau jadi setua itu. βœŒπŸ˜€

    5. Hahahaha.. Kakek Kakek….

    6. πŸ˜€ mau dikali dua juga?

    7. Wah, enggak. Matur suwun. πŸ˜€

  8. Dapet dupa nya dari mana tuh mas? Pohon gahru di jakarta ada gak ya πŸ˜€ heheh

    1. Nggak tau, itu aja aku beli udah berupa dupa kok..

  9. Wah, mas Nur ini orangnya rame jg ya, punya ritual ngirup yg bgtuan (bau dupa), itu efek perokok ya? Haha…

    1. Hahahaha.. nggak juga bang..
      cuma suka aja relaksasi pakai bau itu…

  10. dupanya unik gitu. aku paling suka bersih-bersih pas ngabuburit

    1. Bersihin mantan, eaaa… hahaha
      yah setiap orang emang punya kesibukan sendiri-sendiri saat ngabuburit

  11. Kirain itu asbak mas.. rupanya dupa.. jadi pengen ngepul ah.. sabar2 bentar lagi azan maghrib.. πŸ˜‚

    1. Hahahah. .emang asbak kok
      Tapi buat wadahnya dupa

  12. bagi yg udah nikah mah angpaw udah musnahhhh.. hidup para jomblooohhhh πŸ˜€

    1. Tapikan, anak juga dapet jatah.. Hahahaha
      Uangnya masuk ke dompet orang tuanya πŸ˜€

    2. penindasan harta anak anak

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.