Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint

Seandainya jika kalian menulis artikel yang orisinil hasil karya pribadi di blog. Kalian menulisnya dengan sepenuh hati dan penuh dedikasi. Kalian sudah susah payah mencari referensi, menyusunnya kata demi kata dan membuatnya enak dibaca dalam bentuk tulisan artikel yang lengkap dan menarik pembaca.

Pembaca akan senang dan kalian pasti juga akan merasa terpuaskan bukan?

Tapi, jika ada sebagian pembaca yang karena senangnya kemudian mengcopy-paste seluruh artikel ke blognya tanpa sepengetahuan kalian. Juga tanpa menyertakan link atau url sumber artikel yang asli. Bagaimana perasaan kalian?

Niatnya mungkin baik, agar informasi dari artikel tersebut dibaca oleh pengunjung blognya dan bisa bermanfaat oleh banyak orang. Namun, dampaknya menjadi tidak baik terutama bagi sumber asal tulisan tersebut di mata Google.

Bayangkan jika tulisan kalian di salin sepenuhnya dengan judul artikel yang sama persis, kemudian mesin pencari justru  merekomendasikan artikel copy paste dari blog kalian itu di halaman pertama. Kan miris banget… :'(

Tentu dengan duplikat seperti itu akan mebuat tulisan yang asli mempunyai reputasi buruk di search engine. Dan tentu hal tersebut akan merusak SEO pada artikel asli. Dan repotnya, Search engine tidak bisa membedakan mana artikel asli dan mana artikel copy-paste.

Menyebalkan bukan!

Dan itu terjadi pada blogku. Kapan hari sewaktu lagi santai dirumah, dengan meminjam smartphone istri untuk sekedar browsing-browsing. Aku kaget melihat sebuah judul yang mirip banget dengan artikel yang pernah aku buat.

Karena penasaran, aku kunjungi blog itu. Alangkah kagetnya saat aku melihat tidak hanya judulnya saja yang sama, bahkan kata perkata dan juga gambarnya pun persis dengan artikel yang ada di blogku.

Aku sih tidak mempermasalahkan jika artikelku di share atau di reblog, malah aku suka. Aku juga rela artikel yang aku buat, di copy-paste keseluruan kata-katanya dan di publish di blog lain. Asalkan itu bermanfaat bagi orang lain itu sudah membuatku senang.

Tapi….

Copy-paste juga ada etikanya bukan? Minimal cantumkanlah sumber artikel yang bersangkutan di akhir artikel sebagai kode etik dunia blogger.

Karena kesal melihat artikel yang aku buat di salin tanpa ijin dan tanpa menyertakan url sumber aslinya. Akhirnya aku coba coment secara baik-baik ke blog yang bersangkutan. Aku tanyakan tentang artikel kenapa tidak menyertakan url sumbernya.

Aku tunggu hingga seminggu tidak ada balasan dari authornya. Kembali aku lihat berandanya dan artikel lainnya. Menuruku sih artikel yang di publish disana kebanyakan hasil dari copy-paste dari blog lain.

Baca juga : Bagaimana cara menulis artikel blog yang baik

Terlihat dari gaya bahasa penulisannya yang beda-beda tidak menunjukkan keaslian dari si penulis. Kadang memakai kata “Anda”, ada juga yang memakai kata “Aku”. Iseng-iseng aku searching salah satu judul artikel disana. Dan astaga, memang benar-benar sama artikel tersebut di website populer.

Akhirnya aku memutuskan untuk melaporkan tindakan plagiat itu pada Google. Caranya dengan mengajukan pelaporan pada DMCA (Digital Millenium Copyright Act) Complain.

Ada banyak sih caranya, karena problemku pada wordpress dan pelaku plagiat juga mengunakan platform wordpress. Maka aku mengajukan pelanggaran plagiat itu pada pihak DMCA Automattic.

CARA MELAPORKAN PLAGIAT KE DMCA WORDPRESS

Langkah pertama adalah mengunjungi http://automattic/dmca

Kemudian kita akan mengisi form identitas diri terlebih dahulu. Pada kolom “Name of Copyright holder” isikan judul artikel yang terjadi plagiat.

DMCA Automattic - pelaporan hak cipta di wordpress
Kolom bawahnya, isikan url lengkap dari artikel tersebut, kemudian jelaskan pula kenapa kalian ingin melaporkan ini. Terakhir isikan pula url original dari blog kalian.

Centang semua pilihan, kemudian submit. Oh iya jangan lupa tambahkan nama kalian di bagian signature biar kalian juga ikutan viral, hahaha.

Proses pelaporan ini biasanya memakan waktu 48 jam, dan kemarin saat aku melaporkan tindakan plagiat itu, cukup satu hari sudah dapat balasan dari DMCA Automattic. Seperti ini surat balasan cintanya DMCA.

email balasan dari DMCA tentang pelanggaran hak cipta
Dan kalian tau bagaimana nasib dari artikel copy-paste pasca pelaporan. Begini penampakannya.

Tampilan blog yang sudah di laporkan plagiat
Tampilan blog yang sudah di laporkan plagiat

Nah kan, nama kita akan viral karena tercantum di artikel plagiat itu, hahahaha 😀

Yah begitulah pengalaman bagaimana cara melaporkan tindakan plagiat pada blog wordpress. Untuk melaporkan plagiat di blogger bisa kunjungi di DMCA Google

Semoga bermanfaat

[AI]

Share This :

17 Replies to “Cara Melaporkan Pelaku Plagiat (Copy-Paste) Artikel Blog ke DMCA Complaint”

  1. Sangat..sangat bermanfaat infox. Terima kasih. 🙂

  2. Sangat bermanfaat

  3. Wah,berarti tulisannya emang bagus tu mas ampe di copas orang..ya walau agak sadis karna gak nyantumin sumbernya.
    Tetapi tipsnya bermanfaat nih mas.barangkali nanti saya nemuin kasus serupa.hhheee

    1. hahaha.. sepertinya bukan..
      mungkin itu blog memang sengaja buat copas2 saja..
      itu cuma blog dummy, blog penghasil backlink aja kayaknya

    2. Oh gitu ya mas.nambah pengetahuan nih.

  4. Wah bisa juga ya laporan di pihak wordpress.com. saya tahunya cuma DMCA Google dan biasanya postingannya bakal hilang. Klo sampe 3x gitu terus, maka bakal deindex atau di penalti kayaknya. 😀

    1. Bisa mas, aku searchnya nemu itu pada saat mau lapor

  5. Makasih Mas Nur, infonya sangat bermanfaat

  6. Terima kasih, menambah pengetahuan dan sangat bermanfaat 😊

    1. sama-sama 🙂

  7. Thank’s Ka infonya. Baru tau beginian. Bermanfaat jika artikel disalin tanpa izin :’)

  8. Keren, melaporkannya. Saya hanya sebatas memberikan komentar di blog tempat copy paste, kemudian misuh2 di blog. Herannya pelaku copy paste itu juga blogger yg perlu trafik pula 🙁

    1. yah kebanyakan blog yang dibuat tempat copy paste hanya sebagai blog zombie aja mbak..
      emang diperuntukkan untuk tempat blog dummy penghasil backlink yang baik

  9. Judulnya tolong diubah mas menjadi “Cara agar cepat terkenal”.

  10. Mantap teman, usulnya baik…..
    Tapi kami nggak memiliki waktu untuk mengadu (nggak sempat). Pun blog ini gratis dan bebas saja dari awal….
    Lagipula memang itulah tujuan kami, biar artikelanya menyebar dan dikopi paste oleh siapa saja. Soal tidak dicantumkan nama, tidak usah dibawa pusing. Jika hal tersebut dicari oleh mahasiswa yang cerdas pastilah ia menemukan yang aslinya.
    Salam santun…..

  11. TFS… Dulu ada satu artikel lama saya tentang kebudayaan yang di copy paste di blog dan forum2, celakanya yg ngopi malah bikin referensi dari blog palagiat pula. Tapi baca komentar di forum tersebut yg tercerahkan dengan artikel saya, membuat saya sudah cukup senang.. Meskipun link nya, tidak mencantumkan penulis artikel aslinya.. Hehe

    1. wah abang berhati besar 😀

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini