Kembali Ke Masa Lalu

KEMBALI KE MASA LALU

Artikel kali ini isinya curhat nggak jelas dan nggak berfaedah. Jadi artikel ini tidak untuk dibaca karena mungkin tidak akan ada manfaatnya sama sekali, hahaha

Kenapa aku tulis?

Entahlah, mungkin aku ingin mengingatnya.

Seminggu kemarin aku dua kali mimpi tentang kehidupan masa lalu. Bukannya aku kangen dengan masa lalu sih, mungkin mimpi ini terjadi karena pengaruh film yang aku tonton akhir-akhir ini.

Serial drama korea My first love yang aku tonton memang menceritakan tentang seorang pemuda yang melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dengan tujuan mengubah keadaan masa depannya. Terutama tentang hubungan dengan cinta pertamanya di waktu SMA yang tiba-tiba hilang dan setelah 10 tahun baru bertemu, justru membuatnya terluka.

filmnya unik, tidak hanya pemeran utamanya yang berasal dari tahun 2017 saja yang bisa ke masa lalu, tokoh utama yang berasal dari masa lalu (2007) juga pergi ke masa depan. Keduanya sama-sama ingin merubah takdir buruk yang di alaminya.

Intinya, setelah menghatamkan  serial drama ini, aku serasa terbawa alur cerita hingga mimpi kembali ke masa lalu.

***

Di hari kamis pagi, aku bermimpi kembali ke ruang kelas SMP yang pernah aku duduki. Terlihat wajah-wajah teman lamaku disana, tidak seperti di drama korea yang tokoh utamanya ke masa lalu dengan usia yang sudah dewasa, aku tetap dengan  tubuh kecilku, namun ingatanku tentang masa depan juga ikut aku bawa.

Aku memperhatikan teman-temanku, aku begitu kangen melihat mereka, hingga aku tersadar ada yang berbeda di kelas tersebut.

Ada 2 murid yang duduk paling depan yang sama sekali tidak aku kenal. Satu murid mirip sekali dengan wajah yang aku kenal, tapi bukan teman sekelasku dulu. Wajahnya mirip dengan salah satu murid istriku saat les private ke rumahku.

Dan satu orang lagi aku sangat penasaran sekali. Dia seorang gadis, tapi aku lupa seperti apa wajahnya hingga membuatku penasaran dimimpi. Hingga saking penasarannya dalam mimpiku itu, disaat gadis tersebut izin keluar kelas (kamar mandi), aku membuntuti dia dengan izin keluar kelas juga.

Sesampai diluar kelas, aku memanggil dia dan menanyakan namanya. Aku lupa ngobrol apa dengannya, entah kenapa tiba-tiba aku mencium bibirnya….

Aneh banget bukan!

Udah tidak kenal, main cium saja, hahaha. Dan oleh karena itu aku terbangun dari tidurku, tapi tidak basah kok, sumpah itu bukan mimpi basah hahahaha :P.

Baca juga : Cita-citaku hanya ada di masa lalu

***

Coba tebak, yang mana aku? jangan tanya kenapa seragam kita beda? karena sebenarnya kita ke sekolah juga cuma absen doang, hahaha

Dua hari berikutnya, kembali aku mimpi dengan tema yang sama, bedanya kali ini aku kembali ke masa SMA.

Dimimpiku aku sedang pelajaran olaraga, kalau tidak salah ingat, aku bermain voli saat itu. Tiba-tiba ada yang pingsan, aku hanya menoleh kebelakang dan kembali fokus dengan permainannya.

Aku sadar bahwa teman sekelasku (cewek) ada yang pingsan, tapi aku biarkan dia dan hanya di tolong oleh 2 teman lainnya (cewek-cewek juga).

Kemudian aku toleh lagi kebelakang, kedua temenku tadi kesulitan menolongnya, bahkan yang pingsan tadi mau di seret. Akhirnya aku tidak tega, aku hampiri dia dan langsung aku suruh minggir kedua cewek tersebut. Aku angkat temenku yang pingsan tadi sendirian dengan  mengendongnya.
Ini so sweet banget loh, seperti bukan  aku saja. Aku kan pemalu sewaktu dulu.

Rasanya aku mengendong cewek ini begitu ringan dan aku berjalan menuju UKS dengan gagahnya. Padahal kenyataanya, istriku yang cuma memiliki bobot 43kg saja, aku mengendongnya dengan kekuatan penuh dan hampir tak kuat jalan beberapa meter saja, eh ini malah temenku ini jauh lebih besar dan tinggi ketimbang istriku, dan aku menggendongnya dengan gagah tanpa perasaan berat sedikitpun.

Sebelum sampai ke UKS, temenku yang pingsan tadi justru kebangun saat berada dalam gendonganku. Bukannya minta diturunkan dia malah merapatkan tangannya ke bahuku, sementara wajahnya juga menatap ke mukaku.

Kita berpandangan  lama, hingga akhirnya alarm handphoneku membuyarkan semuanya, hahahaha.

Baca juga : Sebuah kemenangan dan kenangan masa lalu

***

Berbicara tentang mimpi yang kedua, cewek yang aku gendong adalah orang yang pernah spesial dihatiku. Dialah cinta lokasi (Cinlok) pertama yang aku alami semasa SMA. Dan karena hal itu, aku bertekad untuk todak akan cinlok lagi selanjutnya, karena menurutku sahabat jadi cinta itu tidak menyenangkan, apalagi jika membuat hubungan kita jadi renggang. Meskipun pada akhirnya, istriku juga hasil dari cinlok itu sendiri, wkwkwkw.

Ceritanya, aku dan dia sejak kelas 10-11 sering satu meja saat di lab. absen kita juga berurutan, nama depannya juga sama mengunakan nama “Nur” dan kita berasal dari satu SMP yang sama. Bedanya hanya aku lebih pintar dari dia saja, hahahaha

Dua tahun itu, aku dan dia sangat akrab, bahkan perasaan canggungpun tidak pernah kita rasakan. Dia yang sering sekali mengambil kertas ulanganku dan mengkopi semua jawaban yang aku jawab dengan jerih payahku. Tapi sering juga aku menjahilinya hingga pernah hampir menangis juga.

Hingga akhirnya kesalah pahaman di kelas 12, membuat jarak kita menjadi jauh. Dari sebuah karya tulis (Sebuat saja diary) yang aku buat dibukuku yang isinya tentang “cinta dalam diam“, padahal isi dari surat itu bukan aku tujukan ke dia. Tapi teman-teman sekelas terlanjur menjodohkanku dengan dia dan aku tidak bisa mengatasi hal ini.

Rasa canggung itu terus ada disaat aku berpapasan dengannya, tanpa sadar aku juga mulai memperhatikannya padahal dulu sih ogah. Dia cewek yang tomboi, agak lemot tapi dia baik hati dan setia kawan.

Dan bodohnya aku hingga menaruh rasa pada dia dan membuat rasa canggung itu semakin menjadi-jadi. Dan karena alasan itu justru membuat hubungan kita makin parah. Hingga luluspun rasa canggung itu belum bisa sirna.

Dia menikah lebih dulu, dan aku turut bahagia karenanya. Disaat aku menghadiri pesta pernikahannya, rasa canggung diantara kita sudah tidak ada, bahkan kita tertawa bersama saat itu.

Baca juga : Cara menyikapi masa lalu yang selalu membayang

Yah kadang kenangan biarlah pada tempatnya, Aku cukup bahagia saat mengingatnya. Seburuk apapun kenangan yang pernah aku alami. Saat ini, kenangan buruk masa lalu hanya sebuah kenangan dan memori untuk dikenang saja.

Mungkin aku juga kangen dengan mereka, setidaknya aku ingin melihatnya bahagia dengan kehidupan yang dia jalani sekarang.

Kelas TKJ angkatan 2004-2007 SMK N 1 Purwoosari Pasuruan
Kelas kebahagiaan 🙂

[AI]

Share This :

43 Replies to “Kembali Ke Masa Lalu”

  1. Bang ir yang paling belakang. Yang posenya kayak pemain bola pas mau pinalty 😂.
    Iya emang bener, suka sama temen sendiri itu engga enak ya. Wkwkw

    1. yah, mengingatkanku kenangan lagi.. hahaha
      Soalnya aku sewaktu SMA, tiga tahun berturut2 gagal melaju di kompetisi futsal class meeting disekolah, dan gara-garanya adalah aku yang selalu gagal dalam mengambil bole pinalty, wkkwkwkw
      Kadang pemain andalan itu bisa jadi beban saat pinalti gini, 😀

  2. Update ya drama nya mas ir. Drama itu masih baru sy sudah dwnload tp blm nonton.
    Makanya saya ngindarin nonton horor kalau malam soalnya juga sering kebawa mimpi

    1. itu udah ending kok, akhir januari kemarin..
      kan cuma 10 episode..
      ini baru kali pertama sampai kebawa mimpi, entahlah, mungkin memang aku kangen pengen reuni

    2. Ah iya cuma 10 episod. Kalau saya mah sering..

    3. berarti terlalu menghayati, hahaha 🙂

    4. Iya mas

  3. Wkwk mas ir nulis diary. Btw katanya kita gak bakalan bisa mimpiin orang asing, mz. Semua orang yg muncul di mimpi kita itu orang yg udah kita kenal sebelumnya. Katanya lho, ya.

    1. Tapi aku sering kok mimpi orang lain yang belum aku kenal, seperti saat mimpi ketemu pevita pearce 🙂
      wkwkwkw

    2. Wajahnya yg asing maksudnya

  4. Oke, saya komen ini juga tanpa baca artikelnya.. (Penurut)

  5. Bang Ir cinlokan yg trnyata ;p

    1. Udah… Kamu jangan cinlok rin..
      Berat…,
      kamu takkan kuat
      biar aku saja 😀

  6. Untung aku gak sekelas sama mas Nur

    1. Padahal itu cuma sekali loh, tapi udah dicap cinlokan, hiks..
      aku ama istrri itu kemakan omonganku sendiri

  7. Apa mimpi2nya efek liat drama ya Mas Nur, dua hari berturut2, kayak mimpi bersambung 😂
    Kata temenku kalau lg mimpiin orang, orang itu lagi kangen kita. Wkwkkw. Benar ga sih ini.

    1. nggak berturut2 sih,
      kayaknya yang kangen itu yang mimpi deh, wkwkwkw

    2. Berarti Mas Nur yang kangen tuh cewek. Wkwkwk

    3. Terus terang tidak, hahahahaha
      Bahkan aku lupa loh wajahnya, tapi kemudian aku cari-cari lagi di album lama, barulah aku ngetik artikel tersebut, wkwkwkw

    4. Hahahaha, kan td yg blg Mas Nur. Ini malah membela diri. Huft.
      Akhirnya buka album foto gegara mimpi. Jadilah mas Nur nostalgia..😂

    5. Jangan ditiru ya..
      Ini berat, kau tak akan sanggup
      biar aku saja 🙂

    6. Ya Allah.. ga ada kata2 laiin yaaa. Aku baca komen mas Nur .. “ini berat..ini berat…” udah sepuluh kali mungkin 😅😂

    7. Hahahaha, mungkin aku lagi gila Dilan, wkwkwkw
      padahal nonton aja belum

    8. Wkwkwk
      Kemakan spoiler Dilan nih. Nonton Mas Nur. Nonton, ajak Nayla sama Nisa juga 😂😂

    9. Ah berat…
      entar nisanya malah lari-lari di bioskop, wkwkwkw

    10. Jangan lari-lari nisa berat, biar mas Nur saja yang lari-lari ngejar mbk Dewi 😂😂😂

    11. nggak ah, sekarang dewi yang harus ngejar aku, HAHAHAHAHAHA

    12. Hahaha
      Kasihan mbk Dewi. Kan lari itu berat. Nanti dia kurus.

    13. Ah iya, dia aja udah kurus, apalagi kalau lari yah..
      gak apa, biar dia tambah tinggi, wkwkwkw

    14. Teori dari mana itu.. wkwkwk.

    15. Karena aku dulu pelari, pelari dari kenyataan..
      makanya aku sekrang tinggi beud, wkwkwk

    16. Teori apalah ini 😂😂😂

  8. Aduh, manis2 gimana gitu masa lalunya si mas,
    Ntap!
    Seragam nya lucu2😁😁

    1. mana ada seragam lucu, wkwkwk 😀

    2. Lucu, soalnya gak sama😂😂😂

    3. Soalnya nggak ada kelas, jadi bebas pakai seragam apa..
      itupun sudah menjelang kelulusan kok 🙂

    4. Ohhhhh, jadi kangen masa2 SMA, pdhal baru aja lulus

    5. Kalau udah 9 tahun sepertiku dan udah pada punya keluarga, kangennya bisa tahap kangen pakek banget loh, hahah

    6. 😆😆😆😆yelah,

  9. Sy penasaran dg visualisasi kjadian saat mas Ir menggendong si cewek k UKS itu, saat dimana dia tiba2 siuman, ntah gmn gitu ya..
    Masa llu itu emang punya crtanya sndiri, kdang bs bikin kita tersenyum bhgia atau justru terharu…😀

    1. itu cuma mimpi mas, aku mah pemalu dulu, jangankan gendong menatap wajahnya aja aku tak mampu, hihihi

  10. Mimpi hanyalah bungat-bunga tidur yang sekedar tayang tanpa makna.
    Selamat teman, hidup ini memang indah jika bisa dilihat dari sudut pandang positif.
    Salam.

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.