Berjalan Seiring Jalannya Rembulan

Kemarin itu libur yang cukup melegakan, Bukan karena kemarin adalah hari kelahiran PANCASILA. Yah kemarin memang libur dikarenakan hal itu, Leganya itu disebabkan aku bisa istirahat di tengah-tengah hari rutinitas aktif bekerja.

Tidak seperti hari libur saat tidak berpuasa, Biasanya, saat libur seperti itu aku gunakan untuk jalan-jalan dengan keluarga. Entah ke sebuah wahana permainan anak atau sekedar incip-incip kuliner di sekitar kota tempatku tinggal.

Nah liburan kemarin, aku habiskan untuk mengajari istri mengunakan sepeda motor dan setelah itu aku lanjut servis sepeda motor.

Dulu, sewaktu tunangan, pernah aku mengajarinya belajar sepeda dua kali kalau tidak salah. Dan hasilnya hampir nabrak satu kali saat berbelok. Untung aku cepat menghentikannya dengan merangkulnya, eh bukan. Lebih tepatnya menjangkau setir dari belakang.

Dan kemarin, bukan hampir nabrak lagi, tapi memang sudah nabrak trotoar gegara panik menghadapi polisi tidur.

Menghadapi polisi yang sedang tidur aja panik, apalagi polisi yang sudah bangun! .

Setelah menabrak trotoar itu, akhirnya dia memutuskan untuk mencoba latihan minggu besok aja. hahaha.

Yah, belajar sepeda motor memang harus dengan keberanian dan belajar menghadapi kepanikan diri sendiri terlebih dahulu. Seperti halnya menghadapi jodoh, Harus berani meyakinkani diri sendiri terlebih duhulu, baru meminta untuk meminang sang pujaan.

Setelah latihan dan beranjak mau pulang, kita mampir ke sebuah pertokoan di daerah Taman Dayu. Sekedar jalan-jalan sebentar dan lihat apa ada tas kecil untuk keperluan sekolah Madrasahnya si Naila entar.

Ceritanya kita lagi berkencan dan menghabiskan waktu berdua saja.

Terus anaknya gimana?

Tenang ada Bapak dan Ibuku yang menjaga si Nisa dirumah.

Di tengah-tengah kencan kita, kita membicarakan tentang lelaku menurut primbon jawa. Aku lupa bagaimana kejadiannya hingga istri mengajak mengobrol bahas begituan.

Katanya, Istri ku ini kelahirannya mengikuti β€œlakune banyu” (Jalannya Air). Maksudnya kepribadiannya seperti air yang bisa menyegarkan hatiku Eaaaa…πŸ™ŠπŸ™Š

Istriku ini sama seperti anakku yang kedua, sama-sama ikut lakune banyu. Kalau kata primbonnya, orang yang ngikut lakune banyu itu orang yang bisa meneduhkan hati,Β  murah hati dan murah rezeki.
Kalau di pikir-pikir, istriku ini meneduhkan banget saat di lihat, apalagi di kamar hihihihiπŸ˜πŸ˜πŸ™Š.

Berbeda dengan Naila yang bertolak belakang denganku. Aku yang ikut β€œlakune Rembulan” (jalannya Rembulan) dan Si Naila ikut β€œLakune SrΓͺngΓ©ngé” (jalannya Matahari).

Kalau kata primbon, lakune SrΓͺngΓ©ngΓ© ini digambarakan orang yang hidupnya Sentosa, berwibawa, menghidupi, dan menerangi.

Tapi kalau menurutku, sifatnya si Naila ini lebih mirip denganku. Dari kejahilannya, kenakalannya walaupun wajahnya mirip banget dengan mamanya.

Sedangkan untuk lelakune Rembulan, digambarkan dengan karakter orang yang bisa mempesona dan membuat ketentraman hati orang. Ciyaaaa.. Gua banget ini hihihi 😁😁.

Aku tahu ini hanya Ramalan, ramalan yang tak jelas dari mana asal usulnya. Karena yang aku tahu, Watak bisa dirubah dengan kemauan yang keras.

Tapi setidaknya ada yang benar kalau melihat primbon tersebut, yah tentang watakku yang mengikuti Lelakune Rembulan. Karena aku lebih sering keluar malam untuk membeli Terang Bulan πŸ˜‹πŸ˜‹.

Ainur Irawan

Share This :

54 Replies to “Berjalan Seiring Jalannya Rembulan”

  1. Mau bhsanny ttg gmna, ada aja klimat kompornya, heeran sayah😨😨

    1. ah, aku khilaf lagi… maafken πŸ™πŸ™πŸ˜…

    2. Tiap hrri jdi kompor, hmpir tiap hri mnta maaf, dn juga hampir tiap hr dimaafin πŸ˜…πŸ˜°

    3. Alhamdulillah kalau gitu.. huhuhuπŸ˜…πŸ˜°

  2. Kompor mania

    1. hahaha.. padahal nggak begitu ketara loh

    2. Gak ketara sih di kamar πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    3. hahaha… πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Istrinya Bang Ir ngeblog gaaa? Pengen minta tips dan trik disayang suami kyk gini πŸ’•πŸ˜†

    1. Hahahaha…
      Enggak…
      Nggak ada tip dan trik, hanya cinta sejati, Ciyaaaa. hahaha

    2. Eyaaaaaa πŸ’”πŸ’”πŸ’”

  4. Mungkin itu alasan kuat kenapa suka terang bulan. Kalau aku ‘lakune geni’ bang. Berarti suka sate gitu? ._.

    1. hahaha…
      entah lah, sebenarnya tadi itu nulisnya “keluar malam” gitu aja
      berhubung tadi malam beli “terang bulan” yah jadi ketulis juga terang bulan nya

  5. Mas Nur…jngn bikin galau deh.
    😞😞😞
    Hobby sekali mngompori daku.

    1. ini sesi curhat loh..
      gak ada maksud ngomporin pihak manapun..
      di bawah kan nggak ada hastag, jadi murni curhatan aja. hehehe

    2. ah tapi bkin galau. Bikin pen nikah jg.
      Pdahal prjalanan msh panjang utkku 😞

    3. yah singgah dulu, nikah
      baru ngelanjutin jalan biar lebih ringan dengan dua kepala Eaaaa πŸ˜€

    4. Aaaakkkk malah susah dunk.
      Krn sbnrnya org puyeng itu hnya butuh tman curhat.
      gitu sih mnurut Cinta 😝

    5. ya wes.. aku dengerin… πŸ˜€

    6. maaf nanti saja, Cinta blm bgtu puyeng skr ini πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜

  6. Kang lihat itu di mana? Aku lelakunya apa? πŸ˜“

    1. ah lupa tadi bang Webnya apa ?
      googling aja,… πŸ™‚

    2. Kulo lahire dino Ahad Kang.
      Ahad:Β Lakuneng serngenge, padhang atine, suka rila samu barange mareng pawong sanake, keras budine, asih marang kawulo, resikan lan nuraca, biso mprentah wong tuwoΒ (jalannya matahari, terang hatinya, suka memberi barang kepada orang lain dengan ikhlas , keras sifatnya, sayang dengan orang lain, suka kebersihan dan pandai berdandan, bisa memerintah orang tua)

    3. pandai berdandan.. hahahah
      mungkin karena itu kemarin pakai kerudung yak, wkwkwkw

    4. Sssssst πŸ˜‘

    5. Hahahahaha πŸ˜€

    6. πŸ˜•

    7. Beda jauh ya 😩

  7. Mbak Istri meneduhkan ya mas yaaaa. Apalagi di kamar ya mas yaaaa. YHA MAS. YHAAAAAAA
    :p

    1. Hahahaha.. πŸ˜›

  8. Bulan itu kalem ya kayaknya. Bisa jadi refleksi orang 😁 Tapi bulan bolong-bolong. Seperti keju di Tom and Jerry πŸ˜—
    Kalau saya apa ya?
    Jangan-jangan punya kekuatan petir 😎

    1. Gak ada petir…
      Lakune geni (api) paling…
      Dari kerajaan api menyerang..

    2. Haha kerajaan api πŸ˜πŸŒ‹

  9. Ya allah kebaca lagi 😒

    1. Apaan sih bang…
      Itu bacaan curhat kok

    2. Bukan bacaannya, mas, tapi efek setelah membacanya 😒 ada pesan terselubung di dalamnya 😒

    3. Hahaha…
      Kayaknya aku nggak pakai kata kode kode an loh..

    4. Karena udah biasa jadi gak kerasa. Padahal masih ada dan bagi singlemania masih kerasa 😒

    5. Hihihihi maafkan aku yang tak peka.. πŸ™‚

  10. Aku Rebo, pas Pon. pantesan aku suka kwaci Rebo hmmm paham wis hehe

    1. Hahahaha
      Aku juga suka, ;D

    2. Rebo itu merk kwaci hehe

  11. Cara liatnya gimana sih Mas Nur, aku kok ga faham baca primbon. Ada yang harinya dihitung, terus ditambah hari pasaran terus dibagi 10, terus baru ketemu lakon nya..
    Ah entahlah…

    1. Aku juga cari di google. Tinggal.masukin tanggal, keluar deh semua informasi

    2. Oke siaap..

  12. Elehh…mas Nur, ono ono wae yo, wkwk..
    Ternyata “jalannya rembulan” berjodoh dg “jalannya air”, 😁😁. Harus sbar ngjari istri bersepeda motor ya.
    Rembulan itu sprti lampu, menerangi. Air itu sperti apa ya, yg psti memuaskan dahaga.
    Air berjalan seiring jalannya rembulan atau sebaliknya?

    1. Hahah..
      Entahlah mas…
      Aku sendiri juga gak begitu mengerti kejawi seperti itu.
      Kebetulan kemarin istri cerita tentang lelaku itu saat dia baca di internet.
      Jadi aku penasaran ingin lihat juga.

  13. eh tapi kak kalau bisa naik sepeda naik motornya jadi lebih gampang katanya

    1. Seharusnya sih sperti itu, tpi kpanikan itu yang membuatnya jadi susah nyetirnya..

  14. tertarik sama yg lakune srengenge…hahahaha, mungkin para pemimpin dunia punya aura srengenge ini ya mas πŸ™‚

    1. Entahlah mas…
      Yang aku tau, anakku suka main panas2an hehehe

  15. Yaalllah ini kok seperti materi ujian sekolah Bahasa Jawaku kemarin :” harusnya dilengkapi 6 “lakune” yang lain.. Biar lengkap jadi hastabrata :”)

    1. Ha-ha-ha..
      Masih ada yah pelajaran bahasa Jawa, kirain udah nggak di ajarkan

Tinggalkan Balasan ke kunudhani Batalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.