Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Menjelang Lebaran Masa Kini

Tidak terasa Ramadhan sudah mendekati akhir di tahun ini, tinggal 10 hari lagi menuju hari kemenangan, Hari nan fitri dan bersih seperti bayi lagi. Semoga seperti itu.
Bagaimana pencapaian kalian di bulan Puasa ini?

SudahΒ  batal puasa berapa kali? πŸ˜›

Semoga yang terbaik, kita lakukan di bulan yang istimewa ini.

Sebentar lagi kan lebaran, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, kita tetap harus menyiapkan untuk menyambut lebaran nanti kan. Masalah tentang kita masih kangen dengan bulan puasa, atau kita masih belum bisa melakukan yang terbaik di bulan pusa tahun ini. Tetap lebaran akan jatuh pada tanggalnya dan Ramadhan akan segera pergi.

Semoga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan tahun dapan, Aamiin.
Lebaran mau mudik kemana?

Eh bukan ding…Β 

Kali ini bukan membahas mudik, apalagi aku juga tidak mudik.

Aku ingin menulis serba-serbi tentang lebaran masa kini. Jadi hal apa yang perlu di siapkan untuk menyambut Lebaran masa kini?

Uang Baru Untuk Keponakan Dan Anak Kecil

Semenjak sudah lulus sekolah dan sudah bekerja, rasanya tiap lebaran adalah harga mati untuk menyisihkan beberapa lembar uang THR untuk dibagi-bagi kepada para janda-janda muda anak-anak yang berkunjung kerumah. Terlebih lagi menyiapkan uang khusus untuk ponakan tercinta.

Sudah hal lumrah setiap lebaran untuk menukarkan beberapa uang 100ribuan menjadi beberapa pecahan kecil uang baru (uang yang belum lecek dan bisa di buat kipas saking lurusnya).

Biasanya aku menyiapkan amplop lucu ataupun buat sendiri kalau ada waktu. Dan aku masukkan recehan uang kedalam amplop tersebut dengan berbagai kriteria.
Kriterianya berdasar yang paling besar jumlahnya adalah

  1. Ponakan dari garis keturunan keluarganya Istri yang berjumlah 4 orang
  2. Ponakan saya dari keturunan keluarga saya
  3. Anak dari orang tua yang masih berbau saudara dengan keluarga kami
  4. Anak kecil dari tamu (teman, rekan kerja, mantan pacar, mantan gebetan dan sebagainya) yang mampir kerumah.
  5. Anak kecil yang mampir kerumah (khusunya yang berada di lingkungan desa)
uang angpao lebaran anti mainstream
Uang untuk teman group Obrolin yang mau singgah kerumah πŸ˜€

Servis Kendaraan Untuk Mudik

Ini yang paling penting, terutama yang akan mudik dengan kendaraan bermotor. Pastikan untuk melakukan cek keadaan fisik dan performa kendaraan bermotor dulu sebelum melakukan mudik di hari raya.

Kalau aku sih cuma mudik di seberang kecamatan, masih dalam lingkup satu kabupaten dan jaraknya paling cuma 35 km. Jadi cukup santaidan tidak perlu menyiapkan terlalu banyak barang dalam menjalani mudik tiap lebaran.

Tapi untuk servis kendaran, itu penting. Soalnya untuk menyambung silaturohmi ke sanak saudara yang tersebar disegala penjuru (walaupun dalam linkup satu kabupaten) juga butuh kendaraan yang nyaman saat dikemudikan. Dan kalau bisa tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat saat lebaran jalanan akan ramai dan lebih macet dari biasanya.

Baca juga : Lebaran pertama : Mudik hanya dengan naila saja

Jajanan Khas Lebaran

Sudah wajib ain untuk masalah jajanan khas lebaran yang disuguhkan untuk para tamu yang datang. Tidak hanya di Jawa, bahkan di suku-suku lain juga adat seperti ini sudah kental rasanya.

Sewaktu lebaran kemarin, aku bercerita tentang gelas kecil untuk menjamu para tamu. Rencananya sih biat air minumnya bisa sedikit awet, kan terkadang ada tamu yang lebih menyukai β€œone shot” kayak di drama korea gitu. Huhuhu

Kali ini, tdak ada yang special juga sih, cuma kemarin sempat aku dan istri membuat jajanan β€œCarang mas” yang terbuat dari ketela yang di pasrah (bahasa indonesianya di pasrah apa yah).

Kemudian minggu besok, rencananya aku dan istri mau buat kacang yang di campur dengan cokelat.

Dan terakhir mau bikin kue dibawah ini, Siapa yang mau? Huhuhu πŸ˜›

jajanan khas lebaran anti mainstream
Source gambar dari Group Whatsapp

Pakaian Baru

Sudah doktrin dari kecil, kalau pas lebaran itu, pakai pakaian serba baru. Dari baju baru, celana baru, sandal baru, sampai celana dalam juga harus ikutan baru. Tapi jangan sampai coba-coba pakai Istri baru juga, hahaha.

Lebaran moment yang sangat pas untuk memakai pakaian baru, kenapa?

Karena kebetulan ada uang lebih untuk beli baju baru, hikmah dari Ramadhan secara nyata (Uang THR). Yah, namanya Manusia, rasanya ada yang kurang kalau sewaktu memegang cukup uang kalau tidak untuk dibelanjakan, apalagi moment seperti lebaran ini yang konon sebagai ajang mewah-mewahan.

Ada loh suatu daerah yang menjadikan Lebaran sebagai unjuk gigi kemewahan setiap keluarga. Dari kemewahan model busana, atau model jajanan yang luar biasa banyak dan mahal, dan ada juga soal penampilan yang harus ke salon untuk unjuk kecantikan.
Yah semoga kita tidak termakan oleh tradisi seperti itu.

Lebaran mah tujuannya menjadi fitri kembali. Dengan saling bersilaturohmi dan bermaaf-maafan sesama manusia agar dosa yang telah lalu di ampuni dan kembali suci seperti sedia kala.

Walaupun tidak sesimple itu juga sih arti dari Idul fitri, yang Nabi Muhammad Saw sudah menetapkan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal sebagai hari raya umat Islam sedunia.

Semoga, kita bisa mencapai fitrah dalam merayakan Idul Fitri sebagai kemenangan kita menjalankan ibadah puasa selama 30 hari.

Baca juga : Jika tidak ada ini, Lebaran rasanya ada yang kurang

Pasangan Baru???

Eh ini apa maksudnya?

Tenang, aku bukan mau mengenalkan pasangan baru ku kok, aku tetap setia kepada istriku. 😍😍
Yang namanya lebaran, pasti para orang tua sering menanyakan hal-hal tabu bagi kita. anggaplah seperti para jomblo yang akan sering di tanya dengan pertanyaan semacam

  1. Kapan nikah?
  2. Kapan nih di kenalkan sama calon nya?
  3. Kapan nih lebaran bisa mengandeng pasangannya? De el el.

Sedangkan untuk yang sudah menikah, sama saja tetap di kasih pertanyaan tabu semacam

  1. Kapan punya anak?
  2. Kapan nambah anak lagi?
  3. Kapan nambah istri lagi? (yang ini kurang jar banget kalau ditanyakan, apalagi pas sama istri, huft)

Jadi, persiapkan mental aja menghadapi pertanyaan pertayaan konyol seperti itu. Mereka memang sudah lebih dewasa dan sudah menjalani kehidupan ini lebih lama.

Semestinya kita tetap menghargai mereka dengan senyuman. Entah dengan menjawabΒ InsyaAllah atau cukup dengan senyum seadanya.

****

Yah begitulah, hal-hal yang sering aku siapkan bersama istri menyambut idul fitri kali ini. kecuali yang point terakhir, abaikan untuk itu.

Kalau kalian sudah menyiapkan apa untuk menjawab pertanyaan β€œKapan Nikah?” eh, hahahahaΒ βœŒβœŒβœŒπŸ˜„

#LebaranSebentarLagi #RuangObrol #Obrolin
Ainur Irawan

Share This :

58 Replies to “Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Menjelang Lebaran Masa Kini”

  1. Aku lagi nyiapin HATI YG KOKOH DAN KUPING YANG KEBAL sama beratus pertanyaan bertema “tentang” πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

    1. Hahaha… πŸ˜€
      Semangat mbak kun…

  2. mas kue nastar seperti yang tadi, beli dimana ya? πŸ˜‚ πŸ˜‚

    1. Itu buat ndiri…
      kalau lebaran ke rumah, boleh di coba dibelah semua nastar yang aku sajikan..
      semoga menemukan kua keberuntungan , wkwkwkw πŸ˜›

  3. Ya Alloh, tabahkan hati ini untuk menjawab itu. Iya, ituuuuuuu πŸ™

    1. Aamiin….
      beri ketabahan hati Ya Alloh
      πŸ˜€

  4. Kue nastarnya keren jg, coba beneran, haha…bnyk yg dtg tu nnti k rumah.
    😁😁
    Sllu ada embel2 di ujung postingan mas Ir.πŸ˜πŸ˜πŸ˜‡
    Sy lbran ini ya…siap2 ke rumah saudara kndungku yg muslim aja di kampung klhiran.

    1. menikmati liburan yah bang…. πŸ˜€

    2. Ya ni

  5. Aku siapin angpao yang banyaklah, biar gak ada yg nanya macam macam. (Isinya 2000 an)

    1. yah.. kalau segitu mana cukup untuk membungkam mulut, huhuhu

    2. Bungkam pakai ketupat

    3. Eaaaaaakkkk…
      nyatanya aku nggak suka ketupat..
      bagaimana pula mbak ida mau membungkam mulutku ini πŸ˜€

    4. Ya sudah, aku minta istri mas Nur saja buat membungkam mulut mas Nur. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    5. Unch unch unch…
      itu udah cukup mbak, hahahaha πŸ˜€

  6. mw dong kue nastar isi 100rb ahhaha, ngarep

    1. Hahaha..
      Aku sediain bagi yang mau mampir..
      πŸ˜›

  7. Lhaaa iyaaa samaaan. Bsa sepemikiran gini yak. Marhaban yaaaa lebaraaaan ^^

  8. Untuk pertanyaan terakhir aku udah siapin jawabannya kok kak Nur, jadi nggak akan khawatir sama model pertanyaan kayak gitu lagi 😏😏😏

    1. Apa jawabannya zah, biar aku tiru saat aku di tanya dengan pertanyaan yang sama.:)

    2. Kenapa kak Nur harus ditanya pertanyaan model begitu lagi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Rahasia perusahaan ah, nanti pada ikut-ikutan πŸ˜‚

    3. Yah siapa tau aku ditanya gitu lagi πŸ˜€

  9. biasanya roti khong guan baru laris

    1. Bener kang.
      Dirumah itu selalu ada. Tapi selalu paling akhir habisnya . hahaja
      Tapi tahun ini udah nggak beli kayaknya..

    2. iya… yang diambil pertama itu wafernya… aku kemarin dapat dari pasien

  10. Mmm…kl Cinta mau jwb dg henna, mas Nur.
    nnt kl ditanya saudara atau keluarga…”Cinta, kapan nikah?”
    terus Cinta lgsg sodorin tangan Cinta yg berhenna dan bilang gini…
    “Nih, udah pake henna, berarti bentar lagi, ditunggu saja tanggal mainnya, sabar ya sayang, diundang koq, insya Allah”
    Haha, bisa pede deh kl jwb gtu πŸ˜€

    1. Bagus dong klau gitu… πŸ™‚

    2. memang, bagus ya mas Nur…bohongnya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  11. kuterharu ternyata mz ir nyiapin thr juga buat kitak-kitak 😒

    1. Hehehehe.. Silakan mampir kerumah, entar tak kasih angpao..
      Syarat bawa anak ya kesini nya:)

    2. Sumbangin ke kotak amal masjid aja kalo gitu 😒

    3. Leh ugha.. Hahaha…
      Ya ndak bangz, itu bagianya ad sendiri πŸ™‚

  12. Kirim aja mas angpao nya gpp

    1. Ouw, tidak bisa, ini aku taruh di rumah, aku taruh di toples, biar ambil sendiri. Hahaha

    2. πŸ˜‚πŸ˜‚ gimana coba saya ambilnya

    3. Ya datang kemari, syarat harus bawa anak…
      Nah lih, hahahaha

    4. Oke fix bawa anak orang

  13. Tuh kan, bau-bau paragraf terakhir 😒

    1. Hahaha… Bang ical udah nyiapin jawabannya?

    2. Sudah πŸ˜…

  14. ugh lagi lagi endingnya luar biasa! haha
    urusan baju baru semakin gede aku semakin paham kalau ga perlu hehe.
    angpaonya s transfer azaaa ya bg haha

    1. Sebenarnya lebih enak hari biasa, bajunya banyak yang murah ketimbang hari lebaran kayak gini.
      Ndak bisa, itu sudah jadi pecahan2 uang kecil yang tak masukin toples, silakan ambil sendiri di toplesnya hahahaha

    2. Nah itu juga bang alasanku nda mau belanja wkwk
      ih KZL haha

    3. Oh iya syarat dapat angpao harus puny anak terlebih dahulu πŸ˜€

    4. KZL :3

  15. Siap-siap menghadapi pertanyaan seputar “kapan” 😩 seandainya pertanyaan itu bisa di skip aja yak, pasti dunia akan lebih indah haha

    1. Hahaha
      Kura kura dalam kuali besar…
      pura pura tidak dengar aja kalau gitu.. πŸ˜€

    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  16. Pertanyaan β€˜spesial’ kadang tidak hanya untuk para jomblo mas. Yang belum nikah pertanyaannya pasti β€˜kapan nikah? β€˜ yang udah nikah β€˜kapan punya anak?’ yang udah punya anak satu β€˜kapan si kakak dapat adik? β€˜ teruuusss yang udah dua tapi kelminnya sama β€˜nggak bikin lagi? Laki/perempuannya belum ada? β€˜ dan pertanyaan terakhir ini lebih sering diberikan pada pasangan yang anaknya semua perempuan. Dan yang paling sering dicercar adalah si mantu perempuan(ngalamin hiks)
    Soal kue lebaran, saya paling suka yang di kampung mertua. Banyak kue yang tidak busa saya temui di kota klahiran saya maupun di tempat tinggal saya. Kue kampung yang klasik tapi enak.
    Terus… Di rumah sampean nyiapin ndak, kaleng monde atau kong guan isi rengginang? Hehe… Kayaknya lebih populer dibanding nastar isi seratus ribuan wkwkwk

    1. Hajaha…
      Kali ini khongguan kecil isi roti roma kelapa..
      Kalau monde, masih asli bun…
      Aku juga suka makanan yang unik saat lebaran, yah jajanan bikinan sendiri, kalau semacam monde dan roti model.baru, rasanya udah enek. πŸ™‚

  17. Ya Allah…. tegaa niaaaan. Masak temen2 obrolin kalau mampir cuma dikasih angpau 2 rebu doaaang. 😨😨😨😩
    Btw satu bendel kan bukan selembar…hahha. kalau sebendel sih mau.
    Aku sudah sedia karung buat pertanyaan “kapan nikah”, yang tanya nanti tak masukin karung aja😩

    1. Itu 20ribu mbak ikha, aku juga gak sejahat itu, tali syaratnya harus bawa anak kalau mau dapat angpao. Wkwkwkw
      Yang kamu lakukan itu sungguh zahat mbak…
      Miga yang tanya cowok tinggi ganteng namanya ardi..
      Eh kemaren yang disurat itu namanya siapa yak, lupa aku?

    2. Wkwkwk.. salah liat. Maafin..
      Baiklah aku bawa anaknya sepupuku yak, ga tanggung-tanggung, aku bawa sepuluh anak nanti πŸ˜›
      Kalau yang nanya cowok tetep aku karungin jga, biar ga tanya2 lagi. Hahaha
      Iya Ardi namanya Mas Nur

    3. Anak sendiri donk πŸ˜‰

    4. 😩
      Ya udahlah.. ga jadi minta angpau wes

  18. Itu kak… Anu … Kuota yang tidak lokal :”)) perlu banget disiapin agar mudik tidak jadi mati gaya wkwkwk
    Btw, aku orang yg selalu menunggu nunggu THR dari om dan tante lho πŸ˜€ alhamdulillah kak ainur berarti bagian keluarga baik sekale ya wkwk

    1. Emang ada kuota pake lokal gitu…
      Hahah, kebayakan orang akan nunggu THR saat mendekati lebaran πŸ™‚

    2. Adaaa kaaakk.. Dulu aku pakai telkom*** beli di semarang dan ternyata kuotanya lokal 😦 jd gabisa dipakai di jakarta.. Huhu
      Bener bangeeet wkwk tapi semakin besar semakin sedikit yang memberi wkk

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini