Kamu Lagi Suntuk Dan Hatimu Mulai Gundah!, Lakukan 7 Tip Ini Agar Hatimu Tetap Tenang Dan Suntukpun Jadi Hilang

Namanya juga hidup, kadang kita diatas, kadang juga dibawah. Kita tak pernah tau besok kita akan bahagia ataupun besok kita akan terluka. Yang jelas, apapun itu, kita tetap berusaha untuk tegar dan tersenyum sebisanya.

Bukan jaminan seorang yang punya banyak harta bisa terus bahagia tanpa merasakan suntuk dan gundah. Ingat Bahagia itu bukan masalah banyaknya harta dan kemewahan yang kita punya, tapi bahagia itu memiliki tolak ukur sendiri dan tiap orang berbeda mengartikan arti bahagia menurutnya.

Ada yang beranggapan dengan punya banyak uang, pasti hidup akan senang. Ada juga yang berlawanan dengan itu dan lebih sederhana mengartikan kebahagiaanya. Seperti dengan melihat senyummu pagi ini, yah kamu… itu sudah membuatku lebih tenang dan bahagia. Eaaahhh..

Anyway, jika hari ini kamu sedang tidak merasa bergairah dan kamu merasa harimu biru dengan segala masalah yang menimpamu yang bikin harimu semakin galau tak menentu.
Tenang!!!,

SEBUT NAMAKU TIGA KALI

Dengan begitu, aku akan muncul dihadapanmu dengan berkata “Ku beri satu permintaan, Monggo?”. Dan aku mohon jangan minta kurus yah, aku sendiri juga mengalami kegemukan, hahaha.

Oke kembali ke topik, bagi kawan-kawan yang sedang suntuk dan merasa hatinya mulai gundah dengan berbagai masalah yang kalian hadapi.

Aku punya sedikit tip biar rasa suntukmu kembali bergairah lagi dan galaumu semoga lekas terobati. Yuk simak 7 Tip Agar Hatimu Tetap Tenang Dan Suntukpun Jadi Hilang

1. Baca Alqur’an Atau Baca Kitab Suci

Source image by Depositphotos

Memang tidaklah mudah untuk mengatasi galau karena suatu masalah, bahkan banyak diantara kita yang justru terhanyut dalam linkaran Narkoba dan hal buruk lainnya untuk melampiaskan semua masalah. Bukannya masalah tambah hilang, justru masalah tersebut jadi tambah runyam dan membesar.

Sebagai umat beragama, Rasanya hal terpenting saat hati kita merasa galau dan penuh gundah adalah dengan kembali kepada fitrah kita sebagai mahluk Tuhan. Tidak ada yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah kalau bukan DIA Sang Maha Pemberi Petunjuk.

Dengan adanya kitab suci tiap agama yang menuntun umatnya dalam hal kebenaran, tentu dengan mendekatkan diri lewat lantunan ayat-ayat suci tersebut, mungkin hati kita akan terhanyut dalam sebuah ketenangan. Dan dalam ketenangan itulah pokok-pokok permasalahan dan solusi dari masalah itu akan dibukakan.

2. Pergi Ke Masjid Atau Tempat Peribadatan

Source image by Thoughtco

Sama halnya dengan membaca kitab suci, pergi ke tempat peribadatan yang merupakan rumah Tuhan kita, juga mampu untuk mengusir rasa resah dan gundah di hati. Aku sendiri juga merasa tenang saat berada dalam masjid.

Masjid itu sendiri adalah rumah ibadah yang multi dimensional, tidak hanya untuk tempat ibadah sholat, tetapi juga untuk persoalan duniawi dan kemanusiaan seperti tempat bermusyawarah bagi umat, dan tempat mengali ilmu dalam sebuah majlis ilmu yang diadakan dalam masjid.

Sama halnya dengan tempat peribadatan agama lainnya. Tidak memandang suku dan budaya suatu kaum, tempat peribadatan akan tetap terbuka bagi setiap umatnya.

Pernah aku berada dalam suatu masjid karena kelelahan dalam perjalanan, dan juga sedang menunggu seseorang datang. Biarpun terdapat banyak orang yang sedang beribadah, entah sedang sholat dan membaca alqur’an. Hanya berdiam diri di dalamnya saja aku merasa tenang dan menikmati berada didalm masjid tersebut.

Nah apalagi kalau kita sedang ada masalah, dan mengadu dengan beribadah di dalam tempat peribadatan dengan khusuk. InsyaAllah ketenangan dan kesunyian dalam masjid tersebut akan membantu hatimu agar tetap tenang dan menemukan solusi yang pas.

3. Gunakan Waktu Gundah Bersama Keluarga Tercinta

Source image by keluargaindonesia.net

Jangan pernah kalian berpikir kalau kalian hidup sendiri di dunia yang luas ini. Tentu kalian juga harus memahami bahwa kalian tidak terlahir dengan sendirinya dan besar dengan usaha kalian sendiri. Kalian punya keluarga yang merawat kalian sejak kecil, keluarga yang selalu ada baik suka maupun duka.

Lupakan tentang obat penenang dan racun bernama NARKOBA yang cuma bisa menghilangkan kepikiran tentang masalah cuma beberapa saat saja, Dan pada kenyataannya masalah tetap masih ada.
Masalah tak akan hilang kalau kita hanya lari dari masalah itu, hadapilah..!!

Dan tentunya, untuk menghadapi sebuah masalah itu tidaklah mudah, hanya segelintir orang yang bisa bertahan dalam menghadapi masalahnya sendiri. Kalian butuh penyemangat, kalian butuh pendorong untuk tetap maju dan optimis. Kalaupun gagal, ada segelintir orang yang tetap menyemangatimu dan membuatmu tetap tegar dan bahagia.

Yah, keluarga adalah tempat terbaik untuk menghilangkan rasa gundah dan resah karena suatu masalah. Keluarga juga tempat yang tepat untuk melepaskan segala keluh kesah dalam dada. Karena tidak semua orang bisa berjalan sendiri didunia yang keras ini,  maka cobalah untuk berjuang bersama dengan orang terdekat kita untuk tetap optimis dengan hari esok nanti.

4. Travel Kemanapun Yang Kamu Suka Dengan Sahabatmu

Dokument pribadi @banyu meneng- Malang

Sewaktu masih single dulu, banyak masalah yang pernah aku hadapi. Dari semacam galau ditolak, galau saat pengeluaran membengkak, dan juga galau saat mau mendekati gadis tapi takut ditolak, hahahaha.

Segala resah dalam kehidupan sehari-hari, aku kumpulkan dalam dada. Terkadang kejenuhan dengan rutinitas sehari-hari juga semakin membuat hatiku lebih galau lagi. Disaat single, hal yang biasa aku pikirkan adalah kebahagian diri sendiri, yah keinginan egois seperti itu tetap ada dalam jiwa muda saat itu.

Disaat resah hati sudah tak bisa lagi dibendung lagi, efeknya akan memacu kemarahan yang membabi buta. Nah disaat seperti itu, refreshing adalah hal yang wajib dilakukan. Karena hati dan pikiran butuh piknik juga, bukan?

Kemanapun aku pergi, aku selalu mengajak sahabat-sahabatku. Tidak harus melewati lembah dan menyebrangi pulau, yang penting jalan dengan sahabat itu sudah cukup. Tak perlu butuh biaya mahal, yang penting adalah perjalanannya. Bahkan pernah aku menempuh jarak Pandaan – Pacet hanya untuk meminum sebuah kopi disana.

Pernah juga jalan-jalan ke Jember dan saat disana kita balik begitu saja.
Intinya refreshing untuk menyegarkan kembali pikiran penuh penat dan menguatkan hati agar tetap ceria untuk menghadapi segala resah dan gundah yang melanda.

5. Melihat Hamparan Langit Dan Ribuan Bintang

Source image by Stocksnap.io

Sejak kecil, Aku suka memandang langit lepas dari depan pintu belakang rumahku. Aku menikmati gumpalan awan yang berarak dilangit dengan bantal yang menjadi sandaran tidurku. Entah kenapa saat kecil dulu aku sering kesepian, mungkin salah satunya karena ditinggal kakakku mondok, selain itu aku juga typikal orang yang jarang keluar rumah kalau tidak diajak teman.

Dengan memandang langit siang maupun langit malam dengan taburan ribuan bintang disana, aku melakukan hal tersebut karen aku ingin membuang rasa kesepian dalam dada. Rasanya aku sangat menyukai pemandangan yang tersaji diatas sana, dan setiap aku melihatnya, ada guratan senyum yang akan terukir di bibirku.

Sampai sekarangpun aku selalu melakukan hal tersebut, baik saat mengendong si Nisa, maupun saat tiduran disebuah dipan depan rumah. langit dan bintang adalah hal favorit pemandangan yang selalu  ingin aku lihat.

6. Hilangkan Gundahmu Dengan Bermain Game

Dokument pribadi di senja kereta api

Dulu, sering sekali aku lari dari kenyataan bahwa aku sedang terluka, dengan bermain game. Bahkan saat kerjapun aku bolos satu hari untuk menenangkan hatiku dengan bermain game. Niatnya sih biar hati yang terluka segera membaik.

Apapun yang aku lakukan itu memang salah, dan aku meyadari bahwa lari dari sebuah masalah tak akan menyelesaikan masalah tersebut.

Tapi, ada untungnya juga. Mungkin untuk menghadapi sebuah masalah kita harus dalam keadaan kepala dingin. Tidak dengan segala kemarahan dan resah dalam dada untuk memutuskan sesuatu hal.

Nah dengan bermain game, hal seperti ini bisa mendinginkan kepala. Bisa saja game merupakan alat yang tepat untuk melampiaskan segala kemarahan dalam dada, hahahah seperti membantai semua orang di game GTA atau melakukan tackle kepada semua musuh di game PES.

Dan ketika hati sudah tenang dan kepala sudah dingin dari kemarahan, barulah kita bersiap untuk menghadapi permasalahan hidup ini, hehehe

7. Hanyutkan Semua Masalahmu DI Sungai

Source image by Dosenpendidikan.com

Sebenarnya, disetiap artikel yang aku buat, point akhir adalah inti dari ide kenapa aku ingin membuat artikel ini.

“Hanyutkan semua masalahmu di sungai”, kata-kata ini terinspirasi dari serial naruto dari percakapan Madara dan Hashirama sewaktu masih kecil. Hashirama yang kehilangan adiknya, merasa bahwa dengan berdiam diri disungai dan menatap arus sungai itu, dia berharap agar masalahnya ikut hanyut dengan arus sungai tersebut.

Sama halnya dengan Sasuke yang lebih suka berdiam diri di sungai untuk meredakan kemarahannya dan menghalai kesunyiannya.
Dan hal seperti itu juga sering aku lakukan. Bagiku aliran sungai mempunyai magis tersendiri dalam hal ketenangan dalam dada. Aku suka pergi kesungai saat masih kecil dulu, selain untuk menghilangkan kejenuhan, suara gemericik air yang berjatuhan disela-sela batu merupakan aliran musik ketenangan bagiku.

Rasanya dengan melihat aliran sungai itu, semua masalahku hanyut dengan aliran sungai tersebut. Memang tidak semua masalah, setidaknya ada rasa tenang saat aku berada disana.

Setelah ada jalan tol didekat rumah, untuk pergi kesungai dari rumahku dibutuhkan jalan memutar dan harus naik jembatan pula, akhirnya aku jarang pergi kesitu. Dan terlebih lagi aku sudah menikah, istrikulah tempat menghanyutkan masalah yang ada padaku. Istriku adalah sungai surga di hatiku, eaahhhh

Tapi aku masih sering disaat pulang kerja masuk malam, aku menghabiskan secangkir kopi disebuah warung dekat sungai yang tak begitu besar, mungkin bisa dikatakan kecil. Tapi aku suka menghabiskan kopi disana dan menghirup satu batang rokok untuk menemani pagi yang dingin ini.

Biarpun aliran sungainya kecil, tapi aku masih mendengar suara gemericik air sungai itu. Adan itu cukup menenagkan apalagi disaat istri lagi ngambek. Hahahaha 😀

***

Yah begitulah tips mengatasi rasa resah dan gundah dalam dada yang ditulis sepuh hati dan jiwa. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang merasakan resah dan gundah di hatinya. Aku sih cuma bisa berdoa agar siapapun orangnya bisa mengatasi semua permasalahannya. Karena hidup ini memang penuh masalah (ujian) dan masalah (ujian) itulah hidup.

[AI]

Share This :

33 Replies to “Kamu Lagi Suntuk Dan Hatimu Mulai Gundah!, Lakukan 7 Tip Ini Agar Hatimu Tetap Tenang Dan Suntukpun Jadi Hilang”

  1. Makan apapun yg km mau selagi halal 😃😃

    1. Ah iya, catet… 🙂

  2. Point ketujuh ni hanyut ngambang gtu muster 😂

    1. bisa di coba, sekaligus ngambang di kalinya sendiri juga boleh, hahaha 😀

  3. Jadi pengen ke sungai, sayang sekali Surabaya sungainya sudah keruh.

    1. iya, airnya berwarna coklat, wkwkwk
      ditempatku juga tidak begitu bersih sekarang mbak, warnanya sih tetep bening, tapi banyak sampah yang berkelanyutan…
      padahal dulu pas kecil sering aku pakai mandi dan nyuci (yang nyuci orang lain)

    2. Pencemaran sudah dimana2 ternyata ya Mas Nur. Padahal daerah sana masih seger harusnya, ah, tangan manusia memang suka jahil2.
      Oj ya, di belakang kebun raya purwodadi itu kan ada air terjun. Aku pernah kesana, tp ternyata airnya juga agak coklat dan sampahnya dimana2. 😩

    3. sungai itu dijadikan arum jeram loh padahal di air terjun tersebut

    4. Wah benarkaah.. apa sekarang sudah beda ya Mas Nur kebersihannya. Dulu aku kesana thn 2013 sih. Hehe

    5. entahlah..

  4. Aku tambahin tips satu lagi bang biar ga suntuk, yaitu Shopping!!

    1. Tadinya aku mau tulis tentang shoping, karena disaat suntuk aku gak pernah shoping dan tak menemukan yang membahagiakan dengan shoping aplagi duit juga berkurang dngan shoping jadi gak jadi aku tulis, wkwkwk #CowokMatreBin Pelit

  5. Saya paling suka no 5 melihat bintang , beneran dapat menenangkan pikiran…

  6. Menulis gak dimasukkan sebagai tips yg ke 8 mas? Padahal mas Is kan sering nulis.. hehe

    1. Kalau lagi suntuk, justru untuk nulis tambah malas mas, biasanya disaat ada mood aku baru nulis, hihihih

  7. Memandangi alam memang ampuh.
    Wawa kalo suntuk, dengerin gemericik air ngerasa tenang.

    1. Yeah, ada yang sama dengan aku, biasanya rasi bintang kita mungkin sama, wkwkwkw

    2. Rasi bintang? Zodiakkah?

    3. Wawa aquarius mas. Mas?

    4. Ah, berarti kita gak sama.. hahaha

    5. Tidak sama bukan berarti tidak bisa bersama *ehh

    6. hhahahahaha

  8. Iya sih bang, kadang cuma duduk sebelahan sama Ibu dan ngobrolin film India yang barusan Ibu tonton juga udah bikin tenang. Biarpun tanpa nyeritain masalah apa yang lagi nimpa kita 😀

    1. film series india yang lagi terus-terusan ditayangin di antv itu yah, hahahaha
      kayaknya para ibuk-ibuk demam film gituan, mengenang era tahun 1990 an

  9. Nice banget mas bro.. apalagi kalimat yg ini “Biarpun aliran sungainya kecil, tapi aku masih mendengar suara gemericik air sungai itu. Adan itu cukup menenagkan apalagi disaat istri lagi ngambek. Hahahaha 😀” wkwkwkwkwkwk. aku kalo lagi suntuk suka mandangin kolam ikan. Atau deket2 akuarium. Gemericik air, ikan yang lalu lalang entah mengapa menenangkan pikiran. Apalagi kalau ada yg traktir makan! hahahahaa

    1. Aish, kalau itu bukan hanya menenangkan pikiran, juga akan menenangkan perut yang keroncongan 😀

  10. Keren tipsnya, kecuali yg no.7, aku msh ragu… kdang itu hanya sugesti..
    Yg pling pas itu yg nomer 2, aplgi klau istri sllu di sisi dan pham dg hati kita, lihat senyumnya, bikin tnang menurutku..

  11. Terima kasih untuk membagi tips yang dapat menenangkan hati, ya Mas Nur. Jadi inspirasi yamg manis, termasuk tambahan dari teman-teman semua, aku suka, 😀

    1. hehehehe..
      sama-sama 🙂

  12. Trevelling bukan segalanya teman…
    Tapi cukup menghibur sih walau sesaat saja.
    Kita butuh penghiburan yang sifatnya kontinue.
    Salam santun….

    1. Yah, setidaknya treveling membuat pikiran lebih fresh dan siap untuk menghadapi masalah yang terjadi

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini