Hal Apa Yang Kamu Cek Saat Pertama Login Di Dasboard Tiap Harinya

Hal Apa Yang Kamu Cek Saat Pertama Login Di Dasboard Tiap Harinya

Hai, Aku kembali lagi.

Meskipun aku jarang menulis lagi di wordpress ini, tapi ada fakta yang tak terbantahkan bahwa setiap hari aku selalu buka browser yang isinya adalah laman Dasboard blog Pennadiri ini.

Meskipun aku termasuk Murtad kecil dari wordpress karena sudah jarang sekali nyipok-nyipok blog teman-teman maupun jarang update isi blog (begitu kata bang diptra di salah satu postingannya di sini
Tapi, aku tak ingin membuang blog ini begitu saja, terus terang aku juga ingin membuat blog ini menjadi lebih profesional lagi seperti blognya Mbak Ysalma, Mbk Momo, Mas Toro, dan Mas Agung Rangga.

Karena mood menulisku lagi menurun, untuk sementara aku urungkan kembali niatku untuk membuat blogku lebih terlihat kece dengan akhiran dot com. Tapi setelah membaca artikelnya mas Agung, rasanya jadi pengen deh mempunyai blog dengan akhiran dot com seperti itu. Akhirnya aku memutuskan untuk manabung terlebih dahulu untuk itu, dan kebetulan ada tabungan yang cocok denganku.

Baca juga : Ternyata Migrasi Blog Tidak Semudah membaca Artikelnya

Eh, sebentar….

Postingan ini melenceng jauh dari judul yang aku buat. Ini semacam curcol dari dilema yang aku alami akhir-akhir ini. Hahaha

Back to topic.

Kalian tiap hari memperhatikan dasboard blog kalian tidak?

Kalau aku sih iya, tapi tahukah kalian, setiap pagi atau setiap mulai membuka dasboard account wordpress, pernah gak kalian berpikir bahwa kebiasaan yang kita lakukan ini terus berulang dan nyaris sama tiap harinya.

Kalau kalian tidak merasa begitu, mungkin hanya aku saja yang terlalu peka akan hal tersebut, hahaha.
Rasanya, aku selalu mengecek secara berurutan tiap harinya saat sedang membuka dasboard account WordPress. Dan berikut ini hal yang pertama yang aku cek saat pertama masuk login dasboard tiap harinya, terutama saat jam mulai kerja, karena dari tempat kerjalah aku bisa mengakses Dasboard WordPress ini dari versi desktopnya.

Hal Apa Pertama Yang saya Cek Saat Pertama Login Di Dasboard Tiap Harinya

1. Melihat Statistik Blog

Keren kan graficknya, naik kayak tangga disekolah. eh tapi ada yang turun juga sih πŸ˜€

Aku mungkin memang penggila trafick dan grafick kalau berhubungan dengan media sosial. Baik itu facebook, fanspage, instagram dan twitter, wordpress maupun blogger.

Jadi senang aja kalau tiap hari ada kemajuan entah ada yang koment, follow atau like disetiap media sosial yang aku punyai. Jadi jika kalian berteman denganku ataupun follow dimedia sosial, jangan lupa like, komen dan share yah, biar aku semakin terkenal, huhuhu. Jangan lupa LIKE, KOMEN dan SHARE hahahaha πŸ˜€

Rasanya senang aja lihat kemajuan maupun penambahan kunjungan, komentar, dan like pada statistik blogku. Sebenarnya tidak ada target khusus sih, awalnya aku membuat blog ini juga sekedar iseng dan ingin menyalurkan hobby nulisku kembali. Dan baru-baru ini saja aku sedikit tertarik ikutan bikin blog yang bisa ditautkan di adsense seperti blog punyanya temenku.

Baca juga : Mengoptimalkan Blog WordPress dengan cara sederhana

2. Cek Notifikasi WordPress

Langkah kedua pasti aku ngecek notifikasi yang masuk, karena aku menerapkan sistem moderasi komentar, jadi komen dari kawan-kawan tidak akan muncul langsung ke permukaan sebelum ada approve dari author.

Cara ini aku lakukan biar aku menfilter komentar yang berbau link atau tautan yang mengarah ke blog si komentar atau sebagai alat promosi produk, jasa dan lain sebagainya.

Jadi kalau ada yang komentar seperti itu, terkadang aku edit dengan menghilangkan tautannya, tapi kalau jelas-jelas tujuannya promosi’in barang atau jasa, langsung aku masukkan ke tong sampah.

3. Blogwalking Sebisanya

Yah kayak gitu, sering aku biari terbuka hingga 8 jam

Yang ketiga, langkah yang Β selalu aku lakukan adalah membuka β€œReader WordPress” di tab baru. Jadi selain terus ngebiarin laman dasboard terbuka, aku juga sering membiarkan laman reader juga terbuka dari pagi hingga sore.

Meskipun laman reader terbuka seharian, terkadang aku nggak nyentuh sama sekali, entah itu sibuk dengan kerjaan atau emang berlagak sibuk atau emang lagi galau karena kangen tidak bertemu istri lebih 3 jam. #Eh.. hahahaha.

Yang jelas, jika lagi mood aku akan blogwalking, jika enggak ya udah. Tapi kedua laman tersebut (Dasboard dan Reader) tetap selalu terbuka.

4. Cek Komentar Spam

Kurang 7 komentar spam lagi, nyampai 1000

Yang terakhir dan yang paling aneh, tapi hal ini nyaris aku lakukan tiap kali login dasboard, bahkan dalam sehari, aku bisa cek sampai 3 kali. Entah kenapa aku hobby banget delete permanen komentar spam yang masuk yang terjaring oleh akismet.

Sejauh ini Akismet sudah menjaring komentar spam seperti itu hingga 993, kurang 7 komentar spam lagi akan mencapai 1000. Ini prestasi yang sangat membanggakan, Apa perlu aku adakan GiveAway atas pencapaian spam diblogku ini, hahaha #KayaknyaGakPerlu

Baca juga : Blogku diserang para Spammer

****
Kalau kalian, hal apa yang akan kalian cek pertama kali saat pertama kali login dasboard tiap harinya. Apakah kalian punya hoby delete spam kayak aku, huhuhu. Bisa di bagi di komentar atau transfer langsung ke rekeningku πŸ˜›

[AI]

Share This :

39 Replies to “Hal Apa Yang Kamu Cek Saat Pertama Login Di Dasboard Tiap Harinya”

  1. Lihat notif. Trus, buka statistik. Trus, buja readers. Trus, nulis post. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    1. iya, aku kagum dengan konsistensimu Wa

    2. Maacii bang. 😊

  2. Lihat notif terus buka reader terus kutinggal ngeteh.
    Btw aku mau transfer komen spam, kukasih Mas Nur semua nanti. Biar lebih dr seribu. Kirim kemana ? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. Hahahaha, jangan wes.. makasih banget…

    2. Hahaha

  3. Sama dong….
    Kami juga sukanya ke spam, beberapa di lolosin tetapi belakangan ini udah gak lagi.
    Karena broken link dalam spam dapat merusak rating blog di google.
    Salam santun….

    1. gak enak aja lihatnya mas, kalau ada komentar isinya link..
      kalau komentar singkat mah biarin, asal gak sebar link ja

  4. Kurang lebih sama sih mas..tapi lebih sering buka stats bahkan kalo lagi bosan selang beberapa menit dah dicek lagi,baru deh baca reader,trus pilih2 artikel menarik,komen dan like deh.hheee

    1. kita sama, aku juga pilih2 yang mau aku baca,

  5. Baca dan like post blog yang aku ikutin, baru buka notif, tulis buat draft, buka statistik sudah mulai jarang, udah tahap pasrah blog mau gimana πŸ˜…

    1. hahahaha.. πŸ˜€
      yang penting heppy mbak Kunu..
      statistik hanya opsi tambahan…

  6. Aku rasa kita semua sama dech…

  7. Lebih suka buka reader, Mas. Takut buka stats. Takut lihat nda ada pengunjung…he…he…he πŸ™‚

    1. Sabar mas, semua juga pasti ngalamin itu saat diawal2

    2. Iya, πŸ™‚ makasih utk semangatnya.

  8. Setiap saya aktifkan data, , pasti terdengar suara “teng-teng”, nah itu bukan suara penjual es tong-tong tp pemberitahuan yg masuk😁..
    Sy cek dl pemberitahuannya. Like balik atau biasanya koment balik, trus itu lihat statistik.. trus nulis deh.. 😁

    1. Luar biasa, aku juga kangen ndegar notif lagi..
      sayang HP lagi opname selamanya, belum beri yang baru

    2. 😁… tapi bunyinya belum berkepanjangan ya .. kadang bunyi 3x, paling banter cuma 8x berbunyi.. πŸ˜‚
      Turut prihatan dengan apa yg menimpa HP nya..
      Salam jum’at mubaarok..

    3. πŸ˜€

  9. Duh.. ngecek stats aja jarang, apalagi BW.

    1. kayaknya mas andik ngilang yah beberapa bulan yang lalu, tak pernah lihat postnya..
      aku juga ngilang juga sih, semenjak hp opname

    2. Ya om. Sekalinya ga posting 2 minggu aja, susah untuk memulainya lagi. Jadi terus aja ga update. 😁

    3. Hahahaha..
      aku masih ngusahain tiap minggu ada update, padahal dulu hampir tiap hari, hehehe

  10. Wah, terima kasih sudah mention blog saya~ πŸ˜„
    Kalau saya sih biasanya langsung nulis draft tulisan. Karena waktu untuk ngeblog dan bw sudah berkurang gara-gara banyak kerjaan… 😭
    Ayo mas semangat nabungnya! πŸ’ͺ

    1. iya mas, ini lagi ngusahain πŸ˜€

  11. Buka stats, buka notif kemudian ku reload berkali2. Bukan internet yang lemot tp ternyata memang gaada notif πŸ˜‚ hahaha
    Aku sering baca ulang tulisanku sblmnya, kalau terlalu menye2 galau lgsg ku hapus atau aku privateπŸ˜…

    1. ah jangan gitu, eman kalau di hapus, mending di private..
      karena setiap tulisan punya cerita dan kenangan saat menulisnya. πŸ˜€

    2. Hahaha menulis saat kalut itu ba ha yaπŸ˜‚

    3. eh jangan di privat dongg.. kasian fans mu ini belum baca semua konten yang pernh kamu unggah di wordpress

  12. Haha….pikiran dan kerjaan bloger banget nih.
    Klau aku sih yg buka komentar spam itu jlas gak tiap hari tp brkla, bisa 3 hari atau seminggu skli.
    Tp klau yg prtma-tama kulihat adalah, (oya via wp reader maksudnya, udah jrang pke laptop) tombol blog/situs yg kuiikuti, lalu notif, dan statistik di nomor 3. Terakhir blogwalking. Bgtu.

    1. iya bang, kerjaan aneh seorang blogger, wkwkwkw hobbynya ngelihatin spam, hihihih
      πŸ™‚

    2. Tp jngan suka nyepam loh ya, wkwk

  13. nahhh, aku nomer 3 itu yg aku jarang mas wkwk, bukan apa2 tapi mataku ga kuat natap layar lama2, padahal pingin juga selalu update blog tmen2 hihi.. biar gak kudet kata minceu!

    1. ah, aku juga mau alasan seperti itu sebenarnya mbak, wkwkwk

  14. Pertama statistik, kedua komen yg dimoderasi dan spam buat dihapus2. Kalau pagi2 liat statistik meningkat itu biasanya bikin moodku baik xixiixixi

    1. iya, saya juga merasa gitu, huhuhuh

  15. kalo saya sih, log in di komputer tidak ada yg diperhatikan. cuma buka new post, nulis, review, edit, posting. udah. tapi bentar bentar liat statistiknya lewat hapee… πŸ˜€ sehari bisa lima kali. empat sehat lima sempurna. kalau cek komen sih jarang, abis emang jarang di komen. blogwalking saya juga kurang bagus. entahlah kenapa, mungkin perlu banyak penyemangat yg tulus dan sedap dipandangi. jadi ya begtulah. dari seratus lebih postingan yg saya buat, paling yg tercatat dikomen ga sampe dua puluh πŸ™‚

    1. tapi akhir2 ini emang mas gun jarang posting kan…
      atau aku sendiri yang terlewatkan yah

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini