Kelebihan Punya Blog Dengan Custom Domain

kelebihan-blog-custom-domain

Sejak awal aku membuat blog ini, sempat aku galau perihal wordpress.com (gratisan) atau wordpress.org (self hosted). Ada banyak pertimbangan sewaktu itu, antara serius ngeblog atau ngeblog asal-asalan seperti dulu (tahun 2010 aku pernah punya blog).

Eh jangan salah sangka, yang aku maksud serius disini adalah bukan perihal blog yang profesional yang bisa mendatangkan duit, tapi lebih ke konsisten untuk tetap menulis di blog. Karena sangat disayangkan jika blog yang berbayar harus di terlantarkan tanpa tulisan bukan?.

Aku ragu tentang banyak hal, bukan tentang masalah biaya pertahunnya sih. Memang untuk ukuran biaya segitu tidaklah terlalu mahal, aku bisa mengumpulkan uang segitu bukan dari hasil mengambil jatah bulanan istri, maupun jatah camilan harian ku. Aku bisa kok mengumpulkan uang dari internet dan bisa membiayai uang sewa domain pertahunnya.

Tapi yang jadi permasalahanku, Apakah aku masih bisa konsisten mengisi konten di blog ini selama beberapa tahun kedepan. Mengingat kembali yang telah lalu, aku harus menutup blog wordpress dan bloggerku yang lama karena aku sudah malas mengurusnya.

Baca juga : Menjadi Blogger itu ada pasang surutnya

Akhirnya aku memutuskan untuk membuat blog gratisan untuk kedua kalinya, yah blog Pennadiri ini. Mungkin suatu saat, aku akan upgrade blog ini biar terlihat lebih kece seperti authornya. hahaha

Selain terlihat kece, Ada enaknya loh punya Blog yang sudah Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)? Berikut aku jelaskan dikit tentang enaknya punya blog TLD atau Custom Domain menurut ku.

Alamat Blog Jadi Ringkas Dan Menarik

Simple url, Kelebihan custom domain
Pasti semua pada paham bahwa dengan Custom domain, otomatis blog yang tadinya ada akhirannya (dot)wordpress(dot)com, kini bisa jadi sesuai keinginan kita. kita bisa menentukan akhirannya seperti (dot)id, (dot)net, (dot)me, dot yang lainnya juga.

Dan yang terpenting tidak ada tambahan wordpress atau blogspot lagi. Seperti nama blog kita pada awalnya namaku.wordpress.com atau namaku.blogspot.com, ketika sudah custom domain, alamat blog kita akan berubah menjadi namaku.com, namaku.id tanpa ada embel-embel wordpress atau blogspot.

Jadi, blog kita akan terlihat lebih ringkas, sederhana dan menarik. Coba bayangkan jika blogku pada awalnya beralamatkan irawan.worpress.com kemudian aku costom domain menjadi irawan.blog. Nah terlihat keren dan kece bukan! 😀 😀 😀 #DilarangProtes

Baca juga : Mengoptimalkan blog wordpress dengan cara sederhana

Terlihat Lebih Profesional dan Serius

Terlihat Lebih Profesional dan Serius
Kebanyakan blog profesional yang digarap secara serius pasti akan mengunakan custom domain pada blognya. Seperti blognya pendiri blogger perempuan network Shintaries Nijerinda di Shintaries.com, atau blognya mas Sugeng di suged.id.

Mereka berdua adalah salah satu contoh blogger profesional yang menggarap blognya dengan serius. Terlihat dari rapinya tata letak blog dan design yang menarik karena themenya sepertinya juga berbayar.

Kebanyakan dari pemilik blog profesional, akan menjadwalkan postingan secara teratur dan konsisten. Konsisten disini tidak melulu tiap hari update juga, tapi update post selalu diberlakukan berkala dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Dan yang paling penting, konten yang mereka post lebih original, menarik dan berkualitas.

Nah, sementara aku juga ingin blogku lebih profesioanal juga. Aku sudah berusaha tetap konsisten satu setegah tahun ngeblog disini. Aku juga belajar menulis yang baik dan kreatif (kreatif disini maksudnya original, hahaha) walaupun masih memakai bahasa kaku (tapi aku suka, lebih mencerminkan diri yang asli).

Setelah tahap konsisten dan bisa menulis yang baik, mungkin suatu saat aku akan membuat blogku ini jadi lebih profesional dengan custom domain. Doakan yah, biar tetap konsisten dan kece selalu 😛

Baca juga : Bagaimana memotivasi diri agar tetap konsisten dalam menulis blog

Bisa di Monetize Jadi Sebuah Penghasilan Dari Blog

How to monetize a blog with love
Banyak blogger diluar sana mengupgrade blognya dengan tujuan yang satu ini, Monetize. Memang sangat mengiurkan sekali jika hobby menulis di blog ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi kita.
Untuk ukuran blog gratisan, susah sekali untuk bisa di monetize menjadi sebuah publiser iklan. Apalagi di wordpress gratisan ini yang sama sekali tidak bisa dipasang sebuah java script, yang mengakibatkan tidak bisa dipasang widget publiser iklan.

Kalau di blogspot masih bisa, karena blogspot sangat mudah untuk di pasang widget mengunakan kode java script. Cuma untuk publisher iklan Adsense google, rasanya cukup sulit kalau mengunakan blogspot. Tapi bukan berarti tidak bisa loh.

Baca juga : Ada hikmah saat di tolak adsense berkali-kali

Aku juga ingin hoby menulis di blog ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang juga. Bukan berarti aku terobsesi untuk itu juga, soalnya sejak awal aku membuat blog di wordpress ini untuk sekedar share dan menampung segala unek-unek dalam pikiran.

Kan tidak ada salahnya jika hobby itu bisa menghasilkan, karena uang dari hasil hobby itu sangat membahagiakan. Aku pernah dapat uang dari salah satu tetangga yang meminta aku untuk membetulkan komputer desktopnya yang rusak.

Biar begini-begina, aku ini lulusan (mantan) teknisi komputer. Jadi setidaknya aku sedikit paham bagaimana caranya bongkar pasang komputer dan mengatasi trouble pada komputer.

Baca juga : Virus perusak Hardware dan Brainware

Oh iya ada lagi, disaat SMA, aku pernah di ajak main bola oleh orang desa sebelah. Biarpun bayarannya kecil, tapi uang yang cukup untuk beli bakso 5 mangkok itu merupakan hasil keringat dan kesukaanku pada hobi yang aku geluti. Bukan masalah uangnya tapi karena bau duit memang mengiurkan, wkwkwkw 😛

Sering Dapat Tawaran Endorsement Suatu Produk

Semenjak daftar ke salah satu komunitas blogger, saya sering dapat email dari komunitas tersebut yang isinya penawaran Endorsement produk atau placemen backlink produk. Akan tetapi persyaratanya harus mengunakan blog TLD atau custom domain dan minimal DA (Domain Authority) nya diatas 20.

Tentu saja di syarat pertama blogku sudah tidak memenuhi persyaratan untuk ikut, apalagi tentang DA.


Kenapa harus blog TLD sih? Padahal blogku juga lumayan populer loh kata mesin pencari google, hahahaha 😀

Baca juga : Tip bagaimana agar mendapat ribuan like dan komentar di blog

Ternyata, blog dengan Top level domain itu lebih di percaya di mata google. Jadi advertiser juga mikir-mikir untuk endorse produknya ke blog gratisan macam blog aku ini. Begitu juga tentang Domain Authority.

Blog yang memiliki DA yang tingi, kemungkinan blog tersebut sangat dipercaya oleh mesin pencari. Karena faktor DA blog tinggi dipengaruhi oleh Usia domain, Banyaknya Konten dan juga tingkat popularitasnya.

Jadi, Kalau menurutku pribadi, biar blog kita ada yang endorse, syarat yang mungkin bisa kita lakukan pertama adalah mengubah blog gratisan menajdi Top Level Domain terlebih dahulu.

Kebanyakan Campaign Advertiser Menginginkan Blog Custom Domain


Pernah daftar kesebuah web yang menjembatani antara influencer dan Advertiser? Kalau belum, kalian bisa daftar ke sociabuzz atau iblogmarket.

Kebanyakan dari Thread yang disediakan untuk influencer, Persyaratannya kebanyakan harus mengunakan blog dengan Top Level Domain untuk bisa join campaign.

Jadi blog gratisan seperti blog ini sudah tereliminasi sejak awal bahkan sebelum negara api menyerang sekalipun. Blog yang sudah TLD saja belum tentu mendapatkan campaign itu apalagi yang gratisan. Huft…

****

Dari hal tersebut, aku jadi pengen deh blog Pennadiri ini bisa terlihat profesional dengan custom domain. Selain aku ingin blog ini dikenal dengan sangat baik oleh mesin pencari, aku juga ingin sekali-kali mendapat penawaran endorsement. Hahaha 😛

Jadi, pertanyaannya “Kira-kira ada nggak yang mau aku endorse produknya di blog ini?” Hahahaha 😀 😀 #Ngarep.com

Sekian.

[AI]

Share This :

46 Replies to “Kelebihan Punya Blog Dengan Custom Domain”

  1. Lho bukannya sudah punya yang TLD di blogspot itu???
    Kalau aku sih cuma bisa ngomong, nikmat ngeblog mana yang engkau dustakan. Karena ngeblog itu ena~

    1. Hahahaha…
      iya ena bingit, wkwkwk
      udah lama gak denger kata tabu itu

  2. Kita ada domain sendiri untuk fokus berkarya Ka. Kalau duit mah bonus belakang hahaha Semangat menulis! 😀

    1. Hehehehe..
      kan aku juga mengatakan hal demikian, wkwkwkw

  3. Pennadiri mau dipindahin ke WP.org apa upgrade di WP.com aja hayooo… 😄
    Soal custom domain, cuma blogger yg kasi gratisan. Yg lain pada bayar, termasuk WP.com. katanya sih dulu WP.com pun ga narik biaya apa-apa buat custom domain entah kapan itu policy berubah.
    Ngeblog di WP lebih enak dibandingkan dengan blogger apalagi di era smartphone. Ga mesti nyari warnet kalau lagi mau apdet. Aplikasi WP jauh lebih baik dibandingkan aplikasi blogger.
    Sekarang balik lagi nih saya tanya: alamat blogspotnya donk. Ane penasaran banget nih

    1. Hehehehe…
      wp.com aja kayaknya mas…
      tapi nanti sih, masih lama 🙂

  4. Haha…ujung2nya nanya, tp wajar sih ya.
    Menghasilkan duit dari hobi gak haram.
    Klau sy msh jauh utk k level sana. Ngeblog just for fun

    1. Iya mas, just for fun.. untuk ngeluarin unek2 🙂

  5. Gak menutup kemungkinan sih mas buat narik para endorser,yang penting konsisten dan terus menelurkan tulisan berkualitas dan nyaman dibaca.(jangan kaya di blog saya yang gaje).hhee

    1. blognya mas jalil justru terlihat niche loh… 🙂

    2. Tapi ilmu menulisnya masih cetek banget mas.hhee

  6. Kalau kami menggunakan yang gratisan aja, itu lebih baik.
    Agar jadi tulisan abadi.
    Soalnya kami pernah memiliki blog TLD tetapi tidak sanggup membiayainya setiap tahun. Repot banget lho teman bila harus pindah-pindahin tulisan hanya karena self hosting tidak bisa dibiayai.
    Kalau dipikir-pikir juga, sampai berapa lama sih kami hidup dan mampu menulis? Paling sepuluh, dua puluh, tiga puluh tahun ke depan. Lha setelah itu siapa dong yang akan biayai hostingannya? Tentu saja keadaan ini membuat tulisan yang susah payah kami buat terbuang sia-sia (cos sikawan-pemiliknya udah lewat/ dead/ meninggal.
    Lagipula pengetahuan itu dikasih Yang Di Atas gratis, jadi mengapa tidak membagikannya secara gratis?

    1. membagikannya gratis kok, kan tinggal lihat blog aja kan saat pengen baca

  7. Masih ragu-ragu buat custom saya. Dah lah… wong cuma buat have fun aja. Jadi jangan sampai terlalu serius ngurusin blog. Yang penting bisa konsisten nulis dan dapat pengunjung aja dah seneng kok 😀

    1. saya juuga masih ragu! hahahahaha

    2. iyah, yang penting konsisten 🙂

  8. Aku ada, mau a?

    1. apanya?

    2. Endorse

    3. endorse apa?
      🙂

    4. Peninggi, pelangsing 😛

    5. hahaha 😀

  9. Masalah paling utama adalah tidak bisa konsisten menampilkan postingan. Jdi memilih untuk tidak membuat custom domain

  10. Niceee… Barangkali ada rencana buat bikin domain sendiri bang? Sepertinya secara konten dan ketenaran sudah mapan

    1. halah, ketenaran, wkkwkwkw 😀

  11. keren sih emang kalau sudah punya label misal raya.me. Tapi skg masalah konsisten nulisnya lagi. Menghijrahkan blog sih guampang! istiqomahnya yang susah *eaaaaa.

    1. iya, memang konsisten itu butuh niat yang kuat, bahkan udah niat aja masih kalah ama malasnya 🙂

  12. mas Nur…q kmrin2 iseng nanya tmn guru yg jg memanfaatkan blog utk mncari pghasilan swaktu zaman SMU, kata dia kl di wp susah…
    Dia pke blogspot gratisan gtu, tp pengunjung perharinya lumayan.
    Dan q trgoda saat tahu penhasilan prbulan dia dr ngeblog haha.
    Tp apalah dayaku…konsisten nulis sja msh blm bsa. 😅

    1. kan kamu udah punya blogspot, coba aja tetap ngisi artikel disana

    2. ga ah…ribet jadinya sana-sini mas Nur

    3. belum di coba cinta?
      tapi aku punya usul, bagaimana blog yang wordpress, isinya di copy ke blogger, tapi di translate ke bahasa inggris..
      seandainya aku bisa bahasa inggris, pasti aku buat blog khusus bahasa inggris

    4. owh gtu ya mas Nur?
      Smuanya? 😅

    5. soalnya, blog mengunakan bahasa inggris itu bisa dibuat selain asen,
      seperti click bank, amazon dan afilasi lainnya

    6. Wewh jadi pengin 😍

  13. Ajarin gua donk bang… Gimna nih bisa bagus ngeblog di WP ini dan bisa konsisten…

    1. Hahahaha.. apa yang harus aku ajarin..
      aku aja yang penting tulis aja apa yanga da di pikiran..
      yang paling penting itu niatan dulu mas, kalau blog udah jadi passion, secara otomatis kita bisa konsisten kok

    2. Mantap Mas,,, “penting nulis dulu mas.” Saran yang menghujam di lubuk hati…

    3. Ilmunya sangat bermanfaat maa

  14. insaaAlloh ada kok mas, tulisannya bagus bagus soale dan rajin posting… ngga kayak aku hahaha… udahlah timbul tenggelam, tulisannya juga semelkete weleh weleh…

  15. […] Baca juga : Kelebihan punya blog dengan custom domain […]

  16. mau pakai TLD atau tidak itu pilihan….tapi kalau nulis hanya karena lagi hype dapat uang dari blog nanti bisa cepat bosan…biasanya yang nulis karena memang suka bertahan sampai lebih dari 5 tahun…pengamatan saja..

    1. benar tuh, 😀

  17. […] Baca juga : Kelebihan punya blog custom domain […]

  18. […] Baca juga : Kelebihan punya blog dengan custom domain […]

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini