Cara Mendapatkan Penghasilan Di WordPress Gratisan

Selama ini, banyak yang mengira bahwa mempunyai blog gratisan di wordpress tidak bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi kita. padahal memang susah, hahahaha πŸ˜›

Saya sendiri saja biarpun sudah lama menulis di blog ini (1,5 tahun itu udah lama loh :P) masih belum dapat sesuatu insentif dari blog ini.

Yah maklum, blog curhatan yang kadang banyak orang yang bilang blog ini blog tukang bulli, padahal aku loh menolak keras perbullian. Tapi masih saja blog ini di sebut demikian, padahal aku loh memotivasi kalian agar tetap semangat mengarungi kehidupan yang singkat ini.

Ok kembali ke topik

Bisakah blog WordPress gratisan bisa menghasilkan Uang?

Tentu saja bisa, kalau meunrutku meskipun aku sendiri belum pernah juga mendapatkannya
Jadi ini postingan bohongan yang hanya dibuat untuk menghibur?

Tentu tidak..

Memang sama-sama kita ketahui bahwa WordAds (Adsense di wordpress) hanya berlaku untuk blog custom domain yang sudah terdaftar di Wordads program. Dan blog dengan label gratisan sudah dipastikan tidak bisa mengikuti program tersebut.

Tapi dikesempatan kali ini, aku ingin share pengalaman ngeblog di palatform tetangga yang sepertinya bisa di aplikasikan di blog wordpress gratisan ini.

Baca juga : Kelebihan punya blog dengan custom domain

Bukan tidak mungkin loh blog gratisan di wordpress bisa meraup penghasilan dari artikel yang kalian buat.

Ada banyak cara menuju Roma, meskipun tidak sampai ke Roma, ke Venezia pun sepertinya lebih menarik dan indah #Meskipun belum pernah kesana

Nah, dibawah ini cara-cara yang mungkin bisa di gunakan agar blog gratisan di wordpress bisa menjadi sebuah penghasilan.

#1. Mendaftarkan Blog Ke Afilasi Lokal

Banyak Affiliate Marketing Indonesia yang sukses mengunakan blog dengan custom domain yang berbahasa inggris Β meraup keuntungan yang luar biasa dari afilasi terkenal semacam amazon dan clikbank.

Nah bagi kita, yang memakai blog gratisan, kita bisa coba daftar blog gratisan ini ke sebuah penyedia afilasi lokal di Indonesia. Meskipun Affiliate marketing di Indonesia tidak begitu menghasilkan karena pengguna internet di Indonesia masih tidak terlalu tinggi minat beli onlinenya. Tapi apasalahnya di coba kan.

Selain pendaftaran gratis, dan cara kerjanya pun praktis. Kita tinggal pasang banner dan menunggu ada penguna internet yang tertarik membeli produk melalui banner yang kita pasang.

Aku sendiri juga tidak yakin pengguna internet mau klik banner dan membeli, tapi sekali lagi aku katakan, apa salahnya dicoba. Mau klik kek, mau beli juga kek, yang penting kita tetep nulis di blog.
Saat ini banyak kok afilasi marketing di indonesia yang menawarkan program afilasinya. Seperti Lazzada, Blibli, Zalora dan lain sebagainya.

Tapi permasalahannya, untuk Lazzada sendiri, pemasangan iklannya harus mengunakan script </iframe> yang tidak bisa dipasang di widget wordpress gratisan. Untuk Blibli, sampai sekarang aku belum di Approve, jadi tidak tahu banyak soal blibli

Tapi ada satu Affilasi yang tidak mengunakan script tersebut, tapi mengunakan script <ahref> seperti kita memasang banner-banner komunitas di blog.

Affilasi tersebut namanya Accesstrade.co.idΒ 

Tampilan dasboard Accesstrade

Pendaftarannya gratis, kita tinggal masukin blog kita, tunggu riview di approve atau tidak. Setelah di Approve, baru kita bisa ikutan Campaign afilasinya.

Sistem kerjanya ini CPA (Cost Per Action). Maksudnya kita akan mendapat bonus atau komisi disetiap ada yang klik banner kita, kemudian membeli produk. Komisinya bisa sampai 10% dari harga produk.

#2. Menjadi Influencer Produk

Website penyedia influencer
Jika blog kita mempunyai follower yang banyak dan kunjungan blog yang stabil, tidak salahnya kita mencoba mendaftar menjadi influencer suatu produk.

Caranya bagaimana?

Yah kalian harus jadi SELEBRITIS dulu, huhuhuh.

Tidak, itu becanda!

Ada kok website yang menjembatani antara Advertiser dan influencer secara langsung. Intinya, kita daftar ke website tersebut , kemudian advertiser akan memberikan job entah berupa riview produk, atau placement backlink keyword dan lain sebagainya.

Setelah kita dapat permintaan job, kita akan mengerjakan job tersebut dan mempublishnya di blog. Barulah kita dapat bayaran dari hal tersebut.

Tidak selalu tulis sendiri kok, kapan hari saya dapat file mentahan dari Advertisernya. Aku tinggal publish saja dan sedikit memberikan gambar yang menarik untuk konten tersebut.

Ada 3 tempat yang menyediakan hal demikian, sebenaranya empat cuma kumpulblogger hanya untuk paltform blogger saja. 3 website tersebut adalah :

  1. Iblogmarket.com
  2. I.sosialbuzz.com
  3. Govirall.comΒ 

Untuk sosialbuzz dan goviral, aku sendiri belum pernah mendapat penawaran dari mereka. Sedangkan untuk Iblogmarket, Alhamdulillah aku sudah dua kali mendapatkan penawaran job #Serius, IniBukanPamer

Jadi, sekali lagi aku mengatakan ini untuk ketiga kalinya. Tidak ada salahnya untuk mencoba πŸ˜€

#3. Ikutan Lomba Kompetisi Blog

Satu lagi uji keberuntungan kalian di challenge β€œLomba menulis di Blog”.

Tiap bulan, ada saja brand atau website yang mengadakan lomba menulis di blog. Dan hadiahnya juga lumayan loh, seperti Koh Dedy Huang yang pernah merasakan hadiah samsung galaxy C9 pro. Tuh keren kan.

Pemenang lomba blog
Untuk cari lomba menulis, kalian cukup cari di search engine β€œLomba [bulan] [tahun]” maka kalian akan dapatkan list lomba yang menurut kalian bisa di ikuti.

Untuk bisa memenangkan hadiah utamanya juga tidak mudah, tapi dengan mengikuti lomba seperti ini. Kalian bisa punya pengalaman menulis yang baik. Karena untuk bisa memenangkan lomba tentu konten yang dilombakan harus bagus juga harus ada riset biar informasi yang disajikan lengkap dan menarik.

Kalau ditanya, yang nulis ini pernah menang tidak?

Jawabannya?

Hmmmm.. susah aku mau jelaskan, hahaha

Belum sih, tapi mungkin suatu hari nanti di hari yang cerah, angin sepoi-sepoi menghempaskan daun-daun maple di kanada, dihari itu aku akan memenangkannya.

Dan salah satu yang aku menangkan adalah HATIMU, yah hatimu itu. Huhuhuhu πŸ˜€

#4. Membuat Laman Iklan Di Blog

Dan terakhir, dan mungkin tidak sepenuhnya berhasil, tapi apa salahnya di coba kan. (Udah empat kali, yes dapet piring cantik)

Membuat laman kontak yang bisa menarik advertiser untuk beriklan di blog kita. Caranya tentu wajib untuk lampirkan email kita biar advertiser bisa menghubungi kita.

Pernah juga aku melihat di suatu blog yang memasang screenshot statistik per harinya di laman tersebut. Dan jangan lupa kasih harga standart untuk rivew produk dan placemen backlink keyword jika advertiser sudah mempunyai konten sendiri dan kita tinggal publish saja.
***
Nah sampai disini ada yang perlu ditanyakan?

Please jangan tanyakan aku pernah menang lomba atau tidak? Atau berapa penghasilan ku dari blog?
Karena semua itu bukan tentang penghasilannya berapa, tapi kepuasan tersendiri ketika tulisan kita mendapat nilai lebih dimata orang lain. Apalagi nilai itu berupa hal yang menyenangkan seperti uang sekoper atau batangan mas 24 karat di bayar tunai #tsah

[AI]

Share This :

45 Replies to “Cara Mendapatkan Penghasilan Di WordPress Gratisan”

  1. Mantap share nya… terima kasih ya ilmunya, masih harus banyak belajar dari suhu-suhu per-bloggan

  2. huwa… apa ini :))

    1. share bang, hahahah πŸ˜€

  3. Haha…sdah harap2, pinter ya triknya, dicoba aja dulu, ap salahnya…
    Klau ikutan lomba blog itu udah psti, klau menang sih ya, πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. tapi kan apa salahnya di coba bang, wkwkwkw

    2. Iya jg sih

  4. Keren kak dan sangat inspiratif. Makasih, ya, kak, untuk postingan kali ini. Ayo semangat ngeblogπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kita pasti bisa. Yeah!

    1. iya, kita bisa πŸ™‚

  5. Sepertinya di wordpress.com dilarang menaruh link affiliasi dan banner di versi gratisan. Bisa ke banned. TOS seperti itu klo belum berubah. πŸ˜€

    1. ah udah terlanjur mas, biarin wes..
      entar pas ada peringatan entar tak ilangin afilasinya, hahaha

  6. Wah..jadi pingin nyoba nih mas..hheee,tapi nyari yang paling simpel aja kali.hhh

    1. ikutan lomba aja mas, itu jelas hadiahnya, asal menang πŸ˜€

    2. Ya mas..ntar saya coba cari.. barang kali ada yang cocok

  7. Jadi pingin nyoba mas..tapi yang paling simple dulu.hhe

  8. Mantap mas… bisa belajar dengan jenengan nih. Semangat

  9. Ternyata banyak yang belum saya coba πŸ˜₯

  10. IZIN SHARE MASSSS…

  11. Blog bang Ir kontennya makin berkembang aja, salut!

    1. ah nggak ugha

  12. Entah mengapa aku malas e meng dot kom-kan blog ini,wakakakakak. Jadi otomatis sering tak dilirik perusahaan untuk kasih job. Adapun kalo lomba nulis gt-kan DA/PA nya yg d lihat kan?
    Tapi ada bbrp produk mmg menggunakan yg blognya masih gratisan, yang penting followers instagramnya banyak! congklak wkwkwkwwkk

    1. iya, yang penting folower intagram bejibun, wkwkwk

  13. weh mantab nih, mungkin.aye coba deh satu satu tentang cara yg ditulis, kecuali yg ikutan lomba. tp ya gt deh mendapat uang dari internet kadang tidak semanis yang di tulis para blogger. entah saya nya yg kagak bisa atau para blogger aja yg memang pada jagoan cari duit lewat dunia maya.

    1. ya, tidak mudah mas gun..
      tapi bukan berarti kita tidak bisa, πŸ™‚

  14. […] tulisan terbaru dari mas Nur Irawan berikut, terdapat beberapa situs yang mencari blog untuk diberikan sponsored content. Saya pernah […]

  15. mesti kok kalo aku maen ke sini, rasanya kayak sekolah lagi hihii.. cucok meong mas Nur

    1. πŸ˜€
      aku memang mendirikan padepokan kok, hahaha

  16. Satu kelemahan saat kita menggunakan blog untuk cari uang adalah “tidak bisa fokus menulis.” Lagipula dahulu kami pernah mencoba untuk ikut beberapa iklan lokal tapi entah kenapa tiba-tiba ditolak gitu…..
    Terimakasih sarannya….

    1. kalau fokus dengan cari duitnya memang akan mudah menyerah, nah maka dari itu aku anggap itu sekedar bous untuk konsisten menulis

  17. boleh dicoba. good luck

  18. udah dapet bayarannya belum mas, pengen coba ahh..

    1. udah dong, wkwkwkw πŸ˜€

  19. Reblogged this on JURNALTHAR.

  20. […] tulisan terbaru dari mas Nur Irawan berikut, terdapat beberapa situs yang mencari blog untuk diberikan sponsored content. Saya pernah […]

  21. Luar biasa, sangat membatu untuk kawan-kawan yang ingin menghasilkan karya dan berpenghasilan salah satu nya dari blog, πŸ™‚ share ilmu nya lagi lain waktu ya πŸ˜‰

    1. sama sama mas… Tentu πŸ™‚

  22. […] Baca juga : Cara mendapatkan penghasilan di blog WordPress Gratisan […]

  23. […] Posted on Maret 6, 2018 by hanifmusyafa 24 Nov 2017 […]

  24. ajarin ejie di point 2, dong kk..
    influencer produk teh kumaha?

    1. hmmm, gimana ngejelasinnya yah..
      kebanyakan yang influencer di blog itu lebih banyak milih yang blog akhirannya tanpa embel-embel wordpress atau blogspot. soalnya advertisernya minta blog yang profesional..
      namun yang goviral, coba aja, disana biasanya influencernya di khususkan seperti media sosial facebook dan instagram, namun followernya kudu bejibun juga

    2. padahal yg pake dot wordpress atau blogspot, juga rajin nulis loh kaka. kenapa yah harus begitu? (tanya)

    3. yah karena rating dan efek yang diberikan blog yang mengunakan custom domain

  25. […] Baca juga : Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari wordpress gratisan […]

  26. […] Baca juga : Cara mendapat penghasilan di blog wordpress gratis […]

  27. […] Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan dari WordPress Gratisan […]

  28. […] saya bahas tentang Affiliasi marketing di artikel β€œCara Mendapat Penghasilan Di WordPress Gratisan”. Banyak blog sukses bermain di afilasi marketing ini, namun kebanyakan dari mereka mengunakan […]

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini