Liburan Ke Wisata Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur

Liburan Ke Wisata Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur

Meskipun di bulan desember ini lumayan berat perihal pekerjaan, tapi tetap aku memanfaatkan libur hari minggu untuk jalan-jalan dengan keluarga. Apalagi anakku yang pertama kan juga sedang liburan sekolah sejak tanggal
Sebenarnya aku ingin nulis cerita receh yang mungkin tidak bisa disebut liburan, karena tempatnya yang cukup dekat dari rumah. Juga sudah berkali-kali aku berkunjung ke tempat tersebut. Mungkin lain kali yah, karena aku ingin fokus nyeritain liburan ke tempat wisata terakhir di bulan ini.

Liburan panjang, kalian kemana?

Kalau aku liburan ke Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan. Pernah dengar tidak?

Sepertinya Bhakti alam sudah lumayan terkenal deh, selain banyak artikel tentang tempat wisata ini, juga liburan kemarin, pengunjungnya lumayan banyak, sampai-sampai aku tidak kebagian tempat makan di restaurant satu-satunya disana.
Agro Wisata Bhakti Alam Pasuruan terletak di desa Ngembal KecamatanTutur Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Wisata yang memadukan antara wisata edukasi alam dan outbond yang menarik untuk anak-anak.

Aku dan keluarga berangkat sejak pagi sekitar jam setengah delapan. Aku mengambil rute jalan Purwosari hingga sampai ke Ngembal, terakhir kali aku melewati jalanan ini keadaannya lumayan bagus, tapi kemarin sepanjang jalan Purwosari-Ngembal, kondisinya lumayan parah, banyak lubang disepanjang jalan.

Sesampai disana sekitar jam 8 lebih, pengunjungnya sudah banyak yang berdatangan. Lokasi parkirnya lumayan luas, meskipun disaat pulang, aku melihat banyak mobil yang tidak dapat parkir di dalam. (intinya tempat parkirnya luas, hanya saja bertepatan liburan, jadi pengunjungnya yang terlampau banyak).

Foto di depan loket masuk agrowisata bhakti alam
Foto di depan loket masuk


Tiket masuk ke wisata bhakti alam, per orangnya 45rb untuk hari libur dan 35rb pas hari biasa. 1 tiket sudah lengkap dengan perjalanan tour keliling wilayah perkebunan di Bhakti alam dengan kereta mini atau bus mini. Juga ada jus buah gratis dan Susu murni olahan gratis, yang didapatkan dengan menukarkan tiket tersebut.

Padahal bukanya jam 8 pagi, aku datang sekitar setengah 8, aku dapat antrian tour kereta no. 43. Sambil nunggu kendaraan keliling, aku rasa mengabadikan moment di tempat itu adalah hal yang tepat dilakukan saat menunggu.

Bus Mini untuk tour keliling kebun di agrowisata bhakti alam
Bus Mini untuk tour keliling kebun

Setelah hampir 15 menit, akhirnya giliranku naik ke kereta. Dalam kereta atau bus mini, selalu didampingi tour guide yang menjelaskan apa saja yang ditanam di perkebunan ini. Selang beberpa menit sampailah kita ke perhentian pertama, Kingdom milk.

Baca jugaΒ :Β Hal yang akan kalian temukan di kebun raya Purwodadi

Kingdom milk, merupakan tempat pengolahan susu sapi mentah menjadi olahan lain seperti, susu dalam kemasan maupun yogurt siap saji. Kita juga akan mendapatkan sample yogurt saat pertama kali memasuki Kingdom milk ini secara gratis. Yah meskipun samplenya terlampau sedikit, tapi kita tetap bisa membeli olahan susu disini kok.

Oh iya, untuk kembali melanjutkan berkeliling kembali, kita tidak perlu terpaku pada antrian atau rombongan sebelumnya, karena kita boleh naik kapanpun yang kita ingin. Jika masih betah di milk kingdom dan masih ingin foto-foto’an disana, tak perlu takut ketinggalan kereta. Karena kereta atau bus mini selang 5 menit akan selalu berkeliling kok.

Perhentian kedua adalah kebun sayuran dan buah-buahan. Disini kita bisa lihat sistem hidroponik yng diterapkan dalam green house saat menanam sayuran seperti sawi, seledri, tomat dan lain sebagainya. Kita juga bisa memetiknya dengan harga satu pot hidroponik seharga 5rb.

Kalau aku sih lebih memilih mencicipi sample buah-buahan yang sudah dipanen dari kebun tersebut dan sudah di irisi juga. Ada irisan buah naga, semangka, melon dan lain sebagainya. Kita bisa incip sebanyak yang kita mau, asal kalian tidak malu, hahahaha.

Kemudian di perhentian ketiga adalah pos souvenir dan oleh-oleh. Ada berbagai macam olahan hasil alam yang dijadikan variasi snack yang tersedia disini, ada keripik singkong dengan aneka rasa buah, jenang buah, madu asli, Sari buah, dan lain sebagainya. Uniknya, kita bisa melihat proses membuatnya loh dari toko ini, kita bisa lihat para ibu-ibu kreatif di dapur membuat snack semacam kriping, jenang, dan membuat jamu kencur.

Berbagai macam oleh-oleh di bhakti alam
Berbagai macam oleh-oleh di bhakti alam

Dan perhentian terakhir adalah kembali ketempat awal, tapi sebelum itu, sebagai promosi kita diberitahu tempat menginap disana. Terdapat sebuah cottage yang dibandrol 500rb-800rb, ada juga Barak yang bisa muat untuk satu rombongan.

Saat turun dari bus dan kereta, diseberang jalan ada taman bunga dan kolam pemancingan. Tempatnya lumayan bagus untuk foto-foto disana. Karena aku pemalu, jadi aku tidak foto di bunga-bunga tersebut, soalnya kehidupanku saja sudah di kelilingi 3 bunga (istri dan 2 anak perempuan), wkwkwk. Berasa paling tampan deh aku di keluargaku, πŸ˜€

taman bunga bhakti alam pasuruan
taman bunga bhakti alam pasuruan
Selepas kita duduk-duduk sejenak di taman bunga, anak saya ingin main di kolam renang imut. Kolam renang ini memang diperuntukkan untuk anak-anak. Jadi wisata bhakti alam ini memang lebih pas untuk yang sudah punya keluarga dan anak-anak. Tapi tetap masih ada kok yang pacaran dengan berkunjung ke wisata ini. Meskipun kalau menurutku, merka paling cuma cari tempat yang instagramable, yang kiranya membuktikan di status sosmednya bahwa dia pernah ke tempat ini.

kolam renang imut bhakti alam pasuruan
kolam renang imut bhakti alam pasuruan

Di kolam imut ini, aku tidak bisa menuliskan betapa bahagianya si Nisa bisa bermain di kolam imut ini. Apalagi pas berada ditengah-tengah air mancur. Sayang disaat itu aku tidak bawa kamera karena takut basah terkenah air. Seandainya di videoin, mungkin kalian akan tertawa melihatnya, tapi ya sudahlah, biar kenangan itu tetap ada di memory hati kami, hehehe.

Selain kolam renang imut ini, ada juga kok outbound seperti berkendara mengunakan ATV, Flying fox, dan berkuda. Oh iya, bagi anak-anak berkesempatan untuk mencoba memberi makan kambing dan kelinci. Walaupun untuk itu harus bayar terlebih dahulu sebesar 10rb per anak.

wahana bhakti alam pasuruan
Tempat memberi makan kelinci

Sebenarnya ingin juga menikmati makanan restaurant disana. Menunya cukup lengkap dan harganya juga standart orang desa, Tapi sayang terlampau banyak pengunjung sehingga tidak ada tempat sama sekali. Jadi aku hanya menukarkan tiket dengan susu Moo saja.

Dan aku sudah lelah, anak-anak juga sudah mulai mengantuk, akhirnya aku memutuskan untuk pulang saja tanpa makan direstaurant tersebut. Dan Tamat… wkwkwkw

Baca juga :Β 10 tempat wisata menarik yang ada di Pasuruan

Begitulah cerita liburanku, kalau kalian, liburan kemana? Kalau dirumah saja juga tidak masalah, yang penting tetap bahagia yah.

[AI]

Share This :

15 Replies to “Liburan Ke Wisata Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur”

  1. Wah, itu dapet susunya satu tiket berapa Mas Nur? Sebotolkah? Atau segelas. πŸ˜€

    1. segelas doang, hehehe..
      1 tiket berarti 1 gelas susu Moo

    2. Kirain sebotol. Botol aqua 600ml gitu.
      Kebanyakan yak πŸ˜…
      Btw akhirnya liburan jugaa, πŸ˜€ aku aja ini yg enggak liburan.

    3. iya segitulah….
      Ya alhamdulillah, jadi liburan… πŸ™‚
      gak mudik Kak Kha?

    4. Mudik Mas Nur, tapi juga tidak kemana-mana~

  2. Wahananya lengkap juga ya mas..
    Btw selamat mas bisa liburan juga.

    1. iya mas, akhirnya bisa liburan juga

  3. Penasaran mau liat gambarnya

  4. Ku liburan balik bandung, mas’e. Tapi gak hepi juga sih sama kaya gak liburan huahauahauh

    1. macet yah bang…

    2. Gapunya duit mz 😭

  5. Hha indah bisa bahagia begitu liburannya penuh dengan rasa. . Rasa apa ya😊😁

  6. Ini liburannya tanggal berapa? Ramaikah pengunjung di sana?

    1. itu liburan tanggal 30 kemarin mas

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.