Masakan Paling Lezat Versi Saya

Sumber gambar : giphy.com

Beberapa waktu yang lalu beberapa kali aku membaca artikel tentang makanan paling enak versi penulis blog yang tergabung di komunitas blogger challenge atau di singkat BC. Seperti blognya Wawa, Vera dan Syirah.

Aku sendiri bukan member disana, tapi aku juga ingin menulis dengan tema tersebut. Yaitu tema makanan terlezat versi pribadi.

Aku sendiri tipikal manusia yang jarang pilih-pilih makanan sih, apa yang dihidangkan di meja akan aku lahap dengan bismillah :).

Apalagi kalau masakan itu buatan istri tercinta, biarpun itu cuma lauk tempe dan sambal ulek saja, rasanya tempe tersebut bisa ngalahin ayam gorengnya KFC, wkwkwk πŸ˜›
Meskipun begitu, ada juga masakan yang aku tidak suka sejak kecil. Kebanyakan sea food sih, semacam bandeng, cumi-cumi, ubur-ubur, ikan gembung, Hiu, Ikan Pari hantu, Spongebob dan Patrick, wkwkwkw.

Pernah juga aku menulis tentang makanan favorit di blog ini, tapi ada satu masakan yang menurutku paling enak dan terlezat yang pernah aku makan.

Kalau menurut kalian seperti apa sih makanan paling lezat itu?

Kalau aku sih simple banget, Kalau masakan itu membuatku menghabiskan nasi satu piring dan aku merasa ingin nambah lagi, berarti masakan itu lezat banget.

Aku tuh makannya dikit, tapi bisa empat kali bahkan lima kali kalau lagi gila hahaha. Dan jarang sekali aku tanduk (nambah nasi lagi) saat makan.

Tapi disaat makan masakan yang satu ini, aku bisa mengambil nasi satu piring penuh dan biasanya aku nambah lagi sedikit kalau masih tergoda makan masakan tersebut.

Masakan tersebut adalah TUMIS JAMUR LIAR.

Jamur yang aku maksud ini bukan jamur tiram, tapi jamur yang tumbuh secara alamiah. Ditempatku menamakan jamur ini dengan sebutan Jamur Bulan (karena besar berwarna putih dan bentuknya bundar seperti bulan),Β  Jamur Barat (jamur ini biasanya tumbuh di saat angin kencang dari barat dibulan juni, bentuknya bulat dan payung dan batangnya sedikit berwarna cokelat) Dan Jamur Trucuk (jamur kecil berwarna putih, batangnya juga kecil, dan biasanya jamur ini bergerombol).

Penampakan jamur bulan - jamur pedesaan yang tumbuh alami
Penampakan jamur bulan

Dulu banyak area persawahan di pinggir rumah, aku sering mencari jamur ini saat libur sekolah. Aku berangkat saat matahari belum muncul dengan sempurna, dengan membawa tongkat untuk memilah rumput biar terlihat jamur yang bersembunyi di semak-semak. Memang tidak mudah menemukannya, bahkan kata orang, kalau bukan mata jamur sekeras apapun kita mencari, paling kita cuma dapat 1 sampai 2 batang.

Aku salah satunya orang yang susah mencari jamur ini, padahal aku dan kakakku berangkat bersama dan mencari di sepanjang semak-semak yang ada di persawahan. Perolehan jamur yang di dapat kakakku jauh lebih banyak, aku paling cuma dapat 2 sampai 5 batang saja.

Baca juga : Keberuntunganku tidak sebaik mereka

Seandainya jamur ini bisa dikembang biakkan, tapi sepertinya itu susah. Kata bapak, jamur itu berasal dari rumahnya hewan rayap, dan jamur juga adanya di musim hujan saja.

Jadi jamur yang satu ini seperti barang langka yang hanya ada di musim tertentu, dan mencarinya pun cukup susah, sama seperti nyari jodoh. SUSAH wkwkwkw πŸ˜€

Kemarin kebetulan ada tetangga yang menemukan jamur ini sembari mencari rumput disawah, aku membelinya dengan harga 15rb untuk satu kantong plastik. Biasanya dia jual 20rb, karena melihat aku ngidam banget, jadi aku dapat potongan hargaΒ  hahahaha.

Saat ditumis, yang tadinya terlihat banyak, saat sudah matang hanya jadi 1 piring doang. Yang paling menggugah itu saat aroma tumisannya ini tercium, hmmm Yummi banget ingin cepat-cepat makan.

Yah lumayanlah buat lauk untuk hari ini, aku sangat menyukai masakan jamur ini, kedua anakku juga lahap saat makan ini. Dan menurutku tumisan jamur ini adalah makanan terlezat melebihi daging ayam ataupun daging sapi.

Kalau kalian, pernah tidak makan jamur ini?

[AI]

Share This :

50 Replies to “Masakan Paling Lezat Versi Saya”

  1. Wah, trnya jamur to kesukaannya. Kyaknya sy prnh mkan jmur jnis ini..
    Sy stuju dg dg pendapat mas Ir ttg mkanan enak:
    Kalau aku sih simple banget, Kalau masakan itu membuatku menghabiskan nasi satu piring dan aku merasa ingin nambah lagi, berarti masakan itu lezat banget.

    1. Lezat banget loh mas, Jika boleh kasih peringkat, semacam ayam dan daging aku kasih peringkat 8, sedangkan untuk jamur ini aku kasih 9 wkwkwkw

    2. Aku jg suka jamur kok mas..stuju enak mmang

    3. πŸ™‚

  2. Waaahhh…
    Aku tau jamur ituuu…
    Enak banget. Aku juga suka banget mas. Selain jamur itu ada juga jamur yg tumbuhnya di kayu, agak keriting-keriting dan kecil-kecil, lupa aku namanya. Enak banget, wangi lagi.
    Jamur yg tumbuh di sisa buah kelapa sawit juga aku sukaaa…
    Pokoknya, jamur yg baru dipanen, trus dimasak itu yg paling enak. Kalo dikeringkan dulu gak terlalu suka.

    1. Jumur kuping kalau nggak salah.. yang rasanya agak sedikit kenyal itu kan…
      iya, enak banget mbak πŸ™‚

    2. Bukaaan mas, jamur apa yaaa, greget, grigit, ah lupa aku. Warnanya abu-abu ke putih, gak keras, jadi harus direndam air dulu baru bisa dimasak.

    3. hmmm… apa yah.. aku biasanya makan 3 jamur itu aja sih

    4. Hahaha…
      Gpp lah gak tau mas.
      Mudah-mudahan kapan-kapan bisa kecicip jamur-jamur yg aku maksud.
      Enak looohhh.

  3. Jamur, salah satu bahan makanan kesukaan saya waktu S2 di Belanda dulu. Gampang dimasak, murah, dan enak.

    1. Kalau dibelanda jamur apa mas?
      jamur liar gitu?

    2. Biasanya jamur tanah sih mas. Beli di swalayan gitu.

    3. Wah di belanda ada kayak gitu yah, keren..
      kalau di indonesia paling cuma jamur tiram itu saja yang bisa di beli di toko

  4. Wah kita sehati bang. Sama sama penyuka jamur πŸ˜‚. Tapi akhir akhir ini takut makan jamur lagi. Soalnya di desaku kemaren kemaren banyak orang yang keracunan gara gara makan jamur πŸ˜€

    1. mungkin makan jamur yang hitam itu mungkin

    2. Gatau juga ya bang. Mungkin iya πŸ˜‚

    3. Atau mungkin amakan jamur yang nempel dibadan dan di kaki itu, huhuhu yeeekk πŸ˜›

    4. Wkwkwkwk..itu panu bang πŸ˜‚.

  5. aku juga suka jamur dibumbu kecap.aduh ngiler…
    .
    makanan paling lezat versiku adalah ayam bakar sambal terasi, ikan bakar sambal terasi.waaaaaaaaaa laparr

    1. Hahahaha…
      Udah.. Makan dulu sana.. wkwkwkw
      πŸ˜€

    2. siap kapten!

  6. Aku juga suka semua jenis jamur selama ga beracun, eh btewe jamur krispi di kedai Assalamualaikum enaaaaak bgt, klo k mlg wajib coba 😊

    1. Itu jamur tiram mbak….jamur rumahan, wkwkwk
      bukan jamur liar

  7. Jamur jamur apa yang ga bisa di makan? Jamur pakaian basah πŸ˜…

    1. HAHAHAHA…
      Jamur di kaki dan di pundak juga mas, wkwkwkw

    2. Itu jamuran Haha

  8. Saya juga suka mas sama jamur ini, biasanya Ibu masakin ini dicampur pake tahu. Rasanya agak kenyal dan lezat banget. Jamur itu punya aroma khas tanah yang sedap itu.
    Jenis jamur-jamur lain juga saya suka.

  9. Waaaah, sukaaa juga jamur iniiiii… waktu kecil suka nyari di perengan (tanah dekat sungai) Yg merah namanya jamur kidang, yg kecil namanya jamur lunjuk.. wkwkkw.banyak banget yak jamur alam.
    Jamur yg tumbuh dr bonggol kayu jg enak Mas Nur. Jamur lot namanya. Kalau sdh berumur lbh 10hari alot banget biasanya..

    1. ah iya, jamur lot.. pernah nyoba kenyal gitu yah, tapi tetep lebih suka jamur yang kemarin aku makan deh

    2. Iya, kenyal. Kalau berumur dikit alot.. πŸ˜€
      Ternak sendiri Mas Nur. Ternak jamur merang. πŸ˜€

    3. Enggak begitu suka yang jamur itu mbak, kalau jamur tiram atau merang paling tak kasih rabuknya fried chicken, wkwkwk

    4. wkwkwk. apaan itu rabuk fried chicken. rabuk ayam goreng, dikasihkan sama ayam gitu… ya Allah….

    5. Hahahaha..
      Rabuk itu semacam serbuk yang dibuat fried chicken itu loh

    6. Rabuk itu kalau ditempatku kompos, pupuk.
      Ooh, iya ngerti yg dimaksud Mas Nur πŸ˜…

  10. Beberapa hari yang lalu mamakku baru nemu jamur ginian di sekitar pohon bambu2 gitu (papringan). Kelihatannya banyak, waktu matang jadi ngempes entah kemana. Wkwkwk.

    1. Iya bener.. kelihatannya satu kantong plastik, tapi saat dimasak tak jadi satu mangkok kecilpun, wkwkww

  11. Waduh, aku suka bnget sama seafood, tp gak pernah makan jamur. Takut keracunan πŸ˜…

  12. πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯ Kubukan penyuka jamur. Ayam goreng laaaagi sedap 😁

    1. ah, kamu belum merasakan sedapnya menjamur sendiran, eh πŸ˜€

    2. Menjamur …
      Itu semacam nungguin dosbing di pagi hari dan baru masuk ruangan di sore hari? πŸ˜‚πŸ˜‚
      Jamur krispi sih rada suka, cuma harus banyak tepungnya biar rasa jamurnya tersamarkan πŸ˜…πŸ˜…

  13. Jamur ini sama ga si mas sama yang kalau di sop itu, warnanya jadi hitam

    1. Nggak tau juga :D, kemarin di tumis warnanya masih putih kok

    2. Saya selalu liat jamur itu hitam kalau di sop

  14. Nur Irawan : Wkwkwk, pasti mas Nur Irawan ini wong ndeso kaya saya.
    Nama jamurnya sama lagi. Btw, adakah jamur Siung Kidang? Jamur yang tumbuhnya bareng-bareng alias jumlahnya banyak sekali. Ditempat saya ada yang beruntung dapat sampai satu ember penuh.
    Adakah juga jamur Sepadi? Jamur yang bentuknya mungil dan berwarna putih. Sama seperti jamur Siung Kidang yang jumlahnya biasanya banyak, tapi karena ukurannya kecil jadinya ya mau seberapa banyak pun akan tetap sedikit.
    Dan yang terakhir jamur Gogoh, jamur yang hanya seukuran tutup gelas dengan rasa hampir mirip jamur Payung. Sayangnya tumbuhnya hanya satu sampai tiga buah saja, akan tetapi jamur ini lebih mudah dijumpai dari pada jamur yang lainnya.
    Oh iya, kok gak bahas jamur Kuping? Pasti ada dong… Gak suka ya?
    Dan btw lagi, saya kira Nur Irawan itu perempuan lho… WkwkwkπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. yah, dikira perempuan wkwkwkw πŸ™‚
      mungkin tiap daerah memiiki cana panggil nama jamur yang berbeda. seperti siung kidang mungkin kalau ditempatku namanya jamur terucuk

    2. Beda. Jamur Terucuk juga ada ditempat saya…

    3. Hmm, apa yah….?

    4. Pokoknya yang jumlahnya banyak tapi rasanya kurang begitu enak. Dibandingkan dengan yang lainnya mungkin bisa dibilang jamur ini adalah yang paling tidak enak.

  15. Lebih baik kasih warning supaya jangan dibaca di kala lapar nih!

  16. Nggak nyangka kami mas….
    Ternyata makanan kesukaan kita hampir-hampis sama ya….
    Salam….

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.