Mana Yang Lebih Bagus Antara Blogger, WordPress.com atau WordPress.org

bagaimana cara memulai blog wordpress

Saat ingin membuat blog baru, pasti kita akan dibingungkan akan dua platform brand besar  antara WordPress dan Blogger. Apalagi jika kita masih sangat baru dalam dunia blogger ini, kita akan membaca dan dibingungkan oleh kedua kubu yang memiliki kelebihan masing-masing.

Belum lagi perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org yang sekilas sama, namun berbeda. Dulu awal mau membuat blog, saya kesasar ke wordpress.org dan kebinggungan bagaimana membuat blog disini. Setelah beberapa bulan barulah saya sadar perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org.
Saya sendiri pengguna blog di wordpress.com dan blogger, terus terang saya menyukai keduanya karena alasan GRATIS hehehe. Sedangkan untuk memiliki blog di WordPress.org  kita harus bayar sewa hostingnya terlebih dahulu atau istilahnya self hosted.

Tentu ketiga platform ini memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Supaya bisa dipahami oleh pemula dalam memilih platform mana yang akan digunakan untuk blognya. Sekarang kita akan bahas keunggulanp masing-masing platform dari berbagai segi.

Sumber gambar : contohblog.com

#1. Segi Biaya Dan Populeritas

Platform WordPress baik yang hosted (wordpress.com) maupun self hosted (wordpress.org) saat ini berada di peringkat pertama sebagai CMS yang paling populer di pakai oleh pengguna blog di dunia. Alasannya mungkin banyak kemudahan dan berbagai solusi yang diberikan oleh layanan wordpress.

Namun perlu diketahui bahwa kemudahan layanan tersebut  sifatnya berbayar, jadi jika kalian ingin membuat blog atau website profesional , WordPresslah solusi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sedangkan blogger sendiri disukai karena kita bisa mengutak-atik CMS dan HTML tanpa membayar sekalipun. Berbeda di WordPress.com, meskipun platform ini gratis, tapi ada batasan yang tidak bisa dilakukan seperti edit tamplate.

Baca juga : Tips bagaimana mendapat ribuan like dan komentar di blog

#2. Instalasi Pembuatan Blog

Untuk instalasi pembuatan blog, WordPress.com dan blogger sangat mudah proses pembuatannya. Kita cukup mendaftar mengunakan email, kemudian mengikuti langkah selanjutnya seperti mengisi nama blog dan alamat blog seperti yang kita inginkan.

Namun sebagaimana layanan yang gratis, alamat blog kita akan terdapat embel-embel wordpress atau blogspot di belakangnya. Supaya blog kita jadi website.com tanpa ada embel-embel lagi, perlu biaya juga untuk beli domain dan mapping domain.

Baca juga : Kelebihan punya blog custom domain

Sedangkan di wordpress.org butuh biaya awal sewa hosting dan domain per tahunnya. Untuk instalasinya tidak begitu ribet seperti yang kita bayangkan, seperti yang saya baca di Tutorial Hostinger Indonesia, yang menjelaskan tahap demi tahap proses pembuatan blog di wordpress.org sampai mempublish artikel pertama anda di sana.

Sumber gambar dari : Hostinger.co.id

#3. Dari Segi Kemudahan

Dalam segi kemudahan, ketiganya sama-sama mudah dalam mempelajari dasar-dasarnya. Hanya saja bagi pemula, wordpress.com dan .org lebih mudah dikelola dan mempunyai tampilan dashbord yang terstruktur dengan baik.

Sedangkan di blogger sedikit membingungkan terutama editing menu navigasi yang harus edit HTMLnya. Bagi yang tidak paham html, wordpress lebih mudah mengunakannya, apalagi sekarang versi mobilepun sudah bisa.

#4. Dari Segi Tampilan

Dari segi tampilan default, WordPress.com dan .org jauh lebih menarik ketimbang blogger yang terlihat ketinggalan zaman. Namun blogger masih bisa di ubah tampilannya sesuai selara jika kita paham HTML dan CSS.

Yang paling fleksibel tentu WordPress.org, ada banyak template gratis dan berbayar yang bisa kita gunakan kapanpun. Namun jika kita masih kurang sesuai dengan tampilannya, kita masih bisa merubah sendiri tampilannya sesuai selera dengan edit HTMLnya.
Sedangkan wordpress.com yang paling tidak fleksibel, karena hanya ada sedikit pilihan tamplate dan kita sendiri tidak diperkenankan untuk merubah susunan HTMLnya.

Baca juga : Mempertimbangkan widget yang penting dipasang di blog WordPress

#5. Penghasilan Dari Iklan

Banyak orang yang ingin membuat blog dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari rutinitas blogging. Banyak cara yang bisa digunakan misalnya afilasi prioduk, jual produk, jual jasa maupun dari iklan.

Yang paling sering diminati adalah penghasilan dari pemasangan iklan google atau dikenal sebagai Google Adsense. WordPress.com tidak mengizinkan Google Adsense, tapi kita masih bisa mendapatkan penghasilan dari iklan WordAds (iklan milik wordpress) dengan syarat akun wordpress.com harus diupgrade ke premium.

Sedangkan untuk blogger, karena milik google sendiri baik blog custom domain maupun yang free (blogspot) tetap bisa mendapatkan penghasilan Adsense.

Untuk WordPress.org, kita bisa menggunakan layanan iklan manapun, baik Adsense, WordAds ataupun yang lainnya. Karena blog di WordPress.org merupakan kepemilikan kita sendiri,  sehingga kita bisa mengontrol secara penuh blog tersebut.

Baca juga : Cara mendapatkan penghasilan di blog WordPress Gratisan

****

Dengan memahami dasar-dasar ketiga platform ini, kita bisa menentukan memilih platform mana yang cocok untuk blog kita nantinya. Kita harus menyesuaikan biaya maupun penggunaan blog ini untuk apa.

Namun jika blog itu untuk berbisnis, maka sebaiknya mengunakan WordPress.org, karena kita bisa mengontrol secara penuh website tersebut dan banyak solusi dan kemudahan lainnya yang sangat cocok untuk perkembangan bisnis Anda.

Share This :

48 Replies to “Mana Yang Lebih Bagus Antara Blogger, WordPress.com atau WordPress.org”

  1. Menurut saya pribadi, saya lebih memilih wordpress.org (self-hosted). Karena lebih “customizable” dan rasanya lebih personal, atau bahkan lebih professional. 😊
    Walaupun sedikit lebih mahal dan lebih ribet dalam setupnya, saya lebih puas.
    Pakai yg wordpress.org sangat worth it menurut saya.

    1. Iya mas, sebenarnya saya sendiri juga pengen pindah ke self hosted, namun masih nunggu.. heheh
      nunggu mantapnya keyakinan coz masih inkonsisten soalnya

    2. Langsung migrasi aja, mas. Ga usah khawatir, mas. Worth it kok.

    3. nunggu satu tahun lagi aja mas.. hehehe

    4. Jadi ingat saya pernah buat self hosted tapi hanya bertahan beberapa bulan.. Buatnya pas saya masih mahasiswa juga sih, jadi keuangan masih labil, hehe..

    5. Heheh iya mas.. susah kalau gak dengan niat yang kuat

    6. cuek.ajaaa.. setahun 250 ribu doank 😀

  2. Awal ngeblog saya bikin akun di wp sama mywapblog, tapi saya lebih fokus di mwb soalnya mudah diakses pake hape, dan begitu mwb tutup, saya milih wp soalnya rating aplikasi nya di playstore lebih baik dibanding blogger. hheee
    Saya dulu belum ada pemikiran buat pasang iklan atau sebagainya, dan baru tahu kemarin2 kalo wp.com gak support iklan. Tapi akhir2 ini saya tergiur pula dapat penghasilan dari ngeblog setelah lihat para blogger di grup Fb. Tapi saya merasa belum konsisten juga, takut malah gak fokus dengan tujuan awal yakni belajar menulis. Hhee

    1. Ndak masuk spam kok mas, ada moderasinya
      Aku juga takut gitu kok mas, takut nggak konsisten dan gak bisa bayar sewa tahunan, kan kalau ggak kebayar ilang deh

    2. Oh, kirain masuk spam mas.
      Soalnya sering ilang. Hiks
      Nah itu mas, ntar SEO nya juga ikut buyar kan ya

    3. kalo mau blog gratisan bisa dipasang iklan ya pake blogspot hehehe

    4. Nah tuh, belum minat pindah ke blogspot, disni dah banyak temen.hhee

    5. ya bgtulah, saya jga ada blogspot dua, tp ga terlalu sering di update

  3. dari pengalaman pakai ketiganya, blogspot is a big NO
    self-hosted paling ok untuk web lembaga ataupun cari adsense
    wp-hosted .com lebih untuk personal branding yg “hangat” tapi profesional

    1. Kalau punyanya mas Ardi ini wp-hosted yah ?

    2. iya, yg saya pake hosted

  4. Makasi banyak sudah menulis ttg ini mas, saya lagi tertarik dg wordpress.org. Ingin tanya, kira2 budgetnya berapa dan susah ga sih untuk newbie😅 hehehe

    1. Kalau nggak salah sekitar 500rb paling murah, tergantung berapa besar fasilitasnya sih sebenarnya.

    2. Asal mau belajar soal PHP dan javascript paket standar pun bisa sukses kok mas. Ga banyak plugin yg dipake karena menggunakan function.php yang diatur sendiri. Cuman kalau udah mulai sering nerima info resource limit is reached siap-siap buat upgrade layanan.
      Satu lagi yg penting fokusin di niche yg dipilih. Jangan tergoda nyari kategori lain pada saat mulai. Kalau fokus di situ setahun saja modal awal bisa balik InsyaAllah

    3. Wah dapat pencerahan dari master..
      tapi blogku udah gado-gado dari awal mas, wkkwkw

    4. Ga masalah om. Blog ane pencaricerah.com yang awalnya juga dari gado-gado. abis liat statistik ada kategori tulisan yang selalu dicari orang, baru berani mulai pake yang self-hosted. Itung² an dulu. Pake self-hosted dg kondisi traffic yg hampir seribuan kira-kira bulanannya dpt berapa.
      Itungan kasar itu (meleset) hehehe.. tapi dg fitur adsense sekarang semoga itungan awal ga meleset lagi

    5. kalau traffick 1500 dapet berapa mas

    6. Trafik per bulannya atau per hari? Itungan kasarnya dapat 15 US ato 200 ribuan.

    7. serius mas, itu yang wordads atau yang adsense.. perhari 1500, kalau visitornya 800 keatas

    8. kira kira segt. punyaku tak pasang 3 iklan sekaligus. kayaknya kisaran 100-200 ribu sebulan untuk pengunjung 700-1000 atau 1500-2000 pageview

    9. wah, jadi semangat nih, makasih mas gun informasinya

  5. Kalo boleh tau.. kenapa mas belum upgrade ke premium.. atau memang ga ingin upgrade ke premium..
    Pengen tau aja sih mas.. 😁

    1. Hahahaha..
      masih pengen gratisan bag, wkwkwkw
      PECINTA GRATISAN

    2. Sama mas.. 😂
      Cuma mungkin dalam waktu dekat bakalan aku uograde juga ke premium.. biar lebih cantik aja 😂

    3. lebih tamvan kali bang, wkwkwkw
      kan yang punya cowok, mask lebih cantik, hahaha

  6. Cakep .com kalo ga mau ribet sama lokal hosting, hosting, server, dan domain. Fokus nulis, dan menghasilkan karya brilian.
    Kalo sukanya design web ya recommend pakai .org lah hihi.. bisa pasang iklan semau maunya, dapet uang lebih cepat. Meskipun harus keluar dana untuk bikin yg pro

    1. Iya beratnya disitu mas, harus punya konsisten nulis dulu serta memahami nulis yang baik baru mikirin host
      aku mah cuma apa, wkwkwkw

    2. Heheh iya. Semangat terus lah pokoknya mas pennadiri.

  7. Masing-masing memiliki keunggulan.
    Tapi dari yang saya rasakan pelayanan yang mereka berikan semakin baik dan berkualitas dari waktu ke waktu.
    Salam….

    1. Setuju…
      😀

  8. Saya selalu ngeliat mereka keren yang pakai dotcom dan baru tau itu bahasanya hosted. Jadi hosted itu yg dibayar kan ya mas. Oke oke

    1. Hehehe.. iya
      kalau yang kita pakai namanya Non-hosted (maksudnya yang kita pakai itu blog, bukan yang lainnya)

  9. .org tentunya…
    Cuma yaa semua serba mandiri.
    Kebayar kok kebayar.
    Kadang nanti ketemu konsistennya di jalan kok.

    1. Mbak momo pake .org kah?

  10. Kalau saya pilih wordpress cms kemudian sewa hosting dan domain. Menurut saya wordpress lebih bagus di dukung banyak plugin yang memudahkan ngeblog.
    Salam kenal dari buruhseo

  11. Utk smntra sy ttp pilih wordpress.com, krn blog sy emang bkn blog bisnis..dan sy cukup btah di blog gratisan sy ini.
    Klau yg lain, krn sy emang mau yg simple, jd sy blm tertarik, mklum sy ttp merasa pemula terkait pengetahuan ttg blog aplgi bhasa pemrograman, html dst…

    1. Enakan gitu bang, gak ribet…
      kadang saya sendiri juga ribet saat masukkan html dan ternyata berefek dengan yang lainnya..
      jadi ulang dari awal..
      jadi saya selalu rutin backup untuk mengatasinya

  12. wah, kalau tipe doyan nulis tapi ngga ngerti yang begini, gimana yah?
    ejie orang yang begitu soalnya 😀

    1. yah nikmati aja, soalnya nulis itu anugrah 🙂

    2. that’s me, kak 🙂

  13. WordPress.org tetap terbaik lah… dukungan komunitas yang banyaj dan opensource….
    Kalo untuk yang paling profesional menurut saya, sebenarnya ada yang lain… Drupal…

    1. Wah, saya nggak paham itu, hahaha
      saya mah pemula 🙂 hihihi

  14. haaaaloooo!
    hahahaha..
    Btw yaaa, suami gue kan mau ngemappingin site lama gue tuh menjadi raya.com. Secara teori dari gugel sih 500an rebu biayanya.
    Setelah di konekkin ke wordpress dimintai 2 jujut! tanpa nego! Ich bisa gulung rambut doong gue! wkwkwkwk..

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.