Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance Di Project.co.id

Saat pertama kali mendaftar menjadi freelancer di Indonesia, saya kaget dengan rendahnya nilai harga yang ditawarkan untuk job penulisan artikel. Kebanyakan job yang saya temui berkisar 1 artikel dengan panjang 300-500 kata di hargai dengan nominal 15.000-25.000 per artikel.

Tentu saja artikel tersebut juga memiliki syarat-syarat khusus, dari tema yang ditentukan, mengandung keyword yang ditargetkan, SEO Onpage, Original, lolos Copyscape dan deadline yang menyusahkan (1-2 artikel perhari). Jika tidak sesuai dengan harapan, seperti progress artikel tidak publish di hari ini, maka langsung di ajukan banding untuk memutus kontrak.
Tidak Ber-peripenulisan banget…
Selama seminggu saya hanya melihat-lihat job yang ada tanpa melakukan penawaran. Karena saya sendiri sadar bahwa membuat artikel tiap hari itu tidaklah mudah, Saya juga harus bertanggung jawab dengan keaslian artikel, dan menulis untuk orang lain pasti juga berbeda dengan menulis untuk blog sendiri.

Saya juga memilih dan memilah apakah pekerjaan tersebut bisa saya selesaikan dengan benar, apakah pekerjaan tersebut bisa saya kerjakan dengan keterbatasan waktu yang saya miliki. Dan yang paling penting apakah pekerjaan tersebut pantas dari harga yang ditawarkan dengan job yang dikerjakan.

Disaat saya menemukan pekerjaan yang cocok, saya mencoba melakukan penawaran untuk job tersebut. Namun tak satupun dari pemberi job yang menyambut uluran tangan yang saya berikan. Bahkan hingga sebulan lebih saya tidak mendapatkan pekerjaan apapun dari marketplace ini.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau job di marketplace freelancer, apalagi jika kita masih pemula dan baru memulai usaha ini. Pemberi job juga lebih mengutamakan yang berpengalaman dan memiliki portfolio yang bagus ketimbang pemula, dan itu adalah hal wajar.

Trus bagaimana agar bisa mendapatkan job di awal-awal mendaftar freelencer?

Menurut saya, rezeki itu tidak akan tertukar dengan rezeki orang lain, jika memang job itu merupakan salah satu sumber rezeki kita, InsyaAllah job tersebut tidak akan pergi kemana-mana.
Anggap saja itu  faktor keberuntungan, karena saya sendiri merasa seperti itu saat pertama kali mendapatkan job di freelancer ini. Namun tidak serta merta karena beruntung saja, tapi ada hal yang penting guna mengsukseskan penawaran job kita diterima atau tidak?

Baca juga : Mencoba tantangan baru dengan jadi freelance conten writer

Berikut saya jelaskan point penting yang harus diketahui oleh seorang freelancer agar dapat job di Project.co.id

#1. Ingat Selalu! Rate Itu Penting


Yang membedakan antara freelancer pemula dan freelancer yang sudah berpengalaman adalah dari rate profilnya. Semakin sering freelancer mendapat job dan berhasil menyelesaikannya, rate profile tersebut akan menyakinkan pemberi job untuk menerima dia dalam job kali ini.

Sama halnya seperti saat kita mau membeli barang online di marketplace belanja online, pasti selain melihat harga yang murah, kita juga cari-cari info tentang pelapaknya bukan? Dari rate jualnya, riview atau feedback dari pembelinya dan sebagainya.

Di freelancer project.co.id juga sama, pemberi job juga akan memikirkan hal yang sama seperti saat kita membeli barang. Pemberi job akan memiliah dan memilih dari harga yang ditawarkan juga rate pekerja yang baik.

Mereka pasti tidak mau dengan menargetkan harga murah justru mendapat pekerja yang asal-asalan. Memang tidak ada kerugian berupa materi dalam transaksinya, karena ada sistem artbitase, namun mereka akan rugi dengan waktu karena salah memilih pekerja.

#2. Buat Profile Yang Menyakinkan

Dengan mengetahui bahwa rate pekerja itu penting, maka yang harus kita lakukan sebagai pemula adalah dengan memperbarui dan melengkapi kelengkapan data profile kita. Tujuannya sebagai branding dan sebagai portfolio disetiap kita mengajukan penawaran job.

Dengan melengkapi data diri profile, membuat kita terlihat sebagai pekerja yang transparant. Kelengkapan profile juga sebagai ganti dari rate pekerja,

#3. Pengajuan Penawaran Adalah Medan Perang

Yang paling penting adalah perihal penawaran project. Kebanyakan dari pemula, disetiap ada job, mereka akan menyodorkan secara langsung ketertarikannya, namun tidak dengan bahasa dan tata cara yang baik.

Seperti contoh :

saya sangat tertarik dengan pekerjaan ini, saya pasti sanggup mengerjakannya”.

Bandingkan dengan :

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Harry potret, saya seorang blogger yang memiliki blog di alamat bla bla bla, pengalaman saya menulis di blog ini sudah 5 tahun lebih. Saya tertarik dengan panawaran yang Anda buat, karena basic saya berada dalam pengerjaan job kali ini“.

Jika disuruh milih antara penawaran yang pertama dan yang kedua, tentu yang lebih menyakinkan akan dapat job adalah pengajuan penawaran yang kedua.
Jadi langkah yang tepat dalam mengajukan penawaran adalah :

  1. Ucapkan salam
  2. Perkenalkan diri
  3. Jelaskan kemampuan Anda dibidang apa
  4. Jelaskan bagaimana anda bisa menyelesaikan job ini
  5. Berikan bukti karya anda untuk meyakinkan pemberi job memilih anda dalam project ini

#4. Buat Penawaran Untuk Pekerjaan Mudah

Contoh kerjaan mudah (namun saya sendiri tidak bisa membuat sebanyak itu)

Kebanyakan freelancer pemula akan berpikiran seperti ini

“Semakin banyak mengajukan penawaran, maka peluang dapat pekerjaan semakin besar”,”Cari pekerjaan dengan bayaran tinggi agar cepat kaya”,

”Yang penting dicoba mengajukan dulu, siapa tau keterima”

Nah disitulah letak keselahannya?

Banyak mengajukan penawaran bukan berarti peluang dapat pekerjaan semakin besar, apalagi jika kita melakukan pengajuan penawaran dengan tata cara yang salah.  Apalagi jika memang benar-benar keterima dan ironisnya kita tidak memiliki kemampuan bisa mengerjakan jobnya.

Cari pekerjaan dengan bayaran tinggi pun sama, kalau kita tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan job, untuk apa kita mengajukan penawaran. Bukan hanya tidak dapat penghasilan, rate kita sebagai pekerja pun akan dipertaruhkan.

Mending disaat awal-awal jadi freelancer, carilah pekerjaan yang mudah dengan bayaran yang rendah pula. Karena type job seperti ini memang lebih diperuntukkan bagi yang freelancer baru dengan persaingan yang tidak begitu tinggi.

Jangan prioritaskan mendapat penghasilan tinggi terlebih dahulu, namun bangunlah image dan rate yang bagus agar kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dikemudian hari.

Baca juga : Cara mendapat penghasilan di blog wordpress gratis

#5. Jangan Merendahkan Diri Sendiri Dengan Menawarkan Harga Lebih Rendah

Pilihlah job yang lebih mudah dan lebih murah biaya pengerjaannya, namun jangan menurunkan harga serendah-rendahnya agar supaya kita mendapatkan job tersebut. Nanti kita sendiri yang akan merasa dirugikan.

Misalnya dalam suatu job, pemberi job memasang harga 100.000 untuk reward penyelesaian job. Kita memang bisa memasang harga penawaran lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang ditawarkan.

Menurunkan harga memang strategi jitu agar kita dapat memenangkan project, namun kalau terlalu rendah, kita sendiri jadi merasa tidak termotivasi mengerjakannya, pasti dalam hati kita akan menyesali “kenapa harus saya turunkan harganya”.

#6. Komunikasi Yang Baik Adalah Kuncinya

Jika pemberi job merasa tertarik dengan tawaran kita, kita akan dihubungi kembali oleh pihak pemberi job tentang kesanggupan kita mengerjakan project ini. Disaat itulah, komunikasi yang baik dapat meningkatkan keberhasilan kita mendapatkan job.

Selalu jawab pertanyaan pemberi job dengan cepat agar mengesankan bahwa kita serius dalam pengerjaan job ini. Dengan begitu peluang kita mendapatkan job semakin besar.

#7. Selesaikan Job Dengan Penuh Tanggung Jawab

Dalam menyelesaikan job, kita akan diberi deadline dalam pengerjaan project ini. Namun kebiasaan manusia itu sering menunda-nunda suatu pekerjaan, jadi usahakan setelah job disetujui, kita langsung mengerjakan job tersebut secepatnya.

Laporkan progress pembuatan job tiap hari agar pemberi job tau bahwa kita sedang mengerjakan job ini. Jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada pemberi job tentang syarat atau poin penting dalam pengerjaan project ini.

Karena akan lebih baik kita revisi sekarang dari pada job sudah jadi namun harus direvisi kembali karena tidak sesuai ketentuan dari pemberi job.

***

Begitulah tip yang saya aplikasikan dan alhamdulillah work, saya dapat job disaat belum genap 1 bulan bergabung di project.co.id. Semoga bermanfaat.

[AI]

Share This :

49 Replies to “Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Freelance Di Project.co.id”

  1. Mantap tipsnya. Mas Ir kyaknya lumayan cocok utk jd freelancer d lpak tsb. Jd tekuni sja. Sy kpngen sih, tp blm berkapasitas dan brpnglman. Mungkin lain kli, mas Ir bs share contoh konkret penawaran jobnya dan bgmna mas Ir menanganinya, jd kita pun bs bljar..
    Tp ckup murah sih ya 15rb-25 rb untuk artikel spnjang itu dg rentang waktu itu…hhmm…tp sy yakin org yg udah terbiasa/berpnglman biasanya tdk akan ada kndla yg terlalu berarti.
    Mksh skli lg…

    1. Saya juga mas, bahkan saya di ajari saat ngerjakan yang job pertama..
      diajari tentang penggunaan di dan ke sebagai awalan, hehehe

    2. O gitu…ya sy lihat mas Ir sring brmslah utk penulisan preposisi ‘di’ (di rumah) dan kata kerja yg ada ‘di’ (dibuat), juga tulisan blogger, mestinya bloger (versi KBBI V trbaru)..
      Maaf, krn kbetulan mas Ir bilang gitu, jd sy ksh masukan aj, pdhal sy pun blm tentu lbh baik.

    3. hehehe, gak apa mas…
      nah maka dari itu, ada ilmu juga saat jadi freelencer tentang nulis

  2. Wah keren tuh mas dah dapet job dalam kurun waktu satu bulanan. 👍👍👍

    1. Hehehehe..
      tetep saya milih job mas, milih yang bisa di post di blog. seperti backlink placement
      soalnya amalas aja kalau bikin artikel untuk orang lain

  3. Saya pernah di situs freelancer tp kebanyakan yg dr luar

    1. iya saya juga daftar disitus tersebut, namun payment gatewaynya yang harus mengunakan paypal.

    2. Oalah itu toh bedanya. Saya coba deh situs ini. Thanks infonya mas

  4. Sungguh membeli dengan harga yang murah banget

    1. bener mas, saya aja pilih2…
      karena saya menghargai tulisan saya sendiri, hehehe..
      jadi kalau ndak mau bayar mahal atau sepantasnya harga tulisan, yah saya tidak mau, hehehe

  5. Wuah, aing malah gak ngerti apa itu freelancer😁😁

    1. hahahaha, entar juga ngerti sendiri mbak.. 🙂

    2. Aduh lama bener dung ngertinya

  6. Wah mantaf mas.. Btw masih inget saya? Kwkwkw… Temen seperjuangan dalam blogging dulu? Skrg saya jg freelance, cmn jurusan desain.. Btw mau coba main ke web freelance luar negeri mas? 😀 ditunggu jawabannya..

    1. bukannya mas hepy juga bisa design.
      ndak punya paypal mas, dan kurang bisa pakai bahsa inggris

    2. Yups! Saya design. Kalau paypal tinggal bikin aja mas. Nah untuk bahasa Inggris, pelajarin aja dikit dikit mas, penghasilan sebanding deh sama kerja keras hahaha…

    3. nah itu, saya agak nggak ngerti bahasa inggris

    4. Kwkwkw… Belajar aja mas.. Smbil belajar sambil praktek..

    5. iya bener gampang paypal, saya pernah iseng bikin. dan bisa berfungsi. pernah utk narik dana dari ikutan survey, dan bisa ditarik ke rekening BRI.

    6. tapi kan ada biaya pertahunnya juga kan

    7. kayaknya engga

    8. kan harus verifikasi mas untuk bisa narik ke bank

    9. ga tau, saya gak verifikasi tp bisa saya pindahin dana ke bank. kemaren tuh sekitar 200 ribu rupiah. bisa saya ambil duitnya.

    10. beneran mas gun?
      biasanya kan butuh credit card, kalau nggak punya pakai virtual itu kan

    11. kalo utk mindahin dana dari paypal ke rekening, kemaren ga butuh gt gitu, terkait biaya, bukan bulanan sih, tp per transaksi. pas transfer 16 dollar kayake saya kena charge 1,3 dollar.

    12. hmmm, gitu yah mas…
      sih saya coba lihat account paypal

  7. Terimakasih mas ir, bermanfaat sekali 🙏
    Cuma aku sering gak tepaknya 😂😂

  8. Semoga sukses mas.. hasil pasti berbanding lurus dengan usaha.. 👍

    1. iya bang, makasih 🙂

  9. jobnya untuk writer aja mas nur? atau ada yang lain?

    1. banyak kok yang lain..
      Ada translate, bikin logo, bikin video dan lain sebagainya

    2. oooh wokii

    3. job cariin jodoh, fee nya brapa qure?

  10. Membantu sekali tipsnya kaka…… Memang menulis itu susah dan harga juga tidak sesuai. Ya perlu introspeksi sendiri sih kita agar dapat mempermantap dunia kepenulisan eeeaaa

  11. jadi mikir terjun ke jasa penulisan nih. kalo ngandelin iklan dari blog dengan pengunjung seribu sehari. dapetnya cuman seratus dua ratus ribu sebulan 😀

    1. saya dapet dari sponsorship yang sering 🙂

    2. bagi bagi sponsornyaa

    3. hahaha, gimana ngebaginya…
      coba daftar Iblogmarket mas gun,
      cuma entar blognya mas gun nggak niche lagi

    4. udah niche juga sih, pernah mengulas sepeda motor dan tentang anak esde 😀

  12. makasih info nya. nih barusan coba daptar.

    1. Sama-sama mas 🙂

  13. Wah sy juga freelencer di sana… tapi semakin hari saingannya semakin banyak ya…
    Pernah dapet sekali… dan webnya memang sangat memuaskan…
    Semoga bisa dapet lagi:)

    1. Iya mbak, semangat.. 🙂

    2. Ekekwkje… saya laki laki kak…. hehe

    3. Haish, maaf mas, wkwkwkw

    4. Sma sma mas… dulu sya jga sempet salah… nganggep mas perempuan hehe

    5. wah.. langsung disaut aja tuh orang, disangka geulis. ternyata kekar. makasih sudah bikin senyum dan sedikit tergelak

  14. […] Baca juga : Pengalaman Yang Bisa Diaplikasikan Untuk Mendapat Job Di Freelancer Indonesia […]

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini