Pentingnya Musik Bagi Kehidupan

Apa jadinya hidup tanpa musik? Sebenarnya tidak ada hubungannya antara hidup dengan musik, karena hidup itu ketika kita bisa bernafas dan merasakan keberadaan alam dunia. Jika kita sudah kehilangan roh dan meninggalkan dunia, maka kita tidak disebut hidup.

Rasanya tak adil jika hidup dikaitkan erat dengan musik, yang katanya hidup tanpa musik itu membuat hidup tidak berwarna, sepi dan lain sebagainya. Bagaimana jika sesorang itu tuli, meskipun ada atau tidaknya musik, bagi mereka hidup itu nyata. Hidup adalah sebuah kenyataan.

Musik adalah suara yang dihasilkan oleh sebuah alat entah itu dipukul atau ditiup, yang disusun sedemikian rupa hingga menjadi sebuah irama yang enak didengar oleh telinga.

Bagi sebagian orang musik itu penting, mereka menganggap musik bisa menjadi moodbooster yang bisa membangkitkan gairah dan semangat untuk beraktifitas. Dan sebagian lagi menganggap bahwa musik itu sangat mengganggu, bising dan lain-lain.

Musik Itu Perihal Rasa

Setiap orang pasti memiliki alasan untuk menyukai musik atau tidak, begitu juga tentang aliran musik, setiap orang punya hak memilih aliran musik mana yang dia sukai. Karena musik itu perihal rasa, sama seperti cinta, kita tidak bisa memaksakan aliran musik yang kita sukai pada orang lain.

Akui saja bahwa hal yang seirama itu menyenangkan, contohnya saja ketika kita merindukan seseorang dan seseorang tersebut juga merasakan hal yang sama dengan kita. Kita seakan senada dan seirama saling merindu dan ingin segera bertemu. Bayangkan saja jika kita mempunyai kesempatan untuk bertemu, bahagia bukan? #eh ini apa hubungannya.

Saya sendiri paling suka mendengarkan musik saat bekerja. Eh, bukan berarti saya bekerja dengan mendengarkan musik saja, tidak terfokus pada musiknya, namun irama dari musik tersebut memang sedikit membangkitkan gairah dan semangat saat bekerja.

Di perusahan saya juga memperbolehkan suara musik saat bekerja. Alasannya sih, dengan adanya musik, para karyawan bisa menikmati setiap pekerjaan dengan hati yang senang tanpa harus terfokus sama target dan tekanan.

Musik Itu Pengalih Perhatian

Pentingnya musik bagi kehidupan
Source image by Pixabay.com

Berbeda dengan saya, Saya yang bekerja sebagai admin produksi, saya lebih banyak menghabiskan waktu kerja di depan komputer. Musik itu semacam teman dalam kesendirian saat bekerja, khususnya saat bekerja malam hari. Karena saya berada di ruangan yang berbada dengan rekan-rekan kerja dan itupun sendirian dalam ruangan tersebut.

Musik juga pengalih perhatian saat berada di ruangan kerja sendirian. Karena saya yakin, tidak hanya saya saja yang berada dalam ruangan itu, masih ada makhluk astral alias makhluk halus juga dalam ruangan tersebut.

Bukannya saya takut dengan makhluk sejenis itu, hanya saja saya tidak ingin berjumpa dengan mereka. Cukuplah saya berada di alam saya sendiri dan mereka juga berada di alamnya sendiri. Kita tidak saling mengganggu apalagi sampai ada perasaan suka dan sejenisnya.  #haduh ini apaan sih

Tiap Orang Memiliki Kriteria Musik Yang Mereka Suka

Saya tidak mengkhususkan musik aliran apa yang akan saya suka dengarkan, apapun musiknya saya akan dengarkan. Saya jarang mengunakan media player untuk memutar musik, saya lebih suka mendengarkan musik di youtube secara random.

Jadi pertama-tama saya ketik keyword di youtube, dan saya biarkan autoplay agar lagunya terus berputar dengan sendirinya. Tapi tak jarang juga saya memutar satu album lagu itu saja hingga saya selesai bekerja.

Seperti saat lagi hitsnya lagu “akad” nya payung teduh atau lagu “bukti” nya last child. Saya putar berkali-kali, kadang teman saya merasa bosan dan bertanya “kenapa yang diputar lagu ini terus?”

Kadang saya lebih menyukai musik bergenre melankolis dengan lirik kesedihan dan kegalauan. Entah kenapa saya menyukai musik seperti itu, seperti membangkitkan masa lalu, dan saya bisa menertawakan kebodohan masa lalu.

Namun tak jarang juga saya mendengarkan lagu-lagu rock atau pop yang mengunakan bahasa inggris, seperti My chemical romance, paramore, evanescence, secondhand serenade, taylor swift dan lain-lain.

Pada dasarnya saya tidak mengerti arti dari lagunya, namun saya suka mendengarkannya. Dulu musik seperti itu menjadi lagu pengantar tidur saat di rumah. Sekarang sudah tidak lagi, karena kehadiran istri sudah cukup untuk bisa bermimpi indah disetiap memejamkan mata.

Musik Bisa Mempengaruhi Perasaan Seseorang

Pernahkah kita terbawa perasaan saat mendengarkan sebuah alunan musik? Misalnya lagu sedih yang mengingatkan mantan mungkin?

Gara-gara mendengar musik tertentu, kita terbawa hingga ikut merasakan apa yang dilantunkan pada sebuah lagu. Kita menikmati sekaligus menghayati setiap lirik yang terkandung di dalamnya. Seakan lagu tersebut menceritakan kisah kita yang pernah ada.

Dr. Armani El-Alayli, seorang profesor di Eastern Washington University dalam penelitiannya menduga bahwa keadaan seseorang dapat tersentuh emosionalnya saat mendengarkan musik itu tergantung sistem tubuh pendengar ketika mendapat rangsangan emosional. Menurut Dr. El-Alayli, “Harmoni musik yang tak terduga, perubahan tempo atau volume yang mendadak menjadi satu faktor yang mempengaruhi pendengar.”

***

Kalau menurut kalian, penting tidak musik bagi kalian saat menjalani rutinitas sehari-hari? Coba sampaikan cerita kalian seberapa penting atau tidak musik bagi kalian di kolom komentar.

[AI]

Share This :

16 Replies to “Pentingnya Musik Bagi Kehidupan”

  1. buat saya musik itu cara menggambarkan perasaan seseorang terbukti kalau misal orang itu suka mendengarkan musik misal bergenre grunge bisa jadi orangnya agak tertutup dan minder, dan juga punya masalah2 akan bersosialisasi sm orang2 sekitar tapi musik juga bisa jadi penyemangat ketika sedang capek atau sedang banyak tugas musik bisa membantu menghilangkan perasaan tersebut. Hanya saja ada yang mengatakan musik bisa menumbuhkan kemunafikan ya emang betul, tergantung cara manusia masing2 apakah menggunakan musik hanya sebatas hiburan atau obat candu.

    1. benar mas, tergantung bagaimana kita menyikapinya. musik memang alat yang tepat untuk berdakwah di jalan kebenaran ataupun bisa juga untuk menyesatkan #seperti Freemason mungkin

  2. Asekkkk nih…
    Mengingatkan saya sama lagu di iklan motor beat. Hahaaha

    😂😂😂

    1. Let’s get the beat… Hidupku adalah musik, musik warnai hidupku.. 😂😂😂

    2. Hahahaha..
      lets getter be** wkwkwkw

  3. Penting dong mas, apalagi buat jones, biar ada lagu yang selaras untuk meratapi nasibnya. Hhaaaa

    Selain buat hiburan, kalo saya denger musik sekaligus buat belajar bahasa Inggris dan buat direview juga. Hheee

    1. wah seperti kata guru bhsa inggrisku dulu, dia juga bercerita gara-gara mendengarkan lagu bahasa inggris jadi menyukai bahasa inggris

    2. Ya mas, liriknya bikin pingin kepo buat diterjemahin, hhe

  4. Mas Nur Ir, kirain kmrin mau buat postingan soal tema cinta gtu, pdhal kmrin udah lgsg ku approve skitar jam 8 pagi wktu q buka wp. Koq ga jadi sih? 😢

    *Maaf nih jd ga nyambung komen-nya 😁

    1. Apanya yang di Approve cin? wkwkwk
      lagi nggak ada ide

    2. kan kemarin ditautin ke postinganku yang judulnya “potong rambut dan cinta”, makanya q approve, duuuh q kl inget wktu itu koq ya malu sndiri, q koq pernah ngenes sgitunya ya krn cinta 😅

    3. Oh….
      Aku lagi bebenah internal link blog cin..
      Jadi edit semua artikel di blog ini, jadi saat aku update, ping backnya dari blog baruku ini. Yang dulu kan masih di worspress

    4. owalah bgtu toh, makanya q koq ktmu pink back baru 😅

  5. Musik itu bisa ngilangin ngantuk, tinggal denger yang musiknya jedug2 aja 😂😂😂

  6. Bagi kami, musik itu seperti gaungan yang selalu membuat kita aktif dari waktu ke waktu.
    Salam….

  7. Hmm. Pengalih perhatian kayaknya. Misal kalau lagi banyak denger suara bising atau orang berkata kasar, saya suka nyumpel telinga pake headset dan dengerin musik utk redam emosi. 😅

    Kadang kalo suka banget sama lagunya, ya dengerin sengaja utk menikmati musiknya. 😁

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini