7 Alasan Kenapa Orang Memutuskan Untuk Tidak Membaca Blog Anda

Blog kalian sepi pengunjung? Jika kalian masih baru membuat blog dan artikel di blog kalian hanya berjumlah 5-10 artikel saja, itu hal yang wajar jika masih belum banyak pengunjung ke blog. Namun jika blog kalian sudah 100-an lebih artikel, dan pengunjungnya di bawah 50 per hari, nah mari kita cari problemnya.

Jika blog dengan ratusan artikel tidak membuat pengunjung blog kalian meningkat, berarti ada 2 problem di sini.

Pertama, mungkin saja blog kita tidak terdeteksi oleh search engine karena kesalahan pengaturan blog. Jadi kebanyakan pengunjung yang mampir hanya dari direck link, entah itu dari timeline wordpress, mengetikan url secara langsung ataupun dari share media sosial.

Tidak terdeteksi oleh google tidak menjadikan blog kita tidak bisa dikunjungi oleh orang lain, hanya saja setiap artikel baru yang di update di blog kita, tidak akan di index oleh pihak google. Jadi pengunjung organik dari mesin pencari, tidak akan menemukan blog kita dengan keyword tertentu.

Untuk mengecek apakah blog kita mengizinkan mesin pencari meng-indec blog kita, caranya dengan kunjungi Dasboard WP kemudian Setting=> Reading.

Pada Site Visibility kalian bisa setting agar blog ini bisa di index oleh google atau tidak maupun blog ini di private.

Cara men index blog ke mesin search engine

Pilih “Allow search engine to index this site” agar blog kita di index oleh google.

Alasan kedua, Mungkin blog kalian tidak begitu menarik di mata pengunjung. Jika ada moto “Pembeli adalah raja” saat di pusat perbelanjaan, di perblogeran juga sama.

“Pengunjung adalah raja”, pengunjung punya hak untuk meninggalkan blog kita atau tetap berkunjung dengan sukarela.

Jika blog di umpamakan barang dagangan dan pengunjung adalah pembeli. Maka laris dan tidaknya barang dagangan tergantung dari banyak faktor. Bisa saja dari kemasan produk, rasa dan kualitas produk, unik dan unlimited, promo dan diskon, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan blog? Berikut beberapa alasan kenapa pengunjung memutuskan untuk meninggalkan blog Anda?

Problem Blog Yang Sering Ditinggalkan Pembacanya

1. Ukuran Huruf Dan Font Tidak Human Friendly

Mempunyai artikel yang menarik dan berbobot tidak serta merta blog tersebut disukai oleh kebanyakan orang, terlebih jika artikel tersebut disajikan dengan cara yang salah.

Misalnya saja ada makanan yang lezat namun diletakkan di dekat tempat yang berbau busuk, mana ada yang mau memakannya?, mendekat saja sudah membuat nafsu makan menghilang.

Sama dengan blog, mempunyai artikel yang baik namun penyanjiannya tidak baik. Seperti ukuran huruf terlalu kecil dan font huruf tidak standart seperti tulisan latin ataupun tulisan kaligrafi yang susah untuk dibaca.

Di sinilah masalahnya?

Blog kita tidak hanya di baca oleh orang muda saja, orang yang sudah berumur juga kan membaca tulisan kita. Bagaimana kalau pembaca tersebut kesulitan membaca huruf yang terlalu kecil?

Semenarik apapun isi artikelnya, kalau tidak bisa terbaca juga percuma.

Tidak semua orang semuda kita, tidak semua orang mempunyai penglihatan yang sama seperti kita. Jadi berhentilah menyiksa mereka.

Ini ada sedikit tips dan tutorial tentang Bagaimana menulis artikel blog yang baik agar blog kalian tetap disukai oleh banyak pengunjung dari berbagai kalangan.

2. Loading Blog Lama

Sumber gambar riaume.com

Jika ada judul artikel yang sangat menarik yang membuat pengunjung penasaran untuk berkunjung ke artikel tersebut, namun setelah di kunjungi, artikel blog tak kunjung terbuka. Jika itu kalian, apa yang akan kalian lakukan?

Tentu pilihan menunggu artikel terload secara utuh adalah pilihan 20% dari pengunjung pada umumnya. Yang lainnya akan meninggalkan artikel tersebut dan mencari referensi lainnya.

Kenapa demikian?

Sebab, teknologi internet yang sekarang semakin cepat dengan adanya teknologi 4G Lite, Maka tak akan membuat kita menunggu lebih lama saat membuka situs atau website. Jika blog atau website gagal menampilkan konten lebih dari 10 detik, maka bersiaplah untuk ditinggalkan pengunjungnya.

Kecepatan loading blog biasanya dikarenakan terlalu besar load image dalam artikel tersebut, atau banyaknya widget yang terpasang dalam suatu blog. Misalnya saja widget timeline twitter dan instagram atau fanspage facebook yang pada dasarnya tidak terlalu diperlukan dalam sebuah blog.

Maka untuk mengatasi loading blog yang lama, kita bisa optimalkan dengan upload image yang tidak terlalu besar. Dan menghapus beberapa widget yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Banyak Iklan Bertaburan

Blog selain sebagai media penyalur hobi nulis,  juga merupakan opsi menarik sebagai penghasilan uang tambahan dari internet. Salah satunya dengan memasang iklan publisher (amazon, adsense, media net dan lain sebagainya) atau iklan afilasi.

Memperbanyak iklan akan meningkatkan jumlah impression per harinya, yang berarti akan meningkatkan pendapatan juga. Namun alih-alih meningkatkan jumlah pendapatan, blogger lupa bahwa sejatinya blog itu tempat penyalur informasi, bukan tempatnya sampah iklan berserakan.

Baca Juga : Jangan Jadi Blogger Itu Berat, Kau Tak Akan Sanggup, Biar Saya Saja

Saya sendiri kadang kesal kalau mendapati blog yang seharusnya informatif, namun sangat disesaki oleh iklan yang melayang-layang. Salah pencet dikit akan membuka tab baru yang isinya juga iklan lagi.

Hal ini yang kadang menyebabkan pengunjung enggan melanjutkan membaca artikel blog tersebut dan memutuskan untuk pergi lebih cepat.

Saran saja, pasanglah iklan sewajarnya, 5-6 iklan dengan perincian 2-3 iklan di dalam artikel, 1-2 di sidebar dan 1-2 di footer atau header. Dengan begitu blog tetap terlihat informatif dan pendapatan juga akan tetap mengalir dengan sewajarnya.

4. Isi Konten Tidak Menarik

Pernah baca artikel yang judulnya sangat fenomenal bikin penasaran, namun isi kontennya tidak semenarik judulnya tidak? Artikel semacam ini banyak sekali bertebaran di internet.

Click Bait atau klik jebakan merupakan modus media online yang digunakan untuk menarik dan membuat rasa penasaran pembaca untuk mengunjungi artikel tersebut. Jika memang isinya sangat relevan dengan judulnya, maka itu tidak emnajdi masalah, bagaimana kalau isinya tak sesuai dengan judul?

Hal ini akan menjadi semacam penipuan dan pelanggaran kode etik yang akan membuat pembaca kecewa. Lebih buruk lagi jika kredibilitas blog tersebut juga akan jatuh di mata pembaca.

Jadi, Buatlah judul yang menarik sesuai kontennya, jangan terlalu fokus agar memenangkan persaingan konten ataupun agar artikel bisa viral tanpa memiliki konten yang akurat dan informasi yang masih setengah-setengah.

Baca juga : Mengoptimalkan Blog WordPress Dengan Cara Sederhana

5. Tampilan Blog Tidak User Friendly

Dewasa ini, orang membaca artikel tidak selalu mengunakan desktop, melainkan lebih banyak pengunjung yang mengakses situs atau blog dari mobile phone dan smartphone.

Dengan demikian, blog yang baik akan memanjakan pengguna dengan menyajikan konten-konten blognya yang bisa dibaca di berbagai perangkat, dalam dunia blogger disebut mobile friendly.

Jika blog kita tidak mobile friendly akan menyebabkan konten blog kita, akan berat saat dibuka di perangkat smartphone atau tablet.

Juga tampilan yang tidak mobile friendly akan menyusahkan pembaca untuk membaca artikel blog kita. pembaca akan melakukan zoom pada perangkatnya dan hurufnya pun tidak akan sebaik saat blog kita sudah support mobile friendly.

Jadi untuk mengatasi hal seperti ini, kita ahrus pandai-pandai memilih theme yang baik secara penampilan dan user friendly untuk segala perangkat.

6. Terlalu Lama Vakum Menulis Blog

Blog yang baik itu di update secara berkala, tujuannya agar tetap baik di mata mesin pencari, juga akan baik di mata pembaca (pelanggan blog).

Terlalu lama vakum juga akan memperburuk citra blog di mata mesin pencari, pengunjung langganan juga akan ikut pergi meninggalkan blog kita nantinya.

Seperti pengalaman di blog pertama saya yang awalnya dikunjungi ribuan pengunjung perharinya, karena vakum selama 2 tahun, membuat kunjungan blog turun 90%. Entah itu dikarenakan perubahan algoritma google atau semacamnya, yang jelas blog yang jarang di update akan berpengaruh pada trafik kunjungan perharinya.

Jadi, konsistenlah dalam update isi konten suatu blog, tidak harus tiap hari, namun usahakan tiap minggu ada penambahan satu artikel agar blog kita tidak ditinggalkan oleh pengunjung langganan blog kita.

7. Kurang Mempromosikan Artikel Blog

Pengunjung blog tidak hanya dari mesin pencari dan time line wordpress saja, namun ada satu lagi media yang sangat bagus sebagai rujukan pengunjung ke blog kita. Yakni media sosial.

Jika blog kita jarang di kunjungi oleh pengunjung dari mesin pencari, opsi lainnya adalah memaksimalkan pengunjung dari media sosial semacam facebook, twitter dan google plus.

Namun terkadang banyak blogger yang malas untuk melakukan hal tersebut, alasannya beragam. Ada yang malu tulisannya di baca teman sekitarnya atau hal yang lainnya.

Baca juga : Mempertimbangkan Widget Yang penting Di Pasang Di Blog WordPress

Padahal agar artikel kita dihargai dan disukai oleh banyak orang, langkah awal yang harus kita lakukan adalah menghargai tulisan kita sendiri terlebih dahulu. Bagaimana orang lain menghargai tulisan kita kalau kita sebagai penulisnya sendiri tidak menghargainya?

Jadi maksimalkanlah media sosial yang kalian miliki untuk mempromosikan artikel blog kalian dan raihlah kesempatan mendapat ratusan bahkan ribuan pengunjung ke blog kita dari sosial media.

Dan beruntunglah kita mengunakan platform wordpress ini. Dengan kemudahan layanan wordpress yang mengizinkan artikel kita di share secara otomatis ke media sosial di setiap kali kita mempublish artikel di blog.


Itulah 7 alasan kenapa pembaca memutuskan untuk meninggalkan blog kita. Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa mengusahakan dan berbenah agar pengunjung tetap nyaman dan betah mengunjungi blog kita berkali-kali.

[AI]

Share This :

12 Replies to “7 Alasan Kenapa Orang Memutuskan Untuk Tidak Membaca Blog Anda”

  1. Mantap gan sangat membantu erutama bagi bloger pemula kayak saya. Ngomong² klo pengaturan di dasbord udah on busa di index google. Hal lain apa yang mempengaruhu blog kita tidak di index di mesin pencari

    1. Kalay menurut saya sih cuma pengaturan itu saja mas. Kalau self hosting ada yang namanya robot.txt. biasanya sih tidak ke index gara2 pengaturan robot.txt itu saja yang salah..

    2. Klo WP gratisan ada robot.txt juga?

    3. Tidak ada mas 🙂

  2. kebanyakan visitor saya dari google search, kalau dilihat dari jumlahnya masih 15 artikel, perhari sudah diatas 200 user, kalau viewsnya 300 ke atas.

    Syukurlah, ternyata blog saya disukai sama visitor kok, saya cek di Google analytic avarege durationnya rata2 2 menit, artinya setiap orang menghabiskan 2 menit ketika membaca,

    yang harus saya kurangi2 adalah bounce ratenya, banyak yang ketika mengunjung halaman, langsung close, ga mau kunjungi page lain. padahal saya udah menerapkan link building,,,

    ahhh, kalau lain2 sih, loading, iklan, konten semuanya saya rasa baik2 saja dan dalam komposisi yang tepat, bahkan saya cek kecepatan di moz, 2 detik sudah load full blog saja.

    Oh iya, iklan yang ada disini adpixo cukup annoying, dia suka open new tab iklan, padahal kita ga klik2 apa2, memang sih blognya ga bertabur iklan, tapi open tab nya itu ga tercontrol, jadi mohon dikurangi2 adpixo nya…

    1. Makasih sarannya mas…
      Dan terima kasih atas share pengalamannya.. Saya lgi nyoba-nyoba saja pakai adpixo 🙂

  3. Dan sayapun merasa saya ada disalah satu dari 7 nya. Thanks Mas udah sharing!

  4. Terima kasih mas, keren

  5. Setuju! dengan melakukan langkah-langkah di atas Insya Allah blog pelan tapi pasti akan mendapatkan jumlah pengunjung yang signifikan 🙂

  6. Haduuuuu blog saya belum banyak isinya. Masih gundul 😭😭😭😭😭

    Terima kasih suhu sarannya.👏👏

    1. Aku belajar di blog tukang ketik juga, 😀

  7. Kami sendiri saking sibuknya ngeblog, tidak ada waktu untuk berkunjung ke sosial media. Semua habis hanya untuk menulis dan yang penting menulis. Toh yang biasanya ke sosial media itu kan orang internet marketing. Blogger kan tidak mempopulerkan prodak apapun melainkan hanya menyodorkan corat-coret yang menarik.
    Salam…..

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.