Sholawat Peneduh Hati Saat Bekerja Malam Hari Sendirian

Sering sekali ketika saya menyukai sesuatu, saya akan fokus pada sesuatu itu dengan waktu yang lama. Seperti saat saya sedang rindu dengan istri, maka saya akan fokus dengan memandang wajahnya begitu lama, barulah saya mendaratkan kecupan ke bibirnya sampai dia tiak bisa bernafas dengan leluasa, hahahaha #TertawaJahat

Seminggu kemarin saya melakukannya lagi saat masuk malam, saya terobsesi pada beberapa lagu saja. Seperti yang pernah saya ceritakan tentang lagu “Akad” yang saya putar hingga 8 jam selama bekerja berulang-ulang kali.

Seminggu kemarin saya juga melakukan hal yang sama. Saya memutar satu album yang hanya ada 4 lagu saja serta beberapa acara live dari pemilik chanel youtube.

Sabyan Gambus nama chanel youtubenya

Jika ada yang belum tahu apa itu gambus, mungkin penjelasan wikipedia ini bisa mencerahkan.

Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Gambus baisanya diiringi tari Zapin dengan irama musik khas Timur Tengah.

Kebanyakan group musik gambus itu personilnya memiliki wajah orang arab, dengan alat musik seperti Gambus, Dumbuk batu, marawis, Biola dan keyboard. Sabyan gambus ini sedikit lebih modern, seperti itulah saya melihatnya. Terdiri dari 6 personil, namun saya gagal mencari satu-persatu nama dari personil tersebut.

Alasannya karena di internet , keyword “Sabyan” dipenuhi oleh nama vokalisnya “Nisa Sabyan”. Tak ada data-data yang lain selain membahas si vokalis yang imut ini. Saya jadi kasihan dengan personil lainnya yang sepertinya tidak dianggap dan diabaikan oleh para blogger yang menulis tentang group musik ini.

Sebelum menjadi remaja zaman now, saya dulu suka lagu-lagu religi seperti ini. Seperti saat saya masih SD, saya rela mengumpulkan uang untuk membeli kaset Sulis dan Hadad Alwi album ke-1 dan ke-2.

Namun setelah negara api menyerang, lagu-lagu barat mulai merasuki pikiran saya. Padahal sejatinya saya tidak begitu paham arti dari lagu-lagu tersebut, namun musik itu menyangkut perihal rasa, setiap individu akan berbeda cara merasakannya dan cara menikmatinya.

Baca juga : Lagu Sedih Nan Galau Kesukaan Saya

Sedangkan untuk lagu-lagu religi dan sholawat, setiap orang muslim pasti akan senang mendengar lagu-lagu rohani seperti ini. Lantunan sholawat bisa mendamaikan hati yang sedang gelisah, suntuk dan marah.

Terutama kegelisahan itu karena kehadiran makhluk astral di dekat kita saat masuk malam. Percaya deh, meskipun makhluk Astral ini tidak pergi saaat mendengar lagu sholawatan, setidaknya Astral yang ada di dalam diri kita akan mengecil dan hati kita akan terasa lebih damai tanpa perasaan takut lagi.

Karena lagu sabyan ini terus saya putar berulang-ulang kali, beberapa teman yang mampir ke tempat saya bekerja akhirnya mendengarkan sholawat ini dan mereka menyukainya juga. Ada beberapa teman yang minta di downloadkan videonya.

Dan yang satu ini favorit saya

Entahlah, yang mereka suka itu lantunan merdu suara si Nissa atau sekalian wajah cantik pelantun sholawat Qomarun dan Ya Habibal Qolbi ini.

Oh iya, Selain mendengarkan lagunya sabyan gambus, saya juga  sering memutar sholawat langitan dan sholawat muhasabatul qolbi dari jombang.


Kalau kalian? Punya sholawat favorit tidak? Jika ada share dong di komentar, biar saat masuk malam, saya punya variasi sholawat yang di dengarkan sepanjang malam kesendirian.

 [AI]

Share This :

6 Replies to “Sholawat Peneduh Hati Saat Bekerja Malam Hari Sendirian”

  1. Kalo saya Assalamu’alaika nya Maher Zain mas.

  2. Dulu suka lagunya Sulis sama Hadad Alwi satu. Yaitu lagu yang manggil-manggil namaku 😅😅😅😅

    1. Hahahaha…
      Iya, manggil umi..

    2. nah, itu.. kan jadi kayak nyanyi buatku..
      *hahha

    3. trus di panggil umi sama si kecil kapan?
      wkwkwkwkw

    4. anaknya bu kos udah manggil aku umi kok, “mbak umi, mbak umi” gitu 😛

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini