Bukan Hanya Tentang Menulis! Ngeblog Memberikan Kalian Banyak Manfaat

Ngeblog itu bukan hanya tentang tulis menulis saja, namun banyak hal yang bisa kita lakukan sewaktu kita memutuskan menjadi seorang blogger.

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing saat membuat sebuah blog. Sebagian besar dari mereka membuat blog karena alasan hobi, dan sebagian lagi menjadikan blog sebagai media penghasilan tambahan, media promosi penjualan dan lain sebagainya.

Manfaat nge-blog sendiri, tentunya akan berbeda-beda bagi setiap individu. Bagi saya sendiri awalnya saya menjadikan blog ini sebagai prasasti yang mengikat semua kenangan berupa tulisan.

Saya terinspirasi dari ucapan seorang teman yang dikutip dari perkataan Sayidina Ali bin Abi Tholib Karamallahu wajhah, Beliau berkata “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”.

Saya menyadari bahwa ilmu yang saya dapat akan memudar seiring berjalannya waktu ketika saya sudah tidak pernah mengerjakannya, semisal ilmu sewaktu sekolah dulu.

Jika sewaktu sekolah dulu saya bisa memperbaiki komputer yang terjadi trouble, sekarang tentu saya akan kesulitan. Selain teknologi yang terus berganti tiap tahunnya, saya sudah tidak pernah melakukan hal seperti itu (memperbaiki komputer) selama lebih dari 10 tahun.

Mungkin akan berbeda jika sewaktu itu saya menuliskannya disaat ada trouble. Setidaknya ketika saya lupa bagaimana mengatasi permasalahan yang sama, saya bisa mencari solusi dengan cari-cari catatan yang telah lalu.

Dan blog inilah kunci jawaban bagi kita yang ingin membuat catatan penting atau sebuah kenangan yang bisa kita baca lagi berulang kali di masa depan nantinya.

Apakah cuma itu manfaat ngeblog?

Tentu tidak hanya itu, berikut saya jelaskan manfaat yang saya dapat selama hampir dua tahun ini saya menulis di blog ini yang perlu kalian ketahui.

Manfaat Blog Yang Perlu Kalian Ketahui

1. Blog itu Media Belajar Yang Asik Dan Mendalam

Pernah tidak kita memahami, kenapa guru zaman old sering menyuruh kita menyalin mata pelajaran yang ada di buku ke buku tulis kita dengan tulisan tangan?

Ini adalah metode efektif dalam pembelajaran, kita mempelajari dari membaca dan mendengarkan kemudian kita mengikatnya dengan tulisan. Di situlah kita belajar pembelajaran lebih dalam dari yang kita kira.

Menulis di blog juga demikian

Kegiatan blogging itu tidak hanya menulis dan mengetik huruf saja, namun kita membuat karya seni yang mungkin tidak semua orang bisa melakukannya.

Kebanyakan penulis blog itu introvert, mungkin dikarenakan dengan menulis, kita bisa menyampaikan pendapat dan ide dengan mudah. Karena tidak semua orang bisa menyuarakan pendapatnya dengan lantang.

Nah melalui blog inilah kita bisa menyampaikan ide dan pendapat yang jauh lebih rinci ketimbang seseorang yang menyuarakannya dengan lantang.

Kenapa demikian?

Coba pikirkan ini, lebih mudah mana memahami inti dari sebuah seminar melalui mendengarkan atau dengan membaca.

Tentu lebih mudah dengan membacanya.

Karena itu, kegiatan ngeblog merupakan media belajar yang asik dan mendalam. Jika tulisan kita tentang curhatan, mungkin kita bisa memahami jati diri kita dari membaca ulang apa yang pernah kita tulis.

Begitupun dengan menulis blog yang niche bisnis, blogging dan lainnya, mereka akan bisa belajar dan mendalami kegiatan tersebut lebih dalam dan menguasainya dengan sangat paham.

2. Kegiatan Ngeblog Itu Bisa Memperbaiki Mental

Jika kalian mempunyai fasilitas komputer speck tinggi dan internet gratis, apa yang kalian lakukan?

Jika kalian bukan seorang penulis blogger, mungkin hal negatif seperti ini yang akan kalian lakukan dengan fasilitas seperti itu tiap harinya :

  1. Main game online
  2. Kepoin mantan tiap jam
  3. Streaming Youtube berhari-hari
  4. Streaming dan download file blue?

Mungkin memang tidak semua orang akan seperti itu, bisa saja ada yang memanfaatkan untuk berjualan online atau bisnis trading.

Namun berbeda jika kalian seorang blogger, Seorang blogger akan malas melakukan hal seperti di atas, dari pada ngegame atau kepoin mantan, mending buat menulis artikel yang bermanfaat.

Karena di pikiran seorang blogger itu bisa ditebak isi pikirannya itu apa?, yakni tidak jauh dari “Apa yah, yang harus saya posting untuk besok di blog”.

Simple banget bukan.

Namun justru hal seperti itu akan memperbaiki mental kita juga.

Misalnya begini, jika kita ingin membuat artikel “Tips Memahami Wanita”, sedangkan kita hanya mempunyai pengalaman tentang satu poin saja tentang “Wanita itu ingin di mengerti”. Maka untuk menyempurnakan artikel yang kita buat, kita harus mencari referensi lain agar artikel lebih komplek.

Dari mencari referensi, kita sudah belajar dari membaca dan mengetahui “ini loh wanita itu secara umum” dari referensi lain. Kemudian kita menulis ulang ke blog kita, maka kita akan mempelajari lebih dalam dan mengingatnya lebih lama.

Baca juga : Jangan Jadi Blogger! itu Berat, Kau Tak Akan Sanggup, Biar Saya Saja

Ngeblog juga melatih kita untuk lebih percaya diri. Jika kita tidak percaya diri, maka kita tidak akan mempublish artikel kita ke publik bukan?

Ngeblog juga media yang pas untuk melampiaskan kekesalan dan pelampiasan amarah. Terutama bagi seorang yang sudah berkeluarga.

Tiap masalah memang pasti akan ada jalan keluarnya, namun di saat kita berproses menghadapi sebuah masalah, tentu amarah dan stress akan melanda kita.

Melampiaskan amarah bukan jaminan menyelesaikan masalah, justru bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya. Sementara itu, diam juga tidaklah membuat masalah cepat meredah.

Salah satu cara yang lebih bagus adalah dengan membicarakannya. Jika kalian tidak memiliki teman yang baik dalam menerima keluh kesah dalam dada. Blog merupakan cara yang tepat untuk menuangkan semua gejolak dalam dada.

Tidak peduli pendapat orang tentang tulisan kita, setidaknya dengan mengutarakan keluh kesah kita ke dalam tulisan, kita akan merasa jauh lebih baik dari pada memendamnya sendiri lebih dalam.

3. Kegiatan Ngeblog Itu Melatih Skill

Kegiatan Ngeblog Itu Melatih Skill

Kita tau bahwa Raditya Dika memulai kisah suksesnya dari sebuah blog sebelum menjadi seorang penulis terkenal. Dari candaan dan curhatan tidak jelas di blog, kemudian semua itu disulapnya menjadi novel best seller.

Bang ical juga pernah mengatakan kepada saya, bahwa kegiatan ngeblog ini cukup efektif melatih skill menulis, terutama kalau dia seorang penulis. Terbukti dari sekian penulis blog ada yang bisa menelurkan karyanya menjadi sebuah buku.

Sebut saja Bang ical, Mbak Tan Panama, Mas Nuhid dan Bang Diptra.

Yang nulis ini bagaimana? Sudah menelurkan karyanya tidak?

Kalau saya sendiri, Saya sudah berhasil dan sukses menelurkan sebuah cinta yang berwujud yang insyaAllah akan menguatkan hubungan kita berdua. Eaaahhh… hahahaha

Selain melatih skill menulis, kegiatan ngeblog ini cukup efektif melatih skill mengetik.

Dulu saya hanya bisa mengetik dengan 11 jari, namun dengan seringnya mengetik untuk membuat artikel, saya mampu mengunakan 13 jari untuk mengetik (1 jari tangan kanan dan 3 jari tangan kiri).

Ini kemajuan yang luar biasa bukan?

Selain itu, jika kalian mengetik blog melalui smartphone. Efek dari sering nulis, kalian akan fasih membalas semua chat yang masuk di smartphone dengan sangat cepat dan tanpa typo.

Menulis blog juga melatih skill kita berpikir, karena menulis di blog tidak cukup hanya dengan bisa mengetik dan menjiplak saja. Ngeblog itu tetap harus mikir, mikir tentang idenya, mikir tentang bagimana mengembangkan kerangka idenya dan mikir bagaimana menyajikan tulisan biar tetap enak dibacanya.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Orang Memutuskan Untuk Tidak Membaca Blog Anda

Dan teknisnya, belajar ngeblog yang lebih dalam akan menuntun kita untuk berurusan dengan kode-kode html atau semacamnya.  Ini adalah hal baru yang harus kita kuasai, meskipun bukan keahlian kita, InsyaAllah tidak ada kok yang tidak bisa dilakukan oleh seorang manusia yang mau berfikir.

4. Ngeblog itu Ajang Menjalin Dan Mengikat Tali Silaturohmi

Tentu kita tahu komunitas Blogger besar di Indonesia seperti Blogger Perempuan Network, Warung Blogger, dan Emak-emak Blogger ini di dirikan bukan dengan satu orang saja. Komunitas Obrolin ini juga sama.

Berawal dari kesukaan menulis blog yang sama, meskipun jarak yang terlanjur memisahkan, tak menjadi sebuah masalah untuk bisa membangun sebuah komunitas blogger bersama. Di situlah keseruan menjadi seorang blogger.

Di blog platform WordPress sendiri, meskipun kita tidak pernah saling ketemu di dunia nyata, kita seakan berkomunikasi sangat akrab melalui komentar blog satu ke blog yang lainnya. Seakan kita sudah terikat tali silaturohmi yang kuat dan menginspirasi di bawah naungan pohon WordPress yang sama.

Apalagi kalau kita sudah pernah kopdar, rasa terikat itu rasanya makin kuat. Apalagi jika kopdar itu dilakukan oleh blogger wanita dengan blogger pria, kemudian menelurkan sebuah cinta di dada masing-masing.

Sebut saja mas parman dan rifa roazah. Entah bagaimana mereka bisa menikah, yang jelas dengan kolaborasi giveway dengan tema “Mengeja Bahagia” yang mereka buat, menjadikan mereka semakin akrab. Dan saya juga tidak pernah menyangka mereka bisa menikah.

Saya sangat bahagia ketika melihat teman blogger yang tadinya tegur sapa melalui kolom komentar di blog, kemudian tegur sapa di dunia nyata, terpercik rasa penasaran dan rindu hingga akhirnya mereka menikah. Saya turut bahagia melihat life story seperti itu.

5. Ngeblog Untuk Kebebasan Berbahagia

Ngeblog Untuk Kebebasan Berbahagia

Definisi bahagia itu beragam, setiap orang akan mengartikan rasa bahagia versi mereka. Seperti yang pernah saya baca tentang artikel-artikel yang ikut lomba giveway “Mengeja bahagia”. Tiap peserta mendiskripsikan arti bahagia menurut pandangan mereka.

Bagi saya, melihat senyumnya tiap pagi sudah cukup membuat saya merasa bahagia. Bagi orang lain tentu tidak sama, apalagi yang masih single dan hidup di rumah kos-an. Satu porsi mie sedap kare yang dihidangkan masih hangat di meja, sudah cukup mengingatkan mereka pada kare buatan ibunya.

Bagi seorang blogger, ngeblog itu semacam ungkapan rasa bahagia. Susah, sedih, marah dan kecewa tak membuat kita berhenti untuk menuliskan cerita. Mungkin benar kata Mulya bahwa menulis di blog itu sebuah kutukan.

Kutukan yang membuat kita tidak bisa berhenti menulis meskipun badai galau, rasa kecewa, suntuk melanda diri kita. Ada rasa kangen tersendiri ketika kita mulai memutuskan untuk vakum karena suatu hal, namun titik temu itu lagi-lagi berada di blog ini.

Menulis blog semacam obat yang menyembuhkan rasa kangen dan rindu akan suatu hal, seperti tulisannya Arin Rissaid yang tak jauh-jauh membahas antara jeda, temu, rindu, kangen dan cinta, yang dibalut dengan kata-kata yang indah dan mempesona.

Bagi sebagian orang, Ngeblog juga bisa menghasilkan dan itu juga cukup membahagiakan bukan?

Menulis yang tadinya sebuah hobi dan penghilang rasa sepi, kini bisa jadi sebuah karya yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang jajan.

Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan dari WordPress Gratisan

***

Terlepas dari semua itu, Kegiatan menulis blog akan bermanfaat bagi kita apabila kita menulis hal baik pula. Siapa yang menanam kebaikan, pasti akan memetik hasil kebaikan pula. begitu kan?

Yuk menanam kebaikan dengan canda dan tawa serta rasa bahagia dengan menulis yang bermanfaat di blog masing-masing. Ikutin juga Giveaway Ulang Tahun Obrolin ke-1 dengan tema “manfaat terbesar ngeblog yang sudah dirasakan?”’

Summon RayaMakyus, Wawa, Ikha, Bang Ical, Yuk ikutan Giveaway Ulang tahun Obrolin yang pertama. Tak penting hadiahnya apa? Karena nulis untuk bahagia.

#Harusnya “Menikah untuk Bahagia”

[AI]

Share This :

35 Replies to “Bukan Hanya Tentang Menulis! Ngeblog Memberikan Kalian Banyak Manfaat”

  1. Eaaaak 😁 menelurkan sesuatu yang memperkuat hubungan kita berdua 👏👏

    Btw, itu tagar terakhir kok kompor banget ya 😂😂

    1. itu slogan loh, wkwkwkw 😀

    2. Slogan khas Penadiri 😁

  2. Ya mas, manfaat ngeblog emang banyak banget, apalagi dah dijelasin detai sama mas Nur..

    Btw kompor nya gak pernah lupa ya mas. Hh

  3. Memang banyak manfaat nya, ternyata saya baca di tulisan banyak blogger, agak sedikit berbeda. Setiap blogger merasakan manfaat ngeblog nya masing masing dan beda beda. Jika digabungin untuk dibagikan di satu tulisan kan bisa jadi banyak manfaatnya ya mas.. Hehe.
    Saya lihat blog nya , mas irawan dah lama ngeblog nih..

    1. Masih 2 tahun mas, dan itupun baru mulai sedikit serius bulan kemarin, wkwkwkw

    2. Wah dah lama mas… Apa dayaku yang masih baru ini, boleh minta no wa nya mas.. Buat tanya tanya.. Hehe

    3. nanya apa’an mas, wkkwkw 😀

    4. Seputar blogging mas,

    5. Bahkan saya masih jauh di bawahnya mas kali…

    6. Nggak lah mas..setelah saya membaca sebagian besar isi blog anda.. Saya tertarik untuk belajar membuat artikel dari anda.. Ulasanya itu lho mas.. Bagi-bagi tips nya dong mas ?

    7. Hahahaha..
      saya jadi tersanjung..
      entahlah mas, saya juga nggak cukup ilmu untuk mengajarkan tentang menulis, pada dasarnya banyak salah typo loh tulisan saya itu.
      untuk tipsnya, mungkin dengan sering menulis saja, saya sendiri juga nulis sesuai dengan apa yang saya bisa dan yang saya pahami, dan itu mengalir dengan sendirinya mas..

    8. Saya sendiri sebenarnya menulis dah dari setahun yg lalu sewaktu gabung di ucnews.. Kalau di blog si baru kemarin beberapa bulan yg lalu setelah berhenti dari uc.. Tapi ya itu tulisan saya masih kaku aja.. Belum bisa membuat tulisan yng bisa membawa pembaca dalam artikel. Namun setelah membaca bebrapa artikel dari blog anda.. Saya kepingin belajar membuat artikel seperti yang ada di blog anda.

    9. Wah, hahahaha..
      jadi tersanjung dua kali, wkwkwk..
      saran aja mas, baca artikelnya panduanim.com
      disitu bahasanya keren, sedikit banyak saya belajar dikit-dikit SEO dari sana, meskipun tidak sepenuhnya bisa saya terapin terutama perihal keyword dan lain sebagainya, susah..
      mending nulis dari hati, dan nulis apa yang saya bisa saja..

  4. Hehehe…
    Dua sejoli Om Slamet dan Rifa lagi sibuk Nur 😂😂😂😂😂

    Lengkap nih lengkap… lengkap dengan kompor.

    💆💆💆💆💆

    1. Hahahaha…
      Slogan harus ada dong, biar tetap di kenang, wkwkw

  5. 😂😂😂

  6. tukan aku sudah curiga pasti ttp.ada bibit2 kompor 😂

    1. Kenapa harus fokusin kata terkhir sih, kan yang di atasnya ada 1500 kata loh, hahahaha

    2. Iya uda berasa tagline bang Ir wkwk

  7. Apapun itu, hidup kompor 😂😂😂

  8. Sejauh ini manfaat yang dirasakan ya menambah pertemanan dan melatih skill menulis.. ya mudah2an suatu saat bisa menelurkan buku 😁

    1. Wah, Aamiin mas…
      aku juga pengen sebenarnya, namun menyadari kualitas menulis diri senidri, jadi aku putuskan untuk menelurkan buah cinta kita berdua aja, wkwkwkw

  9. Selain bebas bahagia, blog juga tempat yg bebas buat sedih-sedihan 😭

    1. Hahahahaha,
      meskipun tulisannya sedih, aslinya penulisnya ngakat beud loh..

  10. Menulis blog itu membuat kita bahagia dan puas menjalani hidup sekalipun dompet nyungsep.
    wkwkwkkkkk….
    Yang penting hapi….

    1. Buat juga mas, ikutan giveway obrolin

  11. Dikasih contohnya yang nikah-nikahan juga lagi. Ku bapeeerrrrrrrrrr :'(

    1. Hahahaha..
      Sabar, 😀

  12. Saya paling suka 2 point terakhir ✊✊✊

    1. Moga dapet pasangan blogger juga mas. Wkwkwkw
      Biar ikatan blogger makin kuat. 🙂

    2. Aamiin . . .
      Ini nih yang Saya demen hehe . . .
      Do’a yang baik buat Saya hehe gak cuma ngebully seperti kebanyakan orang. . . hehe

  13. Yak setujuu. Poin kedua dan ketiga itu moga bisa tercapai dengan sendirinya. Teruslah berbahagia~

  14. Aiiiiiich,, ga bisa ikutan giveaway-nya. Udah tertutp! hahahhahaha. Semoga menang laaah dirimu. Btw obrolin itu semacam grup wordpress?

    1. Iya mbak, hehehe..
      Iseng aja tag mbak rayamakyus biat ikutan gitu..
      tak penting menang atau kalah, kita cuma senang-senang aja kok 🙂

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.