Ditolak Adsense Berkali-kali? Jangan Galau, Masih Banyak Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Selain Adsense

Ditolak Adsense bikin galau

Pernah ditolak Adsense? Sudah berapa kali? Satu kali! dua kali! Ah itu tidak seberapa, saya saja di tolak istri 5 kali saja tetap bangga *ups hahahaha πŸ˜€

Jangan galau hanya karena di tolak Adsense berkali-kali, karena kata Juragan Cipir β€œPublisher hebat itu yang sudah merasakan ditolak adsense berkali-kali, dan tetap menulis apapun yang terjadi”.

Jangan hanya menggantungkan kegiatan menulis di blog hanya dengan pedoman iming-iming penghasilan dari Adsense. Karena ketika Adsense kalian bermasalah, entah itu dibanned atau penghasilannya terlalu sedikit dibanding ekspektasi kalian di awal memulai blog, nanti kalian akan putus asa dan mulai malas mengisi artikel di blog.

Anggaplah Adsense sebagai bonus dari hobi menulis kalian. Dengan begitu, disaat kita di PHP-in maupun dicerai secara sepihak tanpa uang gono gini, kalian tak akan risau dan tetap tabah menjalani kegiatan ngeblog.

Adsense tentu tidak akan menolak blog kalian berkali-kali tanpa sebab. Adsense tidak sedang mengoda kalian atau membenci blog kalian, mungkin ada persyaratan Adsense yang tidak kalian penuhi sehingga blog kalian terus ditolak berkali-kali.

Yang harus kalian lakukan adalah memperbaiki kesalahan sesuai syarat yang diinginkan Adsense. Ambil jarak entah satu bulan atau dua bulan, baru kemudian daftarkan sekali lagi blog kalian.

Nah, jika masih ditolak, mungkin Adsense tidak berjodoh dengan blog kalian. Kalian cukup berbangga hati pernah mencoba berkali-kali meskipun gagal. Setelah itu kita harus merelakan dan move-on ke jodoh yang lainnya.

Banyak kok cara mendapatkan penghasilan dari blog selain Adsense!

Memang sih, Blog yang tidak ada Adsensenya seperti makan nasi tanpa sambal, kurang menggigit. Namun banyak kok blog di luar angkasa negeri yang tidak mengunakan adsense sebagai pondasi penghasilan utamanya.

Misalnya saja jualan produk di blog atau Afillasi marketing seperti Amazon dan ClickBank. Namun karena blog kita pakai bahasa Indonesia, jadi kita pakai cara lain yang lebih memungkinkan dengan keadaan blog kita yang kebanyakan trafficknya dari dalam negeri sendiri.

Adapun cara lain mendapat penghasilan dari blog selain Adsense, antara lain :

1. Daftar Alternatif Publisher Pengganti Adsense

Alternatif penganti Adsense terbaik
Source image by Mytipshub.com

Asal kalian tau, program publisher iklan seperti Adsense itu ada banyak loh! Tidak hanya penyedia publisher dari luar negeri saja, di dalam negeri juga ada banyak kok program seperti Adsense yang mengunakan sistem cost per clik atau cost per mile.

Namun harus diakui bahwa iklan di google memang sangat menawan, sehingga sangat serasi sekali saat dipasang di blog. Sedangkan publisher lain terkadang peletakan dan variasi iklan tidak sesuai dengan blog kita.

Misalkan blog yang membahas tentang islami, namun iklannya tentang β€œkondom” atau β€œpil vitalitas pria”. Ini kan tidak bener banget, semacam ada dakwah sekaligus menjerumuskan, hahaha.

Untuk alternatif publisher adsense sendiri, saya merekomendasikan beberapa situs, yakni :

WordAds

Jika blog kalian bernaung di platform WordPress, tidak salahnya mengunakan fasilitas publisher dari wordpress sendiri. WordAds namanya, namun mendaftar WordAds juga tidak mudah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar menajdi publisher WordAds.

Salah satunya yang saya tau adalah minimal traffick. Blog saya pernah saya daftarkan ke WordAds dan ditolak. Alasannya, saya nekat mendaftarkan blog ini yang masih di kunjungi kurang dari 500 visitor per hari.

Syarat yang diberikan WordAds itu minimum 1000 lebih unik visitor per hari. Apalah daya saya yang memiliki blog dibawah syarat tersebut. Yang penting sudah mencoba, ditolakpun tak masalah. Karena kata Jiraiya Sensei :

β€œLaki-laki akan jadi lebih kuat kalau di tolak. Selain itu, kebahagiaan bukanlah sesuatu yg dicari oleh laki-laki. Kegagalan juga menyenangkan, hidup dengan kepercayaan bahwa cobaan itu berguna untuk menempa diri sendiri..” 

Chitika

Kenapa saya menyarankan Chitika? Sebab persyaratan mendaftarnya sangat mudah, yang penting blog kita memiliki traffick, tidak plagiat, dan bukan blog konten dewasa, InsyaAllah akan diterima.

Cara kerjanya sama seperti Adsense, kita akan di bayar ketika banner atau iklan yang kita pasang di klik pengunjung. Juga untuk 1000 impression iklan yang tayang akan di bayar $1.

Apalagi jika blog kalian pengunjungnya dari United States atau dari kanada, estimasi penghasilan blog kalian akan lebih banyak ketimbang pengunjung dari Indonesia. Meskipun begitu, bukan berarti blog yang hanya memiliki pengunjung Indonesia tidak mendapat penghasilan, namun nilai CPM (Cost per mile) nya kecil.

Untuk paymentnya mengunakan Payoner dengan minimum payout sebesar $50. Iklan Chitika ini bisa di gabung dengan iklan Adsense loh, jadi meskipun kalian sudah jadi publisher Adsense, bisa banget daftar di Chitika ini.

Adpixo

Adpixo merupakan program publisher blog dengan traffick kecil, meskipun blog kalian hanya dikunjungi 10-50 visitor perhari, kalian tetap bisa mengikuti program ini. Namun yang harus kalian pahami bahwa trafik yang kecil sebanding dengan penghasilan yang kecil pula.

Selain mudahnya blog di Approve, kalian bisa memantau perkembangan pendapatan kalian secara real time.

Penampilan iklannya berbeda dengan Adsense atau Chitika, Adpixo mengunakan sistem iklan pop under. Maksudnya Iklan pop under ini tidak seperti iklan pada umumnya yang berupa banner atau iklan text.

Justru iklan pop under ini tidak terlihat di blog publisher, namun ketika pengunjung klik di salah satu badan blog, iklan otomatis membuka tab baru dan ditampilkan secara penuh.

Untuk memasang iklan jenis ini, kalian harus mengatur jumlah iklan yang tayang untuk satu unik pengunjung per harinya. Karena kalau satu pengunjung terus mendapatkan iklan dengan membuka new tab berkali-kali, saya pastikan pengunjung kalian tidak akan betah berlama-lama berada di blog kalian.

Untuk paymentnya sendiri cukup beragam, dengan minimum withdrawal $10 via paypal, payza dan bitcoin.

Sebenarnya masih banyak lagi program Alternatif Adsense ini, seperti Mgid, PropellerAds, Zoteromedia, media venus dan lain sebagainya. Kalian bisa coba sesuai dengan kesukaan kalian dan kecocokan dengan blog kalian.

2. Dapat Penghasilan Dari Pihak Advertiser Secara Langsung

Personal Branding
Source image by Jobs.newscientist.com

Cara lain mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan membangun personal branding di blog yang bisa membuat pihak Advertiser tertarik beriklan di blog kalian. Iklannya bisa bervariasi, ada yang memasang banner dengan perhitungan pendapatan perbulannya atau sesuai kesepakatan. Ada juga iklan berupa backlink placement disertai riview singkat suatu brand atau produk.

Penghasilan seperti ini jauh lebih realitas dan instan dari pada penghasilan menjadi publisher iklan semacam Adsense, apalagi kalau traffick blog kita di bawah 1000 perharinya.

Memang tidak selalu ada tiap minggu bahkan tiap bulan, namun cukup menyenangkan dan cukup membanggakan juga kalau ada yang mau bekerja sama dengan blog kita. Bukan masalah reward yang didapatkan, namun ada rasa kepuasan tersendiri saat blog kita itu ada yang ngelirik.

Agar pihak Advertiser ada yang melirik blog kita, syarat utamanya adalah blog kita harus custom domain atau hosting sendiri.

Blog gratisan seperti wordpress atau blogspot juga tidak menutup kemungkinan ada advertiser yang melirik, namun pihak Advertiser juga akan lebih menyukai blog yang lebih profesional, terlebih dari backlink berkualitas yang dihasilkan dari blog custom domain.

Selain blog custom domain, point penting lainnya adalah niche blogger dan penulisan konten yang ada di blog kita. Semisal blog kita niche blog travel, maka akan banyak pihak Advertiser dari biro travel yang akan menawarkan iklan ke blog kita.

Kalau blog gado-gado?

Tenang, kalau rezeki mah tidak akan kemana. Blog saya juga gado-gado, dan alhamdulillah ada sebagian Advertiser yang β€œentah terpaksa atau tidak” menawarkan jasa riview kepada blog ini. Kalau sudah begitu, rezeki tidak boleh ditolak bukan?

Oh iya, ada point penting lainnya lagi agar blog kita mendapat kerja sama dengan pihak advertiser. Yaitu tentang Domain Authority dan Page Authority.

Hal ini saya pelajari saat berada dalam Komunitas Blogger Perempuan Network. Meskipun saya seorang laki-laki tulen, saya memberanikan diri untuk mendaftar menajdi member di komunitas blogger wanita. Tau alasannya kenapa?

Tentu karena laki-laki tidak bisa lepas dari pesona wanita Eh,… #Becanda Ding wkwkwkw

Dalam Komunitas tersebut, sering ada penawaran backlink placement dari BPNetwork untuk di pasang di blog member yang terdaftar. Namun ada syaratnya untuk dapat menerima penawaran ini, salah satunya adalah batas minimum Domain Authority. Biasanya sih DA20 keatas yang boleh mengikuti penawaran ini.

Untuk melihat Domain Authority blog kita, kita cukup kunjungi checkmoz.com, kemudian masukkan url domain. Kita akan mendapati nilai Domain Authority dan Page Authority blog kita.

Terus bagaimana untuk meningkatkannya?

Untuk cara dan tips meningkatkan Domain Authority akan saya jelaskan di artikel berikutnya kalau seandainya blog saya punya nilai DA yang besar, berhubung blog saya tidak memiliki DA yang besar, jadi saya tidak jadi menjelaska tips nya, hahahaha

Sebenaranya DA dan PA akan dengan sendirinya meningkat sesuai dengan umur domain suatu blog, namun dari sebagian artikel yang pernah saya baca, ada trik khusus untuk meningkatkan DA dan PA secara singkat.

4. Daftar Afillasi Marketing

Afiliasi Marketing
Source image by Afiliasimarketing.wordpress.com

Pernah saya bahas tentang Affiliasi marketing di artikel β€œCara Mendapat Penghasilan Di WordPress Gratisan”. Banyak blog sukses bermain di afilasi marketing ini, namun kebanyakan dari mereka mengunakan afilasi marketing luar negeri, katakanlah Amazon dan Clikbank.

Pada dasarnya Affiliasi marketing ini cara kerjanya CPA (Cost per Action) gampangannya gini, pihak publisher Β menampilkan banner atau membuat riview tentang produk di blog. Kemudian jika pengunjung tertarik klik banner atau riview di blog tersebut , dan pengunjung melakukan action sesuai persyaratan, maka publisher akan mendapat reward dari afilasi tersebut.

Di Indonesia memang program seperti ini tidak terlalu di minati oleh kebanyakan publisher, tentu dikarenakan minat pengunjung atau konsumen di Indonesia yang rendah akan jual beli online dibanding di luar negeri. Mungkin karena alasan tersebut Amazon dan ClickBank tidak emngizinkan blog berbahasa indonesia untuk ikut program afilasinya.

Namun di Indonesia ada kok Afilasi Marketing yang mengunakan sistem CPA, seperti Blibli, Zalora, dan lazada. Ada satu lagi Affiliasi marketing Indonesia yang sangat saya rekomendasikan, yaitu Accestrade.

Dengan didukung lebih dari 30 advertiser aktif, kalian bisa memilih advertiser mana yang pas kalian ikuti untuk program CPA (Cost per action) dan CPS (Cost per sale). Rewardnya tentu bermacam-macam, ada yang cash money dan ada juga yang memberikan individual purchase produk dari 1% hingga 10% dari ahrga produk.

Menarik bukan?

5. Daftar Di Marketplace Influencer

Influencer Marketing
Source image by Shanebarker.com

Sebenarnya poin ini sama dengan point ke-2, namun bedanya kita harus mendaftar kesalah satu situs yang menghubungkan antara Advertiser dengan influencernya.

Pernah saya bahas juga tentang hal ini, namun saya jelaskan lagi biar artikel saya jadi lebih panjang, hahaha

Iblogmaket merupakan salah satu situs yang menghubungkan antara Advertiser dengan influencer yang saya rekomendasikan.

Cara kerjanya cukup simple, kita daftar terlebih dahulu, kemudian kita lengkapi data diri dan data asset. Data Asset ini sangat penting, karena pihak Advertiser akan tertarik mengunakan jasa kita ketika melihat apa yang kita tawarkan dari page ini.

Kita bisa mengisikan blog utama kita disini, dan jangan lupa juga emngisikan data media sosial kita. Sebab terkadang ada pihak Advertiser yang menginginkan campaign melalui media sosial juga.

Terdapat 2 pilihan, yang pertama dengan mendaftar job melalui thread marketplace yang sudah ada dan yang kedua pihak Advertiser sendiri yang meminta jasa kita.

Memang untuk ukuran backlink placement disini diluar harga standart, namun tetap perlu di coba untuk bisa mendapatkan hasil dari kegiatan blogging ini. Standart disini untuk ukuran blog saya, saya biasanya mematok harga 200-400 ribu untuk riview job dan backlink palcement. Namun di Iblogmarket, rata-rata harga sekitar 75rb-135rb per job.

Baca juga : Mencoba Tantangan Baru Menjadi Freelancer Konten Writer

***

Jadi, jika kalian di PHP-in Adsense berkali-kali, jangan putus asa apalagi meninggalkan hobi menulis di blog kalian. Sebab hobi menulis di blog itu merupakan hobi anak zaman now loh! Masak mau kita dikatakan anak zaman old, wkwkwkwk

Apapaun itu, penghasilan blog tetaplah sampingan kalau menurut saya. Yang terpenting adalah kewajiban kita dengan usaha di dunia nyata entah melalui wirausaha atau bekerja sebagai buruh jangan sampai dihentikan. Sebab meskipun uang bukan segalanya, tapi segalanya tetep butuh uang.

Nikah saja tidak hanya butuh cinta doang, butuh uang untuk meng-sah-kan di mata dunia maupun di mata agama. Benar kan?

Dan terakhir, jangan lupa bahagia

[AI]

Share This :

14 Replies to “Ditolak Adsense Berkali-kali? Jangan Galau, Masih Banyak Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Selain Adsense”

  1. betul om..

    ada banyak jalan menuju penghasilan online. ga usah terlalu mikirin adsense. iblogmarket pun sudah bisa memberikan penghasilan yang cukup untuk maintain blog.

    kalau udah pengalaman tinggal lanjutin jualan produk afiliasi.

    udah enak main afiliasi lanjutin bikin produk sendiri (ebook, webinar, aplikasi mobile dan lain-lain)

    btw adpixo iklan yang bayar per seribu tayangan atau per klik juga om?

    1. Iklannya pop under kang.
      Iklannya di sembunyikan, dan otomatis di klik dan buka new tab.
      Bayarnya per impression
      1000 impression $1

  2. Saya nggak pernah ditolak adsense sih walaupun pernah ditolak tukang tambal ban πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Duhh adsense, sudah berapa tahun yak kita 😌😌😌

    Iya bener banget banyak selain adsense. Lengkap nih… hihi, sampai ada tarif juga. Hihi

    1. Itu estimasi tarif aja. Hahahaha

  3. Setuju ma agan. Kalau adsense ga lolos cari yang lain. Buat yang udah make custom tld coba aja daftar di iblogmarket. Lumayanlah dibanding ga ada pemasukan sama sekali. Set seratus ribu per task bisa dikumpulin buat bayar perpanjangan domain tahun berikutnya

    1. Iya lumayan kang…

  4. Pas baca ini selalu bergumam “bisa gitu ya” “oh gituu” dan lain-lain. wkwk tapi belum pernah daftar adsense atau mana mana sih 😐 trafik aja masih cetek wkwk

    1. Yang penting tetap semangat nuis…
      Salam kenal

  5. Minimal 1000 view per hari ? Apalah daya aku yang hanya 20 view per hari πŸ˜‚

    Untuk mendapatkan penghasilan dari adsense kayaknya memang butuh waktu yang lumayan lama ya mas.. 😁

    1. Iya mas, bener…
      Tapi kalau adsense tidak ada syarat trafick berapa kalau tidak salah.
      Asalkan sesuai syarat aja.
      Blog saya ini udah di blacklist mungkin ama adsense. Hahaha

  6. Udah pernah daftar di WordAds memang beraaat hehe. Ya sudah yang penting udah coba.
    Yang enak memang sponsored post dari agency atau brand. Cepet cairnya kalau tulisan jadi, ga perlu nunggu terkumpul kayak AdSense hehe. iblogmarket juga membantu banget tuh.

    1. Bener mas.
      Dari satu sponsor ship udah nutup biaya hosting setahun πŸ™‚

    2. Betul banget.

  7. Masih belum tau caranya nih. Kudu banyak googling..
    Makasih buat pencerahannya mas.

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.