Hobi Nulis Artikel? Pengen Dapat Penghasilan Dari Tulisan? Bisa Banget Dengan Mendaftar Ke-3 Webiste Ini

Kebanyakan seorang blogger itu menulis karena hobi, selain itu menulis di blog juga tempat pelarian dari rutinitas sehari-hari juga tempat bersosialisasi yang menarik dan kekinian. Memang jadi blogger itu tidaklah mudah, terutama bagi yang hanya ikut-ikutan kekinian saja ataupun tergiur dari penghasilan blogger  yang sudah lama.

Banyak yang mengatakan bahwa blog itu tempatnya senang-senang, tak perlulah menjadi beban untuk mengisinya. Namun dari yang saya tela’ah lebih dalam, banyak blogger yang berpikiran seperti itu dan akhirnya tidak konsisten menulis, kemudian gugur di tengah jalan.

Ada juga blogger yang ngebut menulis 5-10 artikel tiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Memang secara statistik akan maksimal, namun apakah akan tetap bisa konsisten dalam beberapa tahun ke depan?

Apalagi jika menulis di blog hanya karena ingin sebuah penghasilan yang besar? Tidak semudah itu kawan!  Kalau ingin mendapat penghasilan yang besar, jangan nulis, tapi berusaha dengan menjual produk atau bekerja pada instansi yang mau membayar mahal, tentu sesuai kemampuan juga.

Blog yang berpenghasilan besar itu tak segampang “mengoreng ayam” saat membangunnya. Mereka juga mulai dari awal, dan tentu usahanya juga tak se-instan mie sedap rasa bawang. Semua itu butuh proses belajar, butuh biaya dan butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit jumlahnya.

Jika kita tidak memiliki modal yang besar, tidak mempunyai kemampuan yang baik dalam dunia blogger, janganlah berharap terlalu besar. Cukuplah kita menulis sebagai penyalur hobi yang terpendam dan syukur-syukur meraup sedikit penghasilan dari hobi yang kita lakukan.

Namun ada cara lain kok mendapat penghasilan dari hobi kita menulis?

Pernah saya buat artikel tentang menjadi penulis di penyedia freelancer Indonesia. Memang dari penyedia itu kita bisa mendapatkan hasil dari tulisan-tulisan yang kita buat. Namun harga yang ditawarkan oleh penyedia di sana begitu murah dan tidak manusiawi.

Anggap saja ada penawaran sebesar fee Rp.200.000 untuk 20 artikel sepanjang 400-500 kata. itu sama artinya per tulisan dihargai Rp.10.000, alias Rp.20-25 per kata. murah banget kan. Bandingkan dengan penyedia freelancer di luar sana yang bisa membayar  $50 sampai $100 untuk satu tulisan dari 1000 kata hingga 1500 kata.

Kalau saya sendiri tidak akan menerima penawaran seperti itu, selain mintanya macem-macem dari artikel harus unik, harus lolos copyscape dan dengan deadline sehari harus 1-2 artikel. Merupakan penghinaan bagi saya kalau hanya dihargai seperti itu.

Namun tidak semua website penyedia artikel di Indonesia tidak menghargai penulisnya. Jika kalian hobi nulis dan ingin menjadikan artikel yang kalian tulis mendapat penghasilan yang pantas.

Berikut 3 website yang membayar penulisnya dengan harga yang manusiawi.

1. Mojok.co

Homepage Mojok.co
Homepage Mojok.co

Mojok.co adalah salah satu media yang mewadahi tulisan para penulis yang mempunyai energi dan kreativitas berlebih dalam penulisan. Sebagai media alternatif, kalian bisa mengirimkan konten yang segar dan menghibur dan  dilarang keras mengirim konten yang mangandung satir dan sindiran secara halus pada pihak tertentu.

Mojok menerima banyak tulisan, mulai esai, curhatan, bahkan cerita-cerita mop. Mereka sangat menghargai karya-karya penulis dengan membayar untuk setiap karya yang berhasil diterbitkan. Bayarannya mulai Rp350.000 hingga lebih untuk satu tulisan.

Dan enaknya, setelah karya kalian diterbitkan di Mojok.co kalian tetap bisa mempublishnya di blog kok! Namun dengan syarat mencantumkan bahwa tulisan ini pernah di publish di Mojok.

Untuk mengetahui persyaratan tulisan yang diterbitkan, bisa dipelajari di mojok.co/konstribusi 

2. Basabasi.co

Homepage basabasi.co

Basabasi.co merupakan media yang menampung beragam tulisan yang cukup beragam. Basabasi yang dikelola oleh pihak DIVA PRESS dan #KampusFiksi ini mengusung impian yang muluk, dikenal luas, diperbincangkan, disegani dan dicatat dalam kitab-kitab literasi Indonesia.

Tema tulisan yang diterima sangat beragam seperti cerpen, puisi, esai, resensi buku dan hibernasi atau artikel ringan. Setiap tulisan dihargai  Rp200.000- Rp300.000 tergantung jenis tulisan yang dikirim.

Naskah atau tulisan yang dikirim tidak dibatasi, namun tetap ada kurasi khusus dan akan diterbitkan jika lolos kurasi. Yang menariknya lagi, setiap penulis yang pertama kali tulisannya terbit akan diberi kaos dari Basabasi.

Untuk syarat penulisan bisa baca di basabasi.co/konstribusi

3. DoriPos.com

Promo Doripos.com

Doripos.com adalah platform news & wiki berbasis citizen journalism yang memungkinkan Dorisian (member doripos) mendapatkan royalti tanpa batas dari tulisan yang di publikasi.

Berbeda seperti mojok dan basabasi, penulis di Doripos bisa mempublish artikel secara langsung seperti penulisan di WordPress. Namun pihak kurator Doripos yang mempublish artikel yang dibuat penulis sesuai syarat yang deberlakukan.

Rewardnya bukan per artikel yang berhasil dipublish, namun rewardnya perkunjungan artikel yang sudah kita publish. Jika artikel sudah dikunjungi oleh 90 visitor, maka akun dapat 1 poin. 1 poin di hargai Rp.110 dan kalau sudah terkumpul 2000 poin senilai dengan 180000 kunjungan, maka penghasilan yang didapatkan sebsar Rp.220.000.

Terdapat promonya juga sampai dengan 31 desember 2018, yaitu 50 juta dari dori pos dan poin per post.

Poin per pos ini merupakan promo yang diberikan pada dorisan bagi yang sudah mempublish artikelnya di doripos sampai batas promo. Poin yang diperoleh 1-20 poin per artikel, dan pemberian poin tergantung pada penilaian tim editor.

Sedangkan promo 50 juta dari doripos, merupakan promo untuk 5 orang pertama yang mencapai poin 50.000 poin dari visitor dari bulan Mei hingga 31 Desember 2018. Hadiahnya Rp.10.000.000 untuk 5 orang pertama tersebut.

***

Nah bagaimana? Tertarik mengirimkan tulisan kalian ke 3 website tersebut. Atau mau mengirimkan tulisan ke blog saya, bisa banget! Hadiahnya ucapan terima kasih dari saya HAHAHA 😀

[AI]

Share This :

27 Replies to “Hobi Nulis Artikel? Pengen Dapat Penghasilan Dari Tulisan? Bisa Banget Dengan Mendaftar Ke-3 Webiste Ini”

  1. Ngirim tulisan ke Mas Nur hadiahnya kurang menarik. 😛

    1. Aku tambah tanda tangan digitalku deh… 🙂

    2. Hahaha. berupa barcode gitu. terus aku buat apa dong…

    3. itu semacam kode promo diskon di semua e-commerce di Indonesia, hahahaha

    4. terus kalau dipake potongan diskon 0%. hahaha

  2. Aku mau coba ikutan ah, wkwkwk. Dulu aku pernah ikut Phinemo, mas ir. Sekali di publish rasanya seneng banget, dapetnya sih dulu nggak seberapa karena masih awal muncul 😀

    1. Wah aku nggak pernah dengar phinemo, itu luar yah

    2. Enggak, punya Indonesia. Awalnya kayak ngebahas travelling sama naik2 ke puncak gunung gitu mas, makanya aku ngikutin 😀😀😀

    3. Kayak pernah dengar, tapi bukan itu nama webnya, aku lupa. Yah tentang travel gitu

  3. Sempet iseng ikut nulis di creator brilio.net sih mas. Diterbitin, cuman gak kepilih buat tampil di halaman awal. Hheee, tapi ya lumayan sih, artikelnya saya coba cari di google sih keindeks.

    Wah, tapi 3 di atas kayaknya menarik tuh. Kapan-kapan nyoba deh.

  4. Kok jadi pengen yah.. 😁

    1. Hehehe…
      Coba bang, iseng2 berhadiah…
      Kalau punya tenaga lebih

    2. Tulisan awak masih berantakan.. ga mungkin lolos seleksi kayaknya.. 😂

    3. Kan belum di coba bang..
      Semangat 🙂

    4. Sipp mas.. nanti dicoba.. 😁

    5. Tulisan awak masih berantakan.. ga yakin bisa lolos seleksi mas.. 😂😂

  5. wah bisa dicoba nih 😅

  6. Nah… nomor 1 dan 2 nih.
    Tapi akutu lagi sibuk *alesannnn ajaaaa…😥😥😥

    1. Hahaha..
      Kalau kita kan udah punya sampingan sendiri..
      Aku juga lebih suka nulis di blog sendiri dan dibayar pula, wkwkwk

    2. Ah tapi akutu juga suka ditulisin sama orang lain.
      Tapi nggak ada. Hahaha 😂😂😂

      Ini malah curcol.

  7. Yang pakai sistem poin lumayan juga tuh ya kak hahaha
    Tapi nggak tau kenapa nulis di wordpress sendiri lebih nyaman ;(

    1. Entahlah, aku juga belum nyoba..
      Setidaknya lebih baik itu dari pada nulis di hipwee namun tak dapet apa2 meskipun udah di kunjungin 5000 visitor

    2. Tp hipwee hitz kak :”

    3. Iya, yang hit hipweenya, dan tetep saja kita gak dapet tenarnya juga 🙁

  8. Wahh makasih banyakk infonyaa ini, aku dari kemaren-kemaren sempet bingung nyari tempat yang seperti ituu eh akhirnyaa dibahas disinii XD nanti aku coba kirim kesanaa

    1. Sama-sama mas…
      Yang mojok.co itu keren mas, tapi memang tulisannya bener2 bagus yang diterima terima itu

  9. Lumayan menghibur mas….
    Hanya saja, kalau nulis di blog sebelah, website kami bisa ketinggalan angkot. ckckckkkkk….
    Salam….

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.