Tidak Bisa Tidur? Berikut Tips Agar Cepat Tidur! Tips Terakhir Recomended

Pernah tidak kita merasa sangat sulit untuk memejamkan mata disaat hendak tidur saat malam hari. Entah itu karena tidak mengantuk atau sesuatu hal lain seperti banyak pikiran atau sedang merindukan seseorang?

Kalau saya sendiri paling sering mengalami susah memejamkan mata saat hendak tidur, disaat saya terlanjur mengerjakan sesuatu hingga larut malam. Padahal saya mengantuk namun sulit sekali untuk bisa tidur dan memejamkan mata. Seakan-akan rasa mengantuk itu hilang disebabkan oleh kelewat jam tidur normal.

Misalnya saat sedang asik menulis blog di malam hari, hingga asiknya sampai tidak terasa kalau sudah sangat larut sekitar jam 12 malam lebih. Padahal saat menulis tersebut saya berkali-kali menguap dan mengantuk, namun karena rasa ingin menyelesaikan tugas tersebut akhirnya saya tahan-tahan rasa mengantuk itu hingga selesai.

Namun disaat selesai, justru rasa mengantuk itu menghilang. Saya mencoba untuk memejamkan mata, namun saya sulit untuk tertidur. Biasanya saya membutuhkan 1-2 jam untuk bisa tertidur, berarti saya tertidur sekitar jam setengah 2 pagi maupun jam 2 lebih.

Tentu saya akan mengantuk di pagi hari setelah bangun karena hanya merasakan tidur cuma beberapa jam saja. Pernah mengalami hal serupa?

Jika pernah, berarti kita sama-sama lahir di bulan April, hehehe #ApaHubungannya

Namun, karena seringnya saya mengalami hal ini, saya bisa mengatasi bila terjadi kejadian seperti di atas terulang kembali. Saya menganggap bahwa kesulitan untuk tidur bisa terjadi oleh beberapa faktor.

Seperti yang pernah saya tulis di “cara instan mengatasi insomnia” bahwa gangguan sulit tidur lebih banyak disebabkan oleh gangguan emosional seperti ketakutan, kecemasan, depresi dan kegelisahan.

Namun jika kita tidak memiliki gangguan insomnia, bisa jadi karena kita sudah melampaui kebiasaan jam tidur kita sehari-hari, atau karena kita terlalu cemas menanti hari esok jadi kita terlalu memikirkan apa yang terjadi besok.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya biasanya mengunakan cara-cara berikut :

1. Tetap Dalam Posisi Tertidur Dan Berusaha Memejamkan Mata Sebisa Mungkin

Agar kita bisa cepat tidur, yang paling penting adalah membiarkan tubuh kita berada pada posisi tidur di ranjang. Sebisa mungkin kita memejamkan mata hingga tertidur. Namun jika masih belum bisa tidur mungkin dengan cara mengatur dan memfokuskan pernafasan bisa membantu kalian agar cepat tidur.

Seperti artikel yang dirilis oleh harian online kompas.com, yang menyatakan bahwa mengatur pernafasan dapat membantu kita menuju tingkat spiritual. Pernafasan dapat membantu kita menjalin hubungan lebih dalam dengan tubuh serta mengalihkan perhatian kita dari pikiran sehari-hari, sehingga membuat pikiran beristirahat dan akhirnya membuat tubuh mengantuk dan cepat tertidur.

2. Membaca Cerita Sambil Tiduran Bisa Bikin Cepat Tidur

Tidur sambil membaca buku itu tidak baik untuk mata
Sumber gambar dari Scoopfed.com

Dulu sewaktu masih remaja, saya sering susah tidur saat malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya saya membaca komik yang saya punya meskipun sudah berulangkali saya membacanya.

Membaca sambil tiduran di ranjang terbukti bisa bikin mata lelah, hingga akhirnya saya tertidur. Namun yang harus diperhatikan disini adalah efek buruk dari kebiasaan ini. Seperti pengaruh pada mata yang tidak baik, karena bisa menurunkan kualitas penglihatan kita.

Namun ada juga sebagian orang disaat membaca novel atau buku, justru alur cerita dari novel atau buku tersebut membuat jadi susah tidur. Rasa penasaran dari kelanjutan cerita novel justru membuat rasa mengantuk itu jadi hilang.

Jadi saran saja, mending baca-baca cerita pendek saja atau komik online (Webtoon) yang tidak menjadikan kita semakin memikirkan alur dari ceritanya.

3. Main Game Hingga Tertidur

Ini favorit banget! Disaat saya kesulitan untuk memulai tidur, yang saya lakukan adalah main game. Tujuannya sih agar mata jadi lelah dan rasa mengantukpun datang menghinggapi.

Namun sama halnya membaca buku atau novel sambil tiduran, bermain game di handphone sambil tiduran juga sama tidak baiknya. Sama-sama dapat menurunkan kualitas penglihatan kita, jadi jangan sering-sering yah!

4. Mendengarkan Musik

Ini adalah solusi yang baik untuk mengatasi kesulitan dalam memulai tidur. Banyak orang yang merasa bahwa alunan musik dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur.

Dikutip dari Merdeka.com,Β Beberapa studi menemukan bahwa musik dengan irama sekitar 60 denyut permenit dapat membantu orang tertidur pulas. Hal ini dikarenakan oleh, detak jantung seseorang akan mulai melambat, dan bergerak sekitar 60 denyut permenit mengikuti alunan musik. Sehingga, musik dengan irama pelan dapat menyesuaikan dengan denyut jantung tersebut dan membuat pendengarnya merasakan relaksasi untuk tidur lebih dalam.

Namun setiap orang tentu memiliki karakter musik yang dia sukai. Seperti teman saya justru lebih cepat tertidur setelah mendengarkan lagu rock barat seperti Linkin Park, Paramore, Metallica dan band rock barat lainnya.

Kalau saya sendiri lebih menyukai alunan musik pop yang pelan, namun untuk pengiring tidur saya lebih menyukai lagu bahasa Inggris. Soalnya kalau lagu bahasa Indonesia justru saya tidak bisa tidur karena saya ikutan konser di kamar juga.

5. Percayalah Cinta Bisa Membuat Orang Tidur Dalam Sekejab

Bercinta membuat hubungan pasangan jadi semakin erat
Sumber gambar dari Pixabay.com

Tips terakhir ini sangat manjur dan rekomendasi sekali, kalau tidak percaya bisa dibuktikan sendiri hehehe 🀣🀣

Sering sekali jika saya susah tidur hingga larut malam, saya sering mengganggu istri yang sedang tertidur. Dari memeluknya erat hingga dia terbangun. Saya menceritakan bahwa saya tidak bisa tidur, mungkin salah satu penyebabnya saya sedang KANGEN.

Bagaimana suami istri bisa kangen? Kan tiap hari ketemu?

Pada dasarnya kita memang selalu bertemu tiap hari, namun disaat tidur kita terpisah. Saya dengan anak pertama dan istri dengan anak kedua di kamar yang berbeda. Jadi bisa kebayang bagaimana kangennya dan kesepiannya saya disaat menjelang malam, hahaha 🀣🀣

Jadi jika saya tidak bisa tidur hingga larut malam menjelang pagi, saya menganggapnya saya sedang kangen dan rindu belaiannya. Disaat sudah mendapatkan cinta dari istri (jangan tanya mendapatkan cinta dari istri itu seperti apa, karena bisa panjang kalau diceritakan wkwkwk), saya jadi capek dan terlelap begitu cepat.

Begitulah, bercinta atau menjalin hubungan intim suami istri itu tidak hanya sebagai pemuas hasrat manusia. Namun ada segi spiritual yang dapat membuat rasa nyaman antar kedua pasangan.

Juga bercinta merupakan cara terbaik untuk mengalihkan seberapa depresinya kita maupun seberapa besar masalah yang kita hadapi hingga membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Karena cinta adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita.


Jika kalian mengalami hal serupa, boleh banget untuk mencoba tips yang saya tulis di atas, namun catatan kecil bagi yang masih single, poin terakhir jangan diterapkan yah 🀣, cari lawan yang sah dulu, baru diterapin biar dapat pahala dan pulas saat tidur.

Kalau kalian ada tips lainnya, bisa banget di share di kolom komentar, biar yang pada susah tidur punya banyak referensi lain agar cepat terlelap.

[AI]

Tidak Bisa Tidur? Berikut Tips Agar Cepat Tidur! Tips Terakhir Recomended was last modified: Mei 25th, 2018 by Nur Irawan
Share This :

11 Replies to “Tidak Bisa Tidur? Berikut Tips Agar Cepat Tidur! Tips Terakhir Recomended”

  1. Mendengarkan radio, atau dongeng. eh itu masuk mendengarkan musik kayaknya ya..

    1. Kalau di dongengkan istri biasanya memang manjur… Sampai istri marah soalnya gak di perhatiin malah ditinggal tidur. Hahahaha

    2. Kalau aku mah didongeing radio, meski ditinggal tidur ga marah radionya. wkwkwk

    3. Hidupmu bahagia banget mbk ikha πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    4. Harus dong πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  2. Memang pernah juga dengar kisah tentang itu.
    Berhubungan intim sebelum tidur juga bisa menjadi pengantar bobo…
    Salam santun….

  3. Kalau yang terakhir ya jelaslah… Hehahehe…. O a oe poko ke hehe..

  4. Lihat2 barang di toko online juga bikin ngantuk. Malin banyak melihat makin ngantuk apalagi kalo nggak mampu belinya. Mata makin capek. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  5. Aku kok kesel ama tips yang terakhir ya.. hhaaha

    1. Hahahaha πŸ˜€

  6. Yg ampuh buat ku hanya yg nomer satu,,
    yg lain malah membuat semakin terjaga. Solusinya, harus segera tidur disaat ngantuk menyerang πŸ˜€

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.