Dua Tahun Mengudara Di WordPress

Happy Anniversary Wordpress

Tak terasa saya sudah menulis di blog wordpress ini selama dua tahun, sebenarnya saya ini sudah berhianat pada wordpress semenjak pindah ke self hosted, namun notifikasi Anniversary dari WordPress masih saya terima sebab saya masih pindah tidak jauh dari apartemen WordPress 🀭🀭

Padahal saya berencana untuk mulai rutin menulis lagi (semoga) setelah lebaran usai, namun saya terpancing menulis kembali karena saya ingin bernostalgia dan berpadu kasih dalam acara Anniversary blog ini yang ke-dua.

Secara keseluruhan, blog penadiri ini mengalami penurunan drastis. Sebelum saya pindah hosting, blog ini sudah mencapai 800-1200 unik pengunjung, namun sekarang turun hingga 300-500 unik pengunjung tiap hari.

Sedikit kecewa sih, namun saya menyadari semua itu tidak lepas dari saya pribadi yang jarang update artikel blog seperti dulu. Dulu saya bangga dengan konsistensi menulis 4-5 artikel perminggu, namun sekarang ada satu artikel yang terpublish tiap minggu, itu sudah alhamdulillah banget.

Layaknya roda kehidupan, mungkin beberapa bulan ini adalah masa tersulit saya dalam mengisi konten di blog ini. Entah hilang kemana rasa semangat ngeblog saya sewaktu dulu, semoga seusai lebaran saya akan berusaha untuk memperbaiki semangat menulis blog itu lagi.

Selama dua tahun menulis di blog wordpress ini, banyak pencapaian yang saya dapatkan dari kegiatan ngeblog ini. Salah satunya adalah mendapatkan cintamu kembali, Eaaahhh…😍😍😍

Berikut saya ulas di bawah ini pencapaian blog ini selama dua tahun mengudara bersama WordPress.

Statistik Blog

Sedikit kecewa karena statistik blog ini jauh menurun setelah pindah platform ke self hosted. Namun bukan karena hal tersebut saya jarang menulis lagi di blog ini. Sungguh saya sebenarnya sangat termotivasi untuk meningkatkan kembali statistik di blog ini.

Setelah saya pindah platform, saya berkali-kali melakukan uji coba untuk mendapatkan performa terbaik untuk blog saya. Dari segi penampilan, kecepatan, struktur data maupun monetize yang cocok, saya berulang kali ganti pasang untuk mendapatkan formula yang terbaik.

Namun semua percobaan yang saya lakukan tidak begitu berhasil, statistik pengunjung masih tetap sama, dan performa blog juga sedikit tambah berat. Setidaknya saya sudah mencobanya, dan itu pengalaman yang berharga bagi saya.

Saya masih tetap bersyukur setidaknya saya tidak memulai dari nol lagi, namun masih sedikit banyak Β pengunjung yang mau singgah di blog ini, baik melalui hasil penelusuran maupun dari timeline reader wordpress. Dan Alhamdulillah lagi, follower blog ini empat hari kemarin sudah mencapai 1000 folower… YeaaahΒ πŸ’ͺπŸ’ͺ

Mendapat Penawaran Kerja Sama

Hal yang perlu disyukuri lagi adalah perihal mendapatkan kerja sama dari pihak advertiser yang tertarik dengan konten di blog yang apalah-apalah ini. Blog gado-gado yang tidak jelas niche-nya apa? namun semoga authornya sedikit memperjelas visi dan misi blog ini untuk apa, hahaha.

Memang tidak banyak, namun dengan mengetahui bahwa blog tidak jelas ini bisa menghasilkan itu cukup membanggakan bagi saya. Tidak penting seberapa besar nilainya, dengan dihargainya tulisan yang saya buat dengan sejumlah materi ataupu voucer belanja (yang layak), itu sudah cukup!Β πŸ€©πŸ€‘

Mendapat Persetujuan Publisher Adsense

Sempat berkali-kali saya melakukan bongkar pasang monetize (iklan) di blog ini. Pernah saya bahas tentang beberapa monetize blog selain Adsense. Saya sudah mencobanya dan saya rasa hanya Adsense saja yang terbaik jika blog kita berbahasa indonesia dengan traffick indonesia saja.

Kebanyakan alternatif Adsense yang berupa banner lebih mengutamakan blog yang dikunjungi oleh visitor luar negeri, terutama USA dan Kanada. Selain itu, kunjungan dari visitor Indonesia maupun daerah-daerah lain tidak di anggap.

Akhirnya saya mencoba alternatif lain yang mengunakan native subcribtion dan pop under ads. Memang cukup signifikan hasilnya, namun secara performa blog, saya menyimpulkan ads macam ini sangat menganggu pembacanya.

Sempat saya membiarkan ads macam ini bersemayam di blog saya, namun setelah mendapat surat cinta dari Adsense, Β akhirnya saya melepaskan semua jenis iklan pop under dan native subcription dan beralih mengunakan iklan Adsense yang terbukti membuat blog terlihat lebih ketjeh, hehehe.

Jadi saran saya bagi yang belum mendapat surat cinta Adsense, semangat yah, Ajukan terus surat permohonannya sembari berbenah meningkatkan kualitas blog agar cepat diterima Adsense.

Memenangkan Lomba Blog

pemenang lomba nusaresearch

Saya sering sekali mengikuti event-event lomba blog semacam ini, saya buat artikel yang terbaik versi saya, dan saya yakin artikel yang saya buat akan menjadi salah satu pemenang di akhir penjurian nanti.

Namun… ternyata pengharapan sering sekali tidak bersandingan dengan kenyataan. Alih-alih memenangkan lomba, masuk deretan 10 besar pun tak pernah saya rasakan sebelumnya.

Justru ketika saya menulisnya asal-asalan tanpa harus mencari referensi dan data-data pendukung untuk mempercantik artikel yang saya buat. Juga saya tak begitu mengharapkan memenangkan lomba tersebut, justru saya keluar jadi pemenang lomba.

Ini adalah pertama kalinya saya memenangkan lomba blog selang dua tahun menulis di blog ini. Ada rasa bahagia akan nikmat Tuhan yang luar biasa ini sekaligus penasaran bagaimana saya bisa memenangkan lomba ini.

Setelah saya baca ulang artikel yang menang lomba, ternyata tulisan yang saya buat asal-asalan itu justru terlihat mengalir apa adanya. Tidak ada tambahan dari data pendukung maupun gambar infografik yang menarikΒ  yang biasa saya buat agar terlihat pantas jadi pemenang lomba.

Justru cerita receh dari pengalaman masa lalu lah yang mengantarkan ide cerita yang saya buat memenangkan lomba blog yang saya ikuti.

Memang benar kata kebanyakan bloger β€œMenulislah dengan hati, maka pembacamu akan mengunakan hati saat membacanya”

Mendapatkan Dan Meluluhkan Hati Istri

Kebanyakan artikel yang saya buat memang kebanyakan dari pengalaman pribadi. Dari galaunya masa remaja, peliknya mencari jodoh idaman hati, permasalahan rumah tangga maupun kehidupan sehari-hari sebagai suami dan ayah dari anak-anak.

Jadi meluluhkan hati istri ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan dua tahun ngeblog di WordPress, sebab istri juga jarang sekali mau singgah untuk sekedar membaca hasil karya suaminya di dunia tulis menulis ini. Entah itu memang benar, atau dia sekedar malu-malu mengakui bahwa dia juga sering baca artikel di blog ini.

Namun setelah saya memenangkan lomba dan hadiahnya saya persembahkan untuk istri, istri saya mulai menyukai hobi saya sebagai seorang bloger. Ini pertama kalinya istri menyuruh saya untuk menulis lagi dikala saya sibuk-sibuknya dengan pekerjaan baru sebagai seorang driver ojek online.

Permasalahan sekarang adalah mengatur waktu sebaik-baiknya sebagai suami dan ayah dari anak-anak, seorang blogger, seorang karyawan dan seorang driver ojek online. Memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dicoba.

Yah semoga saya tetap konsisten menulis, tetap tanggung jawab sebagai karyawan, dan tetap menjadi imam yang baik yang tidak kehilangan perhatian terhadap keluarga kecil saya.

Akhir kata, Yuk menulis

[AI]

Share This :

28 Replies to “Dua Tahun Mengudara Di WordPress”

  1. Wow.. saya membayangkan Mas Nur super sibuk. Suami, ayah, bloger, karyawan, driver. *Prok-prok tepuk tangan.

    Selamat 2 tahun buat blognya Mas Nur. Semoga langgeng.

    1. iya, sibuk banget..
      bantu bikinin artikel dong, wkwkwkw πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    2. Aku bantu, separagraf aja gimana
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    3. 😩😩😩

    4. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  2. Congratss Mas nur sudah 2 tahun nge blog.. sepertinya kita dulu mulai ditahun yang sama ya karena saya juga bulan lalu juga menginjak 2 tahun juga di wordpress πŸ˜€
    Semoga kedepan nya bisa lebih baik lagi yaa

  3. Wah selamat mas untuk 2 tahun bersama WordPress. Semoga semakin jaya. Hehe

  4. Selamat Mas Nur. Baraqallah untuk semua ilmu yang sudah dishare di blog ini.

    Btw, kalau ke Pandaan aku ngopi tempatmu yo Mas. Haha

    1. Woh siap mas.. kabari saja..
      Nomerku minta ikha aja πŸ˜€

    2. Siap Mas.

  5. Alhamdulillah sampai juga di tahun kedua. Selamat bersibuk! Moga sempat sampai ke tahun ke-3

    1. Aamiin…
      Nih berjuang untuk tetap konsisten 😁

  6. Luar biasaaaaa….
    Selamat yaaa…

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Salam buat istrinya

  7. Happy anniversary mas.. 😁

    Keren mas baru 2 tahun ngeblog followernya udah seribu.. 😁

    1. Tapi yang aktif juga seberapa bang kayaknya..
      Kebanyakan sih sekdar ngeblog trus di tinggalin, atau author luar negeri

    2. Ya ga masalah mas.. itu udah bagus kali.. nah aku udah 1,5 tahun ngeblog.. 100 follower aja blum dapat.. πŸ˜‚πŸ˜‚

  8. Wah selamat ya mas, dua tahun ngeblog hampir semua pencapaian telah diraih. Mantap mas.

    1. 😁
      Entahlah, pencapaian tetap berkarya slama mungkin itu yang ingin aku capai

    2. Itu target yang butuh proses panjang ya mas. Semangat lah pokoknya

  9. Bapak-bapak kece 😁

    Hppy anniversary~

  10. Kenapa aku gapernah dapet notif anniversary dr wordpress πŸ™

    1. Mungkin masih belum genap 1 tahun kali

    2. Udah mau dua tahun kalau lihat post pertamaku kak :”

    3. mungkin saat ada notif anniversary, kamu sendiri ngilang tak pernah buka wordpress lagi selama 2 minggu hingga notif tersebut tertutup oleh notif lainnya hingga hilang 🀣🀣.

  11. Wow, dua tahun yang amazing banget yah. Selamat ulang tahun, πŸ™‚

  12. uwww uww selamat bang Nur, semoga tetep membimbing kami para fakir cinta melepaskan lajang lewat tulisan 😁

    1. Aish πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  13. Mantab 1000 followers. Punya saya mah 41 pengikut doank hahahhaaa

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.