7 Tips Atasi Wajah Berminyak Bagi Kaum Pria

Tuh kan, Ayah kalau habis mandi terlihat lebih seger dan cakep, jadi makin rindu deh! Sini dinda mau meluk” Rayu istri disaat saya baru selesai mandi dan masih berbalut handuk saja.

Kadang rayuan seperti itu bikin baper sekaligus timbul pertanyaan besar “apakah istri saya ini hanya kangen saya disaat saya sudah mandi dan wangi saja yah” hahaha, semoga tidak begitu.

Wanita memang identik dengan keindahan, mereka lebih menyukai sesuatu yang menyegarkan dan wangi, terlebih perihal laki-laki. Ganteng saja tidak cukup kalau mukanya kusam, berminyak dan berjerawat, apalagi jarang mandi.

Maka dari itu, perlu banget bagi seorang pria memperhatikan wajahnya agar tetap bersih dan segar. Namun faktanya, pria memang lebih mudah berjerawat ketimbang wanita, karena kulit pria mengandung kelenjar minyak 15% lebih banyak dibandingkan wanita.

Jadi wajar saja jika di tengah perjalanan, wajah pria jauh terlihat lebih kusam ketimbang wanita, apalagi wanita masih terbantu dengan make-up nya.

Wajah kusam dan berminyak memang sangat menyebalkan, tentu dengan wajah seperti itu akan mengurangi rasa percaya diri seorang laki-laki. Nah berikut 7 tips yang bisa kalian lakukan untuk atasi masalah kulit berminyak pada pria dan perawatan wajah pria.

1. Rajin-rajinlah Membersihkan Muka

Cuci muka agar wajah tidak berminyak
Source image by Pixabay.com

Mencuci dan membersihkan wajah adalah perawatan yang mudah dan sangat penting untuk dilakukan setiap hari, minimal 2 kali dalam sehari. Beruntunglah jika kalian seorang muslim, tentu kalian akan melakukan wudhu selama 5 kali dalam sehari.

Seperti yang diketahui bahwa wajah yang berminyak yang jarang dibersihkan, akan mudah sekali tertempel debu dan kotoran. Sehingga memicu penumpukan debu dan sel kulit mati yang nantinya akan emenyumbat pori-pori dan pada akhirnya muncullah komedo dan jerawat di kulit.

2. Gunakan Produk Pembersih Yang Tepat

Pilih dengan baik produk apa yang cocok untuk kalian. Jangan hanya ikut-ikutan teman pakai sabun muka apa? ataupun karena ada promo harga murah padahal sabun tersebut tidak kalian butuhkan.

Jika wajah kalian sering berminyak maka pilihlah produk sabun muka atau pembersih wajah yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Namun, tetap harus diperhatikan bahwa tidak semua produk itu cocok untuk kulit kalian. Jadi pakailah, rasakan manfaatnya, jika tidak cocok jangan dipaksakan untuk terus memakai prosuk tersebut.

3. Bedakan Handuk Untuk Wajah Dengan Handuk Untuk Badan

Jangan gunakan handuk untuk mengeringkan badan kepada wajah. Sebaiknya gunakan handuk lain yang memang khusus digunakan untuk wajah. Kebanyakan pria jarang memperhatikan hal ini, jangankan handuk untuk wajah, handuknya teman satu kos saja bisa dipakai bergiliran, hehehe.

Padahal, dengan membedakan handuk untuk wajah sendiri dan untuk badan sendiri, tujuannya untuk mencegah perpindahan kuman dan bakteri yang terbawa dari handuk yang dipakai untuk mengeringkan tubuh.

Sama halnya dengan pengunaan tisu toilet dan tisu wajah, kadang pria suka khilaf mengunakan tisu toilet untuk membersikan muka, hahaha

4. Rajin Berolahraga

Rajin berolaraga agar kulit tetap sehat
Source image by Pixabay.com

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk kesehatan tubuh juga kesehatan kulit wajah Anda. Kadang beberapa orang salah kaprah, bahwa keringat yang dihasilkan setelah berolaraga adalah wajah berminyak itu sendiri, padahal bukan.

Justru dengan rutin berolaraga, kotoran penyebab kulit berminyak yang tersumbat di pori-pori wajah akan keluar bersamaan dengan keringat. Sehingga jika kalian rutin berolaraga akan menjadikan kulit wajah lebih bersih dan segar.

5. Jangan Malas Membersihkan Rambut

Ternyata minyak yang di rambut bisa turun ke dahi loh kalau jarang dibersihkan, terutama bagi pria yang suka memakai minyak rambut. Jadi jangan sering-sering menimbun minyak di rambut kalian, rajinlah membersihkan rambut agar minyaknya berlebihan yang ada dirambut tidak menjadikan muka kalian berminyak.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih tidak hanya untuk menghilangkan dehidrasi tubuh saja, minum air putih dapat melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Selain itu banyak minum air putih juga dapat menjaga kesegaran kulit.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Apalagi jika kalian para pria yang sangat menyukai kopi atau minuman dengan kandungan kafein di dalamnya.

7. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan lemak akan meningkatkan produksi minyak pada kulit. Terlebih jika setelah makan gorengan, minyak yang ada di tangan, kalian usapkan ke wajah kalian, hahaha

Agar wajah kalian tidak banyak berminyak, lebih baik hindari mengkonsumsi goreng-gorengan dan makanan berlemak tinggi. Sebab makanan seperti itu salah satu penyebab kulit berminyak.

Salah satu solusi untuk kalian untuk merawat wajah berminyak adalah dengan menggunakan sabun pembersih wajah pria dari Nivea Men. Ini rekomendasi banget, dengan Nivea Men, wajah berminyak dan badan berkeringat dapat teratasi dengan cepat, it starts with you.

[AI]

Share This :

7 Replies to “7 Tips Atasi Wajah Berminyak Bagi Kaum Pria”

  1. *langsung ngecek wajah pak suami*

    1. Hahahaha 😄😄

  2. Wajah nak bujang saya lagi perlu perawatan melawan minyak ini nih.

  3. Haha saya cowok dan suka lakukan 7 tips diatas. Plus rambahan perawatan pakai timun dan minyak zaitun setiap sore dan pagi.

  4. Wajah saya juga berminyak banget, jadi harus sering-sering cuci muka… makanya waktu jaman smp dulu saya langganan jerawatan hahahah XD

    1. Maklum mas, smp masa pubertas

  5. Wah, masih khilaf make handuk satu buat seluruh badan nih mas. Hhaaa

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.