Coba SOSIAGO Influencer Marketing, Maksimalkan Income Blog Dan Media Sosial Anda Dengan 3 Cara Mudah

Coba Sosiago Influencer marketing

Awalnya saya menulis di blog ini bertujuan untuk melukiskan kenangan dan mengikatnya dalam sebuah tulisan. Setiap orang mempunyai motivasi tersendiri dalam menulis di blog, dan karena motivasi itulah mereka bisa bertahan menulis di blognya hingga bertahun-tahun.

Kegiatan menulis (ngeblog) itu tidaklah mudah, butuh passion dan kekuatan untuk melawan rasa malas yang cukup besar untuk tetap bisa bertahan. Banyak  blogger (penulis blog) yang pada akhirnya menyerah dan meninggalkan blognya begitu saja.

Saya juga termasuk salah satu dari kebanyakan orang tersebut.

Sempat mempunyai beberapa blog, namun pada akhirnya saya mengabaikan beberapa blog tersebut dan fokus untuk menulis di satu tempat ini saja. Ternyata susah sekali memanage beberapa blog dan konsisten mengupdate isi blog tersebut, apalagi blog tersebut tidak mampu menghasilkan apa-apa bagi saya.

Munafik sekali rasanya jika saya tidak tergiur mendapatkan income dari hobi menulis blog yang saya geluti. Nyatanya income atau penghasilan tambahan dari tulisan di blog justru semakin menambah gairah saya untuk menulis di blog.

Banyak cara untuk mendapatkan income dari blog, mulai dari ikut program Adsense, Afilasi Marketing ataupun berjualan melalui blog. Namun untuk mendapatkan income tersebut tidaklah mudah seperti panduannya, karena banyak syarat yang harus dilakukan agar bisa berhasil.

Sempat berkali-kali di tolak ikut program Adsense, juga tidak berhasil mendapatkan income dari program afilasi. Begitupun dengan susahnya mencari dan mendapatkan job campaign langsung dari advertiser, hingga akhirnya saya mulai frustasi dan berkali-kali hiatus selama beberapa minggu menulis di blog.

Namun pada akhirnya, saya menemukan platform yang menjembatani antara influencer dan pihak advertiser secara langsung, atau lebih dikenal dengan sebutan Influencer Marketing. Di Indonesia, baru-baru ini terdapat platform influencer marketing yang sedang naik daun, SOSIAGO.

Apa Itu Sosiago Influencer Marketing?

SOSIAGO merupakan tempat yang tepat untuk saling berkolaborasi antara Brand (business owner) dengan influencer dalam menjalankan marketing campaign secara efektif dengan harga yang transparan.

Dibangun dengan teknologi yang canggih serta fitur-fitur yang menarik untuk mendukung dan memonitoring aktifitas campaign secara langsung. Juga didukung oleh puluhan ribu influencer yang terdaftar di Sosiago.

SOSIAGO baru diresmikan beberapa minggu yang lalu, namun sebenarnya Sosiago adalah platform yang dulunya bernama Iblogmarket. Kini dengan berevolusi menjadi Sosiago, platform ini menjadi lebih komplit dalam memenuhi kebutuhan Advertiser maupun influencer/publisher.

3 Langkah Mudah Mendapatkan Income Blog Dan Media Sosial Anda Melalui Sosiago Influencer Marketing

Coba SOSIAGO Influencer Marketing

1. Daftar Jadi Member Sosiago Secara Gratis

Tak ada biaya sepeserpun untuk bisa menjadi influencer di Sosiago, Tinggal kunjungi Sosiago.id, pilih “I’m Influencer”, lalu daftarkan diri kalian dengan mengisi data-data yang diperlukan dalam pendaftaran.

Dengan fitur terbaru di Sosiago, tidak hanya para blogger saja yang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan income, para vlogger juga bisa dengan akun youtubenya, bahkan media sosial kalianpun bisa menjadi sarana untuk menarik advertiser menawarkan campaign pada kalian.

Ada 4 jenis chanel yang bisa kalian masukkan guna mendapatkan income dari Sosiago. Dari blog, instagram, twitter maupun youtube. Nanti setiap chanel akan ada campaign tersendiri sesuai brief yang ditawarkan oleh pihak advertiser.

Ada 2 tipe akun influencer di Sosiago, yaitu member verified (seleb akun) dan member Reguler.

  • Seleb Akun (Verified Member)

Jika kalian adalah seorang selebtwit atau selebgram, tidak ada salahnya kalian mendaftar di Sosiago. Karena dengan mendaftarkan akun media sosial kalian yang sudah terverifikasi, tentu akan menjadi nilai jual yang plus-plus. Tentu kategori profil seleb lebih menarik bagi Advertiser karena profil tersebut memiliki value dari pada personal profile.

Dalam fitur seleb profile, kalian akan bisa mengaktifkan fitur terbaru Sosiago yang disebut MEETING (coming soon). Yang mana kalian akan bisa langsung menerima request meeting dari suatu brands.

Menarik bukan?

Sayangnya penampilan saya yang apa adanya dan banyak kurangnya hanya bisa gigit jari, boro-boro jadi selebgram dan selebtwit, lah follower saya hanya sekitaran 500 follower saja.

Kalau untuk blogger bagaimana?

Ada kok member verified bagi seorang blogger, fitur ini disebut Kategori “Popular News”. Namun tentu ada syarat khusus agar blog kalian bisa masuk ke dalam kategori ini. Syaratnya antara lain :

  1. Topik blog merupakan informasi harian
  2. Blog harus “niche” yang membahas satu topik artikel di dalamnya, misalnya blog travel, blog kesehatan, blog tekno dan lain-lain dan bukan blog gado-gado macam blog saya.
  3. Memiliki kunjungan traffick 150.000 per bulan (itu trafick 1 tahun kalau di blog saya)

Kelebihan dari fitur ini tentu akan memperbesar peluang untuk dipilih oleh pihak Advertiser. Karena hanya blog kelas atas saja yang  mampu memenuhi syarat pengajuan fitur Popular News. Sedangkan blog saya? sudah nichenya gado-gado, jarang update dan traffick perharinya hanya mentok 1000an saja.

  • Reguler Member

Member yang mendaftar di Sosiago akan otomatis menjadi member Reguler dan bisa mengunakan semua fitur yang ada di Sosiago, kecuali fitur Meeting yang hanya bisa dinikmati oleh member seleb profile.

Tak perlu berkecil hati hanya karena menjadi reguler mamber di Sosiago, karena meskipun begitu, masih banyak tawaran campaign kok di Sosiago. Yang terpenting adalah kalian mengisi data dan memasukkan channel blog maupun media sosial kalian.

Oh iya jangan lupa memasang harga untuk setiap chanel, standartkan saja sesuai kemampuan chanel kalian. Karena jika terlalu tinggi, maka peluang penawaran champaign akan berkurang.

Misalkan jika kalian memasang harga 250.000 untuk publish artikel, maka penawaran campaign di bawah 250.000 tidak akan masuk di dasboard kalian. Begitupun jika kalian memasang terlalu rendah misal 50.000 untuk publish artikel, memang akan ada banyak penawaran, namun kalian yakin memberi harga segitu untuk conten placement di blog maupun media sosial kalian?

2. Dapatkan Penawaran Sponsored Placement

Setelah mendaftarkan dan memasukkan chanel blog maupun media sosial  di Sosiago, kalian akan bisa memilih penawaran yang pas dengan harga yang telah kalian masukkan di chanel tersebut di menu “Campaign”.

Sebelum untuk memutuskan  join campaign, pastikan kalian harus baca terlebih dahulu brief yang diberikan oleh pihak Advertiser.  Brief itu merupakan catatan yang diberikan oleh pihak Advertiser tentang pengerjaan Task, dari minimal DA (domain Authority), Backlink, harga, deskripsi pengerjaan, maupun status campaign ini masih berjalan atau tidak.

Barulah jika dirasa sudah cocok dengan penawaran ini, kalian bisa mendaftar dengan klik tombol berwarna biru “Join Campaign”.

Namun jika chanel kita di bawah persyaratan misalnya jumlah follower media sosial atau Domain Authority yang tidak memenuhi syarat, maka kita tidak bisa mendaftarkan salah satu chanel kita. Seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan persyaratan DA yang tidak memenuhi syarat kriteria Brief Task Advertiser.

Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Kolom pemilihan chanel tidak aktif

Tips Mendapatkan Task Sponsored Placement Di Sosiago

  • Lengkapi Data Profile Pribadi

Melengkapi data profil merupakan syarat wajib bagi seorang member SOSIAGO. Dari mengisi data pribadi sesuai KTP, juga mendaftarkan chanel blog maupun media sosial sebagai syarat utama untuk mendapatkan task.

Seperti kasus saya yang tidak mencantumkan data rekening bank untuk pembayaran. Awalnya saya sempat binggung kenapa saya tidak bisa join setiap champaign yang masuk? Saya sudah cek brief dan saya kira catatan brief itu sudah cocok dengan kriteria blog saya.

Namun setelah melengkapi profil dan data rekening pembayaran, akhirnya tombol chanel aktif dengan sendirinya disaat melakukan join champaign.

  • Tambahkan Portfolio

Selain melengkapi data diri dan chanel, portfolio juga termasuk menu pelengkap yang harus di isi agar pihak Advertiser tertarik untuk memberikan penawaran task secara langsung ataupun approve list champaign yang sedang kita ikuti.

  • Create Harga Chanel

Dengan menentukan harga list chanel, kita akan mendapatkan penawaran task yang sesuai dengan harga yang kita pasang. Misalkan jika kita memasang harga 100.000 untuk publish artikel, maka penawaran di bawah harga 100.000 tidak akan masuk ke beranda task campaign.

Dengan begitu kita tidak perlu memilih ulang task mana yang sesuai dengan harga yang kita inginkan. Semakin tinggi kita memasang patokan harga chanel, kemungkinan semakin sedikit penawaran yang akan kita dapatkan. Namun itu sebanding dengan harga yang sudah kita tentukan dari awal.

  • Login SOSIAGO Secara Berkala Agar Tidak Ketinggalan Campaign Baru

Agar tidak ketinggalan campaign baru yang masuk ke beranda, usahakan selalu login secara berkala di Sosiago. Namun sebenarnya, tanpa harus login, Sosiago selalu memberikan notifikasi melalui email jika ada Campaign baru yang cocok dengan chanel kita.

Tidak hanya email, jika kita mendapat task baru dari pihak Advertiser, kita akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari pihak Sosiago ke nomor telepon yang sudah kita cantumkan saat pendaftaran.

Jadi tak perlu risau ketinggalan campaign baru maupun task baru. Karena Sosiago selalu mempermudah membernya dengan memberikan informasi seputar task dan campaign secara langsung. Jadi daftarkan email dan nomor handphone aktif kalian dengan sebenar-benarnya yah.

3. Kerjakan Task Dan Dapatkan Pembayaran Secara Otomatis Ke Rekening Anda

Setelah mendapatkan task dari pihak Advertiser, usahakan kita mengerjakannya sesuai deadline yang sudah ditentukan. Baca juga brief proses pengerjaan tasknya dengan hati-hati, terutama tentang peletakan backlink sesuai keyword yang sudah ditentukan oleh pihak Advertiser.

Dengan adanya fitur “CHAT”, kita bisa chat langsung dengan pihak advertiser jika kita mengalami kendala saat mengerjakan task tersebut. Setelah kita menyelesaikan task sesuai brief, langsung pilih “kirim” dengan menyertakan link menuju artikel atau konten yang sudah kita kerjakan.

Tunggu sampai pihak advertiser mensetujui task yang telah kita kerjakan ataupun adanya revisi untuk memperbaiki konten yang telah kita buat. Jangan kuatir jika pihak Advertiser tidak menanggapi balasan kita, sebab sistem Sosiago akan melakukan approvement secara otomatis ketika kita sudah mengerjakan task sesuai deadline.

Namun jika kita lalai dalam pengerjaan task hingga expired date, maka pihak Sosiago akan memberi peringakan kepada akun kita dengan melakukan pengurangan poin bahkan bisa berujung suspen akun.

Oh iya untuk poin itu sendiri adalah fitur baru dari Sosiago yang mana poin itu bisa kita dapat dari pengerjaan task yang sudah di approve, order artikel, menjadi salalh satu pemenang kontes, dan menerima request meeting.

Poin yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai rewards atau gift menarik yang disediakan pihak Sosiago.

Untuk Widrawal atau pembayaran, Sosiago sudah mengunakan sistem otomatis setiap bulannya. Namun member masih diberi kesempatan untuk memilih untuk mencairkan saldo yanga da tiap bulannya atau menunda untuk pencairan pembayaran.

Ada dua status button pada menu Billing

  • Tabung Dulu (Tombol berwarna biru) : Di keadaan status ini, saldo yang kita miliki akan dimasukkan dalam pembayaran otomatis bulan depannya, tepatnya minggu kedua pada hari kamis.Coba SOSIAGO Influencer Marketing
  • Sedang Ditabung (Tombol berwarna Abu-abu) : Sedangkan pada ststus ini, kita menahan saldo kita agar tidak otomatis dibayarkan bulan depan. Kita bisa mengumpulkan hasil dari pengerjaan task. Agar pembayaran bisa dicairkan, kita bisa menekan ulang tombol “Sedang ditabung” agar berubah menajdi “Tabung dulu” dengan demikian saldo yang sudah kita kumpulkan akan otomatis terbayar bulan depannya.Coba SOSIAGO Influencer Marketing

***

Menarik bukan?

Jika kalian mempunyai blog dengan Top Level Domain ataupun Follower instagram dan Twitter yang bejibun banyaknya, Coba SOSIAGO Influencer Marketing, dan temukan kemudahan mendapatkan income dari hobi online yang kita geluti.

[AI]

Share This :

7 Replies to “Coba SOSIAGO Influencer Marketing, Maksimalkan Income Blog Dan Media Sosial Anda Dengan 3 Cara Mudah”

  1. Mas traffic per hari bisa nyampe 1000 mah bukan hanya ya, udah banyak itu menurut ukuran aku 😀 gpp lah, meski blog ku gado-gado nanti ku tengokin juga sosiago ini 🙂

    1. traffick 1000 itu masih labil mbak, wkwkwkw

  2. Weehhh.. menarik nih.. dah agak jengkel Ama adnow dan zoteromedia.. Smaato kemaren lumayan seminggu agak menggembirakan… Ehh nyungsep lagi. Untungnya baca artikel ini untuk mencoba peruntungan, kali aja dapet.. 150 ribu perbulan? Wah sehari 5000… Goceng euyy

  3. Om juga ikutan Sosiago? Mayan om daripada google yang sehari dapat penghasilan cepek atau malah kurang dari itu. Meskipun ga setiap hari atau setiap Minggu dapat order dari advertiser hasilnya lumayan banget dibanding ca fokus main adsense. Paling gede saya pernah withdraw 600 rebu sebulan. Kalau di total sejak join Sosiago (dulu iblogmarket) ampe sekarang di dashboard tertera hampir 2 juta rupiah. Beda banget dengan maen adsense. 8 tahun baru kekumpul 100 dolar dan nilainya cuma 1.3 juta.
    Meskipun beda jauh, content Sosiago juga memberikan efek positif buat ctr adsense (sepertinya)

  4. Wah lumayan juga nih. Boleh di coba

  5. Saya sudah mencoba untuk bergabung disini gan, dan memang benar untuk para pebisnis akan diuntungkan ketika mencari influencer platform ini. Recommended banget buat pebisnis yang ingin memasarkan brand. Nice info gan ..

  6. Sangat menarik sekali min, karena selain memberi kemudahan kepada perusahaan dalam mencari seorang influencer untuk mempromosikan brand yang dimiliki ternyata juga dapat memberikan peluang yang cukup besar dalam pendapatan kepada netizen penggiat media sosial yang menjadi influencernya di sosiaGo.

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.