Review Destinasi Wisata Tersembunyi di Aceh

Terletak di daerah Selat Malaka, Samudra Hindia, Provinsi Aceh menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata yang memesona.

Dari mulai pasir putih dan bersih, air laut biru kehijauan yang jernih, hingga air terjun yang megah dan memukau dapat dinikmati para turis lokal maupun asing yang berkunjung.

Berencana mau liburan ke Aceh saat liburan akhir tahun nanti? Agar menghemat waktu dan tidak binggung mau menghabiskan waktu liburan nanti, Yuk simak rekomendasi destinasi tempat wisata Aceh nan eksotis yang wajib untuk Anda dikunjungi.

Pantai Pasie Saka

Pantai Pasie Saka
Source image : yukpiknik

Sekitar dua jam lebih perjalanan (atau berjarak sekitar 120km) dari Kota Banda Aceh, tepatnya di Jeumpheuk, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Pantai Pasie Saka yang berarti Pantai Pasir Gula ini dapat dicapai.

Tidak salah dinamakan pantai pasir gula, karena memang pasir pantainya memang berwarna putih dan lembut bagaikan gula pasir dan air lautnya juga berwarna biru kehijauan, sehingga membuat pantai ini sangat layak dikunjungi.

Meskipun masih minim fasilitas umum dan sistem keamanan, terutama mengingat gelombang pasang dan ombaknya yang cukup “ganas”, Pantai Pasie Saka tetap merupakan salah satu aset negara yang sangat berharga. Siapa pun pengunjungnya harus tetap menjaga kelestarian dan keindahan pantai ini —beserta seluruh biotanya— dengan tidak membuang sampah sembarangan, setidaknya.

Kuala Paret

Kuala Paret
Source image : youtube

Bila Anda suka berenang atau sekedar berendam, Anda dapat melakukannya di wisata Kuala Paret, salah satu “surga” tersembunyi di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, sekitar 40km dari ibu kota. Berdasarkan namanya, Kuala berarti daerah berbatu di sekitar sungai dan Paret berarti parit atau sungai kecil.

Meskipun arus sungai Kuala Paret termasuk deras dan agak berbahaya, belum lagi akses menuju tempat ini, juga cukup sulit dilalui kendaraan, Anda akan merasakan “surga” dunia di tempat ini. hal ini dikarenakan airnya yang sangat jernih dan menyejukkan, sangat cocok bagi Anda yang sedang merasa penat dan lelah dengan suasana kehidupan di perkotaan.

Tempat Pemandian Air Panas dan Sauna Alami Ie Seu’um

Tempat Pemandian Air Panas dan Sauna Alami Ie Seu'um
Source image : tribunnews

Di sebuah desa bernama Desa Ie Seu’um, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Anda dapat menemukan tempat pemandian air panas dan sauna alami bernama sama.

Terdapat tiga buah kolam tempat pemandian air panas—masing-masing untuk pria, wanita, dan anak-anak. Dengan hanya tarif masuk sebesar Rp5000 per orang, Anda sudah dapat menikmati hangat dan menyegarkannya air pemandian dan sauna alami Ie Seu’um.

Pantai Teluk Jantang

Pantai Pulau Jantang
Source image : kesiniaja

Pasca musibah tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu, salah satu “surga” tersembunyi ini pun secara ajaib menjadi indah. Bagi Anda terutama pasangan suami istri yang sedang berbulan madu, pantai ini sangat indah dikunjungi menjelang sore karena panorama tenggelamnya matahari dari pantai ini memberi suasana romantis. Lokasi pantai ini ada di Desa Jantang Meunsah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong.

Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Source image : travels-indonesia

Destinasi wisata Aceh yang tersembunyi ini juga memiliki nilai historis. Air terjun Kuta Malaka pernah menjadi saksi bisu konflik antara Pemerintah RI dan kelompok separatis GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang memicu pertumpahan darah. Namun, jangan khawatir, saat ini keadaan sudah kembali normal dan damai sehingga Anda dapat berkunjung ke sana tanpa perasaan takut.

Berlokasi di Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, air terjun dengan tujuh tingkat ini menampilkan pesona tersendiri. Suara kicau burung, jangkrik, daun-daun dari pepohonan yang digoyang semilir angin, dan gemercik air jernih berpadu sembari Anda mandi di bawah air terjun yang indah ini. Sungguh tempat wisata yang menyegarkan tubuh dan pikiran.

***

Nah, sebelum berangkat jangan lupa mempersiapkan penerbangan yang murah, aman, dan nyaman menuju Aceh ya. Untuk rekomendasi mendapatkan tiket pesawat promo Garuda Indonesia dan Batik Air, kunjungi saja website dan aplikasi Airy.

Melalui Airy, Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan liburan Anda, mulai dari tiket pesawat hingga hotel murah berkualitas. Mari rencanakan liburan bersama Airy sekarang!

Share This :

One Reply to “Review Destinasi Wisata Tersembunyi di Aceh”

  1. sebagai menantu orang aceh saya cuman bisa bilang
    gak usah nyari yang tersembunyi…
    yang jelas” kelihatan aja masih bagus kok
    hehehe
    aceh emang keren

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.