Apa Yang Menarik Dan Istimewa Di Bulan Desember?

Desember adalah bulan terakhir dalam kalender masehi, bulan ke-12 yang menandakan akhir sebuah tahun. Desember juga katanya merupakan bulan kasih sayang bagi sebagian orang. Dan bulan Desember lah yang membuat saya memutuskan untuk menikah.

Kok bisa?

Masih ingat ramalan kiamat tanggal 12 Desember 2012? Karena ramalan suku maya itulah yang membuat saya menikah lebih cepat. Biar kalau terjadi kiamat, setidaknya status saya tidak Jomblo seperti kalian sekarang, hahahaha.

Ok, bagian ini adalah candaan yang tidak lucu. Menikah itu sebuah komitment bagi saya, hanya saja kebetulan saya menikah di bulan November sebelum tanggal 12-12-2012 atau 20-12-2012 itu. Tidak ada sangkut pautnya dengan ramalan suku maya, sebab saya menikah itu karena cinta bukan takut dengan ramalan bodoh itu.

Baca juga : Apa Yang Membuatku Memutuskan Menikah Denganmu

Desember adalah bulan yang sangat menarik dan istimewa bagi saya. Bukan karena desember itu zodiacnya seorang Capricon dan Sagitarius, karena bintang saya itu adalah domba aduan. Makanya kalau main Hago, saya paling suka game adu domba, hahaha.

Juga bukan karena Desember adalah bulan penerbangan pertama oleh Wright bersaudara, ataupun bulan Desember adalah bulan transplantasi jantung pertama di dunia, bahkan bukan karena Desember adalah hari peringatan demokrasi di Amerika yang sekarang diperingati sebagai bulan hak asasi manusia.

Semua itu tidak berpengaruh banyak pada kehidupan saya. Desember menjadi menarik dan istimewa bagi saya karena beberapa hal, berikut alasannya :

Akhirnya Hujan Turun Juga

Source image : pixabay.com

Dua bulan terakhir saya sering melihat ke atas dan menunggu langit menghitam berharap lekas hujan. Bukan berarti saya pecinta hujan, namun dengan turunnya hujan, saya merasa terselamatkan.

Sejak dulu, kebutuhan air di rumah berasal dari air sumur. Tak pernah sekalipun kebutuhan air di rumah kehabisan bahkan pada musim kemarau sekalipun. Namun setelah banyaknya bangunan serta adanya jalan tol di sebelah rumah, ditambah lagi musim kemarau yang lumayan panjang, membuat saya harus sangat berhemat dalam penggunaan air.

Dua bulan ini, ketika saya mau mandi, jatah air yang saya butuhkan hanya satu ember saja.  Bahkan karena harus berhemat untuk mencuci pakaian, saya rela tidak mandi pagi saat liburan.  Bahkan saat sorepun saya harus lari ke pom bensin untuk mandi di sana agar anggota keluarga lainnya bisa mandi di rumah.

Jadi, hujan adalah berkah tersendiri bagi saya. Dan Alhamdulilah dipenghujung November dan awal Desember, hujan akhirnya turun juga. Sekarang saya bisa mandi dengan air yang melimpah, mungkin saya bisa berenang juga #eh hahaha

Desember Berarti Libur Panjang Hampir Tiba

Bicara Desember, rasanya Desember itu identik dengan libur panjang. Hayo.. kalian sudah merencanakan mau liburan kemana?

Namun bagi saya, liburan akhir tahun hanyalah sebuah Mitos. Sebab perusahaan saya masih tetap berjalan, hanya pada tanggal merah saja kita diliburkan. Salah satunya cara agar bisa ikut libur panjang adalah dengan menerbitkan surat cuti jauh-jauh hari, agar bisa di ACC dan tidak terbentur dengan jadwal kerja nantinya.

Karena kalau terlambat ngasih surat cuti, nanti karyawan lain bisa jadi lebih dahulu memberikan surat cuti. Efeknya adalah dengan jumlah tim yang akan berkurang saat mendekati tahun baru, maka izin untuk cuti di hari tersebut akan di tolak.

Kalau saya sendiri, cukup nikmati hari libur di tanggal merah itu saja. Saya lebih suka berada di rumah saat libur panjang dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak perlulah harus bepergian jauh ke tempat wisata, karena saya yakin di tempat wisata manapun akan sangat ramai, juga jalanan akan macet. Mending cari hari lain untuk berlibur agar kenikmatan berliburnya lebih terasa.

Baca juga : Liburan Kemana? Aku Di Rumah Saja Yang Penting Bahagia 

Gaji Ke 13 Di Bulan Desember

Jika saat lebaran ada THR, maka bulan Desember terdapat Bonus tahunan atau Gaji ke-13 bagi karyawan swasta seperti saya.

Memang tiap perusahaan ada yang memberlakukan bonus tahunan dan ada juga yang tidak. Dan alhamdulillah perusahaan saya memberikan bonus tahunan meskipun tidak sesuai perhitungan yang berlaku.

Seperti di perusahaannya teman saya ada yang mendapat lebih dari gaji pokoknya selama sebulan. Katanya bonus bulanan itu tergantung performa dan kualitas karyawannya. Semakin lama karyawan bekerja, juga jabatan dan kualitas pekerjaannya bagus, maka akan semain besar bonus yang didapatnya.

Kalau saya sendiri sih, yang penting dapat bonus itu sudah cukup, meskipun tidak satu kali gaji, saya masih bersyukur dari pada banyak karyawan di perusahaan lain yang tidak ada bonus tahunannya.

Baca juga : Nasib Menjadi Buruh Pabrik “Diam salah” Ngejawab Cari Gara-gara 

Diskon… Diskon… Diskon!!

Sebenarnya tiap bulan, tiap marketplace selalu membuat diskon besar-besaran. Entah itu event 11.11 atau 10.10, diskon lebaran, diskon hari ibu dan lain sebagainya. Diskon akhir tahun juga sama prinsipnya, tujuannya hanya untuk menarik pelanggan agar mau beli.

Tidak hanya para ibu-ibu yang akan hijau matanya kalau lihat tulisan “SALE” dan “DISKON”, saya juga terkadang sering khilaf kalau lihat diskon. Seperti blog ini, saya akhirnya membeli hosting karena ada promo diskon 75% selamanya. Padahal kalau trafficknya semakin naik, toh akhirnya saya harus upgrade juga biar tidak down, dan pada akhirnya promo selamanya itupun juga hilang.

Dan kali ini, saya menantikan sebuah inovasi diskon dari marketplace. Saya ingin mencari yang diskonnya hingga 99% gitu. Jadi saya ingin beli hanphone yang seharga 10 juta, namun ada diskon 90%. Jadi saya cukup bayar 1 juta saja untuk hanphone seharga 10 juta, hahahahaha.

Yuk tunggu diskonnya di marketplace kesukaan kamu?

Desember Adalah Tentang Kamu

Dari ke-4 poin yang saya sebutkan di atas, semua itu hanyalah sebuah pengalih perhatian agar artikel ini terlihat lebih panjang. Sebenarnya Desember tak akan lebih istimewa dari bulan-bulan lainnya kalau bukan karena KAMU, yah kamu…

Ulang tahun Istri
Dok pribadi – 5 Desember 2018

5 Desember adalah hari yang penting yang seharusnya saya ingat. Namun kemarin pagi saya lupa, dan beruntunglah saya diingatkan oleh facebook yang membuka histori kenangan tahun lalu.

Maka cepat-cepat saya kirim pesan singkat “Happy birthday Sayang”. Kemudian saya ketikkan banyak kata-kata pengharapan dan doa kepadanya.

Namun dia hanya balas satu kali “Aamin”.

Saya dan istri memang jarang melakukan chat alay seperti orang berpacaran gitu, kita hanya saling kontak kalau ada yang dibutuhkan atau tanya keadaan. Mungkin memang sejak tunangan kita memang jarang sms atau pesan singkat seperti kebanyakan orang. Kita hanya sesekali telpon saat sebelum tidur, meskipun itu bisa berjam-jam, hahahaha.

Saya lupa menyiapkan kado, bahkan memang tidak kepikiran sebelumnya. Jadi saya berpikir sambil cari-cari barang di marketplace, kali aja ada yang cocok untuk hadiah. Dan seharian mencari, saya jadi pusing melihat beraneka ragam fashion seorang wanita.

Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak membeli apa-apa, hanya membeli kue tar dan membeli kebab daging kesukaannya sebagai hadiah.

Abaikan lilin dengan angka 2 dan 5 itu, sebab lilin itu hanya hiasan semata.  Lilin itu saya peroleh dari sisa-sisa ulang tahunnya Naila ke-5 dan Nisa yang ke-2. Jadi umur istri saya bukanlah 25 tahun, melainkan 21 tahun, beda dua tahun dengan saya yang sudah menginjak umur 23 tahun. Kita masih sangat muda kan #DilarangProtes

Desember tak akan seistimewa ini tanpa kamu, jadi jangan ganti-ganti bulan yah, biar Desember tetep istimewa bagi Aku, Kamu dan Kita.

Kalau buat kalian? Seistimewa apa bulan Desember?

[AI]

Share This :

17 Replies to “Apa Yang Menarik Dan Istimewa Di Bulan Desember?”

  1. Hahahaha baca ini aku jadi inget waktu tinggal di Belitung, ketika sumur kering lalu hujan, aku cepet2 taruh ember di halaman nadah hujan 😀 Btw selamat Ulang Tahun buat pujaan hati Mas Irawan 🙂

    1. Makasih mbak, ☺☺☺☺

  2. 😅😅😅 hampir aku mau nanya.. istri mas Nur 25 usianya? Ternyataa 😂😂

    Bulan Desember menjadi istimewa karena ada dia hatiku eaaa~

    1. Masih 21 quree, aku kan 23 😄

    2. Em… hiya hiyaaa percaya aja 🤣🤣

    3. Assalamu,alaikum mbk Quree..

    4. Walaikumsalam mas ^^

    5. Ma,af mbk Quree ini bundanya shiq4, beliau shiq4 sudah tiada mendahului bunda, dan pabila ada kesalahan ma mbk mohon di ma,afkan

    6. Iyaa bundaa.. 🙇‍♀️🙇‍♀️🙇‍♀️

  3. Terima kasih sudah di ingatkan bahwa desember adalah bulannya BIG SALE AKHIR TAHUN yang bertebaran dimana-mana, hahahaha

    1. yuk cari diskon 99% wkwkwkw

  4. Desember bulan kelahiran saya yee

  5. Selamat ya….buat istri mas nur….semoga bisa menjadi istri sholihah..dan menjadi keluarga yang SAMAWA…, Wah..berarti desember ceria, bukan desember kelabu..😂😂😂😂

  6. bulan desember menarik karena inilah puncak”nya kerjaan
    hhhhhhhhhhhh

  7. wkwkwkwkwk, kenapa usia mas nur semakin tahun semakin turun, jangan-jangan tahun depan jadi 18 tahun dan mbk dewi jadi 15 tahun 😛

    btw, barakallah buat istrinya mas Nur, semoga diberikan usia yang berkah dan dimudahkan segala urusannya.

    1. Aamiin…
      Seperti ilmu padi, semakin berisi, semakin turun 🤣🤣🤣 #peribahasaketjeh

    2. Hahaha
      Tapi tetep aja mas Nur, usia padi makin tua, la ini makin muda.

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.