Inilah Penyebab Haid Anda Bisa Menjadi Tersendat

Setelah melahirkan anak kedua, saya dan istri memutuskan untuk melakukan KB suntik biar tidak kebobolan lagi. Sebelumnya, saya dan istri cukup sukses melakukan KB sendiri, entah itu mengunakan kondom, perhitungan hari atau ejakulasi di luar. Namun cara tersebut hanya sukses sampai tahun kedua saja, yang berujung dengan lahirnya anak kedua kami, hehehe

Tiap wanita mungkin beda penanganannya, seperti istri saya ini saat memutuskan untuk KB suntik, efek sampingnya adalah tidak teraturnya siklus haidnya. Sedangkan kakak ipar saya juga melakukan KB suntik di bidan yang sama, hasilnya haidnya kakak ipar lancar-lancar saja.

Haid yang tersendat atau yang tidak teratur merupakan suatu kondisi di mana siklus menstruasi menjadi lebih cepat atau menjadi lebih lambat dari yang seharusnya. Bisa dikatakan haid tidak lancar ini bila sudah lewat dari 35 hari.

Tentu akibat dari tidak teraturnya haid juga cukup merugikan, terutama bagi saya pribadi.

Kok bisa? Kan yang haid istrinya?

Ya iyalah, yang haid istri, Tapi kan dengan tidak teraturnya siklus haid istri, juga akan berdampak dengan jadwal jatah saya,hahahaha. #becanda

Selain itu, efek samping dari haid tidak lancar ini cukup menyeramkan juga loh? Yakni bisa memicu terjadinya komplikasi yang berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita dan juga bisa mengakibatkan osteoporosis.

Nah loh, bahaya juga kan?

Jadi untuk masalah haid yang tidak lancar ini sebaiknya tidak dianggap remeh. Kita harus kenali sejak dini, apa sih penyebab dan bagaimana siklus haid bisa tidak teratur. Tidak hanya bagi wanita saja, suami juga harus sedikit paham demi kesehatan sang istri juga kan?

Adapun beberapa penyebab gangguan menstruasi atau haid tidak teratur ini, antara lain :

1. Pemilihan Alat Kontrasepsi Yang Tepat

Hati-hati dalam memilih alat kontrasepsi, karena ternyata beberapa alat kontrasepsi ini bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya menstruasi menjadi tidak lancar.

Baca Juga :  Tips Memilih Sabun Bayi Yang Terbaik dan Aman

Beragam penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD dengan bentuk spiral atau pil KB, juga bisa memicu perubahan siklus haid dan juga bisa memicu banyaknya darah haid yang tidak umum terjadi.

Jadi alangkah baiknya tetap konsultasi dengan dokter perihal alat kontrasepsi yang tepat. Jika ada kendala atau ketidaknyamanan dalam penggunaan alat kontrasepsi, sebaiknya di konsultasikan juga.

2. Faktor Stress Berlebih

Jangan pernah meremehkan faktor stress, karena stress ini ternyata juga bisa mempengaruhi produksi dari hormon estrogen dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Yang mana hormon estrogen ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses menstruasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa wanita jauh lebih rentan mengalami depresi dari pada pria. Alasannya karena faktor biologis wanita yang sering mengalami perubahan hormon.

Selain itu wanita juga lebih pemikir dari pada pria, apalagi bagi wanita yang sudah menikah, punya anak, dan kesehariannya berada di rumah menjadi ibu rumah tangga.

Kalau kata istri stress bisa dipicu karena “kurang piknik”. Jadi sebagai suami yang baik, sering-seringlah ajak istri piknik biar tidak stress dan depresi karena terkekang oleh pekerjaan rumah tiap hari.

3. Melakukan Diet Yang Tidak Sehat

Wanita mana sih yang tidak ingin terlihat seksi, terlebih di depan laki-laki yang disukainya. Namun kebanyakan wanita yang sudah melahirkan anak, tubuhnya sering kali tidak kembali seperti semula dengan cepat. Dan karena alasan ini banyak wanita yang melakukan diet untuk mengembalikan tubuh idealnya.

Namun dengan melakukan diet, tentunya wanita akan mengalami kekurangan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal pada saat mau mengalami fase menstruasi dibutuhkan setidaknya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Diet yang tidak sehat inilah yang dapat memicu menstruasi yang tidak teratur.

Baca Juga :  Ajang Competition Start-Up The NextDev 2018 Hadir Lagi

Jadi ladies, untuk itu lakukan diet alakadarnya saja yah? Jangan terlalu memaksakan untuk melakukan diet ketat. Karena kesehatanmu adalah kebahagiaan suami juga.

4. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Menurut Wikipedia, Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher. Fungsinya untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Karena kelenjar tiroid ini berguna untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Untuk itu, pada saat tiroid ini mengalami masalah, maka akan cukup berdampak pula pada siklus menstruasi seorang wanita.

***

Sebenarnya masih banyak lagi faktor penyebab terganggunya fase menstruasi atau haid tidak teratur ini. Namun secara garis besar hal-hal diatas yang paling umum terjadi dalam tersendatnya kelancaran fase menstruasi.

Kita bisa lebih dalam mengenal dan mempelajari masalah kesehatan dengan mengunjungi situs website atau aplikasi kesehatan di www.guesehat.com. Dan dapatkan informasi menarik seputar tips lancar datang bulan serta tips kesehatan lainnya.

Advertisements
Share This :

8 Replies to “Inilah Penyebab Haid Anda Bisa Menjadi Tersendat”

  1. Wuihhhh……. Kirain gara gara blogger.

    1. Apa hubungannya mas Gun, hahaha

    2. Kali aja mikirin blog buat posting ampe puyeng terus berakibat molor deh mens nya 😀

  2. Emang banyak faktor si ya mas. Untungnya istri saya tergolong lancar setiap 21 hari sekali terhitung sejak hari terakhir kali mens. Atau paling lama 23 hari. Dan masa menstruasi berkisar 2-5 hari tapi rata ratanya 3-4 hari.

    Hihi kok apal ya wkwkwkwkwk

    1. hahaha, padahal aku mau tanyakan itu “kok apal yah?” wkwkwkw

    2. Suami emang perlu tau mas masa menstruasi istrinya. Bukan hanya soal jatah takut dibohongi klo lg gk ngasih uang belanja 😂😂😂 tapi lebih dr itu mas tau sendiri hehehe

  3. deadyrizky says: Balas

    agak awkward juga aku sebagai lelaki baca postingan ini

    1. apalagi saya mas yang nulis, binggung juga mau ngeditnya mau gimana lagi

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.