Secret Superstar : Antara Impian, Kenyataan Dan Sebuah Pilihan

Akhir-akhir ini saya sudah tidak pernah membuat artikel yang ujung-ujungnya ada kata menyindir para jomblo agar segera menikah. Karena saya menyadari bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, terutama tentang rasa bahagia.

Saya bahagia dengan pernikahan saya, namun banyak juga yang tidak beruntung dengan pernikahannya. Seperti saudara jauh saya yang harus merelakan ditinggal suaminya dari dunia. Atau seperti dua teman baik saya yang harus mengakhiri jalinan pernikahan yang baru seumuran jagung.

Tentu tujuan awal mereka menikah adalah untuk bahagia, namun masa depan tak pernah bisa diprediksi dan dikira-kira, Kita hanya bisa menjalaninya dan berharap masa depan sesuai dengan keinginan dan harapan kita.

Namun terkadang kenyataan hidup berbanding terbalik dengan harapan dan impian. Ketika hidup dihadapkan pada berbagai pilihan, antara mengejar mimpi, meninggalkan cita-cita atau menerima hidup apa adanya. Disitulah drama sebenarnya sebuah kehidupan yang menuntun kita menuju masa depan.

Seperti film india yang saya tonton kemarin “Secret Superstar”. Film yang menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Insia yang memiliki mimpi menjadi penyanyi profesional. Namun kenyataan hidup membuat dia harus menyembunyikan bakat alaminya dari dunia.

Ketika Hidup di Hadapkan Sebuah Pilihan,  Mengikuti Mimpi Atau Menerima Hidup Apa Adanya

Ayah Insia adalah seorang yang kaku dan tidak segan-segan menampar kalau tidak sesuai dengan keinginannya. Ibunya Insia yang sering mendapatkan perlakuan kasar dari ayahnya, meskipun begitu ibunya insia “Najma” selalu diam saja dan menerima setiap perlakukan kasar dari suaminya.

Ditengah kurang harmonisnya hubungan orang tuanya, Insia tumbuh menjadi lebih dewasa dari anak di usianya. Meskipun dia tidak pandai dalam kelasnya, namun dia sangat pandai memainkan gitar serta dalam menciptakan sebuah lagu. Baginya, musik adalah hidupnya, namun kenyataan hidup memenjarakan impiannya.

Dihadapkan pada pilihan mengikuti mimpi atau hidup sederhana seperti kebanyakan anak-anak wanita lainnya itulah yang membuat kegundahan pada hati Insia. Bercermin dengan kehidupan ibunya yang sering mendapat perlakuan kasar dari suaminya, Dia sering memberontak dan menjadi gadis yang sering terlihat sedih di sekolah.

Baca juga : Pihu The Movie : Jangan Biarkan Anak Dan Istrimu Sendirian Tanpa Perhatian

Jangan Takut Untuk Bermimpi, Buat Mimpimu dan Kejarlah

Tanpa mimpi manusia akan hidup hanya sekedar hidup. Kita diberi nafsu dan keinginan supaya kita memiliki gairah hidup untuk mewujudkannya. Jika kenyataan memenjarakan mimpimu, maka buatlah mimpi yang baru, lagi dan lagi

Begitulah hal yang bisa saya cermati dari cerita film Secret Superstar ini, jatuh bangun seorang Insia mewujudkan cita-citanya. Meskipun kenyataan tidak pernah berpihak kepadanya, dia selalu bersabar dan terus melakukan sebisanya.

Najma ibunya Insua juga sangat berusaha untuk mewujudkan impian putrinya. Ditengah kerasnya suami dan larangan sang suami , dia rela menggadaikan perhiasannya untuk laptop anaknya. Dia merasa bahwa insua adalah alasan kenapa dia tetap bertahan sampai sekarang.

Perjalanan Mengejar Mimpi Tak Selalu Mulus

Setiap orang tentu memiliki mimpi-mimpi yang ingin dicapainya, seperti kemarin, saya menuliskan sebuah resolusi tahun 2019 yang berupa keinginan-keinginan yang ingin saya capai mulai dari sekarang.

Namun saya yakin perjuangan untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, akan ada banyak batu dan dinding yang akan siap menghalangi jalan untuk menuju kesana. Seperti  alur cerita Insia yang harus jatuh bangun untuk merajut mimpi-mimpinya.

Insia mencoba merajut mimpi-mimpinya dengan mengunggah videonya ke Youtube. Pada awalnya dia membatalkan niatnya, karena dengan upload videonya ke Youtube, tentu akan diketahui oleh ayahnya yang sangat membenci anak perempuannya melakukan hal yang tak berguna seperti bermain gitar.

Setelah support dari Ibunya, Insia akhirnya memposting videonya namun dengan mengunakan cadar agar ayahnya tidak mengetahuinya. Videonya viral hingga banyak produser music ingin bekerja sama dengannya, salah satunya produser musik Shakti Kumar (yang diperankan oleh Aamir Khan).

Mimpi insia meredup setelah gitar kesukaannya di rusak ayahnya serta laptop pemberian ibunya juga rusak. Namun tawaran dari Shakti Kumar membuat Insia memiliki ide gila. Bukan demi impiannya saja, namun agar bisa membantu ibunya keluar dari penderitaan karena suaminya.

Baca Juga : Ketika Dihadapkan Sebuah Persimpangan Jalan, Memilih Itu Wajib!

Akan Selalu Ada Resiko Dalam Setiap Pilihan

Perceraian adalah sesuatu yang halal namun sangat dibenci oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Semua orang pasti menginginkan untuk menikah sekali seumur hidupnya, namun manusia hanya bisa berencana. Jika Tuhan berkata lain, apa boleh buat kan.

Namun perceraian bukanlah sesuatu pilihan yang buruk, jika keduanya atau salah satu tidak merasa bahagia, kenapa harus dilanjutkan. Seperti salah satu teman saya pernah gagal membina keluarga dengan orang yang dicintainya.

Dia tidak menyesal keputusannya untuk menikah dengannya. Namun jika perceraian yang pada akhirnya bisa meredam masalah dan konflik dalam rumah tangganya, mau gimana lagi. Keduanya juga ingin bahagia bukan? Mungkin perceraian adalah pilihan yang buruk, namun jauh lebih baik dari pada salah satu ada yang merasa terluka.

Sama seperti Najma, dia sudah berjuang untuk keluarganya, untuk anak-anaknya. Dia tetap tegar meski harus mendapatkan pukulan hingga tulangnya patah sekalipun. Sebuah pilihan yang sulit membuat dia tetap bertahan sampai seperti itu, pilihan itu adalah masa depan anak-anaknya.

Sebagai Ibu rumah tangga yang tidak berpendidikan dan tidak berpenghasilan, tentu akan berat untuk memutuskan bercerai dengan suami yang menjadi satu-satunya tulang punggung di keluarga. Namun disaat anak gadisnya mulai kehilangan mimpinya dan gairah hidupnya karena ke-egoisan ayah yang tidak memperdulikannya. Dia berubah menjadi sosok ibu yang sangat luar biasa.

Najma menggugat cerai suaminya dan membawa anak-anaknya ikut bersamanya. Keputusan yang sulit dan beresiko.

Pada dasarnya akan ada resiko dalam setiap pilihan, namun bukan berarti tidak ada jalan keluarnya, bukan?

Ending film ini cukup mengharukan, jika kalian melihat adegan terakhir film ini, kalian akan sadar bahwa ibu adalah sosok seorang pahlawan yang sebenarnya dalam hidup kita.

[AI]

Share This :

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.