Pentingnya Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Pernah kah Anda surfing sebuah informasi di internet? Kemudian Anda menemukan judul artikel yang menarik, namun beberapa saat kemudian, Anda merasa kesal setelah mengunjungi artikel tersebut. Ternyata situsnya masih belum  terbuka secara sempurna dalam kurun waktu yang cukup lama.

Saya harap itu bukan situs blog saya, hehehe.

Tidak bisa dipungkiri, kita hidup di dunia yang serba cepat. Dimana banyak orang yang menginginkan sebuah informasi secara akurat, cepat tanpa menunggu lama. Yang lambat akan ditinggalkan, begitulah realita kehidupan kita sekarang.

Misalnya saja kita mundur kebelakang beberapa dekade sebelumnya, dimana transportasi di desa masih didominasi oleh delman dan sepeda. Seiring kemajuan zaman dan tingkat kesibukan masyarakat yang enggan “diperlambat”, mereka pada akhirnya mulai meninggalkan tranportasi tersebut dan menggantinya dengan yang lebih praktis dan cepat, semacam sepeda motor dan mobil.

Telepon rumah dulu juga cukup populer era 90’an, namun dengan adanya komunikasi nirkabel, telepon rumah kini mulai ditinggalkan. Terlebih dengan adanya kecanggihan telepon yang bernama depan “smart”, yang memiliki berbagai fitur dan kegunaan yang terkandung hanya dalam satu perangkat gengam.

Karena kebutuhan masyarakat yang menginginkan serba cepat, para blogger juga harus pandai mengelola blognya agar cepat tampil tanpa menunggu loading yang lama. Tujuannya agar mereka (pengunjung setia) tidak berpindah tempat ke blog lain.

Menurut survei yang dilakukan oleh Akamai.com dan Gomes.com :

Sekitar 47% pembeli mengharapkan halaman marketplace dapat diload dalam kurun waktu 2 detik. Sedangkan 40% pembeli akan mengabaikan website yang membutuhkan loading time lebih dari 3 detik.

Nah loh!

Saya jadi penasaran berapa kecepatan page blog yang saya miliki.

Untuk mengecek kecepatan sebuah website, Anda bisa cek di Google Page Insight, Gtmetrix, dan Pingdom Tools.

Cara kerja ketiganya cukup mudah, Anda tinggal masukkan alamat situs yang ingin di cek kecepatannya. Selanjutnya akan muncul informasi analisis tentang kecepatan website tersebut. Selain untuk menguji kecepatan website, Ketiga website tersebut  juga memberikan saran perbaikan dalam meningkatkan kecepatan sebuah website.

Setelah saya cek blog saya di ketiga situs tersebut, hasilnya cukup beragam. Blog saya mendapat skor kurang dari 3 detik untuk waktu load di Pingdom tools. Sedangkan di Gtmetrix, saya mendapat waktu load 5 detik. Yang mencengangkan itu di Google Page Insight, saya hanya mendapat skor 30 (bad) untuk mobile dan 70 (medium) untuk desktop.

Menilik Seberapa Penting Kecepatan Blog Terhadap SEO

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha untuk mengoptimasi sebuah website atau blog agar mendapat peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa “Konten adalah raja”, namun raja tak akan bisa berbuat apa-apa kalau tidak ada bawahannya. Anggap saja SEO adalah tim sukses yang membuat seorang raja bisa berjaya.

SEO itu penting untuk sebuah website, sebab hampir semua orang yang mencari informasi melalu search engine semacam google.

Mesin pencari mengunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan hasil pencarian berdasar tingkat relevansi dan kualitas suatu website. Mesin pencari akan menampilkan website yang terbaik di posisi teratas untuk kata kunci tertentu.

Dan dari situlah inti dari SEO itu ada untuk menjadikan website-website menjadi yang terbaik di mata mesin pencari pada kata kunci yang dimasukkan. Baik dalam segi konten, struktur, populeritas maupun kepuasan pengguna.

Terus hubungan SEO dengan kecepatan blog itu apa?

SEO dan kecepatan blog sangat berkaitan erat, sebab kecepatan loading suatu blog sangat berpengaruh terhadap keberhasilan optimasi SEO website.

Seperti yang saya singgung di atas mengenai inti dari SEO adalah menjadikan yang terbaik di mata mesin pencari. Salah satunya adalah terbaik dalam segi kepuasan pengguna (User Experience).

Jika suatu blog mempunyai loading yang sangat lambat, pengguna akan kesal karena menunggu lama, kemudian seperkian detik pengguna akan menutup website tesebut. Disinilah yang harus diperhatikan bahwa mesin pencari saat ini mengutamakan pengalaman pengguna dalam mengunjungi sebuah situs.

Maka dari itu, seorang blogger perlu mengecek kecepatan loading blognya agar optimasi SEO yang dilakukan tidak sia-sia. Website yang lebih cepat akan mendapat peringkat yang baik di mata mesin pencari dan akan merekomendasikan website tersebut di peringkat pertama search engine.

Baca Juga :  Bukan Hanya Tentang Menulis! Ngeblog Memberikan Kalian Banyak Manfaat

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Suatu Website

Dengan menggunakan uji kecepatan website, kita bisa tahu hal-hal apa saja yang bisa kita usahakan untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi performa loading suatu website atau blog jadi lambat, antara lain:

1. Theme Blog Yang Berat

Sebelum memakai Theme Colorlib, saya menggunakan tema lain yang saya unduh dari penyedia theme blog secara gratis. Secara tampilan saya menyukainya, namun saya tidak sadar bahwa pemilihan theme juga sangat berpengaruh pada kecepatan dan SEO suatu blog.

Alasan saya dulu mengganti theme awal karena banyak strukture data yang error, semacam missing author, hEntry error dan sebagainya. Kecepatan loading blog juga waktu itu sampai 15 detik saya ukur dengan GTmetrix.

Akhirnya saya hijrah menggunakan Colorlib dan sebagian masalah strukture data teratasi serta kecepatan loading blog saya lebih cepat dari pada sebelum ganti theme.

2. Terlalu Banyak Javescript Pada Suatu Halaman Website

Salah satu faktor lambatnya suatu website adalah kerena banyaknya javascript pada suatu HTML website. Karena banyaknya sintak HTML, membuat ukuran HTML suatu web jadi membengkak yang pada akhirnya membuat loading website jadi makin berat.

Sebenarnya bisa diakali dengan plugin Minify yang mengkompress struktur HTML menjadi lebih kecil. Namun lebih bijak lagi jika mengurangi penggunaan CSS dan javascript yang tidak diperlukan.

3. Gambar Yang Tidak Terkompres Dengan Baik

Tidak ada yang salah menaruh gambar pada sebuah konten, malah memang diharuskan. Namun perlu diingat bahwa keberadaan gambar dan video tidak akan dianggap mengurangi kecepatan website, terkecuali apabila jumlahnya berlebihan.

Pemilihan ukuran gambar juga penting, tak perlulah mengupload gambar berkualitas tinggi untuk sebuah blog yang notabennya mengunggulkan kontennya. Jadi pastikan untuk me-risize terlebih dahulu sebelum di upload. Berkurangnya ukuran image, berarti berkurang juga waktu loading suatu website.

4. Kualitas Hosting Yang Digunakan

Faktor utama kecepatan suatu website adalah kualitas hosting yang digunakan suatu website. Pemilihan hosting yang baik akan membantu meningkatkan kecepatan memuat halaman di situs website.

Kenapa?

Seperti halnya menjalankan program di sebuah komputer, kecepatan aksesnya tergantung pada pada spesifikasi komputer yang dipakai. Seperti Komputer dengan mengunakan processor core i7 akan jauh mengungguli kecepatan akses komputer yang mengunakan teknologi processor core i3. Begitupun dengan RAM yang besar akan sangat mempengaruhi kinerja sebuah komputer lebih cepat lagi.

Sama halnya dengan hosting, Semakin besar kapasitas file sebuah website, maka semakin besar pula kinerja server. Semakin banyak pengunjung blog, semakin banyak juga bandwith yang terpakai.  Jadi jika data website yang tersimpan pada sebuah hosting lebih besar, maka semakin berat juga kinerja server yang mengakibatkan kecepatan website jadi lambat.

Pengoptimalan kode html bukanlah jalan keluar untuk mengatasi lambatnya kinerja website karena data yang terlalu besar atau membeludaknya pengunjung suatu website. Jalan satu-satunya adalah dengan upgrade server hosting sesuai dengan kebutuhan website.

Upgrade hosting berarti nambah biaya?

Memang begitulah! Website adalah sebuah investasi, semakin besar investasinya, semakin cepat kinerja servernya dan semakin besar pula potensi yang didapatkan dari setiap kunjungan suatu website.

Maka dari itu, memilih hosting yang berkualitas sebagai dasar membangun website atau blog professional adalah bagian penting untuk bisa sukses online di zaman sekarang ini. Saya sangat merekomendasikan layanan hosting DewaWeb sebagai layanan hosting terbaik di Indonesia

Mengapa Harus DewaWeb?

We make your website Secure, Fast And Reliable to help you succed Online!

Itulah gambaran umum yang membuat saya merekomendasikan Dewaweb sebagai pilihan hosting indonesia yang cocok bagi Anda yang ingin membangun sebuah blog atau website profesional yang secure, fast dan reliable.

Dengan dukungan server cloud hosting dengan hardware Intel Xeon Gold terbaru, Litespeed Cache dan berbagai teknologi optimasi terkini, sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan rangking SEO website Anda guna mengoptimalkan potensi penjualan bisnis online yang Anda miliki.

Untuk blog personal seperti blog saya, DewaWeb juga pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan yang membuat saya pada akhirnya melabuhkan pilihan saya dalam memilih tempat hosting yang nyaman untuk blog saya. Alasan saya memilih Dewaweb antara lain :

Baca Juga :  Sosok Pahlawan Yang Menjadi Inspirasiku, Kalau Kamu?

Harga Yang Relatif Terjangkau Dan Banyak Promo

Siapa sih yang tidak suka diskon dan promo? Pada awalnya saya masih betah berlama-lama dengan memakai blog gratisan di wordpress. Namun setelah melihat promo menarik dari DewaWeb yakni Promo Cloudhosting Diskon 18% Selamanya, saya mulai tertarik untuk mencoba hosting murah di sini.

Ini selamanya loh, promonya berlaku tidak hanya untuk pembayaran pertama saja, namun untuk tahun-tahun berikutnya saya masih mendapat promo ini. Namun saya tidak serta merta langsung mengambil promo tersebut, saya masih menimbang dan memilah hosting mana yang tepat untuk budget keuangan saya.

Sebagai pembeli yang baik, wajar dong? memilih yang murah dengan kualitas yang baik. Saya mencocokan dengan spesifikasi serupa, ternyata di tempat lain harganya jatuh lebih mahal dari pada di DewaWeb.

Tanpa promo pun, harga cloud hosting di DewaWeb masih lebih murah, apalagi ada promo seperti yang saya dapat. DewaWeb memang top banget deh.

Free Lifetime Domain Bagi Yang Hosting di DewaWeb

Saya kira harga promo yang saya dapat itu hanya berlaku untuk hostingnya saja. Ternyata dengan beli paket hosting di DewaWeb, otomatis mendapat domain gratis selamanya. Saya merasa diuntungkan 2 kali dengan kata “selamanya”.

Dulu saya pernah diceritakan oleh teman saya, kalau hosting sendiri itu ribet dan mahal. Udah sewa hosting pertahun, sewa domain, belum lagi perihal ribetnya redirect site dari blog wordpress ke blog domain yang baru.

Dan ternyata tidak semahal itu, untuk tahun pertama memang saya masih menggunakan redirect site agar traffick ke blog lama pindah ke blog yang baru. Namun setelah setahun, saya sudah tidak menggunakannya lagi. Jadi pengeluaran pertahun blog saya hanya tagihan sewa hosting saja dengan promo tersebut.

Free Secure SSL Dan Dukungan Optimasi Lainnya

Selain Domain gratis, saya juga mendapat Free SSL dari DewaWeb. Tau tidak apa itu SSL?

Menurut Wikipedia SSL itu kepanjangan dari Secure Socket Layer. Guna SSL itu untuk melindungi website kita dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat pada suatu website akan aman dari pencurian dan serangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Dewaweb memberikan pelayanan yang terbaik perihal kecepatan hosting. Dengan dukungan Free Unlimited Bandwidth, kita bisa menikmati kecepatan network untuk trafick dalam negeri maupun luar negeri tanpa limit. Jadi kita tidak perlu khawatir perihal pemakaian bandwidth.

Apalagi DewaWeb juga menggunakan webserver LiteSpeed Enterprise serta Module caching LiteSpeed Cache yang terbukti dapat meningkatkan kecepatan website berbasis WordPress, Drupal, Joomla dan sebagainya.

Dengan dukungan Litespeed Enterprise yang terbaru, Dewaweb juga menghadirkan protokol web generasi terbaru HTTP/2. HTTP/2 menggantikan protokol HTTP/1.1 dengan memperbaiki kelemahan protokol HTTP/1.1 dan membantu website agar bisa di-load lebih cepat dan aman.

Nyaman Dengan Layanan Ninja Support Online 24 Jam Tiap Hari

Hal yang membuat saya salut dan jatuh cinta sama DewaWeb adalah perihal pelayanan Ninja Support Online selama 24 jam tiap hari.

Saya sangat awam perihal blogger dan hosting. Disaat saya memutuskan untuk hosting, sebenarnya saya tidak mempunyai buku pegangan atau teman yang pernah punya pengalaman hosting di samping saya. Ini ceritanya saya nekat untuk hosting tanpa tau bagaimana prosesnya.

Saya beranikan diri untuk hosting, sembari meminta bantuan Ninja Support jam 9 malam. Karena saya tidak tahu apa-apa tentang prosesnya, saya dipandu oleh Ninja Support perlahan-lahan. Dari memulai install wordpress, menghubungkan dengan Cpanel, hingga menyambungkan blog wordpress lama ke wordpress yang baru.

Saya menulis cerita lengkapnya perihal migrasi saya ke hosting di artikel “Ternyata Migrasi Tak Semudah Membaca Artikelnya”. Saya sangat beruntung adanya Ninja Support yang setia dan sabar dalam membantu keluguan saya perihal hosting ini.

Saya merepotkan layanan Ninja Support dari pukul 9 malam hingga pukul 5 pagi hanya untuk migrasi blog lama ke hosting yang baru. Dan Alhamdulillah semuanya lancar berkat layanan DewaWeb yang sangat memuaskan dan profesional banget.

Nah bagaimana? Website yang memiliki akses kecepatan yang tinggi akan berdampak besar pada meningkatnya ranking SEO serta meningkatnya penjualan bisnis online Anda. Dan semua itu dimulai dari memilih hosting yang baik.

DewaWeb memberikan inovasi cloud hosting yang aman, cepat dan stabil dengan berbagai layanan dan fitur tercanggih serta terbaru, guna meningkatkan penjualan dan traffick website Anda secara optimal.

So, Are you ready to have the fastest website with DewaWeb ?

Advertisements
Share This :

6 Replies to “Pentingnya Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Meningkatkan Kecepatan Website”

  1. Saya belum pernah coba dewaweb tapi yang saya dengar mereka punya produk dan layanan yang bagus.

    Infrastruktur yang mereka gunakan saat CEO presentasi di wordpress camp Jakarta menyesuaikan dengan perkembangan SEO Google.

    Bisa dibilang kalau mau ngeblog dapet duit sekarang faster hosting kudu dan wajib digunakan.

    1. Benar sekali bang, faster hosting memang kudu digunakan. selain kita juga harus maksimalkan sendiri dengan tidak melebih-lebihkan gambar atau HTML yang bikin berat juga

  2. Dulu mas milih hosting ini baca review dari seluruh hosting
    Alhamdulillah gak rewel

    1. enggak juga sih, hahahaha
      Dulu milihnya sih karena hati udah mantap untuk milih, selain karena ada diskon juga
      Dan untuk ukuran blog dengan traffick diatas 1rb perhari dan artikel lebih dari 300 artikel, tentu memang harus milih yang benar-benar bagus mas.
      kalau masih dikit artikelnya, dan traffick dikit, hosting yang kapasitasnya rendah juga gak masalah kayaknya. dan tentu gak akan ribet juga

    2. ya Allah blognya mas udah 1000 sehari trafficnya??
      apalah saya paling 15-20an aja sehari
      masih remah” rengginang

  3. Kecepatan akses memang sangat penting, karena selain akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung hal tersebut juga berdampak pada SEO.

    Thanks sudah berkean berbagi.

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.