Sering Blogwalking Memang Menguntungkan Namun Juga Membahayakan

Manfaat dan dampak buruk blogwalking

Apa itu Blogwalking? Mungkin sebagian para blogger baru cukup asing dengan kata ini, biasanya Blogwalking itu disingkat dengan “BW” kalau di group-group facebook. Secara artian, blogwalking itu jalan-jalan ke blog orang lain.

Namun kalau diartikan menurut pendapat saya, Blogwalking adalah suatu kegiatan membaca blog orang lain, kemudian memberi saran atau komentar yang relevan dengan isi artikel. Tidak hanya sampai di sini saja sih, karena sejujurnya pemilik blog melakukan blogwalking ke blog orang lain dengan harapan mendapat kunjungan balik dari yang empunya blog tersebut.

Jadi tujuan sebenarnya dari kegiatan blogwalking ini bisa beraneka ragam, tergantung dari setiap individu. Saya membedakan typikal blogwalking ini menjadi beberapa type.

Ada yang memang hobi baca, jadi tujuan sebenarnya blogwalking hanya memang mengikuti kegemarannya membaca. Typikal ini tidak hanya sekedar membaca, namun kalau memang isinya menarik, mereka tidak segan-segan untuk share ke media sosial mereka.

Ada juga yang mencari referensi atau mencari idea konten yang akan diterbitkan di blognya. Seperti saya waktu masih sangat baru ngeblog, blogwalking adalah jalan satu-satunya menemukan ide konten kalau mengalami kebuntuan.

Selain itu, ada typikal blogwalking yang memang mengincar backlink atau lebih tepatnya “taruh jejak” dengan berkomentar asal-asalan di blog orang lain. Komentar yang diberikan biasanya berupa pesan singkat seperti “pertamax”, “nice info gan”, “bermanfaat sekali, terima kasih” dan lain sebagainya.

Beberapa Keuntungan Blogwalking Bagi Blog Kita

Manfaat Blogwalking

Instan Traffick Ke Blog

Tidak mudah mendatangkan pengunjung di blog, terlebih jika kita masih sangat baru di dunia blogger. Untung-untung kalau ada 1 sampai 10 pengunjung tiap harinya, bahkan saya pernah nol pengunjung loh selama beberapa hari dalam sebulan awal ngeblog.

Berharap mendapat kunjungan dari mesin pencari juga sangat sulit bagi blog baru, terlebih konten artikel kita hanya sebatas curhatan seperti blog ini pada awalnya. Dan jalan satu-satunya adalah dengan blogwalking ke blog orang lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bagi seorang blogger yang memiliki blog, blogwalking adalah jalan instan agar blog kita dikenal orang lain. Dengan blogwalking, kita akan mendapatkan kunjungan ke blog kita melalui jejak yang pernah kita tinggalkan ke blog orang lain.

Meskipun yang empunya blog yang kita beri komentar tidak tertarik mengunjungi blog kita melalui jejak yang kita pasang, besar kemungkinan pengunjung lain akan melihat blog kita melalui jejak tersebut.

Semakin kita sering blogwalking dan meninggalkan jejak, maka semakin banyak pula kunjungan ke blog kita dari jejak yang kita tinggalkan.

Meningkatkan Populeritas Blog di Mata Mesin Pencari

Untuk poin yang satu ini, saya hanya mengira-ngira bahwa efek dari seringnya kita blogwalking ke blog orang lain adalah perihal populeritas blog di mata mesin pencari.

Saya bisa menyimpulkan seperti itu karena awal blog ini mendapat banyak kunjungan dari mesin pencari, itu ketika saya mulai aktif blogwalking dan berkomentar di blog orang lain.

Dengan berkomentar di blog orang lain, itu sama saja kita membuat backlink menuju ke blog kita. Semakin banyak backlink maka semakin bagus buat blog kita. Namun kita juga harus hati-hati karena backlink yang tidak wajar dan backlink kualitas buruk juga bisa membuat blog kita ikutan buruk di mata mesin pencari.

Meningkatkan Domain Authority

Selain populeritas di mata mesin pencari, backlink juga dapat mendongkrak rate Domain Authority (DA) suatu blog.

Domain Authority adalah metric yang menjadi sebuah ukuran kepercayaan sebuah website berdasarkan rujukan dari mesin pencari. Semakin tinggi nilai Domain Authority suatu blog, maka mesin pencari akan merekomendasikan dan mempercayai kualitas blog tersebut.

Pernah saya bahas tentang Domain authority di artikel “Pengen dapet tawaran Job blogger, Penuhi 4 Syarat ini”. Domain authority merupakan standart ukuran yang digunakan oleh pihak Advertiser dalam mencari blog yang ingin ditanamkan sebuah backlink.

Karena blog dengan Domain Authority tinggi akan menghasilkan backlink yang berkualitas guna mendongkrak posisi sebuah website di mesin pencari dengan penargetan keyword tertentu.

Nambah Pertemanan di Dunia Maya

Kelebihan lainnya blogwalking adalah nambah pertemanan di dunia maya. Uniknya pertemanan di blog itu lebih seru dari pada di media sosial yang banyak didominasi oleh pencitraan saja.

Melalui blog, kita bisa saling sapa dengan saling berkomentar sebatas artikel yang dibahas. Yang dikomentari juga tak melulu soal status pendek ataupun gambar-gambar, melainkan konten dengan pembahasan yang lebih detail dan dengan gaya penulisan yang berbeda-beda.

Selain itu, ketika sudah sangat akrab, ada kalanya kita melakukan kopdar. Karena sering baca artikel dari blog tersebut, kita bisa menduga karakter dari authornya itu seperti apa. Rasanya menyenangkan saat pertama kali kopdar dengan salah satu teman blogger.

Dan jika memang beruntung, bagi blogger yang masih single, bisa saja ketemu jodohnya melalui kopdaran tersebut.  Sering loh kejadian seperti itu terjadi.

Dan jika kalian adalah seorang blogger single, tak salah deh? kamu coba kopdar-an dengan teman blogger lainnya, siapa tau kalau si dia single juga, hihihihihi.

Baca Juga :  Langkah-langkah Site Redirect Blog Wordpress Lama Ke Wordpress Self Hosted

Menambah Wawasan Dan Ilmu Baru

Keuntungan membaca adalah menambah pengetahuan, sama halnya dengan blogwalking yang juga bisa nambah wawasan kita akan suatu hal.

Semisal tentang cara penulisan, ilmu blogger, tips serta pengalaman hidup orang lain yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya, bisa kalian temukan dengan membaca artikel saat blogwalking.

Kebanyakan yang ditulis oleh blogger adalah kisah atau pengalamannya sendiri. Maka dari itu, membaca konten blog itu lebih bermanfaat dari pada membaca status mantan dengan pacar barunya. Trust me its work

Dampak Buruk Blogwalking Bagi Blog Kita

Dampak buruk blogwalking

Blogwalking memang sangat bermanfaat bagi sebuah blog, namun kita harus hati-hati dalam mencantumkan jejak di blog lain dan sebaliknya. Sebab blogwalking sendiri memiliki dampak buruk bagi blog kita.

Dampak buruknya antara lain :

Kesenangan Blogwalking Jadi Lupa Update Konten

Pertama kali saya mengenal Blogwalking dan menemukan beberapa kenalan lewat komentar-komentar di blog, Saya jadi sedikit ketagihan untuk terus blogwalking tiap harinya. Hingga akhirnya saya mendapatkan 1000 like dan 200 komentar (termasuk komentar pribadi) dalam waktu 2 bulan ngeblog.

Meskipun begitu, saya dulu tetap konsisten dalam update post, bahkan saya pernah menyelesaikan tantangan 30 hari menulis. Yang jadi kekhawatiran adalah saat ketagihan blogwalking justru malah lupa untuk update konten di blog sendiri.

Ada loh blogger yang niat banget naikin rate Domain Authority dengan berkomentar ke berbagai blog agar mendapat backlink  ke blognya. Dia juga sering bermain forum biar lebih banyak lagi mendapatkan backlink.

Namun dia lupa bahwa konten adalah raja, meskipun banyak backlink yang menuju ke blog kita kalau kontennya tidak cukup menarik bagi pembaca, maka blog kita tetap saja akan terabaikan dengan sendirinya.

Kadang saking asyiknya cari backlink untuk meningkatkan statistik di mesin pencari, kita jadi lupa untuk update konten di blog. Padahal mesin pencari itu sangat merekomendasikan blog yang terawat dan terus update.

Traffick Blog Turun Drastis

Sering blogwalking memang akan menaikkan traffick harian blog kita, karena tujuan blogwalking memang seperti itu. Yakni agar author blog yang sudah kita kunjungi, ikut berkunjung balik ke blog kita.

Namun taukah bahwa kegiatan seperti ini akan berujung pada batasan yang bernama “Kebosanan”. Yah setiap author blog pasti akan merasa jenuh kalau terus-terusan blogwalking.

Disaat kita aktif-aktifnya blogwalking ke blog-blog lain, traffick harian kita akan meningkat dengan tajam. Namun disaat kita sudah berhenti blogwalking, maka dengan sendirinya traffick blog kita juga akan menurun tajam.

Disitulah kelemahan blog yang trafficknya berasal dari dirrect, referal blog lain maupun dari share media sosial. Ada masa traffick naik sangat tajam karena update konten dan share media, namun dalam beberapa hari traffick akan kembali normal.

Berbeda jika traffick organik yang berasal dari search engine, kunjungan setiap hari akan lebih stabil, bahkan akan naik sedikit demi sedikit, tergantung posisi blog dengan keyword tertentu di mesin pencari.

Kebanyakan Broken Link Berasal Dari Komentar

Disaat ramadhan kemarin saya mendapat ilmu baru tentang Broken Link dari teman blogger. Bahwasannya broken link di blog kita itu harus diminimalisir. Tujuannya agar blog kita tidak dianggap sebagai spam karena banyaknya link yang mati di blog kita.

Untuk mengecek broken link, kalian bisa kunjungi website brokenlinkcheck.com. kalian cukup memasukkan alamat blog kalian dan tunggu hingga perhitungan link selesai. Pertama kali ngecek, link yang mati di blog saya hingga 3000 lebih link.

Ironisnya, setelah saya cek link yang mati, ternyata lebih banyak yang berasal dari komentar.

Kok bisa?

Hal ini dikarenakan teman blogger yang berkomentar di blog kita sudah tidak aktif blognya. Misalnya dulu pakai domain berbayar, kemudian tidak diperpanjang lagi. Maka otomatis link blog domainnya mati dan berimbas pada broken link di komentar yang pernah dia buat.

Selain itu, mengganti nama url blog juga bisa menjadi broken link di komentar yang di buat. Apalagi yang authornya memutuskan untuk menghapus blognya selamanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, jalan satu-satunya adalah dengan delete semua komentar dengan link blog mati tersebut.

Memang terlihat sedikit kejam dan dampaknya blog kita akan sepi dari komentar, namun apa boleh buat? Demi blog yang lebih baik kan?

Ada cara lain tidak?

Sebenarnya ada yang lebih mudah? Yakni dengan edit semua komentar yang mengandung link mati di blog. Dengan begitu komentar di blog masih tetap ada, namun tak ada link yang menuju blog si komentar.

Memang tidak mudah mengedit semua komentar yang masuk, apalagi jumlah komentar sudah mencapai ribuan. Saya sendiri juga menyelesaikan perbaikan broken link tersebut selama sebulan lebih. Saya edit satu demi satu komentar kalau ada waktu senggang.

Backlink Buruk Dari Blog Dengan Spam Score Tinggi

Tidak hanya link komentar yang tertanam di blog, kita memberi komentar di blog orang lain juga berimbas buruk ke blog kita. Kali ini saya alami sendiri setelah saya cek “Spam Score” pada blog ini.

Hasilnya sangat memprihatinkan, bahwa blog ini memiliki spam score yang buruk sekali, yakni 42 %. Normalnya spam score standart adalah dibawah nilai 8%. Setelah Saya cek dengan menggunakan Add On Moz di Google Chrome.

Baca Juga :  Problem Yang Mungkin Dihadapi Setelah Migrasi Ke Wordpress Self Hosted

Setelah mengetahui spam score blog ini tinggi, maka saya mempelajari link mana saja yang membuat blog saya mendapat spam score yang tinggi. Dan ternyata semua itu ulah dari satu komentar yang pernah saya buat di blog teman blogger lainnya.

Meskipun cuma satu komentar, namun duplicate linknya terbaca cukup banyak di webmaster tool. Sebenarnya menguntungkan juga sih mempunyai banyak backlink dari blog tersebut meskipun status Nofollow.

Namun yang menyebalkan adalah tidak hanya backlink saja yang saya dapatkan, namun spam score dari blog tersebut juga sangat mempengaruhi penurunan kualitas blog saya, terutama tingginya spam score yang blog saya miliki ini.

Untuk mengatasi hal ini, saya mencoba menghapus link yang terlanjur diindex oleh mesin pencari dengan menggunakan tool “Link Disavow” di Google Webmaster Tool. Intinya saya menolak atau menyangkal backlink dari situs tersebut.

Hasilnya belum saya ketahui sih, karena menyangkal link membutuhkan waktu 6 bulan, begitu yang pernah saya baca.

Tips Blogwalking Yang Aman Dan Baik Untuk SEO Blog

Tips Blogwalking Yang baik

Dari mempelajari manfaat serta dampak buruk blogwalking pada blog, maka kita harus lebih hati-hati dalam blogwalking. Terutama bagi kalian blogger baru yang menginginkan traffick dengan cara blogwalking.

Alih-alihnya ingin meninggalkan jejak, justru mesin pencari membacanya sebagai spam. Kan sangat disayangkan bukan?

Untuk itu, pelajari tips aman dalam blogwalking berikut :

Berilah Komentar Yang Relevan Dengan Isi Konten

Jangan asal komentar kalau belum tau isi kontennya, lebih baik dibaca dulu baru berkomentar.

Saya dulu sering begitu, baca setengah saja terus lihat komentar blog yang lainnya, kemudian tulis komentar untuk sekedar meninggalkan jejak atau memang saya ingin berinteraksi dengan author blog tersebut.

Tidak ada yang salah sih, cuma akan jauh lebih baik jika kita memberi komentar yang baik. Kalau bisa yang panjang sekalian.

Pernah loh artikel saya berada di posisi pertama mesin pencari untuk keyword “Rahkeid dragneel”. Padahal anchor text tersebut tidak saya bahas di judul maupun isi konten, hanya berada di akhiran artikel.

Hal ini dikarenakan oleh seorang teman blogger yang spoiler tentang cerita Rahkeid Dragneel di kolom komentar. Justru komentar panjang tersebut yang terindex dan menjadi pendongkrak artikel saya di posisi pertama search engine.

Selain itu, memberi komentar yang bijak dan menarik,  juga bisa menarik perhatian blogger lainnya saat baca-baca kemudian terhipnotis untuk mengunjungi profil gravatar dan blog kalian melalui komentar tersebut. 

Hindari Menggunakan Komentar Yang Sama di Blog Berbeda

Hal ini saya sering melihat para blogger di blogspot, alih-alih ingin menyebarkan link blognya, namun komentarnya berupa spam semua. Terkadang sangat singkat seperti “nice info gan”, “artikelnya keren mas” dan lain sebagainya.

Yang paling menyebalkan adalah berkomentar yang basi banget, kemudian memberi link hidup di akhiran komentarnya. Jika itu terjadi di blog ini, tetap saya ijinkan namun saya edit link hidupnya. Namun jika itu komentar seperti itu ada di blog blogspot saya, maka akan saya delete dengan segera.

Selain itu, ada juga blogger yang mengirim komentar ke berbagai blog dengan kata-kata yang sama. Biasanya ini author yang ikut lomba SEO, komentarnya hanya berupa copy-paste saja.

Kalau Perlu Buatlah Jejak di Blog Dengan Rank DA Yang Baik

Agar kualitas blog kalian meningkat, jangan hanya asal blogwalking saja. Namun carilah blog yang baik secara peringkat di mata search engine. Karena blog seperti itu akan mengangkat kualitas blog kalian, terutama blog dengan Domain Authority di atas 20.

Selain itu, ada yang merekomendasikan berkomentar pada niche blog yang sama. Kalau nichenya gado-gado seperti blog saya ini, lebih bebas untuk berkomentar ke blog apapun itu, hahahaha

Hindari Berkomentar di Blog Yang Tinggi Spam Scorenya

Terakhir, hindari berkomentar di blog yang tinggi spam scorenya, sebab itu akan berpengaruh juga pada blog kalian. Seperti blog saya ini, yang merupakan contoh blog yang memiliki spam score yang tinggi.

Jadi jangan sering komentar di mari yah, sebelum masalah spam score di blog ini kelar. hehehehe

Agar lebih mudah mengetahui nilai spam score suatu blog, pasang add on Moz di google chrome kalian. Tidak hanya menginformasikan tentang spam score saja, ada informasi tentang DA/PA juga jumlah link pada suatu blog.

Dengan begitu kalian bisa memilah kembali blog yang bagus untuk ditinggali jejak dengan melihat informasi pada mozbar tersebut. Jangan lupa cek juga broken linknya yah.

***

By the way, ini adalah artikel terpanjang yang pernah saya buat selama saya nulis di blog ini. Biasanya paling mentok 1500 kata, namun kali ini sudah melebihi 2000 kata.

Hal ini bisa jadi suatu kebanggan tersendiri, bukan karena isi dari artikelnya, melainkan jumlah katanya, hahahaha. Apapun itu, semoga dengan artikel ini, kita bisa blogwalking dengan bijak. Selamat mencoba.

…. Menuju Bahagia Dan Melampauinya ….

[AI]

Advertisements
Share This :

10 Replies to “Sering Blogwalking Memang Menguntungkan Namun Juga Membahayakan”

  1. Blogwalking itu silaturahmi. Betemu tuan rumah dengan berbagai karakter. Ada yang senyum, ada yang assalamualaikum lama gak dijawab. Ada yang cuek, ada juga yang just say hello.

    Tp yg jelas, silaturahmi itu kata nabi membawa banyak rejeki. Rejeki dalam bentuk apapun.

    Salam hangat, mas Nur.
    🙂

    1. Salam hangat mas, sangat inspiratif

  2. Saya jarang blogwalking, walaupun sebenarnya juga buka buka blog teman obrolin, entahlah karena kurang ahli dalam merangkai kata dalam mengisi komentar atau memang suka baca doank tanpa menjejak di kolom.

    Makanya blog saya sepi yang komen hahahahaha

    1. Lebih baik gitu mas, saya juga akhir2 ini jarang berkomentar, kalau berkunjung masih tetep kok, jadi silent reader

  3. “Kebanyakan Broken Link Berasal Dari Komentar”

    Wah, bahkan ada postingan re-blog di blog saya yang sekarang link-nya sudah gak aktif.. Jadi mending dihapus ya??

    Terus kalau kita pernah buat artikel dan mencantumkan link, tapi sekarang link-nya mati sebaiknya diedit ya? Kok PR banget ya, wkwk..

    1. hehehehe,
      entahlah mas, saya juga edit semua brokenlink yang ada.
      malah lebih parah blog di blogspot, semenjak dihilangkan google plus, komentar yang menggunakan google plus, otomatis jadi broken link

  4. perasaan aku sering bw tapi ga dpt baclink tuh mas pdhal aku pake url. haha.

    klo aku backlink lebih ke cari inspirasi sama lihat cara pikir sama cara pandang blogger lain sih. mereka lebih fokus ke apa sih gitu.. 😀

    1. Ada kok, coba aja cek pakai moz atau pakai web master tool

  5. Setuju mas… saya juga waktu dulu semangat2 nya blogwalking traffic blog langsung naik drastis.. tapi pas lagi malas2nya malah turun drastis… hhhahaha

  6. Baru tau ternyata harus blogwalking, padahal udah setengah tahun ngeblog, ga heran visitornya dikit walau rajin update

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.