Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi dan vitamin sangat penting bagi ibu hamil, salah satunya berasal dari asam folat. Sehingga tidak mengherankan bahwa banyak manfaat yang diberikan membuat pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil.

Asam folat dapat dikonsumsi oleh ibu hamil baik saat akan merencanakan kehamilan atau sudah dalam masa kehamian. Hal ini dikarenakan asam folat sama-sama memberi manfaat dalam dua masa tersebut.

Apa Pentingnya Asam Folat?

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh ibu hamil memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru serta mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan tumbuhnya kanker. Asam folat dapat dikatakan sebagai bentuk sintesis dari vitamin B9 yang juga disebut folat.

Pentingnya asam folat bagi ibu hamil bahkan menjadi salah satu alasan mengapa semua produk susu hamil menyertakan keunggulan asam folat dalam kandungan susu mereka. Sehingga tak memungkiri bahwa asam folat memang memberi manfaat baik bagi ibu hamil.

Asam folat ini bisa ditemukan seperti dalam makanan kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, apsaragus, bit, hati, kubis, brokoli dan bayam. Ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Mengonsumsi asam folat sebaiknya segera dilakukan sebelum Anda berencana untuk hamil. Pada saat hamil para calon ibu mengonsumsi asam folat sebanyak 600 mikrogram, dan ketika menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Source image by guesehat.com

Nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil menjadi perhatian utama dalam masa kehamilan. Salah satu manfaat asam folat adalah dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang si buah hati Anda nantinya.

Manfaat paling utama yang diberikan asam folat bagi ibu hamil adalah mampu menstabilkan kondisi psikologis. Kondisi ini berpengaruh pada stabilnya hormon tubuh ibu hamil yang juga memengaruhi proses tumbuh kembang janin, itulah sebabnya para ibu perlu terhindar dari stres dan depresi.

Baca Juga :  Menggalang Dana Untuk Anak Indonesia

Itulah alasan mengapa banyak produk susu ibu hamil yang mengandung asam folat yang memiliki beragam manfaat baik bagi ibu yang akan merencanakan dan sudah hamil. Meski demikian, konsumsi asam folat juga harus sesuai dengan kebutuhan Anda seperti

Advertisements
Share This :