Pengalaman Pertama Belanja Online di Shopee

Promo Belanja online di shopee

Belanja Online sebenarnya bukan kali pertama buat saya. Bahkan saya sudah beberapa kali melakukan pembelian secara online sebelum terkenalnya marketplace semacam tokopedia, bukalapak dan kawan-kawannya.

Sebelumnya, saya pernah jadi member multilevel semacam oriflame dan Tiens. Jadi transaksi secara online bukan hal yang rumit bagi saya.

Banyak alasan sih kenapa saya lebih suka berbelanja secara online dari pada beli langsung ke tempat perbelanjaan. Salah satu alasan terpenting adalah saya tidak bisa menawar barang.

Ironis sih, dibilang orang desa namun tidak bisa nawar. Apalagi yang jualan kebetulan cewek, berkulit putih, manis lagi. Berapapun harga produk yang ditawarkan, langsung saya bayar, hahahaha.

Memang benar bahwa belanja online itu terkadang menjadi sebuah candu. Melihat banyak promo menarik dan kebetulan baru gajian, rasanya tangan saya gatal ingin scroll-scroll semua produk di aplikasi marketplace belanja online. Yang paling sering saya lirik adalah marketplace Lazada.

Padahal banyak marketplace belanja online yang ada, namun saya sudah terbiasa membeli produk online di Lazada. Enggak tau sih alasannya kenapa? Namun menurut saya, ada banyak produk yang menarik di aplikasi Lazada ini. Selain produknya, ongkos kirimnya juga lumayan murah menurut saya dibanding yang lain.

Saya juga pernah belanja online di Bukalapak dan Tokopedia, namun setelah saya kalkulasi dan bandingkan secara seksama, belanja di Lazada masih lebih menyenangkan dan saya jarang kecewa akan produk-produk yang saya beli.

Namun beberapa hari yang lalu, kakak saya meminta tolong untuk membelikan produk soft case smartphone Sony di Shopee. Jujur saya belum pernah belanja di sana, padahal promonya Shopee itu gila-gilaan loh yah kalau lihat di iklannya.

Pernah sih install aplikasi Shopee ini sebelumnya, yakni saat yang jadi bintang iklannya itu si Black Pink. Saya tertarik tentang promo gratis ongkirnya. Setelah saya install, saya binggung “Kok tidak ada gratis ongkirnya”. Akhirnya saya tidak jadi membeli dan otomatis uninstall aplikasi.

Baca Juga :  Pentingnya Musik Bagi Kehidupan

Nah kemarin, karena permintaan kakak, akhirnya saya install lagi aplikasi Shopee nya. Saya masukkan produk pilihannya dan check-out. Lagi-lagi saya bertanya-tanya “Mana nih gratis ongkirnya”. Saya sempat berpikiran “Apakah harus belanja di atas 100 ribu” dulu.

Akhirnya, sebelum saya bayar tagihannya, saya tanya dulu pada teman sekantor yang selalu membeli barang online melalui aplikasi Shopee ini.

Eh ternyata! Pakai Shopee banyak untungnya. Berikut saya jelaskan beberapa keuntungan belanja online pakai Shopee menurut pengalaman pertama saya.

Klaim Voucher Dulu, Baru Dapat Gratis Ongkirnya

Belanja online di shopee

Karena sudah terbiasa menggunakan marketplace Lazada, saya pikir bahwa voucher gratis ongkir hanya berlaku untuk pembelian diatas 100 ribu saja. Kalau sistemnya seperti itu, biaya ongkos kirim jelas lebih murah di Lazada.

Namun setelah mengetahui voucher gratis ongkir itu harus di klaim terlebih dahulu, Saya jadi lebih menyukai belanja online di Shopee. Sebab voucher gratis ongkirnya tidak ada batasan pembelian minimumnya.

Seperti kemarin, saat membelikan soft case Sony permintaan kakak seharga 32.000, saya hanya bayar sebesar nominal tersebut. Meyenangkan sekali.

Bisa Masukin Dua Voucher Sekaligus Dalam Satu Pembelian

Tidak hanya soal voucher gratis ongkir saja, ternyata penggunaan voucher di Shopee bisa digabungkan dengan voucher yang lainnya. Jadi dalam satu pembelian produk di Shopee, kita bisa memasukkan dua voucher sekaligus.

Ada 3 jenis voucher yang tersedia di Shopee, yakni voucher gratis ongkir, voucher cashback dan voucher pulsa dan tagihan (listrik, tiket pesawat, dll). Kita bisa menggabungkan maksimal 2 voucher sekaligus dalam satu tagihan pembelian.

Jadi kita akan mendapat keuntungan berupa gratis ongkir dan cashback. Untuk voucher cashback, memang kita tidak mendapat kembalian uang dari pembelian yang kita lakukan, namun pengembaliannya berupa koin Shopee yang bisa kita gunakan untuk pembelian selanjutnya.

Baca Juga :  8 Hal Yang Akan Kalian Alami Saat Pertama Kali Mempunyai Anak

Ada Koin Shopee Yang Bisa Dibuat Bayar Tagihan

Koin Shopee nantinya bisa kita gunakan untuk pembelian selanjutnya. Besarnya koin Shopee senilai dengan besarnya nilai rupiah, 1 koin Shopee senilai dengan 1 rupiah.

Pembayaran tagihan pulsa atau lainnya juga dapat dimaksimalkan dengan memasukkan voucher tagihan. Kita akan mendapat cashback berupa koin Shopee untuk setiap pembayaran dengan kode voucher di dalamnya.

Kan untung banget, dapat cashback di setiap pembelian dan pembayaran yang kita lakukan di Shopee. Meskipun hanya berupa koin, namun koin tersebut bisa digunakan kembali dipembelian selanjutnya.

Nantinya, Kita dapat memasukkan 2 voucher sekaligus (gratis ongkir dan cashback) serta terdapat potongan dari besarnya koin Shopee yang sudah kita kumpulkan sebelumnya. Dengan begitu nilai tagihan yang akan kita bayarkan jadi semakin murah.

Yah begitu lah pengalaman pertama saya belanja di marketplace Shopee. Hanya saja ada beberapa fitur yang menjengkelkan, seperti fitur pencarian produk. Menurut saya pribadi, filter pencarian di Shopee kurang begitu memuaskan.

Seperti disaat saya cari produk dengan mengetik keyword sebanyak 3-4 kata, banyak produk yang tidak ada kaitannya muncul, namun justru produk yang saya cari malah tidak muncul di laman pencarian.

Lucunya, saya justru menemukan produk yang saya inginkan di Shopee dengan mencarinya melalui search engine google, padahal dengan keyword kata yang sama. Ah entahlah, yang penting Shopee cukup memuaskan saya beberapa minggu ini.

Kalau kalian, pernah belanja online di Shopee tidak? Bisa banget diceritakan pengalamannya di kolom komentar. Atau kalian punya saran marketplace mana lagi yang menurut kalian lebih menguntungkan. Yuk share di sini.

#Menuju Bahagia dan Melampauinya

[AI]

Advertisements
Share This :

8 Replies to “Pengalaman Pertama Belanja Online di Shopee”

  1. Waaaah mas nuuur aku tiap belanja kebutuhan bayi pasti di Shopee, lebih murah dibandingin di toko. Oiya mas nur,aku pindah kesini,blog lama ku dah gak ada, mohon follow nya ya mas..makasih banyak mas nur.. 🙏🙏

    1. Siap kakak

    2. Follownya dimana, gak ada tombol follow (aku buka di desktop)

    3. Tenang aja mbak, pasti di follow, lha wong yang jualan produk berbayar saja asal kulit putih mulus dan manis akan dibayar gak pake nawar, apalagi kalau cuma request follow dari wanita imut cantik, walah garansi di follow one hundred percent

    4. Hahahaa sama bro, saya mau follow nyari nyari tombolnya kagak ketemu ketemu. Unik jga nih blognya orang farmasi 😀

    5. Wakakakak bisa aeee… eh itu tombol naronya dimana sih biar bisa di follow, aku gak paham

  2. kalau aku lebih seringnya ke yang ijo, daripada shopee. hehehe

    1. Kenapa?
      Kan Shopee bintang iklannya BlackPink loh kak 😀

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.