Pengganti Laptop Untuk Blogger, Murah Dan Fleksibel

Pengganti Laptop Untuk Blogger, Murah Dan Fleksibel

Senjata utama seorang blogger tak lain adalah sebuah komputer desktop atau laptop untuk bisa menulis konten artikelnya. Meskipun punya banyak ide di kepala, namun jika tidak memiliki media untuk menulisnya juga percuma.

Seperti halnya saya yang selama ini mengandalkan komputer kantor untuk menulis semua artikel di blog ini. Alhasil saya hanya bisa menulis ide-ide di kepala disaat saya sedang bekerja (waktu senggang saat di kantor).

Sebenarnya saya juga punya netbook lama punyanya istri di rumah, namun saya jarang sekali memakainya untuk menulis konten. Hanya diwaktu mendesak, seperti saat ada tugas mengetik dengan deadline yang mengharuskan saya menulis di rumah.

Kondisi netbooknya juga cukup memprihatinkan. Dari keyboard on-boardnya yang saya non fungsikan dan harus menggunakan tambahan keyboard usb untuk alat mengetiknya. Serta kondisi baterai netbook yang sudah lama soak (tidak bisa mengisi daya) yang pada akhirnya saya malas untuk membawanya ke luar rumah.

Menulis di rumah juga sedikit lebih ribet. Selain tidak bisa akses intenet sebagai referensi cari bahan atau tambahan informasi berhubungan dengan konten yang hendak saya tulis. Juga gangguan dari anak-anak membuat saya tidak bisa leluasa dalam menulis. Biasanya saya mensiasati menulis kontennya disaat mereka berdua (anak saya) tertidur.

Tentu jam tidur anak saya tidak bisa selalu tepat, apalagi si bungsu yang tidurnya sering larut di atas jam 10 malam. Dan mengetik sambil begadang seperti itu tentu bukan hal baik bagi saya apalagi besoknya saya berangkat pagi sekali untuk bekerja.

Dalam artikel resolusi tahun 2019 yang pernah saya tulis sebelumnya. Saya menyebutkan bahwa ada beberapa keinginan yang ingin sekali saya wujudkan di tahun 2019. Bukan mewajibkan di tahun ini semua sih, Namun dimulai dari tahun 2019 ini, saya ingin mewujudkan keinginan-keinginan tersebut hingga tahun-tahun berikutnya. Dan keinginan pertama saya adalah memiliki laptop baru.

Ternyata bukan hal mudah untuk mewujudkan hal tersebut, mengingat pendapatan yang pas-pasan serta kebutuhan lain keluarga yang kadang tidak sedikit jumlahnya. Saya berusaha menabung secara khusus untuk mewujudkan keinginan saya tersebut dari hasil pekerjaan lain selain dari  gaji yang saya peroleh perbulannya.

Baca Juga :  Tentang Persinggahan Sementara

Dalam setahun ini sebenarnya kalau dihitung-hitung saya bisa membeli sebuah laptop, namun uang tabungan khusus itu akhirnya saya gunakan untuk hal lain yang lebih penting dan mendesak. Hingga akhirnya, tabungan saya berkali-kali menipis bahkan pernah terkuras habis, hahaha.

Namun pada akhirnya, saya sudah tidak menginginkan untuk membeli laptop lagi. Karena ada cara yang lebih praktis dan ekonomis untuk saat ini. Yakni dengan memanfaatkan barang yang sudah ada dan membeli beberapa alat tambahan yang 20 kali lipat lebih murah dari pada membeli laptop bekas.

Modifikasi Tablet Dengan Menambahkan Keyboard Mini

Pengganti Laptop Untuk Blogger, Murah Dan Fleksibel
Menulis sembari menunggu orderan ojek online

Yah dengan cara itu saya bisa mengakali pengeluaran membeli laptop hingga 20 kali lipat.

Di pertengahan tahun 2018, saya membeli sebuah gadget Samsung Galaxy Tab 2 untuk anak saya. Sebenarnya tidak bagus juga sih memberikan fasilitas gadget di umur anak yang baru menginjak umur 6 tahun di bulan oktober ini. Namun rasanya tidak adil juga tidak memperbolehkan anak main gadget sementara orang tuanya juga sering main gadget untuk hiburan. Cuma saya memberi batasan untuk pemakaian gadget ini.

Awalnya saya tidak kepikiran untuk menggunakan cara tersebut, namun gara-gara saya share hobi ngeblog saya serta keinginan saya akan laptop kesalah satu teman sesama driver ojek online. Akhirnya teman saya ini memberikan saran untuk menulis disela-sela nge-gojek melalui smartphone. Pernah sih mengunakan cara tersebut dan saya jelaskan kepada teman saya bahwa nulis di smartphone itu capek banget. Karena alasan itulah saya tidak menggunakan cara tersebut.

Kenapa tidak pakai keyboard mini buat smartphone aja? Kata teman saya. Dan dari pertanyaan itulah akhirnya ide ini terlahir, terlebih di rumah juga ada tablet yang nganggur.

Baca Juga :  Jika Kamu Masih Jomblo, Tenang!, Di Jepang Sudah Ada Teknologi Untuk Mengatasi Kejombloan
casing keyboard mini untuk samsung galixy tab 2
Source image : Shopee

Akhirnya saya mulai cek harga keyboard mini untuk tablet di marketplace semacam shopee dan Lazada. Dan kebetulan di aplikasi Shopee terdapat banyak promo bebas ongkir.

Banyak variasi produknya sih, namun saya lebih tertarik dengan produk casing plus keyboard untuk tablet. Harganya lumayan sih, namun jauh lebih murah dari pada membeli laptop. Saya diuntungkan lagi dengan adanya promo bebas ongkir dari Shopee padahal produknya dikirim dari luar negeri.

Saya tunggu hingga beberapa hari dan akhirnya produknya tiba dengan selamat. Dengan sangat antusias langsung saya coba, ternyata saya lupa bahwa port usb samsung galaxy tab 2 tidak menggunakan micro usb pada umumnya. Akhirnya tidak kepakai deh produknya.

Saya cari lagi casing keyboard seperti ini yang mengggunakan port usb 30 pin untuk galaxy tab 2, dan ternyata saya tidak menemukannya. Saya tidak putus asa, akhirnya saya cari alternatif lain seperti penambahan usb hub dan otg.

Hal pertama yang saya cari adalah produk OTG samsung galaxy tab2, namun saya tidak menemukan otg samsung galaxy tab 2 yang menggunakan micro usb female. Kebanyakan sih outputnya menggunakan port usb biasa yang berukuran besar.

Tidak kekurangan akal lagi, saya cari lagi penambahan usb adaptor yang menghubungkan kabel OTG dan micro usb keyboard, dan alhamdulillah saya menemukannya. Total harga dari OTG dan adapter konveter tadi menghabiskan kurang dari 20 ribu. Tanpa ongkos kirim serta terdapat pengurangan harga karena saya mengkonversikan poin Shopee dalam pembelian ini.

Saya menunggu produknya datang lumayan lama, karena kedua barang ini dikirim dari luar negeri juga. Setelah barang sampai, langsung saya coba.

Dan akhirnya…. Perjuangan saya tidak sia-sia. Meskipun tidak minimalis karena banyaknya sambungan kabel, setidaknya saya bisa ngetik sambil ngopi di tempat kopi maupun disaat saya sedang menunggu orderan ojek online.

Meskipun dengan adanya laptop ala kadarnya seperti ini, saya tidak menjanjikan lebih konsisten dalam mengisi artikel di blog ini hahahaha. Namun keinginan untuk membeli laptop baru tetap menjadi impian yang ingin sekalis aya wujudkan suatu hari nanti.

Kalau kalian bagaimana? Punya pengalaman serupa tidak? Atau ada tips lain mungkin. Yuk share di kolom komentar.

#Menuju Bahagia Dan Melampauinya

[AI]

Advertisements
Share This :

3 Replies to “Pengganti Laptop Untuk Blogger, Murah Dan Fleksibel”

  1. Saya juga samaaaa, beberapa waktu lalu beli tablet, dan sekarang lagi berencana beli keyboard bluetooth. Tapi laptop tetep harus ada, buat ngedesain soalnya…. tapi setidaknya sekarang kalau untuk keperluan ngetik dan semacamnya sangat tercukupi sama Galaxy Tab🥰

  2. Ya memang ribet bet bet bet kalau gak pakai komputer setiap menulis. Pernah di satu waktu aku bisa stress karena kepala rasanya akan meledak. Banyak hal yang memenuhi kepala dan tidak bisa disalurkan. Karena tahu betapa pentingnya laptop buat saya, saya pun puasa beli buku selama 3 bulan dan pinjam sedikit dari orang tua. Baru bisa beli.

    Selamat, njenengan sudah berhasil mengakalinya. Salam

  3. Selamat duit yang begituan bang? Saya pengen deh dibeliin gituan. Hiliih siapa guee?! Hahahaa🤣

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.