Apa Yang Dirasakan Saat Berselingkuh?

Pernikahan merupakan babak baru bagi kedua insan yang sedang dimabuk asmara. Tidak hanya untuk menguatkan ikatan cinta keduanya, menikah juga bertujuan untuk meneruskan garis keturunan keluarga.

Menikah itu bak “roller-coster” naik turun, tenang bergejolak, kekanan dan kekiri silih berganti. Makanya hubungan pernikahan harus memiliki pondasi yang kuat saat memulainya agar tidak mudah goyah.

Tidak hanya soal cinta, kesetiaan juga merupakan pondasi dasar untuk membangun hubungan pernikahan yang langgeng. Karena salah satu penyebab hancurnya sebuah ikatan pernikahan adalah ketidaksetiaan itu sendiri.

Cinta mungkin saja masih bergetar di hati kedua insan, namun untuk tidak setia, banyak hal yang bisa menyebabkan proses itu terjadi. Sebut saja sebuah perselingkuhan.

Kebanyakan orang akan mengatakan bahwa orang yang berselingkuh itu biadab dan tidak tau malu. Berani mengingkari janji suci dan menghianati sebuah kesetiaan pasangannya.

Namun sebelum menjudge seperti itu, tau kah kalian apa yang dirasakan seseorang yang memutuskan untuk selingkuh?

Pernahkah kalian bertanya apa yang membuat dia mencoba untuk selingkuh?

Masalah seperti apa yang mengharuskan dia berselingkuh?

Proses Sebuah Perselingkuhan

Sumber gambar dari Tribunnews.com

Saya tidak bisa menggambarkan seberapa besar rasa cinta saya terhadap istri. Yang jelas setelah menikah selama 7 tahun, saya memahami bahwa rasa cinta yang saya rasakan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata “ I Love You ” maupun “ I Miss You ”. Kata tersebut terlalu dangkal menggambarkan perasaan saya terhadapnya.

Meskipun begitu, ada saja sebuah godaan yang membuat saya goyah.

Ceritanya, saya tidak pernah menyangka bahwa hal ini bisa terjadi kepada saya. Dia tiba-tiba menjadi kenalan saya dan saya juga tau status dia itu seperti apa. Tidak ada yang special sebenarnya dan saya juga tidak memiliki perasaan apa-apa kepadanya.

Namun tiba-tiba dia datang begitu saja. Saya tidak tau alasanya kenapa, tiba-tiba saya  mengantarnya menggunakan motor saya, karena kebetulan arahnya sama dengan tujuan saya.

Namun entah saya atau dia yang salah memahami situasinya, semua berawal dari pelukan dia saat berkendara. Awalnya risih, namun lama-kelamaan saya juga menikmatinya. Ada rasa was-was dalam hati, antara rasa takut juga rasa bersalah.

Saya sadar apa yang saya rasakan dan saya lakukan ini salah, namun saya juga tidak bisa menghindarinya. Entah saya yang bodoh atau memang pikiran bawah sadar saya yang mulai menggoyahkan kesetiaan saya.

Bahkan dalam perjalananpun saya bertemu dengan salah satu teman saya saat berboncengan berdua dengannya. Saya gerogi dan cemas sebenarnya, namun teman saya diam saja hingga saya mulai merasa “ah ini tidak apa-apa kah?”.

Ternyata selingkuh itu bikin kecanduan. Tidak hanya jalan berdua di kendaraan, saya semakin berani melakukan hal yang tidak sewajarnya. Mulai dari ciuman hingga hal yang diluar nalar lainnya. Namun saya sadar untuk tidak melakukan hal yang paling menakutkan dari sebuah perselingkuhan, yakni hubungan antara pria dewasa dan wanita dewasa, You Know lah.

Pada akhirnya saya sedikit menyesal dan kesal sendiri dengan diri saya. Karena takut jadi bahan pikiran, akhirnya saya mencoba memberanikan diri menceritakan kepada istri.

Tau tidak apa reaksi istri saat mendengarnya?

Dia malah ketawa dan memukul-mukul saya saat mendengar cerita mimpi saya tadi malam. Dia mencubit dengan manja lekukan perut saya yang agak gendutan, sembari mengatakan “Awas kalau berani dikehidupan nyata, tak potong dan tak goreng “anu”nya mas”.

Baca Juga :  Dalam Menunggu, Sabar Saja Tidak Cukup

Ah, saya jadi ngeri membayangkan “anu” saya dikebiri dan digoreng. Siapa coba yang mau ngincipi kalau udah digoreng, hahahaha.

#Note : Cerita tadi cuma mimpi loh gaes, tidak terjadi di dunia nyata. Dan semoga tidak pernah terjadi, Amiin.

Bagaimana Perselingkuhan Bisa Terjadi

Source image by ratudrama.com

Dari pengalaman saya berselingkuh (meskipun dalam mimpi), ada hal yang harus diketahui bahwa perselingkuhan itu bukan suatu yang bisa disengaja. Terlebih jika seseorang (yang selingkuh) itu dikehidupan sehari-harinya dikenal orang yang baik juga rajin beribadah.

Jangan beranggapan bahwa laki-laki yang selingkuh itu tidak kuat imannya sedangkan laki-laki yang rajin beribadah terbebas dari perselingkuhan. Kalau kalian mengira seperti itu, kalian salah banget.

Coba deh tengok, bagaimana proses poligami itu terjadi? Bukankah proses poligami juga berawal dari ketidaksetiaan pasangannya, yang berarti juga ada proses perselingkuhan. Apakah yang poligami itu juga tidak kuat perihal keimanannya?

Tapi kan poligami diperbolehkan?

Iya, memang diperbolehkan. Namun apakah ada wanita yang mau dipoligami begitu saja? Kalau ada, dia adalah wanita yang luar biasa. Kebanyakan sih, wanita itu terpaksa mengizinkan setelah mengetahui suaminya sudah menikah secara sirih wanita keduanya. Benar tidak?

Ya tidak semua benar sih, namun yang saya yakini, tidak semua perselingkuhan itu didasari dari niat pelakunya. Namun ada beberapa proses perselingkuhan yang terjadi begitu saja, tanpa ada niat namun kehidupan yang mempertemukan mereka dan memupuk rasa keduanya.

Bukan masalah rasa yang yang salah, namun yang kita bicarakan adalah soal cinta. Cinta merupakan hak setiap manusia, dan rasa itu hadir dengan sendirinya.

Dari beberapa cerita dan pengalaman saat bermimpi selingkuh itu, saya menyimpulkan bahwa perselingkuhan yang terjadi bisa dikarenakan oleh :

1. Rasa Kasihan

Banyak yang beralasan demikian bahwa rasa cinta hadir karena rasa kasihan. Seperti kasihan melihat wanita itu telah menjanda sedangkan anak-anaknya masih sangat kecil. Atau bisa saja kasihan melihat dia diperlakukan secara kasar oleh suaminya, hingga kasihan dan ingin menolongnya sehingga terjadi proses perselingkuhan. Dan sebagainya

2. Rasa Penasaran

Selain rasa kasihan, penasaran adalah suatu hal yang bisa menumbuhkan rasa cinta dalam dada. Kebanyakan dari orang yang mencoba untuk selingkuh, biasanya didasari oleh rasa penasaran terhadap seseorang. Biasanya sih penasaran dengan kebaikan ataupun keunikan karakter seseorang.

3. Seringnya Sebuah Pertemuan

Witing Tresno jalaran soko kulino”. Cinlok tidak hanya terjadi pada wanita single dan laki-laki single saja. Wanita atau pria yang sudah berpasangan juga bisa cinlok untuk kedua kalinya dengan orang lain. Semua itu karena “kulino”, awalnya sudah terbiasa hingga menjadi kebiasaan. Hal ini yang bisa menumbuhkan chemistry yang bisa berujung menjadi sebuah perselingkuhan.

4. Kesempatan dan Kemauan

Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelaku, melainkan karena ada kesempatan dan kemauan” hal ini juga berlaku pada kasus perselingkuhan. Selain adanya kesempatan, kemauan pelaku juga sangat berperan terjadinya perselingkuhan antara kedua insan.

5. Problem Rumah Tangga

Selain faktor-faktor di atas, ada beberapa kasus perselingkuhan yang dikarenakan ada sebuah problem besar di keluarganya. Entah pasangan sering cekcok di rumah atau problem lain di kehidupan berumah tangganya.

Karena kehidupan keluarganya yang kurang nyaman, hingga akhirnya dia mencari kenyamanan lain di luar. Disaat dia menemukan kenyamanan di luar sana, di situlah muncul pemberontakan hati untuk melakukan perselingkuhan.

Baca Juga :  Ternyata Mengcover Tugas Ibu Rumah Tangga Itu Tidaklah Mudah

Yang Dirasakan Saat Perselingkuhan Terjadi

Source image by stocksnap.io

Pernahkah kalian bertanya “bagaimana sih rasanya selingkuh itu?

Biar kalian tahu rasanya, akan saya jawab sesuai pengalaman saya, meskipun yang saya rasakan itu hanya perselingkuhan dalam semalam, wkwkwkw.

1. Rasa Takut Dan Was-was

Meskipun hanya mimpi, saya merasakan ada rasa takut dan was-was. Takut memberi rasa kecewa istri, juga takut akan dosa itu sendiri.

Namanya juga selingkuh, yang mana tindakan yang dilakukan secara diam-diam tanpa sepengatuhan orang lain yang kita kenal. Namun karena tindakan ini termasuk terlarang, jadi kebanyakan perselingkuhan itu dirahasiakan dan sembunyi-sembunyi.

Tentu untuk melakukan perselingkuhan, kita harus sembunyi-sembunyi agar tidak ketahuan. Disitulah tidak enaknya proses perselingkuhan. Selain was-was takut ketahuan, kalian juga tidak akan bebas melakukannya.

2. Rasa Senang Yang Sementara

Kalau ada orang yang mengatakan bahwa selingkuh itu indah. Itu mungkin saja benar, namun sepertinya hanya indah untuk waktu yang sementara.

Kalian tidak akan bisa menikmatinya terus-terusan, sebab semua itu akan terbongkar cepat atau lambat. Indahnya itu di awal saat proses perselingkuhan, yang beratnya tuh setelah ketahuan.

Berat saat menghadapi kehancuran rumah tangga kalian, atau beratnya kalau si dia meminta pertanggungjawaban. Selain itu, dampak buruk lainnya juga bisa kalian nikmati belakangan, entah dikeroyok keluarga besar, dikeroyok keluarga selingkuhan ataupun digerebek saat terciduk berduaan.

Belum lagi mata jahat orang sekitar yang melihat kalian ketika isu perselingkuhan itu terjadi. Selain akan dikucilkan, kalian juga di cap oleh masyarakat sekitar. Itu masih di dunia loh, belum di akhirat nanti, wkwkwkwk.

Nah loh, jadi berpikir dua kali kan? kalau mau selingkuh.

Salahkah Sebuah Perselingkuhan?

Source image by Stocksnap.io

Kalau dilihat dari pandangan masyarakat umum, tentu saja perselingkuhan itu salah banget. Apalagi jika melihat orang yang doyan sekali selingkuh, huft banget.

Namun tau kah kalian bahwa Allah itu Maha membolak balikkan hati. Perselingkuhan memang salah, namun kita tidak bisa menyalahkan orangnya. Terlebih menghukum dan men-judge selayak Tuhan.

Hubungan rumah tangga itu rumit banget, setiap kehidupan berumah tangga memilki tingkatan ujian sendiri-sendiri. Dan katanya, disetiap kita lulus dalam ujian pertama, kita akan mendapat hikmah dari ujian tersebut. Kemudian kita lanjut di ujian kedua dan mendapat hikmah dari ujian kedua itu setelah menyelesaikannya. Begitu seterusnya.

Ujian setiap keluarga juga berbeda-beda. Ada yang diuji kehidupan ekonominya (kemiskinan), ada pula yang diuji kekayaannya. Ada yang diuji oleh jabatan dan ada pula yang diuji tentang hubungan.

Bagaimana jika “perselingkuhan” itu juga merupakan ujian dalam berumah tangga? Terus masih menyalahkan dia yang berselingkuh?

Bagaimana kalau perselingkuhan itu pula yang jadi pembelajaran serta hikmah disaat menyelesaikan dan lulus dengan ujiannya. Namun jika gagal, tentu ada konsekuensi yang harus ditanggungnya pula.

Yah apapun itu, perselingkuhan dan ketidaksetiaan dalam berumah tangga tetaplah hal yang terlarang yang bisa menyebabkan kehancuran rumah tangga.

Yah berdoa saja agar tidak diuji dalam hal rasa seperti itu, sebab ujian menyangkut rasa dan kesetiaan itu halus banget. Banyak orang yang tidak sadar dan terjerumus di dalamnya.

Yah gimana lagi, Jika Allah berkehendak itu terjadi, dan membalikkan hati pasangan kalian untuk mengujinya. So, mau bagaimana lagi? kalau tidak menjalaninya, bukan?

[AI]

#Note lagi : Artikel ini ditulis dari sudut pandang pribadi tanpa memiliki sumber yang kuat. Artikel ini tidak perlu dipercaya kebenarannya apalagi sampai diperdebatkan. Artikel ini ditulis sebagai pengingat diri bahwa pengalaman dalam mimpi pernah melenyapkan kesetiaanya pada istri. Dan semoga dengan artikel ini saya terus ingat hal bodoh yang saya lakukan, dan menambah rasa cinta saya kepada keluarga yang saya sayangi agar tidak terjadi hal semacam itu.

Advertisements
Share This :

4 Replies to “Apa Yang Dirasakan Saat Berselingkuh?”

  1. Seketika membayangkan anu-nya di goreng. Aduhhh. . 😬😬

  2. Jadi ingat film Frozen flower yang anunya dikebiri, hahahhaa..

    btw, selingkuh juga bs terjadi karena terbukanya pintu untuk berselingkuh sih. Salah satu pintunya adalah saling berbalas chating yang isinya ndak jelas, hahaha..

    Kalau masih single dan lagi mencari jodoh sih, chat ndak jelas bgitu biasanya cucco meong untuk diterapkan. Tetapi ketika sudah berumah tangga, chat yang ndak jelas dgn lawan jenis bisa menjerumuskan sih.

    Kembali ke individunya sih kalau menurutku. Perkuat doa, biar hatinya gak kayak roller coster, hihihi..

  3. Hahahah. Mantap mas nur, wujudkan dikehidupan nyata ajaaaa

  4. …….

    Tp emg plg bener pintu sekecil apapun dijaga, jangan ada celah.

    Udah adah, yg jombs kalem, takut suhu berkometar 😂

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.