Sistem Kerja Load Bank Generator

Sumber daya listrik merupakan bagian paling vital dalam sebuah pelayanan publik atau instansi untuk mendukung pelayanan dan operasional tiap hari. Untuk itu perlu sekali untuk menyiapkan genset sebagai cadangan energi listrik jika terjadi pemadaman listrik.

Pengadaan genset sebagai sumber cadangan listrik memiliki peranan vital dalam meningkatkan pelayanan operational suatu instansi. Selain itu, pemilihan genset juga harus mempertimbangkan besarnya kapasitas energi listrik yang dibutuhkan oleh sebuah instansi guna bisa menyuplai semua kebutuhan energi listrik di lokasi tersebut.

Salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengujian mengenai beban yang ditanggung oleh sebuah genset disebut load bank atau dummy load.

Sebagian konsumen akan bertanya-tanya perihal bagaimana genset dapat menanggung beban sesuai dengan apa yang diiklankan. Padahal cara untuk mengetahui dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yaitu load bank.

Melakukan pengujian dengan loadbank berkualitas memang bukanlah beban yang nyata, akan tetapi bisa digunakan dalam menyimulasikan beban secara nyata sebagai penguji apakah genset berada dalam kondisi yang prima ataupun tidak.

Source image : pexels.com

Untuk mengetahui bagaimana sistem kerja dari load bank,maka Anda bisa menyimak ulasan berikut:

  • Loadbank akan menyimulasikan beban secara nyata melalui komponen pengonversi dari energi listrik supaya menjadi energi panas.
  • Untuk energi listrik yang masuk pada load bank tidak digunakan dalam pekerjaan nyata, terkecuali menghasilkan panas. Hal ini dikarenakan komponen yang biasa digunakan yaitu pemanas atau heater.
  • Sebagian kecil dari listrik akan digunakan sebagai pemutar kipas supaya pemanas tidak overheating, sehingga dapat didinginkan melalui hasil dari seluruh heather tersebut.
  • Bentuk dari kolam renang terlihat lebih sederhana yang mana loadbank ini hanya menggunakan air yang sudah dicampurkan dengan garam. Sementara listrik pada genset akan dimasukkan dalam air garam. Untuk listrik tersebut nantinya akan mengalir dengan cara melalui air kemudian memanaskannya.
  • Jika dilihat dari segi bentuknya, loadbank memang cukup sederhana karena sangat mudah untuk dibuat. Caranya yaitu cukup dengan menggunakan drum kosong, kemudian mengisinya dengan air sampai ketinggian mencapai 30%. Setelah itu Anda bisa mencampurkannya dengan garam. Jika sudah, maka Anda dapat mengalirkan listrik pada setiap fasa pada generator ke dalam air, yaitu dengan melalui busbar tembaga.
  • Apabila luas dari penambang busbar semakin masuk dalam air maka beban yang ditanggung oleh genset akan semakin besar pula.
Baca Juga :  Tips Memilih Sabun Bayi Yang Terbaik dan Aman

Loadbank ini memiliki kelemahan yang berupa gelembung-gelembung udara yang bermunculan ketika air mendidih. Gelembung-gelembung tersebutlah yang dapat mengganggu transfer listrik, dengan begitu simulasi pada beban loadbank tidak dapat dikendalikan dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini, silahkan konsultasikan ke Sewatama melalui https://sewatama.com/id/ untuk info lebih lanjut.

Advertisements
Share This :