5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Diingat

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Diingat

Cara Belajar Bahasa Jerman – Ada banyak cara belajar bahasa Jerman yang bisa kita lakukan sendiri. Kita bisa memulai dari belajar pengucapan dan mengetahui gramatikal bahasa Jerman dan juga Anda bisa mempelajarinya dengan memilih pilihan kursus bahasa Jerman di Surabaya maupun di Kota lainnya.

Namun, jika misalkan Anda belum ada modal untuk mengikuti kelas kursus bahasa Jerman, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam cara belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa dicoba di rumah.

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

1. Belajar Aussprache atau Pengucapan

Bahasa Jerman memiliki pelafalan yang menarik, sehingga lebih baik jika kita mempelajari pengucapan sejak awal.

Untuk itu, kita harus mengetahui betul bagaimana huruf-huruf yang digunakan dalam bahasa Jerman dilafalkan.

Beberapa bunyi yang ada dalam bahasa Jerman misalnya [ü, ö, ä, z, j, st, w]. Bunyi-bunyi tersebut bisa dicari kemiripannya dengan bunyi yang ada dalam bahasa Inggris, tetapi tidak ada dalam bahasa Indonesia.

Kata-kata dalam bahasa Jerman juga memiliki diftong (gugus huruf vokal) dan klaster (gugus huruf konsonan) yang khas. Mempelajari bunyi huruf dalam bahasa Jerman juga akan membuat kita tidak kebingungan saat membaca deretan huruf konsonan dalam sebuah kata.

2. Meniru Logat

Untuk belajar melafalkan kata, kita akan lebih mudah jika meniru logat tokoh tertentu. Misalnya, dalam mempelajari bahasa Inggris, banyak orang yang meniru logat tokoh Harmonie dalam film Harry Potter.

Dengan menirukan logat orang lain atau tokoh, kita dapat lebih mudah menghapalkan kosa kata. Oleh karena itu, bertemu secara langsung native speaker atau setidaknya menonton film yang menggunakan bahasa Jerman cukup penting.

Mendengarkan bagaimana bahasa Jerman diucapkan juga akan membuat kita menjadi lebih peka terhadap aturan gramatikal yang digunakan oleh masyarakat. Perhatikan juga tekanan dalam pengucapan kata-katanya. Tirukan semirip mungkin.

Baca Juga :  Kenali 3 Syarat Probiotik Yang Baik Untuk Anak

3. Pelajari Gramatikal Bahasa Jerman

Setiap bahasa memiliki aturan tersendiri dalam meletakkan kata atau membentuk kalimat. Hal ini termasuk aspek yang sangat penting dalam bahasa Jerman. Tanpa aturan yang benar, kalimat dalam bahasa Jerman bisa sama sekali tidak dapat dimengerti.

Apalagi, dalam bahasa Jerman terdapat penggolongan kata yang bergender. Artinya, suatu kata hanya dapat digunakan untuk menyatakan “perempuan” atau sebaliknya. Dengan begitu, jika salah menggunakan diksi, kita tidak dapat berkomunikasi secara lancar.

4.  Segera Praktek

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Diingat
Source image by : Pixabay.com

Cara belajar bahasa Jerman tidak perlu dilakukan secara menyeluruh lalu baru dipraktekkan. Sebaiknya kita mempraktekkan apa yang kita tahu sejak awal. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih cakap.

Bahkan, tidak sedikit orang yang justru bisa berbahasa Jerman ketika memulai percakapan bahasa Jerman ketimbang ketika masih mengikuti kursus. Gunakan media sosial untuk berhubungan dengan orang berbahasa Jerman di mana pun, dan mulai mengobrol menggunakan bahasa Jerman.

Pada awal, kita akan menggunakan bahasa Jerman yang template dan kaku. Namun, cara belajar bahasa Jerman ini langkah yang lebih baik ketimbang berkutat pada teori melulu.

5. Pelajari Konsep Berpikir

Hal lain yang membuat cara belajar bahasa Jerman menjadi tidak efektif adalah penggunaan konsep berpikir “bahasa Indonesia” dalam berbahasa Jerman. Hal itu sangat keliru. Kita tidak bisa menerjemahkan kata per kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Jerman dan disusun persis seperti kalimat bahasa Indonesia.

Kita juga harus paham bahwa sikap komunikasi orang Jerman sangatlah terus terang. Mereka tidak suka basa-basi untuk membicarakan sesuatu. Mereka akan menanyakan hal yang ingin ditanyakan.

Itulah tadi beberapa tips dan cara belajar bahasa Jerman yang bisa kamu coba untuk belajar secara mandiri. Jangan ragu memanfaatkan media digital yang kini sudah mudah untuk diakses. Untuk awalan, terapkan cara belajar yang “media sosial banget” dan hindari hal-hal teoritis.

Baca Juga :  Serum Pelindung Matahari, Untuk Sikulit Cantikmu!
Advertisements
Share This :