Liebster Award – Jiwa Blogger Abal-abal Terpanggil

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat sang pelantun jiwaRissaid, yang sudah merekomendasikan blog ini sebagai salah satu nominasi award. Karena hal ini membuat saya menulis lagi setelah beberapa minggu tanpa artikel di blog ini.

Sudah lama loh saya tidak mendapatkan panggilan khusus berupa notifikasi tautan yang mengarah ke blog ini. Padahal dulu saat masih giat-giatnya nulis di blog, saya sering mendapat panggilan seperti ini. Entah sengaja nge-tag di sebuah tulisan, atau diam-diam ngerasani saya di sebuah tulisan curhatan, hehehe.

Kali ini Rissaid, author heyrissaid.wordpress.com yang dulu blognya bernama lantunanjiwa.wordpress.com yang memilih blog saya sebagai salah satu daftar nominasi peserta yang harus ikutan award ini.

Namanya Liebter Award.

Liebter Award ini bukan sembarang award loh? Karena bukan perihal hadiah penghargaan yang kita peroleh sebagai nominasi blog yang terpilih. Melainkan kalian harus ikutan juga ngejawab berbagai tantangan dan peraturan dalam award.

Meskipun hukumnya bukan fardu ain untuk ikutan award atupun hukumnya haram kalau gak ikutan, namun suatu panggilan jiwa sebagai bloger kalau sudah tertaut namun gak ikutan. Apalagi yang manggil itu lantunan jiwa loh? Yakin gak tertarik untuk ikutan? hahaha

Award ini memiliki beberapa peraturan dan tantangan dari penulis blog yang sudah merekomendasikan sebelumnya. Seperti membagikan 11 fakta tentang dirimu/ blogmu, memasang 3 alamat blog teman di artikel dan menjawab 11 pertanyaan yang sudah dilontarkan oleh penulis yang merekomendasikan blogmu.

Namun bukan Ainur namanya kalau tidak melangar sebuah rules, apalagi peraturan itu dibuat oleh orang lain. Karena saya lebih suka menjalankan aturan diri dari pada aturan pada umumnya, hehehe

Oke, dari pada berlama-lama dengan kata pembuka, yuk kita bedah satu per satu fakta tentang diri saya.

11 Fakta Tentang Diri Saya Dan Blog Ini

Source image : pixabay.com

 1. Blog ini dibuat tepat hari ulang tahun saya

Blog ini merupakan kado ulang tahun dari diri saya kepada diri sendiri. Bermula dari ingin menghidupkan kembali minat menulis saya yang lama terpendam setelah vakum 3 tahun menulis di blog.

Selain itu, menulis di blog ini juga dikarenakan pasca kembalinya saya ke posisi semula sebagai admin di perusahaan, yang mengharuskan saya untuk duduk selama 8 jam di depan komputer.

Sebelumnya saya pernah turun jabatan ke produksi, bukan karena saya nakal dan tidak taat pada peraturan, hanya saja kondisi yang mengharuskan saya untuk menghindari radiasi terutama layar komputer.

2. Butuh dua bulan untuk mempublish artikel pertama di blog ini

Butuh dua bulan loh untuk publish artikel pertama di blog ini. Ada yang mau nanya “Kenapa?”

Alasannya sih simple. Karena semua itu butuh proses!

Saya tuh suka banget merencanakan dengan matang segala sesuatu yang berupa “data”. Namun untuk planing kehidupan diri sendiri, saya sering abai untuk itu. Saya lebih suka menjalani apa yang ada tanpa harus memikirkan terlalu rumit hanya sekedar untuk “berjalan”.

Contohnya aja tentang menyatakan perasaan suka pada wanita. Jika direncanakan bak drama korea, nantinya hasilnya bikin kecewa. Kalau suka, nyatakan saja. Urusan diterima, bisa kita pikirkan belakangan. Toh, jodoh udah ada yang ngatur bukan? Hehehe.

Setelah persiapan sudah matang, seperti menentukan kategori artikel, menyiapkan beberapa judul artikel serta menuliskan beberapa artikel yang siap publish. Akhirnya postingan pertama saya tepat di tanggal cantik, yakni 06 Juni 2016.

Dari melihat data publish artikel pertama tersebut, bika dikira-kira kan? Tanggal dan Bulan berapa saya lahir? Yang jelas umur saya masih 26 tahun lebih dikit loh yah!

3. Blog ini merupakan blog ketiga saya

Jika di 2008 banyak orang yang mulai pindah dari friendster ke facebook, saya justru mulai mencoba merangkai kata di sebuah blog.

Blog saya pertama kali berplatform blogspot, saya lupa apa nama domainnya dulu. Yang jelas, blog itu merupakan diary online saya yang sisinya berbagai umpatan dan keluh kesah saya selama menjalani status kejombloan #eh

Baru setelah setahun kemudian, saya dikenalkan oleh teman SMP sekaligus teman SMK dengan platform wordpress. Saya memberi nama blog kedua saya dengan nama happynature.wordpress.com.

Isinya tidak jauh beda dengan blog pertama saya, hanya saja sedikit lebih berfaedah dengan share yang lebih bermanfaat untuk dibaca. Yah meskipun lebih banyak copas juga sih, hehehe.

Baca Juga :  Tips Berbelanja Online Yang Aman, Nyaman Dan Tak Menguras Kantong

Blog kedua saya akhirnya saya hapus setelah saya menerbitkan blog penadiri ini. Selain untuk menghindari duplicat konten karena beberapa artikel saya tulis ulang di blog ini, juga untuk menghapus masa kelam saya di blog tersebut.   

4. Antara suka dan malas dalam hal membaca

Tau tidak? saya tuh orangnya lebih suka didongengin dari pada disuruh membaca, apalagi menebak-nebak kode dari istri.

Antara suka dan tidak. Dibilang suka, saya tidak punya minat baca yang luar biasa untuk menghabiskan banyak waktu dengan buku. Namun jika saya penasaran, saya bisa menghabiskan puluan lembar dari sebuah novel dalam satu hari.

Sama halnya dengan membaca isi hatimu dengan berbagai kode, saya sangat kesusahan dalam memahami arti kode tersebut yang bisa berujung perdebatan di antara kita. Saya lebih suka mendengarkan ceritamu dulu, meskipun itu membahas tentang mantan. Setidaknya saya tau bahwa hatimu tetap tergerak untukku seorang #eaaahhh

5. Mungkin saya terlahir dengan bakat olaraga yang besar

Bukannya sombong, namun kenyataannya saya memiliki postur dan gestur yang cukup ideal sebagai olaragawan.

Saya memiliki tangan dan kaki yang berpotensi dalam hal olaraga. Meskipun saya menggunakan dominan sisi tangan dan kaki kanan, namun sisi tangan dan kaki kiri juga cukup menjanjikan. Apalagi saya memiliki keseimbangan yang mumpuni, baik dalam mencintai istri maupun tetap bersabar saat istri dalam mode “rewel manja” hahaha.

Saat remaja dulu, saya sangat menyukai sepak bola, bahkan saya ingin sekali mempunyai karir dalam olaraga ini. Dengan tubuh yang aerodinamis (ceking), memungkinkan saya memiliki kecepatan lari di atas rata-rata. Apalagi saya memiliki jutsu Hiraishin yang bisa berpindah tempat dalam satu kedipan mata. Walaupun perpindahanya hanya sebatas pindah ke hatimu saja.

Selain sepak bola, skill saya juga lumayan dalam olaraga voli dan basket (itu dulu loh), apalagi sekarang saya juga mulai akrab dengan tenis meja dan renang. Apalagi dalam olaraga yang menggunakan skill lari dalam penerapan dasarnya. Saya sangat piawai dalam olaraga lari, apalagi kemampuan otot kaki saya itu sangat tepat untuk berlarian kesana-kemari di pikiran, bahkan sekitar hatimu.

6. Penyuka kopi namun tidak suka kecanduan

Yang namanya “penyuka” biasanya identik dengan “kecanduan”. Namun saya bisa mengusahakan bahwa tidak ada candu yang bisa mengalahkan kecanduan saya akan “mencintaimu”.

Boleh saja saya menyukai kopi, namun berhari-hari tanpa minum kopi pun tak akan menjadikan masalaah bagi jiwa saya.

Merokokpun juga sama! Saya perokok aktif, tau enaknya rokok, namun berhari-hari bahkan seminggu tanpa rokokpun tak akan menjadikan hidup saya terasa hambar.

Namun jika suasana hatimu tak menentu, jangankan berhari-hari, beberapa menitpun membuat hati saya gelisah tak karuan.

7. Pengidap insomnia yang sembuh

Insomnia tuh semacam hal biasa yang terjadi pada diri saya. Entah apa penyebabnya, yang jelas saya dulu mengalami susah tidur hampir tiap hari.

Bahkan waktu SMK dulu beberapa kali kena sanksi berdiri di depan kelas karena ketahuan tidur saat pelajaraan. Bahkan hal ini menjadi lebih parah ketika kena shift malam saat mulai bekerja. Saya juga sering mengkonsumsi obat tidur sewaktu dulu.

Namun sekarang insomnia itu tiba-tiba menghilang seperti Avatar Aang, bahkan sebelum negara api menyerang. Kebalikan waktu dulu, saya jadi lebih mudah tidur bahkan tanpa guling kesayangan dipelukan sekalipun.

Yang saya yakin, semua itu berawal dari sebuah ikatan bernama “pernikahan”. Yah, mungkin dengan “cinta”, insomia bisa memudar karena sebuah ketulusan dan kehangatan #eeeaaaah

9. Blog ini cukup melenceng dari planing saya di awal

Seperti motto blog ini “Catatan Hati Mengenal Diri” yang mana saya ingin sekali membuat blog ini sebagai sebuah catatan diri untuk mendalami diri sendiri atau menemukan jati diri.

Jadi seharusnya artikel di blog ini tuh memang benar-benar berasal dari hati dan dari pengalaman pribadi. Isinya juga bukan tentang curhatan unfaedah, melainkan tulisan yang bisa bermanfaat bagi yang membaca.

Namun makin ke sini, artikel di blog ini makin melenceng kemana-mana. Dari curcol tidak jelas, bahas anime, bahas cinta-cintaan, puisi, apalagi sekarang ada konten sponsor. Ah makin gado-gado rasa nano-nano deh jadinya.

Baca Juga :  Wanita Yang Menakutkan Dan Mengagumkan

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, banyak loh artikel dari pengalaman pribadi saya mendapat kritik oleh netizen yang dianggap menyesatkan. Yah mau gimana lagi, saya menulis dengan pemahaman aturan diri saya. Jadi yang namanya aturan diri akan sangat sulit diterima orang lain. Maka sebab itu saya mulai jarang menulis tentang hal tersebut.

10. Pernah menang lomba blog loh

Ah ini semacam kesombongan lain yang saya tampilkan lagi, wkwkwkwkwk

Pernah beberapa kali ikut lomba blog, namun tak pernah menembus 10 besar. Wajar sih dengan penulisan yang ala kadarnya seperti ini, apalagi saya kurang piawai untuk menarik minat baca netizen agar berlama-lama membaca blog saya ini (terutama netizen yang berasal dari search engine).

Hal ini bisa terbukti dari tingginya angka bounce rate alexa yang tak pernah di bawah 75 dengan rata-rata waktu terbaca 1 menit saja.  

Namun saya pernah satu kali menang lomba blog dan itupun saya tidak mendunganya sama sekali bisa menang. Karena artikel yang saya buat benar-benar apa adanya serta saya tidak membalutnya dengan infografik yang menarik.

Tapi gimana lagi? Kalau sudah takdirnya menang, yah menang aja, hehehe.

11. Ada yang aneh tidak?

Tau tidak, bahwa hitungan poin-poin ini ada yang kurang?

Benar sekali, nomor 8 tidak ada.

Karena bagi saya nomor 8 adalah angka keramat. Nomor 8 merupakan nomor punggung Steven Gerrard di Liverpool di masa keemasannya.

Udah itu saja

11 Pertanyaan Dari Rissaid Yang Harus Saya Jawab

1. Buku apa yang ingin kamu rekomendasikan?

Apa yah? Karena di awal sudah saya jelaskan bahwa minat baca saya sebenarnya tidak baik-baik amat jadi saya tidak bisa merekomendasikan satu bukupun untuk kalian.

2. ini blog pertama? Atau yang ke berapa?

Kalau boleh jujur, saya memiliki banyak blog yang tak terurus. Namun saya bisa pastikan bahwa blog ini merupakan blog ketiga saya dari sekian banyak blog yang pernah saya buat. Dan blog ini salah satu yang masih saya urus meskipun sudah jarang posting.

3. Boleh sebutkan seorang blogger yang entah kenapa begitu berkesan sampai sekarang?

Dulu pernah terinspirasi membuat blog ini saat membaca tulisannya mbak Dewi Nur Aisyah. Tulisannya sangat menarik dan ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Namun sayang, sepertinya blognya sekarang sudah dihapus.

4. Satu blog yang sangat ingin kamu rekomendasikan sebagai bacaan?

Apa yah? Kalau masalah belajar blog, saya rekomendasikan panduanim.com untuk balajar ngeblog. Tapi kalau bacaan menarik, mungkin seperti blognya kak momo dan Bang Ical yang bisa bikin kalian senyum-senyum sendiri.

5. Satu chanel youtube yang akan kamu rekomendasikan?

Entahlah, bagi saya youtube hanya sekedar penghilang rasa bosan. Jadi saya tidak memiliki chanel favorit yang bisa saya rekomendasikan

6. Boleh tau kutipan favorit kamu?

Menuju bahagia dan melampauinya

7. Hal atau nasihat yang bakal kamu kasih ke diri sendiri?

Ingat! Perbaiki diri terus

8. Boleh dong minta alasan untuk hidup versi kamu, please?

Jalani saja

9. Tips me time ala kamu apa ?

Kalau pas liburan, saya tuh termasuk tipikal kaum rebahan. Yah kalau gak main gadget yah nonton drama korea sana istri.

10. Mie instan favorit yang cocok banget buat rekomendasikan versi kamu!

Indomie goreng dimasak dengan telor serta ditambah irisan cabai dan sayur.

11. Hari ini udah tersenyum?

Udah dong

Nah semua udah selesai nih, butuh 3 jam loh nulis seperti ini, hahahaha.

Karena saya tidak terikat peraturan, jadi saya tak perlu menulis daftar penulis blog agar mau ikutan award semacam ini. Tulisan ini ditulis karena ada waktu senggang dan blog ini kebetulan butuh postingan biar tetap terlihat ada authornya.

Tulisan ini hanya fiksi belaka, jika ada kesamaan tempat kejadian ataupun alur cerita, maka itu hanya kebetulan semata. Hahahahaha

Menuju Bahagia Dan Melampauinya

[AI]

Advertisements
Share This :

16 Replies to “Liebster Award – Jiwa Blogger Abal-abal Terpanggil”

  1. Salam kenal, bang. Maaf nih sebelumnya, soalnya setahu saya blog bu Dewi masih ada sampai sekarang. Bulan maret kemarin saya sempet nge-tag blog beliau dalam salah satu tulisan saya.. Hehe

    1. Salam kenal juga.
      Oh iya ta, soalnya dulu pernah nyari blognya, namun saya gak menemukannya, aku kira udah di hapus

  2. awla-awal ngeblog seneng banget nih dapet award kayak gini. Beneran merasa dihargai karena menggali sisi personal walupun ga dikasih duit. Ada kepuasan tersendiri pas menulis dan bisa jawab dengan jujur. Zaman udah berubah sih, blogging sekarng makin menjanjikan dan tren udah mengarah ke monetisasi. Tapi apa pun pilihannya, tos deh saya juga pencinta kopi! Malah sampai bikin merek kopi sendiri buat dijual hehe.

    1. Apa merk kopinya mas?
      Iya, sekarang blogger terutama blog wordpress sudah tidak seperti dulu. Mungkin sekarang udah banyak yang pindah jadi vlogger juga

  3. gara-gara mas nur dulu pernah nanya mbk dewi nur aisyah nih, yang dulu saya tebak itu namanya istrinya mas nur, akhirnya malah nyari tahu tentang mbk dewi dan sempet baca bukunya beliau. mbaknya emang keren 👍

    eh, btw blognya mbknya masih lo mas nur. 20 maret lalu ngepost. tapi memang post sebelum itu tahun 2018 😀

    1. Kalau istriku namanya Dewi Na Irawan hehehe

  4. wah, aku baca ini sambil nyengir dr awal sampai akhir 😂 lama bgt ga baca pelantun jiwa itu wkwkw

    terus ternyata bang Ir panutanqu lebih romantis dr yg terlihat, masih inget banget dong detail kecil tanggal blog dll. Mantap emg panutanq

    anyway bang, keknya aku udh pernah bilang deh, tp beli kacamata anti radiasi aja klu ga kuat depan laptop, bisa merangkap dgn lensa kacamata klu rabun jauh juga

    1. Gaya menulisnya Kangmas satu ini masih sama 😁

    2. Kok romantis kali abang 😂

    3. Kami ada anu soalnya.

      😆

    4. 😂😂😂
      Kalau laki-laki memang gak harus ngomong banyak untuk mengerti satu sama lain. Cukup ngopi bersama dan mengulurkan kepalan tangan udah cukup untuk mengetahui hati yang terdalam, eaaahhh

    5. Saaaassskkeeeeehhhh!! 😂

    6. Udah punya kok rin kacamata antiradiasinya. Cuma aku pakai sebatas perjalanan jauh dimalam hari aja.
      Kalau keseharian, aku sedikit malu pakai kacamata, hehehe
      PD ku bisa berkurang 40% soalnya 🤣🤣

  5. Yhaaaa… Lama nggak main di sini. Ternyata yang punya masih hidup. Alhamdulillah.

    ☺☺☺
    Btw, terima kasih jadi rekomendasi ya 🤣🤣🤣 padahal apa banget blog saya itu

    1. Hahaha, lagi lockdown mbak momo. Tulisannya juga ke lock, lupa paswordnya hahahaha

  6. Mas Nur yg dulu kukenal di grup Obrollin, sangat produktif menulis saat itu. Tp sekarang jarang lihat tulisan mas Nur di beranda reader. Apa beralih platform flog ya mas? Hehe

    Salam dr Depok.
    masHP

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.