Berusaha Tetap Eksis di Tahun ke-4 Bersama WordPress

Anniversary ke 4 blg pennadiri

Tepat tanggal 6 Juni kemarin saya mendapatkan notifikasi dari WordPress tentang ulang tahun ke-4 blog Penadiri ini. Perasaan senang berbalut kecewa saya rasakan bersamaan. Senangnya saya masih bisa mempertahankan eksistensi blog ini hingga tahun ke-4. Namun kecewanya saya semakin inkonsisten dalam mengisi artikel di blog ini.

Yah mau gimana lagi, saya sudah berusaha menumbuhkan mood saya kembali, namun ironisnya saya semakin jauh dari kata konsisten.

Terlihat dari bagaimana saya mengisi artikel di blog ini. Bulan Mei kemarin saya hanya berhasil menuliskan 2 artikel saja. Itupun karena ingin membalas panggilan dari HeyArin untuk Liebters Award. Kemudian iseng menulis satu artikel lagi tentang Lebaran di tahun ini yang sangat berbeda di tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini juga sama, tak memiliki ide tulisan hanya ingin coret-coret biar di bulan Juni ini biar ada satu artikel yang publish, dan kebetulan ada notifikasi dari WordPress yang mengabarkan blog ini makin tua. Eh, 4 tahun itu udah semakin tua tidak, sih?

Yang jelas umur empunya blog ini juga makin tua, sudah berkepala 3 dan Alhamdulillah sudah Nikah.

Dengan bertambahnya umur blog ini, saya sangat berharap akan ada perubahan untuk ke depannya. Meskipun saya tidak bisa menjanjikan akan konsisten menulis lagi, namun saya akan usahakan akan terus berkarya hingga tahun-tahun berikutnya. Meskipun artikel yang tertulis hanya artikel curhatan seperti ini, hahaha

Yang namanya ulang tahun, biasanya tak lepas dari doa dan pengharapan ke depannya. Jadi boleh kan saya berharap dan berdoa di tulisan kali ini?

Boleh dong! Kan saya penulis tunggal di blog ini. Jadi terserah saya kan mau nulis apa juga.

Namun sebelumnya, saya ingin curhat tentang pencapaian blog ini selama 4 tahun mengudara di WordPress.

Baca Juga :  Perihal Pria Yang Suka Menggoda Wanita

Statistik Blog

Blog ini merupakan blog berbayar sejak tahun 2018 dengan menyewa hosting sendiri, dengan kata lain saya hanya bisa melihat statistik blog ini mulai dari kepindahan blog wordpress.com ke wordpress.org.

Selama tiga tahun ini (2018-2020) jumlah view di blog ini mencapai 840 ribu dengan 614 ribu unik pengunjung. Rata-rata view perhari mencapai 1000 view/hari selama 2019, namun sekarang turun drastis di tahun 2020. Yah wajar sih, mengingat blog jarang di update dan jarang sekali blogwalking.

Statistik blog penadiri.com

Jumlah follower yang tak sengaja mengikuti blog ini juga lumayan banyak, setidaknya terhitung lebih dari 1000 follower. Baik yang ngefollow melalui wordpress sendiri maupun yang follow menggunakan email.

Jumlah artikel di blog ini sudah cukup banyak, terhitung sebanyak 504 artikel (termasuk artikel ini) yang sudah saya publish. Padahal pas awal ngeblog dulu saya sudah berhasil publish 200 lebih artikel selama 1 tahun, namun 3 tahun belakangan sungguh melempem sekali.

Fakta Blog Ini

Blog ini tidak memiliki niche khusus, lebih banyak artikel curhatan, baik yang berfaedah maupun unfaedah (emangnya artikel curhatan ada yang berfaedah yah, wkwkwkw).

Namun sebenarnya, awal ngeblog dulu saya ingin membuat blog ini sebagai media pembelajaran akan perjalanan di kehidupan saya. Awalnya artikelnya berbau religi sekali, namun tidak semua pelajaran diri itu cocok untuk pelajaran orang lain, takutnya ada yang tersesat saat membaca artikel yang saya tuliskan, hahaha.

Kemudian saya beralih dengan berbagai konten, mulai dari puisi, cerita sehari-hari hingga curhatan unfaedah lainnya. Namun yang paling menyenangkan memang artikel tentang jodoh dan jomblo. Saya cukup puas dengan konten tersebut, karena banyak para single yang ikut nimbrung di artikel jenis seperti itu.

Tapi pada akhirnya, saya memutuskan untuk tidak menulis hal tentang itu lagi. Tidak ada alasan khusus sih, hanya saja saya ingin lebih dewasa menyikapinya. Tidak semua single itu hidupnya mengenaskan, namun single itu masalah prinsip serta memang belum waktunya aja untuk menikah atau mempunyai pasangan.

Baca Juga :  Cari Jodoh Online? Perlukah?

Jadi untuk teman wordpress, kalian tak akan menemui artikel yang membully para jomblo lagi deh di blog ini, hahahaha.

Dan pada akhirnya, Saya hanya ingin menulis jika memang perlu di tulis. Saya tak perlu lagi mencari-cari ide artikel agar bisa konsisten menulis. Yang penting kita tetap terhubung meskipun berjarak, benar kan?

Pengharapan ke Depan

Saya tak mengharap dan berdoa lagi agar bisa terus konsisten menulis, namun saya hanya ingin bisa berharap bisa mempertahankan blog ini hingga 5 – 10 tahun ke depan.

Saya berharap bisa mewariskan blog ini kepada anak-anak saya nantinya. Maka dari itu, meskipun saya tidak bisa tiap hari menulis ataupun tiap satu minggu sekali, saya hanya bisa berharap akan ada satu artikel yang publish di blog ini dalam hitungan bulan.

Blog ini memang bukan satu-satunya blog yang saya miliki, namun blog penadiri ini merupakan blog yang paling saya sukai. Banyak kenangan yang tersimpan di sini, selain itu blog ini membuat saya memiliki beberapa teman yang memiliki kesukaan yang sama akan dunia tulis menulis.

Yah semoga, saya dan kalian penghuni WordPress ini bisa tetap eksis dan terhubung hingga tahun-tahun ke depan.  

Dari saya, yang berusaha bahagia dan mencintai menulis di blog.

[AI]

Advertisements
Share This :

3 Replies to “Berusaha Tetap Eksis di Tahun ke-4 Bersama WordPress”

  1. Mas Nur, request dong. Bikin ulasan tentang bedanya wordpress.com ama wordpress.org

    1. Udah pernah deh kayaknya..
      Artikel saat aku pindahan itu.
      Bedanya cuma masalah hostingnya aja kok

  2. waw.. setahun lagi nih.. sama dengan 1 periode penjabatan presiden hehe…
    gak terasa ya bang.. udah bertahun2 ngebog..
    BTW blog ini self hosting atau upgrade bg?

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.