Mengenal Perbedaan Air Aki Biru Dan Air Aki Zuur Merah

Perbedaan aki meran dengan aki biru

Dalam kendaraan bermotor tentu saja dibutuhkan aki yang menjadi sumber tenaga listrik kendaraan bermotor tersebut. Tanpa adanya aki tentu saja kendaraan bermotor tersebut tidak akan bisa berjalan atau tidak bisa nyala.

Permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan bermotor adalah masalah aki yang tekor. Aki yang tekor tentu saja bisa membuat mobil atau motor susah untuk dinyalakan.

Misalnya saja pada mobil yang mengalami aki tekor, tentu saja untuk bisa menyalakan mobil tersebut harus didorong terlebih dulu agar bisa menyala.

Sebenarnya bagi aki basah, permasalahan aki yang tekor ini bukan menjadi suatu hal yang serius. Pasalnya hanya dengan menambah atau mengisi ulang air aki pada unit aki tersebut permasalahan aki yang tekor akan bisa teratasi.

Pada umumnya di pasaran otomotif ini ada dua jenis air aki yang bisa kita dapatkan. Dua jenis aki tersebut diantaranya adalah jenis air aki zuur yang biasanya menggunakan botol berwarna merah dengan cairan yang berwarna kekuningan dan juga air aki tambah biasa yang biasanya menggunakan label dan juga botol yang berwarna biru.

Perbedaan Dua Jenis Air Aki Zuur Dan Air Aki Biru

Air aki yang diperjual belikan di masyarakat ini pada umumnya memiliki dua jenis dan dua kemasan. Kedua jenis air aki ini tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda juga.

Yang menjadi permasalahan di masyarakat saat ini adalah banyak masyarakat yang masih belum mengerti terkait perbedaan dan juga fungsi masing-masing dari dua jenis aki yang beredar di masyarakat tersebut.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan perbedaan dari masing-masing jenis air aki kendaraan bermotor tersebut.

Perbedaan aki meran dengan aki biru
Source image by medium.com

1. Air Aki Zuur Merah

Jenis air aki yang pertama adalah air aki zuur atau air aki merah. Pada umumnya jenis air aki zuur ini memiliki warna kekuning-kuningan yang ditandai dengan label botol dan juga tutup botol yang berwarna merah.

Baca Juga :  SehatQ.com - Platform Informasi Kesehatan Yang Akurat Dan Terpercaya

Hal ini tentu saja sebagai tanda jika dalam botol tersebut terdapat cairan yang bersifat asam keras. Oleh sebab itu banyak juga yang menyebut jenis air aki ini dengan nama air keras.

Sifat asam keras yang ada pada cairan ini berasal dari larutan elektrolit asam sulfat yang memiliki fungsi untuk menghantarkan dan juga menyimpan daya listrik dengan baik di dalam aki.

Air aki zuur merah ini digunakan untuk air aki yang dipakai saat melakukan pengisian cairan aki ketika pertama kali aki mobil diisi. Bisa dibilang ketika kita baru saja membeli unit aki yang baru.

Tentu saja anda harus menggunakan jenis air aki zuur ini untuk cairan yang pertama kali dituangkan dalam unit aki tersebut. Atau air aki ini bisa digunakan untuk mengisi air aki mobil yang mengalami kehabisan cairan elektrolit di dalamnya karena penguapan yang berlebih pada unit aki.

2. Air Aki Biru

Jenis air aki berikutnya adalah air aki biru. Jenis air aki biru ini juga sering disebut dengan nama air tambah atau juga bisa disebut dengan air suling.

Kenapa dinamakan air aki suling?

Hal ini karena dalam proses pembuatannya ini air biasa disuling dan juga sudah melewati proses demineralisasi. Artinya air ini tentu akan bebas dari kandungan mineral di dalamnya.

Ciri umum yang bisa anda ketahui dengan mudah dari air aki ini adalah pada botol kemasan dan juga tutup botol yang berwarna biru.

Warna biru yang ada pada kemasan dan tutup botol ini tentu saja menandakan jika air yang ada pada botol tersebut tidak berbahaya.

Penggunaan dari air suling pada aki mobil ini adalah untuk menambah kadar cairan elektrolit yang terdapat dalam aki mobil apabila kondisinya berkurang.

Baca Juga :  Kembali Menekuni Olaraga Lagi Agar Kurusan Dan Tampan

Berkurang disini berarti volume air tidak jauh melewati batas bawah lower level. Jadi air suling ini hanya berguna untuk menambah volume cairan yang ada pada aki mobil tanpa mempengaruhi massa jenis elektrolit dari aki.

Jadi apabila anda ingin membeli air aki, maka sebelumnya anda pastikan terlebih dulu sudah membeli air aki yang benar dan juga sesuai dengan kegunaannya.

Apabila aki mobil anda mengalami kehabisan air jauh di bawah lower level, maka akan lebih baik jika anda menggunakan jenis air aki zuur atau air aki merah untuk mengisi air.

Sebaliknya jika air aki yang ada pada unit aki hanya terbuang sedikit saja, tidak melewati batas lower level maka sebaiknya anda gunakan saja air aki warna biru untuk menambah volume cairan aki di dalamnya. Jangan sampai anda salah pilih ya, karena jika salah pilih mobil malah tidak bisa distarter.

Semoga bermanfaat

Advertisements
Share This :