Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Konsistensi saya dalam menulis di blog sangat dipengaruhi oleh dua hal. Yang pertama adalah soal mood menulis dan yang kedua adalah sewaktu bekerja di perusahaan.

Lebih dari 70% tulisan di blog ini tercipta sewaktu saya bekerja. Selain memang dulu saya tidak memiliki banyak waktu luang saat di rumah, juga ide-ide tulisan tiba-tiba muncul saat bekerja.

Tau sendiri kan, bahwa kebanyakan tulisan ini niche-nya pengalaman pribadi, yang mana pengalaman itu lebih banyak tentang masa yang pernah saya alami dan juga pengalaman yang terjadi saat bekerja. Bahkan curhatan dari rekan kerja juga bisa jadi konten juga loh, hehehehe.

Namun setelah adanya pandemi ini, perusahaan saya akhirnya meliburkan semua karyawannya. Bukan karena ada salah satu karyawan yang terkena dampak virus ini loh, namun order produksinya yang terjangkit virus, hahahaha.

Jadi selama dua bulan ini saya sedang menikmati masa liburan yang paling panjang selama masa bekerja di perusahaan ini. Yah alhamdulillah banget saya sudah punya pekerjaan sampingan selama ini. Jadi pemasukan harian masih ada walaupun tidak seberapa, yang penting halal dan semoga berkah.

Hal yang membuat saya senang sekali menulis saat di perusahaan adalah karena banyaknya waktu luang yang saya miliki saat bekerja, terlebih kalau bekerja malam habri. Dari pada buat nonton youtube saja, kan lebih baik buat nulis-nulis prasasti online gini kan.

Kebetulan saya tuh orangnya paling suka menata data dokument pribadi di komputer. Setiap ada ide tentang tulisan, biasanya saya tulis judulnya aja di sebuah file word yang kemudian akan saya tulis ceritanya kalau ada waktu luang. Jadi lumayan banyak deh ide-ide judul artikel yang saya buat di komputer perusahaan.

Untuk artikel yang sudah saya publish juga akan saya sendirikan beserta file imagenya kalau ada. Saya juga mengurutkan berupa angka gitu biar terlihat urut. Mau tau penampakannya? Sudah pernah saya ceritakan kok di artikel “Tentang Draf ke-200 Yang Sudah Publish di Penadiri”.

Nah karena kebiasaan mengurutkan artikel seperti itulah, saya jadi malas untuk melanjutkan nulis lagi di rumah kalau tidak tau urutan draf keberapa (Alasan).

Namun satu bulan terakhir ini saya menemukan cara agar bisa mengetahui urutan draft keberapa serta saya bisa menambahkan file ke komputer perusahaan melalui komputer/laptop pribadi di rumah. Yakni dengan menggunakan layanan Google Drive.

Baca Juga :  Kebiasaan Karakter Anime di Serial Manga Fairy Tail Yang Anti Mainstream

Udah tau belum Google Drive itu apa?

Google drive adalah tempat penyimpanan data secara daring yang dimiliki oleh Google sendiri. Kalau kalian pengguna smartphone Android, tentu tidak asing dengan layanan ini.

Sebelumnya saya punya ide untuk memanfaatkan jaringan cloud yang ada di perusahaan, namun saya urungkan karena pihak IT-nya lebih menyarankan saya untuk menggunakan layanan Google drive saja. Lagian layanan Google Drive kan bisa dinikmati secara gratis selama tidak melebihhi kapasitas penyimpanan.

Saya juga dijelaskan bagaimana cara men-singkronkan data di komputer perusahaan ke akun Google Drive saya. Dan pada akhirnya saya bisa mengakses data di komputer perusahaan saat di rumah menggunakan layanan Google Drive.

Ternyata cukup mudah dan efesien banget. Saya bisa dengan mudah menambahkan data baru (draft artikel) dengan upload di akun google drive saya, nantinya saat saya lagi on di komputer perusahaan, data di komputer tersebut akan update sendirinya menyingkronkan dengan data yang ada di akun Google drive.

Begitupun dengan ambil screenshot di smartphone, saya biasanya transfer melalui kabel data ataupun melalui WhatsApp web. Namun sekarang saya tinggal upload ke Google Drive kemudian memindahkannya ke laptop saya.

Biar lebih detail, saya kasih tutorialnya sebagai berikut :

Cara Singkronkan Data Komputer ke Google Drive

Poin penting dalam tutorial ini adalah pastikan kalau akun google drive kalian sudah aktif yah. Saya tidak perlu membahasnya di sini an, soalnya kalau kalian sudah punya akun Gmail, kalian cukup login aja di Google drive menggunakan akun Gmail kalian.

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Setelah itu sorot pojok kanan atas yang berlogo setting, kemudian pilih “Get Drive for Desktop”. Pilih download di pilihan “Backup and Sync”. Tunggu proses download selesai dan install di PC/Laptop.

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Biasanya setelah proses instalasi selesai, kita akan diarahkan untuk login Google drive aplikasi. Namun jika tidak muncul, kita bisa jalankan aplikasinya dengan mencarinya di start menu. Masukkan akun Gmail kalian beserta passwordnya untuk memulai.

Tampilan kedua, kalian akan menentukan folder mana yang nantinya akan di singkronkan ke akun Google Drive. Misalnya kalian centang folder My Document, maka setiap file yang ada di folder tersebut akan singkron secara otomatis saat login. Namun tentunya saat laptop sudah terhubung dengan internet loh yah.

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Karena ini sikron secara otomatis, maka memang membutukan kuota besar, apalagi kalau jumlah file dalam folder tersebut cukup besar kapasitasnya. Jadi kalau kalian menggunakan tethering menggunakan kuota di smartphone, jangan coba-coba install ini yah, hahahaha.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Kabupaten Pasuruan

Untuk pilihan video and photo size, saya memilih yang original size serta saya juga tidak mengaktifkan Google Foto.

Untuk folder yang dipilih, sebenarnya kita bisa menentukan kok. Seperti saya juga menentukan folder mana yang akan saya sinkronkan. Setelah selesai, pilih Next untuk melanjutkan.

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Tampilan selanjutnya adalah kebalikannya, yakni kalau kita memiliki file di akun Google Drive, maka file tersebut akan dicopikan ke PC/laptop kita. Seperti gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa saya memiliki file dengan kapasitas 900 Mb.

Jika saya tetap centang pilihan “Sync My Drive to This Computer” maka aplikasi tersebut akan download semua file yang ada di akun google drive saya. Biar tidak download, kita cukup hilangkan centang tersebut.

Selanjutnya proses singkronisasi berlangsung, jika kita memiliki banyak file, tentu proses singkronnya juga akan memakan banyak waktu. Karena dalam tutorial kali ini saya hanya upload folder tanpa adanya file, maka prosesnya kurang dari satu menit.

Untuk mengetes singkronisasi ini berhasil atau tidak, kita cukup menambahkan file pada folder yang sudah kita atur tadi. Maka akan tampil proses upload seperti gambar di bawah ini

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Selanjutnya kita juga lihat hasil singkronisasinya ke akun Google drive kita. Karena saya memiliki singkronisasi dengan dua komputer yang berbeda, maka akan muncul 2 Komputer. Yang satu My Computer dan yang satunya My Laptop.

Dan hasilnya bisa dilihat seperti di bawah ini. Foto my lope lope sukses teruplod di akun Google drive saya.

Tetap Terhubung Dengan Data di Komputer Kantor Menggunakan Google Drive

Dengan adanya Google drive ini, saya tidak butuh lagi yang namanya flashdisk untuk memindahkan file word yang saya ketik di rumah untuk dipindah ke komputer kantor.

Ok sekian tutorialnya. Jika ada pertanyaan atau saran tentang artikel ini, bisa banget ditanyakan di kolom komentar. Yah semoga saya bisa jawab juga, kalau tidak bisa jawab, nanti saya jadikan itu sebagai pekerjaan rumah, hahahaha. Mumpung masih nganggur nih.

Menuju Bahagia Dan Melampauinya

[AI]

Advertisements
Share This :

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.