Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Lapor Pajak Secara Daring

Riview Akademi Bisnis Digital

Lapor pajak online untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh ASP atau Application Service Provider serta disahkan melalui peraturan Dirjen tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Secara Elektronik (e-filling).

Seiring bertambahnya waktu, DJP mengembangkan aplikasi milik pemerintah tersebut yang bisa diakses melalui laman resmi yang diluncurkan pada tahun 2014.

Selain dengan alasan lebih mudah dan praktis, berkat teknologi saat ini, pelaporan secara online juga lebih aman, sebab adanya EFIN (Electronic Filling Identification Number) yang membuat transaksi perpajakan terenkripsi secara rahasia.

Dengan adanya sistem perpajakan online dapat membebaskan para wajib pajak dari keharusan mencantumkan tanda tangannya.

Sebagai ganti, akan dikirim kode verifikasi yang harus dimasukkan ketika akan melakukan transaksi pembayaran serta pelaporan secara online.

Berikut hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan pelaporan secara online:

Membuat EFIN

Untuk membuat Electronic Filling Identification Number (EFIN), bukalah website pajak.go.id. Kemudian, unduh formulir pengajuan EFIN dan isilah form tersebut.

Selanjutnya, ajukan aktivasi Electronic Filling Identification Number ke KPP terdekat sertakan membawa formulir pengajuan EFIN, KTP asli dan fotokopi, serta NPWP asli dan fotokopi.

Proses membuat EFIN tidaklah lama, selanjutnya Anda akan mendapatkan kertas yang berisi Electronic Filling Identification Number dari petugas KPP.

Registrasi Akun di E-filing DJP

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Diingat
Source image by : Pixabay.com

Kunjungilah website DJP online djponline.pajak.go.id untuk melakukan registrasi akun, kemudian pilih “Belum Registrasi”.

Selanjutnya Anda akan dimintai untuk mengisi EFIN, NPWP serta kode keamanan. Terakhir, klik “Submit” dan Anda akan memperoleh email untuk mengaktivasi akun.

Lapor Pajak dan Unggah SPT

Di dalam langkah yang terakhir ini, Anda akan mengisi sebuah laporan secara online dan mengunggah SPT. Pertama bukalah website DJP online, kemudian login ke akun Anda. Selanjutnya isilah NPWP, kode keamanan dan password akun Anda. Tekan “E-filling” kemudian tekan “Daftar SPT” dan tekan “Buat SPT”.

Baca Juga :  Interior Fortuner Terbaru 2019

Di bagian ini, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan untuk menentukan jenis formulir SPT. Anda dapat memilih apakah akan mengisi SPT menggunakan formulir atau dengan pertanyaan panduan.

Isilah semua data yang diperlukan. Tekan “Di sini” dan selanjutnya Anda akan memperoleh kode verifikasi yang akan dikirimkan ke email. Lalu klik “Kirim SPT” dan simpanlah data yang sudah lengkap diisi dengan cara menekan “Simpan”.

Setelah proses tersebut selesai akan ada tanda terima melalui email Anda sebagai bukti bahwa telah melakukan pelaporan SPT tahunan.

Nah, cukup mudah bukan, cara lapor pajak online? Buat Anda yang membutuhkan alternatif untuk melakukan kewajiban membayar pajak, saat ini banyak aplikasi online yang sangat mudah digunakan seperti aplikasi BukuKas.

Aplikasi untuk buku catatan tersebut dapat Anda gunakan sebagai buku catatan dalam melaporkan pajak secara online.  Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur penting, seperti halnya untuk membayar pajak dengan tingkat akurasi data yang sangat tinggi, dan tentunya data Anda akan terjaga kerahasiannya.

Untuk mengetahui deskripsinya, kunjungi Google Playstore dan unduh aplikasinya segera!

Advertisements
Share This :