Perawatan Preventif Bagi Genset Diesel

Perawatan Preventif Bagi Genset Diesel

Masalah pemadaman listrik oleh PLN seringkali meresahkan dan membuat banyak pekerjaan menjadi tertunda. Listrik yang sudah dianggap sebagai nyawa bagi kehidupan manusia, sehingga kegunaannya sangat penting dan harus selalu tersedia. Apalagi untuk gedung perkantoran dan industri yang seluruh sistem kerjanya mengandalkan listrik.

Bayangkan saja ketika gedung perkantoran atau pabrik industri mengalami pemadaman listrik tiba-tiba, semua aktivitas kerja bisa dipastikan akan lumpuh.

Untuk mengantisipasi hal ini, sistem kelistrikan pada perkantoran, industri, perhotelan, maupun restauran, biasanya dihubungkan dengan genset diesel.

Genset diesel ini harus diintegrasikan dengan sistem kelistrikan pada gedung perkantoran, industri, maupun perhotelan. Tujuannya tidak lain ketika terjadi pemadaman listrik PLN, aliran listrik tidak akan terputus dan langsung digantikan oleh sistem listrik dari genset diesel. Sehingga efek pemadaman listrik tidak mempengaruhi produktifitas dalam perusahaan atau instansi.

Supaya genset diesel ini menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, pastikan agar rajin melakukan perawatan secara berkala. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah perawatan pencegahan (preventive maintenance). Perawatan preventif perlu dilakukan dengan frekuensi harian, mingguan, bulanan, 6 bulan dan tahunan.

Perawatan harian biasanya hanya berupa pemeriksaan level coolant, pemeriksaan level solar dan pengecekan saluran udara. Sedangkan perawatan mingguan dilakukan pemeriksaan pada unit filter udara, charger baterai, membuang solar pada filter, dan membuang air pada tangki solar.

Selain itu, perawatan juga harus dilakukan bulanan, yang meliputi pengecekan kosentrasi, pemeriksaan tegangan belt, pemeriksaan pengembunan pada knalpot dan pemeriksaan baterai. Juga dilakukan perawatan 6 bulanan dengan mengganti oli filter, filter coolant, filter udara, filter solar, pembersihan pada crankcase breather, dan pengecekan selang radiator.

Sementara itu, perawatan tahunan juga dilakukan dengan membersihkan sistem pendingin. Selain perawatan berkala tersebut, dilakukan pula pemeriksaan visual untuk membantu mengidentifikasi masalah sebelum terjadi kerusakan pada unit vital.

Baca Juga :  Keunggulan dan Daftar Harga Toyota Calya Terkini 2019

Pemeriksaan visual biasanya mengecek kebocoran, korosi pada baterai dan tempatnya, pemeriksaan elektrolit pada baterai jenis konvensional, pemeriksaan kabel dan sambungan pada baterai, pemeriksaan tekanan oli, suhu, alternator dan alat ukur lainnya.

Perawatan preventif bagi genset diesel yang dilakukan secara berkala, akan mencegah kerusakan parah pada unit vital. Sehingga selalu lakukan perawatan preventif sebagaimana dijelaskan pada https://sewatama.com/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/.

Percayakan urusan perawatan preventif bagi genset diesel pada Sewatama, penyedia layanan jasa dalam bidang kelistrikan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 22 tahun. Kunjungi website sewatama.com untuk informasi lebih lanjut.

Advertisements
Share This :