Mencoba Menyukai Aktivitas Ngeblog Sekali Lagi

menulis blog di wordpress

Tak terasa ternyata saya sudah menulis artikel di blog ini hampir 5 tahun. Blog terlama yang pernah saya buat.

Saya sih sudah mengenal aktivitas ngeblog ini sejak tahun 2009. Namun waktu itu blog saya hanya berupa curhatan yang tak layak untuk dibaca banyak orang. Isinya selain mengeluh, ghibah, copy paste dan hal tak penting lainnya.

Sama sih dengan blog yang sekarang, hanya tulisannya sedikit lebih mendewasa, hahaha. Dan yang paling penting dari tulisan yang sekarang itu benar-benar original. Bukan dengan ctrl+C artikel di blog lain, kemudian ctrl+V di blog pribadi.

Namun dua tahun belakangan ini konsistensi menulis di blog ini benar-benar menurun drastis. Paling dalam satu bulan, saya hanya bisa publish antara 1 sampai 3 artikel saja. Bahkan ada bulan yang  benar-benar tanpa artikel seklipun.

Sangat berbeda dari 3 tahun pertama. Yang mana saya mampu mempublish lebih dari 300 artikel  dalam kurun tiga tahun tersebut.

Why?

Saya juga tidak tahu kenapa bisa turun sedrastis itu. Mungkin feel saya akan blogging sudah mulai berubah.

Tenggelam Akan Masa Lalu Yang Menyenangkan

Ok… Sub judul ini bukan tentang menceritakan mantan apalagi kenangan khilaf saat pacaran.

Saya itu lulusan SMK dengan jurusan Teknik Informatika. Jurusan yang paling diminati waktu itu.

Sejujurnya saya kurang berminat dengan jurusan ini saat awal sekolah dulu. Saya terpaksa masuk jurusan ini karena jurusan yang pada awalnya saya pilih (elektronika) tiba-tiba ditiadakan.

Hasilnya, setahun pertama saya menjadi siswa pendiam. Pendiam dalam arti lain “tidak bisa apa-apa”. Jika ada pelajaran praktek, saya hanya lihat dari belakang. Kemudian teman-teman lain yang mengoperasikan komputer.

Maklum, saya merupakan generasi awal jurusan TKJ ini. Sewaktu SMP pun saya juga tidak paham komputer sama sekali.

Saya mulai menyukai dan memahami tentang dunia komputer semenjak prakerin (praktek kerja industri). Saya mendapat banyak ilmu saat terjun langsung di dunia industri. Mulai dari merakit PC, Instalasi, trouble shooting hingga tip dan trik tentang komputer  dan jaringan yang tak saya dapatkan di sekolah.

Hingga akhirnya saat lulus sekolah, saya mencoba untuk melamar jadi teknisi komputer di tempat saya prakerin dulu. Rencananya sih saya mau kerja sambil kuliah gitu di Surabaya. Tapi yah gitu, cuma jadi angan-angan yang tak kesampaian.

Baca Juga :  Blogger Juga Ada Pasang Dan SurutNya Loh

Senang sih bekerja sesuai passion. Uniknya menjadi teknisi itu, saya sering mendapat banyak hal baru. Terutama soal berbagai macam trouble shooting di sebuah komputer.

Kadang masalahnya sangat rumit, bahkan mencoba banyak cara untuk memeprbaikinya, tetap saja gagal. Kadang saya tidur tidak nyenyak gara-gara kepikiran hal tersebut.

Namun saat sudah berhasil menyelesaikan masalah, ada rasa puas yang tidak bisa diukur dengan angka-angka. Di situlah kesenangannya.

Ngeblog pun pada dasarnya sama.

Dulu saat awal ngeblog, saya hanya nulis apa yang mau saya tulis. Tanpa harus mikirin SEO ataupun kata dan kalimat yang kurang benar penulisannya.  

Setelah beberapa bulan menulis, ada satu hingga tiga komentar masuk. Betapa bahagianya saya waktu itu.

Hanya sebuah apresiasi berupa rangkaian kata di komentar, namun cukup ampuh membuat hati saya berbunga-bunga.

Rasanya seperti pertama kali kenalan dengan cewek, kemudian tukeran nomor. Bawa’annya pengen ngetik kata-kata di sms ataupun misscall biar di respon.

Hasilnya saya jadi sangat konsisten nulis waktu itu. Terlebih saat seringnya blogwalking, kita (teman-teman blog) semakin dekat hingga membuat group tersendiri di WhatsApp.

Kita jadi semakin akrab dan saling baca artikel dan lempar komentar. Saya cukup bahagia waktu itu.

Roda Yang Berputar, Niat Awal pun Bisa Memudar

Source image : pixabay.com

Jika orang zaman Majapahit meninggalkan history kehidupan mereka dengan menuliskan sesuatu di sebuah batu dengan tulisan sansekerta. Maka saya yang merupakan generasi Y akan meninggalkan puing-puing kisah hidup di awan (cloud) dengan font calibri ukuran 14px.

Sejak awal membuat blog ini, saya berniatan ingin membuat sebuah prasasti yang akan saya wariskan kepada  anak-anak saya nantinya. Mungkin itulah dasar yang membuat saya mulai menyukai dunia tulis menulis di blog.

Namun saya itu suka penasaran akan suatu hal, kemudian saya akan pelajari hingga rasa penasaran saya ini terpuaskan.

Jadi saya mempelajari banyak hal dalam dunia blogger. Mulai dari apa itu SEO, bagaimana cara menerapkannya hingga mempelajari bagaimana mengubah hobi nulis menjadi sebuah penghasilan.

Mungkin sejak saat itu, pandangan saya akan blogging mulai berubah. Yang tadinya hanya sekedar nulis ala kadarnya, kemudian merubah sekiranya blog ini bisa menghasilkan sesuatu. Mulai dari ikutan lomba blog, sewa hosting sendiri hingga daftarin ke adsense segala.

Baca Juga :  Pengganti Laptop Untuk Blogger, Murah Dan Fleksibel

Hasilnya?

Yah gitu. Tetap tidak bisa jadi semacam Atta Gledek ataupun Baim Song. HAHAHAHA

Mungkin benar jika penghasilan dari blog itu bisa sangat menghasilkan, namun juga bisa tidak sama sekali.

Semua itu tergantung bagaimana niatan awal seorang blogger dan bagiamana menjaga niatan itu tetap berkobar. Tentu dengan banyak pengorbanan dan konsistensi.

Nah.. Saya sendiri sejak awal niatannya sudah berbeda. Kesibukan sehari-hari juga cukup menyita. Jika saya paksakan, tentu saya tidak akan bahagia. Jika saya tidak bahagia, istri juga tidak bahagia apalagi anak saya.

Jadi yah biarlah berjalan begitu saja. Yang penting saya berusaha jaga hati dan keluarga agar tetap bahagia.

Tahap CLBK Dengan Blogging

Source image by Stocksnap.io

Beberapa minggu ini saya kembali bergelut dengan komputerisasi. Mulai dari install ulang Netbook pribadi, Ghost sistem komputer kantor karena harddisk bad sector, juga crimping kabel jaringan yang digerogoti tikus.

Saya juga dapat job membetulkan laptop tetangga yang error. Namun jobnya hanya setengah doang, karena problemnya sudah jelas bahwa harddistnya rusak parah. Saya juga reinstall sistem laptopnya sepupu.

Meskipun rasa puasnya tidak  seperti saat menjadi teknisi komputer sewaktu dulu (karena problemnya kurang greget), namun saya jadi bernostalgia dengan rasa itu.

Karena nostalgia itu, saya jadi mikir kembali tentang kesenangan sewaktu awal ngeblog dulu.

Akhirnya saya menyadari bahwa saya memang menyukai menulis di blog. Terlepas blog itu sebagai prasasti maupun blog itu bisa jadi penghasilan tambahan.

Ada rasa rindu ketika saya memutuskan untuk tidak menulis sama sekali. Rasanya ada yang kurang dalam diri saya. Saya ingin kembali menulis seperti dulu. Yang tak mementingkan sebuah apresiasi maupun sebuah penghasilan.

Yah, saya ingin mencoba menyukai aktivitas ngeblog sekali lagi dengan menulis sesuai kata hati.  Seperti slogan blog ini “Catatan Hati Mengenal Diri”.

#Menuju Bahagia Dan Melampauinya

[AI]

Advertisements
Share This :

10 Replies to “Mencoba Menyukai Aktivitas Ngeblog Sekali Lagi”

  1. Wahhhh… padahal saya menyukai blogging karena merasa menemukan tempat sampah yang menyenangkan

    1. Yah, kenapa malah jadi tempat sampah 🤣🤣🤣
      Jadi semacam facebook dong, wkwkwkw

    2. Benar. Facebook dengan konten yang lebih menarik dan tentunya lebih aman karena mayoritas stranger

    3. Kalau saya menyukai blog karena penulisnya kece kece

  2. Pantesan jarang nongol. Ternyata sempet ‘menyepi’ ya, mas 😆

    1. Lagi numbuhin rindu di dada…
      Kalau udah kangen, baru nongol lagi 😅

  3. Mantap tu ulasannya diatas majukan karya tulis sendiri tanpa copy paste artikel org😉😉😉😊semangatttt😊

  4. Sip…tu tulisan yg paling terakhir…yg terpenting mengedepankan karya tulis origina no copas…semangat y…salam goresan pena nih😊

    1. Salam kenal juga kak

  5. Setuju banget sama Mas Nur. Nulis itu, khususnya nulis diblog kayak bagian diri kita ya mas.

    Kalo nggak nulis, rasanya sedih. Seperti ada bagian diri yang hilang 😅

Yuk tuliskan unek-unek kalian di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.