Mengenal Apa Itu Psikologi Positif

photo of woman wearing white sweater

Psikologi positif adalah cabang ilmu yang berfokus pada kekuatan karakter serta perilaku yang memungkinkan individu membangun hidup yang penuh arti dan tujuan.

Peneliti di bidang ilmu Psikologi ini mencari apa sih elemen-elemen dari hidup yang baik. Mereka juga telah menguji cara-cara untuk meningkatkan kepuasan hidup dan kesejahteraan mental.

Dasar dari Psikologi Positif

Psikologi positif berfokus pada hidup yang penuh arti serta kepuasan yang mendalam, bukan kebahagiaan semata. Martin Seligman yang sering disebut sebagai Bapak psikologi positif, telah mendeskripsikan beberapa visi mengenai apa yang dimaksud dengan hidup bahagia, yang sering dianggap sebagai hidup yang menyenangkan, hidup yang baik, atau hidup yang berarti.

Bidang ilmu ini meneliti mengeksplor bentangan yang luas dari pengalaman dan perilaku yang terlibat dalam berbagai versi “kehidupan yang baik”, termasuk emosi yang positif, makna, dan tujuan hidup.

Penyokong dari psikologi positif juga telah mencoba membuat katalog dari kekuatan karakter serta kebajikan. Buku Character Strengths and Virtues mengusulkan pengkategorian kebijaksanaan dan pengetahuan, keberanian, kemanusiaan, keadilan, kesederhanaan, dan keterlampuan.

Apakah Psikologi Positif Berbeda Dengan Ilmu Psikologi Yang Lain?

Meskipun memiliki banyak kesamaan, namun psikologi positif dianggap berbeda dengan area ilmu psikologi lainnya karena berfokus kepada identifikasi dan pembangunan mental, bukan mengatasi masalah dan kelemahan.

Apa elemen dari hidup yang baik menurut psikologi positif?

Meskipun banyak elemen yang diusulkan oleh peneliti, yang paling sering dipakai adalah model PERMA dari Martin Seligman yaitu positive emotions, engagement, relationships, meaning, dan achievement.

  • Positive emotions: meskipun mencari emosi positif sendiri bukanlah merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kesejahteraan mental, merasakan emosi positif tetap merupakan faktor yang penting.
  • Engagement: mempunyai rasa terlibat, dimana kita jadi sering merasakan lupa waktu dan benar-benar terserap pada sesuatu yang kita sukai, adalah faktor penting dari kesejahteraan mental.
  • Positive relationship: manusia adalah makhluk sosial dan kita bergantung pada hubungan dengan orang lain untuk dapat berkembang. Mempunyai hubungan yang dalam dan bermakna dengan orang lain adalah hal yang penting.
  • Meaning: bahkan orang yang kelihatannya bahagia belum tentu telah menemukan makna dari kehidupannya. Ketika kita mendedikasikan diri kita pada sesuatu yang lebih besar dari diri kita, kita merasakan kebermaknaan yang tidak tergantikan.
  • Achievement: kita berkembang saat kita sukses, mencapai tujuan, dan lebih baik setiap harinya. Tanpa keinginan untuk mencapai sesuatu, kita kehilangan satu bagian puzzle dari kesejahteraan mental.
Baca Juga :  SehatQ.com - Platform Informasi Kesehatan Yang Akurat Dan Terpercaya

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Psikologi Positif?

happy ethnic woman sitting at table with laptop
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Mengidentifikasi kekuatan karakter seseorang seperti keberanian, kemanuasiaan, dan keadilan adalah langkah yang penting pada jalan menuju hidup yang baik dan bermakna. Banyak juga latihan psikologi positif yang bisa dilakukan di rumah.

Sebagai contoh, latihan bersyukur telah diteliti oleh psikolog sebagai cara meningkatkan kebahagiaan. Seperti namanya, latihan bersyukur melibatkan tindakan sederhana seperti menulis 3 hal yang kamu syukuri hari ini.

Meskipun fokus dari psikologi positif adalah kebahagiaan dan kesejahteraan mental, penting untuk diketahui bahwa ini bukan berarti menepis semua emosi negatif. Orang yang sehat mental berarti memiliki ruang untuk emosi negatif yang tidak terhindarkan.

Apa saja keuntungannya?

Studi menunjukkan latihan-latihan yang berhubungan dengan psikologi positif seperti bersyukur dapat meningkatkan kesegaran emosi dan sosial.

Telah diteliti juga bahwa eksplorasi tentang bagaimana mengembangkan kekuatan karakter dan kualitas mental lainnya, seperti perasaan hidup yang bermakna, berkontribusi terhadap kesuksesan hidup.

Mengapa makna dan tujuan itu penting?

Perasaan kebermaknaan hidup telah ditelili memiliki hubungan dengan hasil hidup yang positif. Contohnya, riset menunjukkan bahwa orang dewasa yang menganggap bahwa hidup mereka bermakna cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Apa saja kritik untuk psikologi positif?

Beberapa kritik yang umum tentang psikologi positif adalah pada kecenderungan fokus pada pengalaman yang positif yang menekan perasaan negatif yang “esensial”. Beberapa konsep seperti “kekuatan karakter” juga kurang didefinisikan dengan baik

Advertisements
Share This :